Kamus Istilah Properti

Ruang Rapat

istilah properti

Ruang Rapat

Ruang rapat adalah ruangan yang difungsikan sebagai tempat berkumpul, berdiskusi, rapat, untuk menentukan prioritas atau membuat tujuan.

Apa itu ruang rapat?

(Unsplash)

Kebutuhan perusahaan atau badan organisasi jenis lain untuk berdiskusi dan berkumpul antara para anggotanya memang tidak bisa pisahkan. Beberapa perusahaan atau badan organisasi sudah mempunyai ruangan tertentu yang didedikasikan sebagai tempat rapat, ada juga beberapa yang memanfaatkan space seadanya.

Ruang rapat (meeting room) adalah ruangan yang difungsikan sebagai tempat berkumpul, berdiskusi, rapat, untuk menentukan prioritas atau membuat tujuan. Terkadang, ruangan ini juga digunakan untuk keperluan khusus, seperti menggelar tes masuk perusahaan, interview calon pekerja, dan lain sebagainya.

Perusahaan-perusahaan besar akan memiliki banyak sekali meeting room. Sementara itu, tim-tim dalam perusahaan yang hendak menggunakannya ruangan rapat tersebut perlu untuk memesan terlebih dahulu sebelum memakai.

Di tahun 2010 kebelakang, hanya hotel, rumah makan mewah, dan tempat-tempat sejenis saja yang menyediakan ruang rapat di luar perusahaan. Namun, kemunculan perusahaan-perusahaan start up serta budaya kerja remote sejak beberapa tahun terakhir meningkatkan ketersediaan ruang rapat bagi publik. Beberapa badan usaha seperti co-working space, cafe, atau sejenisnya melihat peluang untuk menyediakan meeting room yang lebih ramah kantong bagi siapapun yang ingin menyewanya.

Furnitur dan barang-barang pendukung dalam ruang rapat

(Unsplash)

Sebuah meeting room sudah sewajarnya dilengkapi dengan furnitur dan barang pendukung agar maksimal fungsinya. Furnitur dan barang wajib yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Meja rapat.
  • Kursi.
  • Papan tulis.
  • Televisi, digunakan sebagai medium presentasi.
  • Proyektor, digunakan sebagai medium presentasi.
  • Dekorasi sesuai dengan konsep ruangan.

Jenis-jenis ruang rapat berdasarkan konsepnya

(Unsplash)

Secara garis besar, jenis ruang rapat terbagi menjadi dua jika kita mendasarkan penilaian dari konsepnya. Yang pertama adalah ruangan konvensional dan yang kedua adalah modern.

Konvensional

Ruang rapat konvensional merupakan ruang rapat yang didesain untuk pertemuan-pertemuan formal. Suasana ruangan ini cenderung kaku dengan dekorasi-dekorasi dan ornamen yang tegas dan elegan. Biasanya, ruangan rapat seperti ini umum ditemui di perusahaan-perusahaan yang sudah berjalan selama puluhan tahun.

Modern

Ruang rapat modern punya suasana yang lebih fleksibel daripada ruang rapat konvensional. Hal ini didukung dengan keberadaan furnitur-furnitur dan ornamen-ornamen yang tidak umum ditempatkan di ruang rapat konvensional. Misalnya, ruangannya punya dinding yang berwarna-warni. Konsep seperti ini dapat kamu temukan di perusahaan-perusahaan yang usianya cenderung muda.

Beberapa ukuran dan perkiraan kapasitasnya

(Unsplash)

Ukuran dari sebuah meeting room sangat beririsan dengan kapasitas muatnya. Dalam penjelasan di bawah ini, kami akan membagikan bagan yang memuat beberapa ukuran ruangan beserta dengan ukuran meja rapat, dan perkiraan kapasitas dari sebuah meeting room.

Adapun meeting room yang dimaksud adalah meeting room konvensional dengan meja rapat berbentuk persegi panjang. Informasi terkait dilansir dari ambiencedore.com.

Ukuran ruangan (panjang x lebar)Ukuran meja (meja persegi panjang)Perkiraan kapasitas
4 meter x 3,5 meter1800 cm x 1200 cm4 – 6 orang
4,5 meter x 3,5 meter2200 cm x 1200 cm4 – 6 orang
5 meter x 3,5 meter2500 cm x 1200 cm6 – 8 orang
5,5 meter x 3,5 meter3000 cm x 1200 cm8 – 10 orang
6 meter x 3,5 meter3650 cm x 1200 cm10 – 12 orang
7 meter x 3,5 meter4300 cm x 1200 cm12 – 14 orang
7,5 meter x 4 meter4900 cm x 1200 cm14 – 16 orang
8,5 meter x 4 meter6100 cm x 1200 cm18 – 20 orang
10 meter x 4 meter7500 cm x 1200 cm22 – 24 orang

Perbedaan ruang rapat dan ruang konferensi

(Unsplash)

Kedua ruangan ini kerap kali disandingkan karena fungsi dari masing-masing hampir mirip. Dalam bagian ini, akan dipaparkan penjelasan yang akan memperkuat perbedaan antara meeting room dan conference room.

Ruang rapat

Dibandingkan dengan ruang konferensi, meeting room memiliki dimensi yang lebih kecil. Begitu juga dengan meja dan kursi yang disediakan di dalamnya. Ruang ini lebih difungsikan sebagai tempat pertemuan kelompok-kelompok kecil saja. Sementara itu, barang-barang teknologi yang melengkapi ruangan tersebut terbatas pada proyektor, televisi, dan komputer saja.

Jika rapat hanya perlu didatangi oleh 2 atau 3 orang saja, maka ruangan yang perlu dipakai hanya meeting room. Terlalu berlebihan apabila sampai memakai ruang konferensi untuk keperluan seperti ini.

Ruang konferensi

Ruang konferensi punya dimensi yang lebih besar daripada meeting room. Begitu pula untuk aspek kapasitasnya yang dapat menampung lebih banyak.

Untuk urusan teknologi pendukung, sebenarnya ruang konferensi tidak terlalu berbeda dengan meeting room. Hanya saja, ruangan ini memiliki proyektor atau televisi yang ada lebih besar. Beberapa ruangan yang ukurannya terbilang besar biasanya dilengkapi dengan sound system agar suara pembicara dapat terdengar lebih baik.

Ruangan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat pertemuan-pertemuan yang lebih formal atau besar. Tempat ini juga memungkinkan untuk dipakai sebagai tempat pemberian edukasi atau pembekalan bagi para karyawan. Selain itu, conference room juga dapat difungsikan sebagai tempat training karyawan.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.