Kamus Istilah Properti

Bungalow

istilah properti

Bungalow

Bungalow adalah sebuah rumah atau pondok yang biasanya berupa satu lantai dengan ciri arsitektur tradisional, atap rendah, dan beranda luas.

Apa Itu Bungalow?

bungalow
(Arsitektur Universitas Medan Area)

Kata bungalow berasal dari bahasa Hindi yaitu bangla yang memiliki arti sebuah rumah bergaya Benggala Barat, India, yang biasanya terdiri dari satu lantai. Istilah ini sudah dikenal sejak tahun 1676. Semula, bungalow atau bungalo adalah rumah berukuran kecil dengan satu lantai dan beratap jerami, tetapi memiliki serambi lebar.

Secara luas, bungalow adalah sebuah rumah atau pondok yang biasanya berupa satu lantai dengan ciri arsitektur tradisional, atap rendah, dan beranda luas. Selain itu, bungalo juga umumnya tidak memiliki lorong. 

Fungsi bungalow sudah dipakai sebagai tempat peristirahatan di musim panas sehingga banyak ditemukan di daerah pantai dan pegunungan. 

Maka dari itu, bungalo juga merujuk pada jenis penginapan dengan rumah terpisah yang biasanya terdiri dari satu lantai, satu lantai setengah, atau dua lantai, lalu ada pula yang berukuran besar. 

Ciri-ciri Bungalow

ciri bungalow
(Archify)

Dibandingkan jenis bangunan dan penginapan lainnya, ada beberapa ciri bungalow yang membuatnya unik. Berikut ini ciri dan karakteristik bungalow:

  • Bentuk lebih sederhana yang biasanya terdiri satu lantai saja dengan serambi yang lebar.
  • Dari lokasinya, bungalo biasa berlokasi di tempat yang jauh dari pusat keramaian yang menjadi tempat wisata, pantai, dan gunung.
  • Ukuran bungalo cenderung lebih kecil dan sering dibedakan dengan adanya jendela atap dan beranda. 
  • Karakteristik bangunannyamembuat bungalo tergolong hemat biaya dan mudah dirawat.
  • Desain bungalo yang tidak memanjang ke atas sehingga menjadikannya lebih memakan banyak luas tanah.  
  • Bungalo tradisional biasanya memiliki jendela yang menggantung. Namun, bungalo bergaya modern mungkin memiliki jendela ceruk besar (bay window).

Sejarah dan Perkembangan Bungalow di Dunia

(Rightmove)

Bungalow pertama kali dibangun di kawasan Asia Selatan, tepatnya di Benggala, India. Bangunan ini diidentifikasi oleh pelaut Inggris dari perusahaan India Timur pada akhir abad ke-17. Seiring berjalannya waktu, sebuah bungalow merujuk pada sebuah tempat tinggal besar, sering mewakili status sosial yang tinggi, baik di Inggris maupun Amerika. 

Tetapi istilah bungalo yang dikenal sekarang merupakan sebuah hunian kecil, biasanya satu lantai yang dikembangkan pada abad ke-20, meskipun definisinya bervariasi di berbagai wilayah di dunia. Misalnya, di India saat ini, istilah tersebut umumnya mengacu pada tempat tinggal keluarga tunggal, terlepas dari berapa banyak lantai yang dimilikinya.

Di Kanada dan Inggris, sebuah bungalo hampir secara eksklusif mengacu pada unit satu lantai. Kemudian sejenis bungalo yang populer di Amerika Serikat muncul di sekitar tahun 1910 hingga 1940.

Salah satu bungalo yang terkenal berasal dari California berupa bangunan yang terdiri dari satu atau satu setengah lantai, dengan teras besar, atap miring, dan detail yang terinspirasi dari Spanyol. 

Sementara itu, di Indonesia bungalo menjadi jenis akomodasi yang populer di tempat-tempat wisata. Salah satu kota di Indonesia yang banyak menawarkan konsep bungalow adalah Bali. 

Kelebihan Bungalow

(Traveloka)

Bungalow menjadi salah satu akomodasi yang banyak dituju di kalangan wisatawan. Jika mengingat sederet kelebihan yang ditawarkan, bukan hal yang mengherankan kalau bungalo jadi pilihan menarik.

Apa saja sih kelebihan bungalo dibandingkan jenis penginapan lainnya?

Mobilitas yang Mudah

Rumah bungalo sangat cocok bagi orang-orang yang mungkin merasa sulit menaiki tangga. Jika Pins memiliki anggota keluarga seperti lansia atau penyandang disabilitas, maka bungalow adalah pilihan yang tepat karena biasanya bungalo karena hanya ada satu lantai. 

Selain itu, semua kamar berada di lantai yang sama, menjadikan mobilitas lebih mudah dibandingkan penginapan lain yang terdiri dari bangunan bertingkat atau lebih dari dua lantai.

Konsep Terbuka Membuatnya Lebih Segar

Hampir semua rumah bergaya bungalow mengusung konsep terbuka. Seperti yang diketahui, konsep ini memungkinkan cahaya alami dan sirkulasi udara yang lebih baik. Pins yang menginap di bungalo akan mendapatkan udara segar yang lebih maksimal. Ruangan pun terasa lebih lapang sehingga membuatnya lebih nyaman. 

Mendapatkan Privasi 

Jika dilihat dari definisinya, rumah bergaya bungalow berdiri di atas tanah yang luas dan terpisah atau semi-terpisah. Hal ini akan menciptakan privasi siapapun yang menginap di sana.

Selain itu, semua jendela di bangunan ini umumnya dibuat rendah dan dekat dengan tanah. Kelebihannya, apapun aktivitas yang Pins lakukan di dalamnya, akan terhalang pohon, semak, atau pagar. 

Aset Investasi yang Baik

Dari nilainya, bungalow adalah aset investasi yang sangat baik. Harga bungalow memang lebih rendah, tetapi pasarnya akan tumbuh bahkan saat krisis ekonomi sekalipun.

Dari sudut pandang desain, bungalow tetap dalam mode arsitektur untuk waktu yang sangat lama. Secara keseluruhan, rumah bungalow bisa menjadi investasi yang sangat bagus.  

Perbedaan Bungalow dengan Vila, Cottage, dan Resort

(Arsitag)

Selain bungalo, terdapat jenis penginapan lain yang ditemukan dan hampir serupa yaitu vila, cottage, dan resort. Yuk, simak sejumlah perbedaannya berikut ini:

Vila

Dalam bahasa Inggris, villa adalah rumah kecil yang berada dekat maupun jauh dan pinggiran kota. Berbeda dengan bungalow yang punya desain sederhana, vila memiliki skala yang besar, menghadirkan desain modern, mewah, dengan ruang terbuka dan dekat dengan alam.

Pins bisa menyewa satu vila dengan banyak kamar di dalamnya. Akomodasi ini sangatlah cocok untuk didatangi bersama kelompok atau keluarga besar. Bahkan, di dalam vila seringkali disedikan fasilitas lain seperti taman bermain, tempat gym, dan sebagainya.

Cottage

Cottage adalah rumah kecil yang juga dikenal sebagai rumah musiman berbentuk seperti paviliun. Dari sisi ukuran, cottage lebih kecil dari villa dan umumnya hanya bisa memuat 2-3 orang saja. 

Tetapi persamaannya, cottage juga bisa ada di beberapa lokasi wisata sebagai pilihan untuk menginap. Meski ukurannya kecil, namun cottage biasanya dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memanjakan konsumen.  

Resort

Selanjutnya resort yang dalam bahasa Inggris memiliki arti tempat untuk relaksasi atau rekreasi, yang dapat menarik pengunjung untuk berlibur. 

Jika dilihat dari artinya ini, Pins akan menemukan berbagai sarana rekreasi seperti spa, gym, kolam renang, taman bermain, dan pusat perbelanjaan. Jadi, resort adalah tujuan yang dapat menyediakan semua yang dicari pada satu lokasi, mulai dari makanan, tempat hiburan, tempat wisata, hingga tempat relaksasi. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.