Kamus Istilah Properti

Cottage

istilah properti

Cottage

Cottage adalah jenis penginapan dengan bangunan yang lebih kecil dari vila. Biasanya dalam satu area akan terdapat banyak bangunan cottage yang membentuk komplek penginapan.

Apa itu Cottage?

(IDN Times)

Seperti yang sudah disinggung di atas, cottage merupakan salah satu jenis bangunan untuk menginap. Dengan kata lain ini adalah jenis penginapan. Umumnya cottage terletak dalam sebuah komplek penginapan. Penginapan tersebut tidak berbentuk gedung namun rumah-rumah kecil yang menjunjung ranah privasi setiap pelanggan. Sebagai area untuk menginap cottage juga memiliki banyak fasilitas mendasar yang sama dengan penginapan lain mulai dari tempat tidur, kamar mandi, dan lain-lain.

Perbedaan cottage dengan hotel dan vila

(Agoda)

Untuk memastikan pemahaman kamu semakin tajam mengenai cottage, berikut ini ada beberapa perbedaan antara cottage, hotel dan vila. Yuk kita simak bersama.

Hotel

Umumnya hotel berbentuk gedung bertingkat. Kamar pada hotel pun saling berdekatan dan menempel seperti pada bangunan apartemen. Antara satu kamar dan kamar lain umumnya hanya disekat oleh dinding yang kedap suara. Lokasi hotel tersebar di banyak area, bisa di area perkantoran, menyatu dengan pusat perbelanjaan, atau bahkan di sekitar area wisata. Hotel pun bisa berada dalam satu kompleks bangunan atau berdiri tegak di pinggir jalan protokol.

Vila

Vila merupakan rumah yang lokasinya jauh dari perkotaan. Biasanya vila difungsikan sebagai tempat untuk liburan keluarga. Beberapa orang yang mempunyai vila akan menyewakan vila tersebut ke orang lain. Berbeda dengan hotel, vila berbentuk seperti rumah pada umumnya namun memiliki kamar yang banyak sehingga sering kali cocok digunakan liburan bersama keluarga besar. Vila biasanya terletak di area pegunungan seperti di puncak Bogor, atau dekat dengan pantai dan pedesaan seperti di Bali.

Cottage

Sementara cottage berbentuk seperti paviliun. Ukurannya lebih kecil dari villa dan umumnya hanya bisa memuat 2-3 orang saja. Cottage merupakan tempat penginapan yang mengusung tema minimalis. Di beberapa lokasi wisata, cottage bisa menjadi pilihan untuk menginap. Meski ukurannya kecil, namun cottage biasanya dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memanjakan konsumen. 

Cara memesan cottage

(1001 Malam)

Untuk memesan cottage, biasanya kamu bisa melakukan hal tersebut dengan beberapa cara. Berikut ini beberapa metode untuk memesan cottage.

Pemesanan online melalui aplikasi

Untuk bisa memesan cottage, kamu bisa melakukan reservasi dengan aplikasi. Saat ini banyak sekali aplikasi untuk booking cottage seperti Traveloka, Pegipegi, Agoda, dan lain-lain. Kamu hanya perlu melakukan registrasi di aplikasi tersebut. Setelah itu kamu bisa memesan dan melakukan pembayaran secara online. Bukti pembayaran pun akan langsung masuk ke email kamu sehingga sangat memudahkan transaksi.

Menghubungi langsung pihak manajemen melalui telepon

Metode lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memesan melalui bagian reservasi. Jika kamu mempunyai kontak penginapan di bagian resepsionis, kamu bisa langsung memesan dengan telepon. Namun, biasanya kamu tidak bisa melakukan pembayaran via telepon. Jadi setelah booking, pastikan kamu lekas menuju penginapan untuk melakukan pembayaran.

Memesan melalui email

Sebenarnya di Indonesia, jarang sekali ada cottage yang menyediakan fasilitas booking dengan email. Namun hal ini bisa saja menjadi opsi yang mereka tawarkan. Jika ada fasilitas ini, maka kamu bisa memesan kamar dari jauh-jauh hari ya Pins.

Memesan melalui kontak WhatsApp

Apabila pihak hotel menyediakan online booking dengan WhatsApp, kamu bisa menggunakan fasilitas ini. Pemesanan dengan WhatsApp bisa mempermudah transaksi tentunya. Nah, jadi kalau cottage yang kamu tuju memberikan metode ini, kamu bisa langsung memesan kamar dengan mudah Pins!

Fasilitas cottage

(Country Living)

Pada dasarnya cottage pun mempunyai fasilitas yang mirip dengan kamar hotel atau vila. Kamu akan mendapatkan kamar tidur, kamar mandi, handuk, welcoming drink (air putih) di kamar, dan fasilitas lainnya. Cottage dengan fasilitas mewah juga akan menyediakan televisi, wifi dan fasilitas lain yang memanjakan selama liburan.

Sebagai konsumen atau tamu yang menginap di cottage, kamu pun harus tetap menjaga kebersihan dan peralatan yang ada di dalam area tersebut. Hal ini agar fasilitas di dalam cottage masih bisa dinikmati oleh tamu lain yang akan menginap setelah kamu check out. 

Hal yang tidak boleh kamu lakukan saat menginap di cottage

Ketika kamu menginap di penginapan mana pun, termasuk cottage pastikan kamu berperilaku baik. Jagalah sikap kamu karena ada banyak tamu lain yang juga ingin menikmati kenyamanan menginap di penginapan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh kau lakukan selama berada di cottage.

Jangan merusak peralatan di dalam penginapan

Sebagai tamu, walau kamu sudah membayar penginapan tersebut bukan berarti kamu bisa semena-mena ya, Pins. Kamu harus tetap menjaga peralatan yang ada di penginapan. Pastikan kamu tidak merusak peralatan yang ada di dalam kamar seperti water heater, kulkas bar, televisi dan lain-lain.

Jangan mengambil barang yang ada di dalam kamar

Pins, menjadi tamu di penginapan artinya kita hanya bisa menikmati fasilitas yang tersedia. Bukan berarti kita berhak untuk mengambil peralatan elektronik, handuk, bantal atau barang lain yang ada di dalam kamar. 

Jangan membuat gaduh

Seperti yang kita ketahui bahwa penginapan merupakan tempat umum. Walau cottage milikmu terpisah dari cottage milik tamu lain, pastikan kamu tidak membuat gaduh ya Pins. Tamu lain juga membutuhkan ketenangan dan kenyamanan untuk istirahat.

Kembalikan barang yang sudah kamu pakai ke tempat asalnya

Jika kamu sudah menggunakan barang di dalam kamar seperti hair dryer, water heater, dan remote TV, pastikan kamu mengembalikan ke tempatnya. Kebiasaan ini perlu kamu bangun untuk menghargai fasilitas yang sudah kamu dapatkan.

Pins, itu saja informasi mengenai cottage yang bisa kamu baca. Yuk lebih bertanggungjawab lagi dalam menikmati fasilitas di dalam penginapan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.