Kamus Istilah Properti

Kondotel

istilah properti

Kondotel

Kondotel adalah properti yang menggabungkan fungsi kondominium dan hotel; tempat tinggal pribadi yang dikelola dan difungsikan sebagai hotel.

Apa itu Kondotel?

(Sumber foto: Stocksnap dari Pixabay)

Kondotel atau Kondominium Hotel adalah properti dengan bentuk kepemilikan pribadi vertikal. Kondotel ini merupakan properti residensial dengan model bangunan yang terdiri dari banyak unit seperti apartemen. Dalam satu unit, furniture yang ada di dalamnya memiliki model yang sama namun luas dan desain yang berbeda tergantung tipe unit. Terdapat  dua tipe unit Kondominium Hotel, yaitu unit dengan banyak ruangan maupun studio. Kondominium Hotel ini hampir sama dengan apartemen karena memiliki bangunan vertikal yang diperuntukkan kaum urban.

Keuntungan Investasi Kondotel

sumber: Pexels

Kondotel (Kondominium Hotel) adalah salah satu investasi properti yang sangat menggiurkan. Beberapa keuntungan yang dapat Pins peroleh jika berinvestasi Kondominium Hotel, yaitu :

1. Harga Unit Terus Meningkat

Salah satu keuntungan bagi investor adalah harga unit yang terus meningkat. Hal ini dilandasi dengan kebutuhan akan tempat tinggal yang semakin meningkat. Selain itu, kepemilikan Kondominium Hotel juga dapat Pins jadikan agunan ke bank jika suatu saat Pins memerlukan pinjaman uang dari bank.

2. Hasil Operasional

Dengan melakukan investasi kondotel, Pins akan memiliki pendapatan operasional. Pendapatan ini akan dibagikan kepada para investor dengan besaran 8-12% dari harga beli. Hal ini berbeda dengan apartemen yang tidak akan pendapatan jika tidak ada penyewa.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi Kondotel

Kondotel 2
sumber: Alamy

1. Lokasi

Lokasi selalu menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan jika berbicara mengenai properti. Jika lokasi strategis, maka fasilitas umum pendukung akan strategis dan harga properti akan cepat sekali naik. Namun, jika lokasi tidak strategis, maka harga properti juga akan sangat sulit untuk mengalami kenaikan.

2. Pengembang

Sebelum memilih kondotel untuk investasi, Pins juga perlu menyeleksi pengembang yang membangun Kondominium Hotel. Karena pengembang sangat berperan dalam proyek pembangunan Kondominium Hotel. Pilihlah pengembang dengan jam terbang tinggi, track record yang baik, dan profesionalitas yang tinggi. Karena dengan hal-hal tersebutlah Pins dapat menilai apakah pengembang mampu menyelesaikan proyek dengan baik atau tidak.

3. Pengelola Hotel

Carilah pengelola yang dapat Pins percaya untuk mengelola kondotel. Usahakan pengelola hotel dapat memberikan servis yang baik dan meningkatkan kepuasan pengunjung hotel. Selain itu profesionalisme dan pengalaman juga diperlukan supaya manajemen hotel dapat berjalan dengan baik.

4. Fasilitas

Sebelum memilih investasi kondotel, Pins juga perlu memerhatikan apakah fasilitas umum di area yang akan Pins bangun untuk Kondominium Hotel. Selain itu, Pins juga perlu memperhitungkan fasilitas yang akan Pins sediakan untuk Kondominium Hotel. Fasilitas yang paling umum untuk Kondominium Hotel adalah kolam renang, fasilitas parkir, restoran, dan masih banyak lagi. Perhitungkanlah dengan matang sebelum Pins memilih investasi ini.

5. Hak dan Kewajiban

Pada investasi properti kondotel, Pins juga perlu mempertimbangkan hak dan kewajiban pada jenis investasi ini loh! Hal yang biasanya didapat oleh pemilik adalah rental guarantee  dan profit sharing. Untuk jaminan sewa atau rental guarantee yang biasanya diberikan pada pemilik hotel adalah 8% per tahun dari harga beli. Sedangkan profit sharing atau pembagian keuntungan, keuntungan harus dikurangi untuk biaya operasional Kondominium Hotel, dan proporsi pembagian berkisar antara 40-60 atau 50-50 antara investor dan pengembang.

6. Perhitungan Risiko yang Mungkin Terjadi

Pins juga perlu memperhitungkan risiko yang mungkin terjadi. Hal ini perlu Pins perhitungkan sebelum melakukan investasi pada kondotel. Beberapa risiko yakni depresiasi furniture, renovasi, dan masih banyak lagi. Jadi jangan sampai Pins tidak mengetahui hal-hal ini ya!

Tips Investasi Kondotel

sumber: Emanuele Crava dari Pixabay

1. Beli Kondotel Sebelum Dibangun

Kondotel merupakan salah satu properti yang sedang ramai sekali di kalangan investor. Unitnya pun sering laris terjual bahkan sebelum bangunan jadi. Jika Pins berminat untuk membeli Kondominium Hotel, sebaiknya belilah Kondominium Hotel sebelum dibangun. Dengan membeli Kondominium Hotel sebelum dibangun, Pins bisa mendapatkan Kondominium Hotel dengan harga yang lebih murah. Meski begitu, pertimbangkan juga karena cara yang satu ini cukup berisiko.

2.  Harga Wajar

Pilihlah kondotel dengan harga yang wajar. Jangan membeli unit dengan harga yang mahal namun fasilitas dan lokasi tidak strategis. Lakukanlah survey lokasi dan harga tanah agar Pins tidak mudah tergiur. Karena jika Pins salah memilih, Pins dapat menyesal di kemudian hari.

3. Reputasi Pengembang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penembang memiliki peran yang sangat penting dalam investasi properti. Pastikan bahwa pengembang memiliki reputasi yang sangat baik. Jangan sampai Pins tertipu dan salah memilih pengembang. Hal ini dapat berbahaya bagi kelancaran proyek kondotel.

Itulah informasi mengenai apa itu Kondominium Hotel, hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum investasi, dan tips berinvestasi Kondominium Hotel. Semoga bermanfaat!


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.