KOTA DI INDONESIA

6.187 Rumah Dijual di Kota Depok

Rumah Sekunder atau Rumah Second Dijual Online Melalui Pinhome

Pusing saat mencari rumah kesana-sini tapi tidak menemukan yang pas? Daripada menghabiskan energi lebih baik memantaunya terlebih dahulu melalui platform jual beli sewa properti online, Pinhome. Pinhome menyediakan berbagai properti seperti rumah baru ataupun rumah second. Ribuan rumah second dijual dengan kualitas baik di Pinhome. 


Apa sih keuntungan membeli rumah second dibandingkan rumah baru? Pertama dari segi harga, rumah second atau rumah bekas pasti jauh lebih terjangkau harganya. Kedua, lingkungan sekitar telah terbentuk. Saat membeli rumah second artinya fasilitas umum di sekitar seperti tempat beribadah, minimarket atau fasilitas lain sudah tersedia. Ketiga, bisa langsung Anda tempati. TIdak seperti rumah baru yang terkadang masih harus menunggu beberapa bulan sampai developer menyelesaikan pembangunan rumah tersebut, rumah second bisa langsung huni. Bahkan ada tak jarang rumah bekas dijual beserta furniture yang sudah lengkap pula. Selanjutnya, Anda tidak perlu susah mengurus surat rumah dari 0 karena pemilik sebelumnya pasti sudah mengurusnya. Yang perlu dilakukan kini hanyalah mengurus balik nama dari surat tersebut saja.


Hal-Hal yang harus Diperhatikan saat Membeli Rumah Second Murah

Rumah second murah memang akan banyak ditemui. Namun harus tetap teliti ya saat membelinya. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat beli rumah second murah ini, diantaranya:


  • Cek Keadaan Fisik Rumah

Paling utama yang harus dicek adalah keadaan atau kondisi fisik rumah. Banyak aspek penting di dalam yang patut dicek secara detail seperti keadaan dinding apakah terdapat keretakan atau lembab. Jika banyak material kayu pastikan tidak keropos akibat rayap atau lapuk. Kemudian cek ketersediaan dan tingkat kebersihan sumber air, baik air tanah maupun air PAM. Perhatikan juga atap apakah banyak bocor saat musim hujan.


  • Kondisi Lingkungan Sekitar

Terkadang saat ada rumah second dijual murah, Anda wajib memeriksanya lebih teliti lagi. Khawatir ada sesuatu yang menyebabkan harganya menjadi sangat anjlok. Perhatikan lingkungan sekitar apakah tetangga di sekitarnya masih ada atau kosong. Jika kosong bisa jadi lingkungan tersebut kerap kali banjir saat musim hujan tiba. 


  • Pastikan Surat-surat Lengkap

Cek kelengkapan surat yang dimiliki oleh rumah sebelum membelinya. Surat apa saja yang perlu diperhatikan? Pertama adalah surat kepemilikan tanah (SHM), akta jual beli, surat izin mendirikan bangunan dan surat bukti pembayaran (listrik, PAM, pajak, telepon).


  • Hitung Biaya Pengeluaran Lainnya

Jangan lupa menghitung biaya pengeluaran lainnya seperti biaya balik nama pada surat-surat. Biaya perbaikan bangunan jika ada sesuatu yang urgent untuk direnovasi.



Coba Aplikasi Pinhome dan Nikmati Manfaatnya
Cari, Konsultasi, Beli, hingga Jasa
Perawatan Rumah, semua ada!
Unduh sekarang di
2021 © PT. Properti Solusi Manajemen. All Rights Reserved.