Kamus Istilah Properti

Bunk Bed

istilah properti

Bunk Bed

Bunk bed adalah tempat tidur yang disusun vertikal yang memungkinkan menempatkan dua atau lebih kasur di dalamnya. 

Apa Itu Bunk Bed?

bunk bed
(Pinterest)

Melansir dari Wikipedia, bunk bed adalah jenis tempat tidur di mana satu bingkai tempat tidur ditumpuk di atas yang lain sehingga memungkinkan dua atau lebih tempat tidur bisa menempati ruang lantai yang biasanya hanya dibutuhkan oleh satu tempat tidur saja. 

Bunk bed atau ranjang susun yang disusun vertikal ini juga akan memungkinkan adanya sisa ruang di kamar sehingga dapat dimanfaatkan untuk penempatan bidang yang lain. Misalnya, lemari pakaian, meja kerja atau belajar, maupun furnitur lainnya.

Jika Pins memiliki permasalahan ukuran kamar yang kecil dan tidak memungkinkan menambah kamar, tetapi ada penambahan anggota keluarga, maka bunk bed merupakan pilihan yang tepat. Kamar berukuran kecil sekalipun jika dipasang ranjang susun, maka dapat dihuni oleh beberapa orang sekaligus. 

Terlebih, saat ini terdapat berbagai variasi bunk bed dengan desain dan fasilitas menarik di dalamnya. Mulai dari rak penyimpanan hingga tangga turun diganti perosotan untuk anak-anak.  

Jenis-jenis Bunk Bed

Tak hanya itu kamar di rumah pribadi, bunk bed juga sering dipakai pada hostel low budget dan asrama. Pins bisa menemukan beberapa jenis bunk bed yang unik dan menarik. Apa saja? 

Tipe dengan Underbed Storage

(IKEA)

Tempat tidur susun ini memiliki dua tempat tidur di bagian atas dan bawah, yang dapat menampung dua orang. Di bagian bawah tempat tidur, terdapat beberapa ruang tambahan yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk penyimpanan tambahan. 

Letakkan kotak penyimpanan untuk tempat tidur cadangan, seperti sprei, bed cover, sarung bantal, dan sebagainya.

Tipe Fleksibel yang Bisa Dibagi Menjadi Dua Tempat Tidur Single

(IKEA Indonesia)

Tempat tidur susun ini dapat diubah menjadi dua tempat tidur single. Dapat digunakan selama bertahun-tahun mengikuti pertumbuhan anak. Pins bisa menggunakan ranjang susun saat anak masih kecil, kemudian diubah menjadi twin bed saat mereka sudah dewasa untuk memberikan privasi dan kenyamanan lebih.

Tipe Pull-Out Underbed

The Home & Office Stores

Tempat tidur susun ini lebih multifungsi dan sangat praktis karena dapat dipadukan dengan tempat tidur tambahan yang dapat ditarik keluar. 

Alhasil, tipe satu ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur khusus untuk teman-teman yang ingin bermalam.

Tipe Loft Bed

(Furniture Cart)

Jika Pins menginginkan tempat tidur yang bisa menggabungkan beberapa fungsi sekaligus dalam ruang berukuran terbatas, maka tipe loft bed ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ketinggian dapat menciptakan ruang yang nyaman di bawahnya untuk berbagai aktivitas seperti area duduk untuk bersantai, ruang kerja, tempat berganti pakaian. 

Tips Memilih Bunk Bed

(Boori)

Memutuskan menggunakan ranjang susun memang bisa memberikan solusi terhadap keterbatasan ruang kamar. Meski begitu, Pins tak bisa memilihnya secara asal. Yuk, simak beberapa panduan memilih bunk bed berikut ini: 

Ukur Luas Kamar

Mengingat tempat tidur susun ini akan dipakai pada ruangan yang tidak terlalu luas, maka mulailah dengan mengukur ruangan. Hitunglah luas lantai dan tinggi langit-langit. Kemudian, sisakan ruang yang cukup antara tempat tidur susun dan ketinggian langit-langit agar kepala tidak terbentur. 

Meski ketinggian jika bunk bed bervariasi, namun rata-rata tingginya adalah 1,5 hingga 1,8 meter. Nah, pilihlah berdasarkan jenis bunk bed yang dapat memenuhi berbagai kebutuhanmu.

Pastikan Bahan Berkualitas Bagus

Tempat tidur susun memiliki beragam bahan yang bisa Pins pilih yaitu kayu, kayu solid, dan baja. Baja merupakan bahan yang sangat kuat dan kokoh. 

Sedangkan kayu solid yang tidak dirawat bisa bertahan lama. Dapat dicat dengan warna favorit dan juga dapat didaur ulang. Kayu solid merupakan material alami yang dapat memberikan suasana hangat pada ruangan dan bertahan selamanya. Pilihlah diantara material tersebut yang paling cocok untukmu, ya! 

Pilih Desain Tangga  

Pada sebuah ranjang susun, tangga adalah komponen penting yang menjadi satu-satunya akses untuk naik dan turun. Maka dari itu, pastikan Pins sudah mempertimbangkan desain tangga, terutama jika kamar digunakan untuk anak.

Perhitungkan posisi dan kemiringannya. Apalagi mengingat ada kemungkinan anak kurang waspada saat menggunakan tangga tersebut, apalagi saat baru bangun tidur. 

Pemasangan Harus Tepat 

Bunk bed harus dipasang dan diikat ke dinding dengan benar agar aman digunakan dan tidak mencelakai siapapun yang akan menempatinya. Tempat tidur tingkat atas tidak cocok untuk anak di bawah usia 6 tahun untuk menghindari risiko cedera karena jatuh.

Penting untuk tidak memasang pengait ke tempat tidur atau menggantungkan tali atau ikat lain yang dapat mengganggu anak-anak saat bermain.

Ide Desain Bunk Bed yang Unik dan Menyenangkan

Tertarik menggunakan model ranjang susun di rumahmu, Pins? Sebagai inspirasi, ini beberapa ide bunk bed yang bisa dipilih: 

Bisa Tetap Mendapat Privasi dengan Bunk Bed Tirai 

(Sewing Machines Plus)

Kata siapa memakai bunk bed tidak bisa mendapatkan privasi? Pins juga tetap bisa mendapatkan privasi jika memilih model ranjang susun yang memiliki tirai. Caranya mudah, Pins hanya perlu membeli tirai yang dipasang di bagian tertinggi langit-langit kamar. 

Sebagai pemilik tempat tidur bagian atas maupun bawah, Pins bisa menutup dan membuka sesuka hatimu. Cara ini juga bisa dipakai kalau Pins memakai ranjang susun di asrama. 

Ranjang Susun Kayu yang Hangat

(Wooden Street)

Jika Pins senang dengan unsur alam, maka desain ranjang tingkat yang terbuat dari kayu bisa digunakan di kamar. Dengan warna cokelat yang natural membuatnya terlihat hangat dan nyaman. 

Biar semakin menyenangkan dan tidak bosan, dinding kamar tidur ini bisa diberikan konsep dan warna senada dengan unsur alam sehingga lebih menyenangkan. 

Bunk Bed dengan Perosotan 

(Maxtris Kids)

Kamar dengan perosotan tentu akan semakin menyenangkan bagi si Kecil, ya, Pins! Ranjang susun dengan perosotan ini bisa jadi pilihan buat Pins yang memiliki dua anak yang masih kecil dan aktif.

Selain sebagai tempat tidur, kamar bisa menjad ruang bermain yang menyenangkan. Sebaiknya, hati-hati dan pastikan untuk mengawasi si Kecil saat bermain, ya!

Tambahkan Sofa di Bawah Biar Makin Nyaman

bunk bed
(Pinterest)

Buat Pins yang tidur sendiri juga tak ada salahnya, lho, memakai ranjang tingkat di kamarmu! Jenis ranjang ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan di bagian bawahnya. 

Misalnya, Pins bisa menempatkan sofa yang nyaman untuk tempat membaca maupun bisa difungsikan jika ada teman yang menginap. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.