Kamus Istilah Properti

Villa

istilah properti

Villa

Villa adalah model akomodasi untuk tempat liburan dan peristirahatan yang dibangun di atas lahan yang luas.

Apa Itu Villa? 

villa
(Pexels)

Diantara berbagai macam jenis penginapan yang ada, villa adalah salah satu yang populer dan disenangi. Model akomodasi ini dibangun di atas lahan yang luas dan biasanya terisolasi dari sekitarnya.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), vila adalah rumah di luar kota (biasanya di pegunungan atau di dekat pantai) untuk peristirahatan. Arti lainnya dari vila adalah rumah peristirahatan (digunakan hanya pada waktu liburan). 

Sementara kata villa dalam bahasa Inggris memiliki arti yaitu rumah kecil yang berada dekat ataupun jauh dan pinggiran kota. Setiap vila memiliki skala yang besar, menghadirkan desain modern, mewah, dengan ruang terbuka dan dekat dengan alam.

Sejarah Singkat Villa

villa
(Pexels)

Awalnya villa digunakan untuk menggambarkan rumah pedesaan kelas atas Romawi kuno.  Dimulai dari masa itulah Vila Romawi mulai berkembang pesat baik secara fungsi maupun arsitekturnya. 

Setelah jatuhnya Republik Romawi, pondok-pondok kelas atas ini menjadi kompleks pertanian kecil. Inipun semakin diperkuat selama bertahun-tahun perselisihan politik dan agama. Sebagian besar vila ada yang beralih fungsi menjadi gereja untuk digunakan para biarawan dan biarawati.

Kemudian di abad pertengahan, vila berevolusi secara perlahan sebagai rumah pedesaan kelas atas yang elegan lagi. Vila bukan tempat tinggal permanen melainkan tempat untuk melarikan diri dan beristirahat sejenak.  

Sejak itu ide rumah pedesaan yang elegan ini berkembang dan terus berubah hingga saat ini. Penyebutan vila juga digunakan untuk menggambarkan kelas akomodasi resor yang bukan hotel, bukan rumah, maupun edung apartemen atau kondominium.

Ciri dan Karakteristik Villa 

villa
(Pexels)

Sebagai pembeda dari berbagai jenis penginapan lainnya, ada beberapa ciri khas villa yang bisa ditemukan. Simak penjelasannya berikut ini. 

Desain Villa 

Salah satu aspek terpenting dari setiap villa adalah desain keseluruhannya. Hal ini mencakup arsitektur, lansekap, desain interior, perabotan, dan sebagainya. Bangunan keseluruhan vila ini dibuat dengan tujuan menciptakan suasana yang nyaman untuk istirahat sekaligus berlibur. 

Saat ini banyak vila yang memiliki karakter unik yang mengekspresikan dirinya dalam keseluruhan estetika struktur, lingkungan, dan interiornya.

Lokasi

Sebuah vila sering ditemukan di kawasan yang strategis yang dekat dengan tempat wisata seperti pegunungan dan pantai. Pemandangan vila yang indah, akan memberikan potensi pasar yang besar. 

Selain strategis, vila juga akan semakin menarik jika berada jauh dari keramaian karena memiliki kualitas udara yang lebih bersih dan suasana yang lebih tenang. 

Penggunaan Vila

Biasanya vila dijadikan sebagai rumah kedua untuk beristirahat pemiliknya. Biasanya pemilik vila merupakan orang yang keseharian sibuk di kota besar untuk bekerja. Sehingga membutuhkan rumah kedua untuk melepas penat/ 

Selain itu, vila juga dilirik oleh investor untuk disewakan. Segmen pasar vila adalah para wisatawan yang ingin berlibur di dekat area vila. 

Fitur dan Fasilitas

Sebuah vila berbeda dengan rumah karena dari segi fitur dan fasilitasnya, vila sedikit lebih unggul. Sebuah vila biasanya memiliki kolam renang, ruang tamu yang cukup luas, ruang makan berperabotan elegan, dan dapur yang lengkap.

Vila memiliki beberapa kamar yang dapat digunakan dengan berbagai ukuran sesuai dengan ketersediaannya. 

Adanya Staf in House

Untuk memastikan masa menginap semakin berkesan, sebuah vila, terutama yang disewakan, memiliki staf yang standby dan menjaga vila tetap bersih dan terawat dengan baik. Meskipun para tamu mungkin tidak berkomunikasi dengan seluruh staf.

Vila biasanya dilengkapi dengan pelayan dan pembantu rumah tangga, tukang dan penata taman, koki, manajer vila, pramutamu untuk memenuhi kebutuhan individu dan pengaturan tambahan, dan bahkan personel tambahan seperti keamanan, pengemudi, terapis spa , pelatih kebugaran, dan lainnya, tergantung pada fasilitas di masing-masing lokasi..

Jenis-jenis Villa

Vila terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan sesuai dengan fasilitas dan kegunaannya. Berikut jenis villa dan contohnya di Indonesia: 

Private Villa

Jenis vila ini dibangun sebagai tempat peristirahatan yang dimiliki oleh perorangan sebagai tempat peristirahatan sementara tanpa tujuan untuk disewakan atau dikomersilkan. Biasanya, Private Villa ditemukan sebagai bangunan yang berdiri sendiri dan tidak terhubung dengan villa lainnya.

Layaknya rumah tinggal, private villa memiliki fasilitas yang lengkap yang bisa ditempati dalam jangka waktu panjang. Contoh private villa adalah vila-vila yang ada di Bogor, Ubud, dan daerah lainnya.

Resort Villa 

Kebalikan dari private villa, resort vila dibangun dengan tujuan komersial untuk disewakan sebagai tempat penginapan maupun tempat menyelenggarakan acara besar. Komposisi bangunannya terpisah dan biasanya terdiri dari beberapa tipe.

Biasanya, pada kawasan resort villa terdapat area landscape yang lebih luas dan vila-vila di dalamnya memiliki hubungan satu sama lain termasuk dalam manajemennya. Selain itu, seringkali vila resort juga merupakan kelas kamar tertinggi pada sebuah resort hotel. 

Fasilitas yang Dimiliki Villa 

villa
(Pexels)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, vila memiliki beberapa fasilitas yang dibuat untuk memberikan kenyamanan orang yang menginap. Adapun fasilitas yang tersedia di vila adalah sebagai berikut: 

Ruang Kamar

Sebuah vila memiliki beberapa tipe kamar yang berbeda, terutama vila yang memang dikomersilkan. Berikut ini tipe kamar yang dimiliki: 

  • Single Room: kamar berkapasitas satu orang dengan satu buah tempat tidur. 
  • Twin Room: kamar berkapasitas untuk dua orang tamu dengan 2 tempat tidur.
  • Triple Room: kamar yang memiliki 2 tempat tidur dan tambahan 1 extra-bed sehingga muat ditempati 3 tamu
  • Junior Suite Room: jenis kamar ini memiliki ruang tidur dan ruang tamu di dalamnya
  • Deluxe Suite Room: kamar ini memiliki ukuran besar yang didalamnya terdapat kamar tidur untuk 2 orang, ruang tamu, ruang makan dan dapur kecil.
  • President Suite Room: kamar berukuran besar yang didalamnya terdapat kamar tidur untuk 3 orang, ruang tamu, ruang makan dan dapur kecil.

Fasilitas Tambahan 

Sebuah vila memiliki fasilitas tambahan yang sifatnya fleksibel sesuai dengan lokasinya. Vila kelas atas seringkali memiliki ruang bioskop khusus untuk pengalaman bioskop pribadi, ruang hiburan dan permainan, fasilitas spa di lokasi, gym pribadi khusus, jacuzzi yang ditempatkan secara bebas di dalam dan luar ruangan.

Kemudian, di dalamnya juga tersedia ruang meeting, area hiburan untuk anak-anak, lapangan taman dan fasilitas lainnya.  


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.