Kamus Istilah Properti

Folding Gate

istilah properti

Folding Gate

Folding gate adalah pintu geser lipat yang sistem buka dan tutupnya dengan cara digeser ke samping.

Apa Itu Folding Gate?

folding gate
(Multi Karya Steel)

Dari banyaknya jenis pintu, folding gate adalah salah satu yang populer dan umum dipakai untuk garasi, kantor, ruko, dan gudang. Folding gate merupakan pintu geser lipat yang sistem buka dan tutupnya dengan cara digeser ke samping kiri atau kanan. Sistem buka tutup ini membedakannya dengan rolling door yang dibuka dan ditutup dengan cara didirong ke atas dan bawah.  

Struktur jenis pintu pintu geser lipat ini terbilang lebih kuat dibandingkan rolling door dengan dilengkapi kerangka pada bagian belakang.Hal ini membuat pintu tarik ini tidak memerlukan tambahan tiang di bagian tengah dan lebih sulit untuk ditembus maupun dirusak. 

Rangkaian pada jenis pintu ini terdiri kumpulan plat daun untuk menutup ruangan yang biasanya terbuat dari plat logam baik besi, baja, aluminium maupun galvalum.

Keunggulan Folding Gate 

Ada beberapa alasan Pins memilih jenis pintu geser lipat ini dibandingkan pintu sejenisnya, antara lain:

  • Bisa dipakai pada bangunan yang lebih tinggi
  • Lebih kuat dan kokoh dibandingkan rolling door sehingga lebih sulit untuk dirusak serta terhindar dari tindak kejahatan seperti pencurian dan perampokan.
  • Lebih awet dan bisa dipakai dalam jangka panjang. 
  • Lebih aman digunakan karena terdapat besi yang silang menyilang atau biasa disebut dengan pintu besi harmonika. 
  • Penggunaan dan perawatannya lebih mudah.      
  • Dari sisi harga lebih murah. 

Bagian-bagian Folding Gate 

folding gate
(Pintu Harmonica EcoMeridian)

Pintu geser ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa menjalankan fungsinya dengan sangat baik. Yuk, simak beberapa bagian dari folding gate berikut ini:

Besi UNP

Besi UNP adalah besi yang berbentuk melengkung seperti huruf U yang berfungsi sebagai sambungan atau dudukan atap. Pada f pintu geser lipat, UNP dipasang secara vertikal sebagai penyangga kerangka pintu dan tempat silangan dian slat.

Terdapat berbagai jenis besi UNP dengan ketebalan yang bisa disesuaikan dengan lebar dan tinggi bangunan yang akan dipasang pintu geser ini.

Jari-jari atau Kerangka 

Pada jenis pintu geser lipat, jari-jari terdapat di bagian atas dan bawah. Jari-jari berupa rangka ini  memiliki ketebalan yang harus disesuaikan dengan tinggi dan lebar pintu. Jika tidak sesuai, jari-jari bisa melengkung dan keluar karena ketebalan yang kurang cukup untuk menahan beban. 

Slat

Bagian ini berupa daun pintu berbentuk kerangka yang memiliki fungsi sebagai pengaman. Selain untuk pengaman, slat juga bisa menjadi peredam suara bising serta penghalang bagi hewan atau benda asing yang akan masuk ke dalam pintu.

CNP dan Profil Atas

Bagian berikutnya yaitu CNP dan profil atas. Keduanya berperan sebagai penyangga pintu agar tidak jatuh dan tetap pada posisinya.

CNP berbentuk seperti huruf C. CNP terbuat dari besi yang kuat sebagai penyangga atau wadah pintu agar tidak mudah jatuh dan tetap pada posisinya.

Silangan

Silangan adalah besi yang berbentuk menyilang berbaris dan berjejer-jejer sesuai lebar pintu. Fungsi silangan pada folding gate adalah untuk melipat dan meregang saat membuka dan menutup pintu.  

Rel 

Pintu ini dapat bergeser karena adanya rel yang terbuat dari pelat di bagian bawahnya. Fungsi utamanya sebagai tempat bearing agar bisa berjalan atau bergerak. Ketebalan rel bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Adapun beberapa jenis rel pada folding gate adalah sebagai berikut:

  • Rel tanam adalah rel bawah yang dipasang dengan cara ditanam ke dalam lantai dengan kedalaman 4 sampai 5 cm.  
  • Rel tumpang adalah rel yang posisinya bersandar pada bagian luar bangunan.  
  • Rel angkat adalah rel yang dapat diangkat pada saat pintu atau ruangan dalam kondisi terbuka. Jenis ini banyak ditemukan pada gudang atau pabrik yang banyak lalu lalang bongkar muat barang.

Roda  

Bentuk roda pada pintu lipat ini berukuran kecil tetapi memiliki peran yang penting sehingga berfungsi dengan baik. Maka dari itulah sebaiknya roda dipilih berkualitas yang baik agar pintu bisa dengan mudah dibuka dan ditutup.

Pemilihan roda pintu yang tidak tepat juga akan menyebabkan servis akan memakan waktu cenderung lama karena pintu harus dibuka terlebih dahulu. 

Jenis Folding Gate Berdasarkan Bahannya

folding gate
(iStock)

Pintu geser lipat ini terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahannya. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Folding Gate Besi  

Jenis yang pertama terbuat dari besi. Sebaiknya, material besi pada pintu geser lipat ini dipakai untuk tipe bangunan indoor yang tidak mendapatkan sinar matahari dan hujan secara langsung. Misalnya, dipakai pada area dalam di pusat perbelanjaan.      

Folding Gate Galvalum

Jika Pins ingin material sejenis besi dengan kualitas lebih baik, maka pintu geser lipat galvalum bisa dipilih. Material ini memiliki lapisan anti karat, tahan terhadap cuaca, dan antikarat. 

Hal ini membuat material ini cocok untuk bangunan outdoor seperti gudang, kantor, dan pabrik. 

Folding Gate Aluminium 

Pintu geser lipat berikutnya berbahan alumunium yang biasanya berwarna coklat. Pewarnaannya yang asli pabrik alias tanpa proses pengecatan membuatnya lebih praktis. Keunggulan material aluminium sebagai pintu lebih awet, tahan berkarat, lebih ringan, anti rayap dan perawatannya mudah. 

Tips Memilih Folding Gate

(Kaskus)

Setelah mengetahui jenisnya, Pins juga harus teliti dalam memilih folding gate. Pastikan pintu geser lipat yang dipilih memiliki kualitas yang baik.

Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memilih pintu geser lipat untuk berbagai keperluan:

  • Cari tahu spesifikasi mengenai ukuran, ketebalan, dan keamanannya.
  • Idealnya ukuran tinggi folding gate adalah 2-4 meter. Namun, pintu geser lipat ini juga banyak dipakai pada bangunan yang lebih tinggi dari 4 meter selama sudah memastikan pengukuran secara tepat.
  • Pastikan ketebalan material untuk pintu sesuai dengan ukuran pintu bangunan yang akan diinstalasi.
  • Jangan ragu untuk meminta garansi pemasangan sehingga jika ada masalah bisa langsung dilakukan perbaikan.
  • Gunakan folding gate yang memakai bearing roda sehingga bisa mudah digeser.  
  • Dalam pewarnaan, pilih cat khusus sesuai material. Jangan lupa untuk melakukan pelapisan hingga dua  kali pengecatan agar bisa melindungi pintu lebih kuat.  

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.