Kamus Istilah Properti

Apartemen Duplex

istilah properti

Apartemen Duplex

Apartemen Duplex adalah hunian di suatu apartemen yang terdiri dari dua hunian keluarga yang saling bersebelahan dan dipisahkan oleh pintu masuk berbeda.

Apa Itu Apartemen Duplex? 

tentang apartemen duplex
(Unsplash)

Di antara beberapa tipe apartemen, banyak orang mulai melirik apartemen berjenis duplex. Apartemen Duplex adalah hunian di suatu apartemen yang terdiri dari dua hunian keluarga yang saling bersebelahan dan dipisahkan oleh pintu masuk berbeda.

Tipe ini sangat cocok buat Pins yang ingin tinggal di apartemen tetapi menginginkan tampilan dan nuansa rumah. Sebab, dupleks memberikan pengalaman hidup yang sama seperti yang Pins temukan di rumah. 

Bahkan, saat ini terdapat apartemen berjenis dupleks yang dilengkapi dengan garasi untuk parkir dan memiliki ruang terbuka yang ditujukan untuk teras atau halaman belakang. Tetapi area bersama ini harus dibagi bersama penghuni lain. 

Ciri Khas Apartemen Duplex 

Ciri khas apartemen duplex
(Unsplash)

Ada beberapa ciri dan karakteristik tipe duplex yang membedakan dengan jenis lainnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Unit dua lantai yang dihubungkan oleh tangga atau lift. Terkadang tingkat yang lebih rendah adalah ruang bagian bawah.
  • Luasnya umumnya lebih dari 100 meter persegi. 
  • Biasanya terletak di lantai paling atas sebuah apartemen.
  • Kedua lantai harus memiliki ketinggian langit-langit minimum yang 2,5 meter. Apartemen dengan kamar tidur loteng dengan ketinggian langit-langit di bawah itu bukanlah sebuah dupleks, meskipun memiliki tangga.
  • Unit dapat berdampingan atau saling menumpuk di atas satu sama lain.
  • Bangunan duplex juga memiliki dua pintu masuk terpisah untuk setiap unit sehingga  setiap penghuni memiliki pintu masuk sendiri. 
  • Kedua unit terpisah ini biasanya berukuran sama.
  • Umumnya apartemen dupleks dimiliki oleh satu orang dan kedua unit tersebut biasanya disewakan.  

Kelebihan Tinggal di Apartemen Duplex

Kelebihan Apartemen duplex
(Unsplash)

Kalau Pins menginginkan tinggal bersama saudara, duplex adalah pilihan yang tepat. Dupleks biasanya lebih terjangkau daripada rumah keluarga tunggal maupun apartemen tipe lain yang lebih mewah seperti penthouse. Apartemen duplex dapat menghasilkan income yang cepat jika Pins menyewakannya.

Selain itu, berikut ini beberapa kelebihan tinggal di apartemen kembar:

Fasilitas Pribadi yang Lebih Banyak

Jika Pins ingin memiliki hunian yang di apartemen tetapi ingin mendapatkan privasi yang lebih tinggi, maka tipe duplex ini bisa menjadi solusi menarik. Pins hanya perlu berbagi dengan satu orang tetangga saja. 

Sebab, biasanya penghuni pun hanya perlu berbagi ruang bersama dengan satu unit tanpa perlu berbagi dengan seluruh penghuni kompleks apartemen. Lebih dari itu, penghuni juga biasanya memiliki akses ke fasilitas yang mungkin tidak dimiliki di gedung apartemen biasa

Lebih Dekat dengan Tetangga 

Memilih tinggal di apartemen duplex berarti Pins akan berada di dekat tetangga, tetapi unit yang sepenuhnya terpisah yang sepenuhnya pribadi. Meskipun ini mungkin tampak negatif bagi sebagian orang, ini bisa menjadi manfaat tergantung pada situasi seseorang. 

Misalnya, jika Pins ingin dekat dengan kerabat, maka bisa menyewakan satu unit dan memiliki kerabat di yang lain. 

Eksklusif 

Meski tak semewah penthouse, apartemen duplex juga menawarkan eksklusifitas tersendiri. Pins akan memiliki lebih banyak ruang di dalam apartemen dupleks daripada unit di gedung apartemen lainnya. 

Saat membeli sebuah apartemen ini, Pins juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola seperti kolam renang, lobi, lapangan tenis hingga taman bermain. 

Lebih Nyaman

Sebagaimana diketahui, tipe ini dirancang dengan langit-langit tinggi dan terletak di lantai paling atas sebuah apartemen. 

Hal ini pun menjadikan apartemen tipe ini dapat membuka ke sudut pandang dengan tampilan yang luas, lapang, dan kaca yang dikeraskan di area terbuka untuk memaksimalkan cahaya alami. 

Pins pun akan memiliki kesempatan untuk hidup di ruang terbuka yang menyatu dengan alam. Jadi lebih tinggal dan nyaman sekalipun tinggal bersama keluarga besar. 

Keamanan Tinggi 

Soal keamanan, apartemen tipe ini tentu tiada tandingannya karena sangat ketat. Tidak sembarang orang diperbolehkan untuk masuk ke dalam apartemen. Kalaupun ada yang masuk, maka petugas keamanan akan melakukan pemeriksaan.

Tidak hanya itu, di sekitar apartemen biasanya juga dipasang kamera CCTV untuk memantau lingkungan di sekitar apartemen.

Kekurangan Apartemen Duplex 

Kekurangan Apartemen Duplex
(Unsplash)

Di sisi kelebihannya yang cukup banyak, Pins juga harus siap dengan beberapa kekurangan apartemen ini. Apa saja?

  • Harga lebih mahal daripada menyewa apartemen tipe studio maupun 2BR.
  • Harus menjalin komunikasi dan kecocokan dengan tetangga. Meskipun Pins memiliki pintu masuk yang terpisah, tetapi Pins tetap harus mencari cara untuk bergaul jika ada teras atau halaman bersama. 
  • Kemungkinan memiliki tetangga sebelah yang yang buruk akan menyulitkan.  
  • Tanggung jawab yang berpotensi meningkat terlebih dupleks sering kali dimiliki secara pribadi. Maka Pins harus melakukan pekerjaan halaman sendiri, berkebun, atau merapikan di sekitar area luar.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa disampaikan mengenai apartemen duplex. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.