Kamus Istilah Properti

Housekeeping

istilah properti

Housekeeping

Housekeeping adalah sebuah departemen operasional yang memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan pada sebuah hotel atau apartemen.

Apa Itu Housekeeping?

housekeeping
(Pinterest)

Pernah mendengar housekeeping, Pins? Istilah ini merujuk pada staf di sebuah hotel yang bertugas membersihkan kamar, area publik, area belakang dan sekitarnya. Housekeeping adalah sebuah departemen operasional yang memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan pada sebuah hotel atau apartemen.

Namun, pengertian housekeeping secara umum adalah suatu manajemen yang bertanggung jawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga, misalnya membersihkan ruangan, memasak, berbelanja, hingga mengurus tagihan. Mereka yang bertanggung jawab pada bidang housekeeping adalah housekeeper.

Para housekeeper ini pasti ada pada setiap pelayanan hotel atau penginapan tanpa memandang bintang maupun jenisnya.  

Tugas Housekeeping

tugas housekeeping
(Ilmu Perhotelan)

Lantaran perannya yang besar, departemen housekeeping memiliki anggota yang paling banyak kalau dibandingkan dengan divisi lainnya. Sebagai gambaran, berikut ini sederet tugas housekeeper:

  • Tugas utama housekeeper adalah memastikan kenyamanan pengunjung atau tamu, terutama yang berkaitan dengan kebersihan, makanan, dan utilitas. Ruang lingkup pekerjaan housekeeping sebenarnya sangatlah luas. 
  • Housekeeper tidak hanya bertugas menjaga kebersihan kamar saja, tetapi meliputi seluruh area hotel atau apartemen, termasuk elektronik. 
  • Membersihkan kamar yang sudah diinapi tamu sehingga layak ditinggali oleh tamu berikutnya.
  • Menjalin komunikasi yang baik dengan tim resepsionis hotel.  
  • Berkoordinasi dengan bagian maintenance dan engineering kalau menemukan kerusakan pada perlengkapan di dalam kamar.
  • Menjadi wajah suatu penginapan karena kualitas layanan kamar maupun fasilitas hotel lainnya menjadi tanggung jawab para housekeeper

Berbagai Departemen Housekeeping

departemen houseekeping
(Business Insider)

Di dalam area hotel maupun apartemen, housekeeping memiliki berbagai departemen atau divisi sesuai dengan tanggung jawab area. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut:

Room Section

Departemen room section berperan dalam membersihkan dan merapikan ruangan atau kamar setelah tamu check out. Dalam menjalankan tugasnya, divisi ini bertanggung jawab dalam mengganti sprei dan selimut,  menyapu ruangan, membersihkan kamar mandi, dan mengantarkan laundry kotor ke laundry room.

Public Area

Tidak hanya kamar saja yang harus dijaga kebersihannya, area publik seperti lobby, kolam renang, restoran, gym, dan fasilitas umum lainnya juga harus tetap bersih. Housekeeping bagian ini berperan dalam memelihara kebersihan dari area umum sehingga tamu tetap nyaman beraktivitas di dalamnya.

Laundry Section

Fasilitas laundry adalah hal yang sering ditawarkan hotel kepada para tamunya. Nah, departemen laundry section-lah yang bertanggung jawab terkait hal tersebut. Kemudian, seksi ini juga bertugas agar peralatan kamar seperti sprei, selimut, handuk, hingga gorden menjadi bersih.

Linen Section

Jika laundry section yang mencuci, maka linen section memiliki peran dalam mendistribusikan kain-kain (linen) yang telah dicuci ke kamar para tamu. Merekalah yang memastikan supaya kamar mendapatkan sprei dan handuk yang baru.

Gardener

Gardener memiliki bertanggung jawab atas taman dan bunga-bungaan di area hotel. Mereka harus memastikan bahwa ruangan hotel, mulai dari lobi, kamar, restoran, maupun lorong mendapatkan tanaman yang cukup. Ketika area hotel dipakai sebagai event seperti pernikahan, bagian inilah yang bertugas menata bunga-bunga di ruangannya. 

Bagian dan Struktur Organisasi Housekeeping

(Jonash Chorum)

Mengingat tugasnya yang kompleks dan penting, departemen housekeeping memiliki struktur organisasi yang memiliki tanggung jawab yang berbeda. Berikut ini struktur dan bagian divisi housekeeping.

Executive Housekeeper

Jabatan executive housekeeper setara dengan manajer. Mereka memiliki peran sebagai pimpinan tertinggi dalam departemen housekeeping. Tanggung jawab utamanya adalah menjadi pengawas yang menjaga agar kinerja bawahannya tetap sesuai. 

Assistant Housekeeper

Setingkat di bawah manajer, tugas assistant housekeeper adalah menjadi tangan kanan atau wakil dari executive housekeeper. Ia juga sering mewakili manajer ketika mereka berhalangan hadir. Selain itu, assistant housekeeper juga bertugas merangkum semua laporan untuk disampaikan kepada manajer.

Order Taker

Mirip seperti customer service, tugas order taker pada departemen housekeeping adalah menerima pesanan dari tamu yang akan menginap. Saat menerima pesanan, mereaka juga wajib mencatat dan melaporkannya kepada departemen housekeeping.

Floor Supervisor

Bertugas di setiap lantai, floor supervisor pada housekeeping memiliki tugas mengawasi kinerja housekeeper dalam melayani tamu. Tak hanya itu, para floor supervisor jugalah yang akan pertama kali menerima komplain dari tamu jika ada yang bermasalah.

Housekeeper

Tugas housekeeper akan mengunjungi kamar tamu untuk membersihkannya. Mereka juga bertugas memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para tamu. Sikap ramah merupakan hal dasar yang harus dimiliki para housekeeper dalam melayani tamu.

Hal-hal yang Harus Diketahui Seputar Cara Memperlakukan Housekeeping

(Elizabeth International)

Ketika Pins menginap di sebuah hotel, ada beberapa peraturan housekeeping yang sangat wajib untuk dipatuhi, antara lain:

  • Pada waktu tertentu, staf room service akan masuk ke dalam kamar untuk membersihkannya. Pastikan Pins tidak meninggalkan barang berharga selama staf masuk ke dalam ruangan. Sebaiknya, Pins menyewa deposit box. 
  • Kalau Pins tidak ingin petugas room service masuk ke kamar, gantungkan penanda di pegangan pintu sebelah luar.  
  • Pins boleh membawa pulang toiletries, gula, kopi teh sachet, sandal dan sikat gigi.
  • Handuk, selimut, sprei, alat elektronik dan ornamen di dalam kamar tidak boleh dibawa pulang. 
  • Jangan membentak atau memperlakukan housekeeper seperti pembantu. Usahakan Pins selalu menjaga keramahan. 
  • Sebaiknya Pins meletakan barang-barang kamar hotel di tempatnya kembali setelah digunakan. 
  • Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan membuat kekotoran yang melebihi batas di kamar hotel.   

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.