Kamus Istilah Properti

Fasilitas Kesehatan

istilah properti

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan (faskes) adalah salah satu fasilitas publik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Fungsinya sebagai tempat perawatan kesehatan membuat fasilitas publik yang satu ini sangat penting keberadaannya di setiap wilayah. 

Apa Itu Fasilitas Kesehatan?

(Mexiconewsdaily)

Tidak heran, faskes biasanya ditempatkan di lokasi yang strategis agar mudah diakses oleh masyarakat luas. Selain itu faskes juga biasa digunakan sebagai pelayanan kesehatan preventif seperti imunisasi, penyuluhan dan masih banyak lagi. 

Faskes terdiri dari beberapa jenis dan tingkatan. Hanya saja masih banyak masyarakat yang belum memahami jenis dan tingkatan faskes yang terdapat di Indonesia.

Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 47 tahun 2016 tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu alat dan/atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

Pelayanan kesehatan promotif adalah pelayanan kesehatan berbentuk edukasi kesehatan seperti penyuluhan kesehatan dan penyebaran informasi kesehatan dalam bentuk lain seperti poster, pamflet, leaflet, hingga media elektronik seperti sosial media, radio dan televisi.

Pelayanan kesehatan preventif adalah pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mencegah suatu penyakit, seperti imunisasi anak, kegiatan senam sehat, cek kesehatan berkala dan kegiatan lain yang dapat membantu Pins dalam mencegah suatu penyakit.

Sedangkan, pelayanan kesehatan kuratif adalah pelayanan kesehatan yang biasa kita ketahui seperti pengobatan, pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk mengobati pasien yang menderita suatu penyakit.

Kemudian pada pelayanan kesehatan rehabilitatif adalah perawatan kesehatan yang bertujuan untuk mengembalikan pasien ke dalam masyarakat sehingga dapat beraktivitas dan berfungsi kembali sebagai anggota masyarakat sesuai dengan kemampuannya. 

Misalnya pada perawatan rehabilitasi mental, yaitu perawatan yang ditujukan agar membuat penderita dapat kembali menyesuaikan diri untuk kembali beraktivitas dan berhubungan dalam bermasyarakat.

Jenis dan Tingkat Fasilitas Kesehatan

(ServiceMaster Twin Cities)

Faskes di Indonesia terdiri dari beberapa tingkatan yang di dalamnya terdapat beberapa jenis. Jenis faskes terbagi menjadi dua, yaitu faskes perseorangan dan faskes masyarakat. Jenis faskes terdiri dari tempat praktik mandiri tenaga kesehatan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik, rumah sakit, apotek, unit transfusi darah, laboratorium kesehatan, optikal, fasilitas pelayanan kedokteran untuk kepentingan hukum dan fasilitas pelayanan kesehatan tradisional.

Sedangkan, tingkatan faskes terdiri dari faskes tingkat pertama, kedua dan ketiga, berikut penjelasannya.

Faskes Tingkat Pertama

Faskes tingkat pertama adalah faskes yang memberikan pelayanan kesehatan dasar seperti Puskesmas, klinik dan tempat praktik mandiri tenaga kesehatan. Pada faskes tingkat pertama milik pemerintah seperti Puskesmas biasanya ditempatkan sesuai dengan wilayah kelurahan atau kecamatan dengan memperhitungkan luas wilayah, kebutuhan kesehatan, pola penyakit, jumlah dan persebaran penduduk, pemanfaatan, fungsi sosial dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi.

Faskes Tingkat Kedua

Faskes tingkat kedua adalah faskes yang memberikan pelayanan kesehatan spesialistik atau lebih lengkap dibandingkan faskes tingkat pertama. Faskes tingkat kedua terdiri dari rumah sakit kelas D dan C. 

Pada rumah sakit kelas D memiliki pelayanan kesehatan yang terdiri dari pelayanan rawat inap, rawat jalan, unit gawat darurat dan pelayanan penunjang lainnya. Sedangkan, pada rumah sakit kelas C paling sedikit menyediakan 4 pelayanan spesialis dasar dan 4 spesialis penunjang medik.

Faskes Tingkat Ketiga

Faskes tingkat ketiga adalah fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan subspesialistik atau lebih lengkap dibandingkan dengan faskes tingkat pertama dan kedua. 

Faskes tingkat ketiga biasanya terdiri dari rumah sakit tipe A dan B. Rumah sakit tipe A merupakan pelayanan kesehatan pada tingkatan tertinggi yang mana memberikan pelayanan lebih lengkap, yaitu pelayanan kesehatan umum, paling tidak 4 pelayanan kesehatan spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 pelayanan kesehatan spesialis lain dan 13 pelayanan kesehatan subspesialis. 

Salah satu contoh rumah sakit tipe A di Indonesia adalah Rumah Sakit Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo yang terletak di DKI Jakarta. Sedangkan, rumah sakit tipe B memiliki pelayanan kesehatan umum, paling tidak 4 pelayanan kesehatan spesialis dasar, 4 spesialis penunjang medik, 8 spesialis lain dan 2 pelayanan kesehatan subspesialis dasar. Salah satu contoh rumah sakit tipe B adalah Rumah Sakit Dr. Kariadi di Semarang, Jawa Tengah.

Pahami Sistem Rujukan Berjenjang

(Klinik Kesehatan Darma Nusantara)

Jika Pins memiliki BPJS dan ingin menggunakan BPJS Kesehatan, Pins sebaiknya memahami bagaimana sistem rujukan berjenjang. Dalam websitenya, dr. Legawa membahas sistem rujukan berjenjang yang dibagi menjadi 3 tingkat, yaitu sistem rujukan primer, sekunder, dan tersier.

Sistem rujukan primer adalah keadaan saat Pins mendapat pelayanan kesehatan dasar oleh faskes tingkat pertama, nah jika Pins ingin mendapat pelayanan kesehatan spesial oleh dokter spesialis, maka Pins perlu rujukan sekunder. 

Sedangkan, tingkatan terakhir adalah tingkatan tersier dimana pelayan kesehatan subspesialis dilakukan oleh dokter subspesialis. Perlu diketahui bahwa kasus yang sudah didiagnosa dan dibuat rencana terapinya merupakan pelayanan beruang dan hanya tersedia di faskes tersier.

Itulah informasi mengenai fasilitas pelayanan kesehatan, serta jenis dan tingkatan faskes yang perlu Pins ketahui. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome — PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen Velishya

Editor: Iko