Kamus Istilah Properti

Gym Center

istilah properti

Gym Center

Gym center merupakan sebuah tempat yang menyimpan berbagai alat untuk olahraga dan berfungsi sebagai pusat kebugaran. 

Apa itu gym center?

Gym atau gymnasium berarti sebuah bangunan yang dilengkapi dengan perlengkapan atau peralatan olahraga. Peralatan olahraga ini dapat berupa alat berat seperti barbel, alat kardio seperti mesin treadmill, dan juga perlengkapan untuk yoga seperti matrass. 

Umumnya tempat gym dibangun di gedung sendiri untuk kenyamanan anggota saat olahraga. Namun kini banyak muncul gym center yang menyatu dengan pusat perbelanjaan, ruko, bahkan rumah di area residensial.

Untuk bisa menggunakan fasilitas gym biasanya kamu perlu melakukan registrasi dan membayar uang keanggotaan harian, mingguan, bulanan atau tahunan. Proses pembayaran pun bisa dilakukan dengan cara cash, menggunakan kartu kredit atau virtual account. Biasanya opsi pembayaran tersebut akan menyesuaikan dengan kebijakan penyelenggara gym.

Apakah Gym Center dan Fitness Center sama?

Di dalam bahasa Inggris, gym dan fitness mempunyai arti yang berbeda. Gym atau gymnasium merupakan ruangan indoor untuk berolahraga dan latihan fisik. Sementara fitness mempunyai arti bugar. 

Di Indonesia, istilah gym center dan fitness center sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari tanpa merujuk pada konteks yang semestinya. Namun, ternyata kedua hal ini mempunyai perbedaan yang signifikan.

Gym center biasanya diasosiasikan sebagai tempat olahraga yang berkaitan dengan weightlifting atau latihan beban. Sementara fitness center menawarkan jenis olahraga lebih bervariasi misalnya hadirnya klub olahraga renang, yoga, zumba, body pump, martial arts dan lain-lain. Umumnya bangunan fitness center pun lebih besar dari sebuah gym.

Ragam alat olahraga yang ada di sebuah gym center

Sebagai tempat kebugaran untuk umum, gym center berlomba-lomba untuk memberikan one-stop-facility. Maksudnya, setiap gym saat ini mengupayakan berbagai jenis olahraga terakomodasi dalam fitness center setiap cabang. Beberapa ragam olahraga yang umumnya bisa kamu temukan di pusat kebugaran adalah,

 Lat pulldown machine

(Amazon)

Alat atau mesin pertama yang bisa kamu temukan di tempat gym adalah Lat pulldown machine. Untuk menggunakan alat ini, kamu perlu mengambil posisi duduk lalu menghadap ke tiang pada alat. Setelah itu tarik bagian tuas di atas. Gerakan yang bisa dilakukan adalah menarik bagian tuas secara naik turun. Beban pada alat tersebut bisa disesuaikan dengan kekuatan atau kebutuhan kamu.

Rowing machine 

(HelloSehat)

Alat kedua adalah rowing machine. Melalui alat ini kamu bisa melatih otot kaki dan perut. Untuk menggunakan alat ini kamu perlu duduk terlebih dahulu, setelah itu letakkan kaki di bagian seperti pedal. Terakhir kamu hanya perlu menarik dan melepas tali atau pegangan seperti mendayung. 

Smith Machine

(Ali Express)

Selanjutnya adalah smith machine. Mesin ini memungkinkan kamu melakukan banyak gerakan seperti mengangkat beban sembari tiduran atau squat. Selain itu pada bagian atas alat terdapat pegangan untuk pull up

Cable Machine

(TuffStuff Fitness)

Pada cable machine kamu bisa melatih otot tangan dengan menarik kabel yang terkunci pada bagian kiri dan kanan. Kamu bisa menggunakan alat ini dengan menarik sekali dua tali di samping kiri kanan, atau hanya fokus pada salah satu sisi saja.

Squat rack

(Torque Fitness) 

Dengan menggunakan alat ini kamu bisa melakukan squat sembari mengangkat beban. Namun, kamu harus menyesuaikan beban yang kamu angkat.

Pec deck machine

(Yanra Fitness)

Pec deck machine membantu lengan kamu untuk lebih aktif. Alat ini akan membantu mengencangkan otot bagian tangan, dada dan perut. Kamu bisa menyesuaikan beban yang kamu angkat dengan alat ini.

Tips memilih sebuah gym center

Setelah kamu memahami beberapa olahraga yang ada di gym center, ini saatnya kamu mengetahui tips memilih sebuah lokasi untuk olahraga. Pada dasarnya memilih lokasi gym bisa ditentukan dengan sangat mudah. Namun, kamu harus tetap memperhatikan hal-hal berikut ini.

Lokasi

Pastikan kamu memilih lokasi gym yang dekat dengan rumah atau tempat bekerja. Hal ini untuk memastikan perjalanan menuju lokasi olahraga tidak memakan waktumu. Lokasi yang jauh dari rumah dan tempat kerja pasti akan sangat menghambat, apalagi jika kondisi jalan sedang ramai dan padat. Lokasi gym yang dekat dengan rumah atau kantor akan memberikan rasa nyaman saat kamu akan olahraga. Hal ini penting, karena kamu harus memupuk mood baik dulu agar semangat untuk olahraga muncul.

Biaya

Pada dasarnya biaya untuk gym bervariasi. Ada tempat gym yang menawarkan biaya mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulan. Untuk poin ini, kamu perlu melakukan penyesuaian dengan budget pribadi sehingga kamu bisa menentukan pengeluaran setiap bulan. Jika kamu ingin berhemat, kamu bisa memilih tempat gym yang menawarkan fasilitas membership harian, jadi kamu hanya akan membayar saat kamu datang di hari tersebut.

Kelengkapan alat

Pertimbangan selanjutnya untuk memilih tempat gym adalah alat yang sediakan. Setiap gym tentu mempunyai kapasitas ruangan dan target market berbeda. Hal ini juga berpengaruh terhadap fasilitas dan alat yang mereka sediakan. Jadi pastikan dulu gym yang ingin kamu tuju mempunyai peralatan yang komplet dan sesuai dengan kebutuhan kamu ya, Pins!

Jasa personal trainer

Bagi kamu yang ingin mendapatkan latihan dengan panduan seorang Personal Trainer (PT), maka kamu bisa mencari tahu di lokasi kebugaran. Silakan tanyakan ke pihak customer service atau rekan kamu yang sudah menjadi member di tempat kebugaran tersebut.

Sistem pembayaran yang tersedia

Sebelum memutuskan menjadi anggota di salah satu lokasi olahraga, kamu harus memastikan pilihan sistem pembayaran. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan kamu saat membayar uang membership. Misalnya, apakah sistem pembayarannya bisa dengan cash, kartu kredit, debet otomatis, atau bisa menggunakan paylater.

Kenyamanan fasilitas penunjang

Fasilitas di setiap gym tentu berbeda-beda. Ada gym yang menyediakan loker, ruangan ganti, ruangan untuk mandi, area parkir, kantin/kafe dan lain-lain. Jadi agar kamu merasa nyaman untuk olahraga di lokasi kebugaran, pastikan kamu memahami fasilitas penunjang yang disediakan, ya.

Keamanan

Lokasi olahraga tak luput dari modus kejahatan. Banyak oknum tidak bertanggung jawab yang suka mencuri barang anggota gym center. Maka dari itu kamu harus memastikan apakah manajemen gym memasang kamera CCTV dan mempunyai satpam yang mengawasi area sekitar. 

Adab saat olahraga di pusat kebugaran

Saat kamu melakukan olahraga di tempat umum ada baiknya memahami hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Tujuannya agar orang lain yang menggunakan fasilitas sama dengan kamu tidak merasa risih dan terganggu dengan kehadiran mu. Selain itu hal ini juga berguna untuk membiasakan hal-hal baik dalam kehidupan sehari-hari.

Selalu mengembalikan alat ke tempat semula

Hal penting paling utama yang harus kamu tanamkan dalam diri adalah mengembalikan alat ke tempat semula. Hal ini bertujuan agar orang lain yang ingin menggunakan barbel atau alat lain bisa menggunakan dan menjangkau dengan mudah.

Mengelap bagian yang basah dengan handuk

Saat melakukan olahraga badan akan memproduksi keringat. Tidak hanya di badan, namun di tangan, kaki, punggung bahkan kepala. Apabila kamu menggunakan mesin yang mengharuskan kamu bersandar atau tengkurap, pastikan kamu mengelap bagian tersebut. Hal ini karena keringat kamu menempel di alat tersebut. Bersihkan kembali seperti di awal saat kamu menggunakan alat tersebut.

Tidak tidur-tiduran di atas mesin latihan

Salah satu kebiasaan anggota gym yang mengganggu adalah tidur-tiduran di atas alat atau mesin latihan. Pastikan Pins tidak melakukan hal ini karena fungsi dari mesin latihan bukan untuk istirahat, ya.

Fokus latihan dan tidak membuat keributan

Tanamkan dalam diri bahwa saat datang ke tempat gym adalah untuk latihan. Maka dari itu hargai orang lain dengan tidak membuat bising atau keributan. Biasanya karena sudah asik bertemu dengan teman dekat, kamu akan ngobrol hingga tak sadar suaramu mengganggu orang lain. 

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Iko

Editor: Febrina