Apa Itu NUP dan Proses Membeli Properti dengan Metode Ini

Pinhome

Proses Membeli Properti dengan NUP

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 22 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Seiring dengan perkembangan zaman, membeli properti atau hunian idaman kini semakin dipermudah. Salah satu metode tersebut yaitu membeli rumah dengan NUP. Namun, banyak orang yang mungkin kurang paham apa itu NUP. 

Pinhome – NUP atau Nomor Urut Pemesanan menjadi salah satu metode pemesanan selain booking fee yang bisa Pins coba. Metode ini tentu punya kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan cara lainnya. 

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk memahami bagaimana proses membeli hunian dengan NUP, bukan? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu NUP?

Dilansir dari kamus properti Pinhome, NUP (Nomor Unit Pemesanan) adalah cara memesan unit hunian di awa sebelum properti atau bangunan diluncurkan. Artinya, Pins sudah colong start untuk memesan unit properti di kawasan tertentu. 

Metode ini biasanya digunakan oleh mereka yang sudah percaya dengan kualitas perumahan sebelumnya. Selain itu, tingkat strategis wilayah hunian tersebut dibangun pun menjadi bahan pertimbangan. 

Cara Membeli Rumah dengan NUP

(Pinhome.id)

Setelah memahami apa itu NUP, kini Pins sudah bisa cari-cari tahu bagaimana proses membeli hunian dengan metode ini. Berikut langkah-langkahnya!

Cari NUP yang tersedia

Perlu diingat bahwa tidak semua rumah atau hunian yang dijual menawarkan NUP ya, Pins. Untuk itu, kamu perlu mencari NUP yang tersedia. 

Caranya mudah kok. Pins bisa menemukan proyek perumahan baru yang menjual NUP dengan mengunjugi situs https://www.pinhome.id/informasi/nup-adalah

Pilih Properti

Bila sudah masuk ke situs tersebut, kamu sudah bisa memilih properti atau hunian yang diinginkan. Jangan lupa untuk mengecek apakah unit yang diinginkan memiliki logo NUP. 

Selain itu, pertimbangkan berbagai hal sebelum membeli rumah, mulai dari harga hingga lingkungan tempat tinggalnya. 

Pesan dan Pilih Unit

Bila sudah yakin dengan pilihanmu, klik Pesan NUP Sekarang. Bagi kamu yang masih ragu mungkin bisa berkonsultasi dengan tim Pinhome. 

Ini bisa dilakukan dengan klik Hubungi Kami. Dengan begitu, kamu bisa menanyakan hal-hal yang menurut Pins penting sebelum memesan NUP, ya!

Isi Formulir

Setelah menekan tombol Pesan NUP Sekarang, Pins akan diminta untuk mengisi formulir dengan lengkapi. Bila sudah, cek kembali apakah data yang diisi sudah benar sebelum melanjutkan memilih metode pembayaran. 

Lakukan Pembayaran

Jika sudah selesai, pilih metode pembayaran yang terdiri dari berbagai opsi, yakni:

  • Virtual Account
  • Kartu Kredit
  • Debet Online
  • Metode Pembayaran Lainnya

Sebelum melakukan pembayaran, sebaiknya periksa ulang apakah NUP yang dipilih refundable atau non-refundable

NUP Refundable

NUP Refundable adalah nomor urut pemesanan yang bisa dikembalikan sewaktu-waktu. Harga NUP ini pun cenderung rendah, tetapi Pins yang memilih tipe NUP ini biasanya tidak bisa memilih unit secara langsung. 

NUP Non-Refundable

Sementara itu, NUP non-refundable bersifat final, alias tidak dapat dikembalikan. Selain itu, harga NUP tipe ini lebih tinggi. Namun, NUP non-refundable memungkinkan Pins memilih unit yang diinginkan secara langsung dan lebih diprioritaskan, nih

Selain itu, harga NUP setiap properti tentu akan berbeda tergantung pada tipe properti dan kebijakan developer. Misal, NUP properti dengan harga terjangkau dijual mulai dari Rp 500 ribu. Sementara itu, hunian mewah cenderung dibanderol Rp 25 juta. 

Download Dokumen NUP

Jika pembayaran sudah berhasil, Pins akan mendapatkan bukti bayar. Jangan lupa simpan bukti bayar dan selanjutnya kamu akan diminta untuk mengunggah KTP. 

Pada proses membeli hunian dengan NUP ini, kamu juga perlu menyiapkan NPWP ya. Bila sudah selesai, jangan lupa unduh dokumen NUP dalam bentuk softcopy, Pins. 

Tunggu Tanggal Serah Terima

Bila segala prosedur sudah diselesaikan, tunggu serah terima proyek dan kunci rumah. Normalnya, proses pembangunan unit akan dilakukan 1 hingga 2 tahun setelah penjualan NUP. 

Meski begitu, hal tersebut tergantung pada setiap pengembang. Maka dari itu, Pins bisa menanyakan hal ini kepada pengembang dari hunian yang diinginkan. 

Tips Membeli Rumah dengan NUP

Cara membeli rumah dengan NUP memang terdengar riskan mengingat proyek yang dibeli belum diluncurkan. Akan tetapi, orang-orang yang sudah berpengalaman dalam bidang properti justru menganggap NUP menjadi metode yang menguntungkan. 

Jika kamu ingin mencoba membeli properti dengan metode ini, coba simak tips-tips di bawah ini!

  • Pastikan pengembang yang menawarkan NUP sudah terpecaya. 
  • Konfirmasi soal developer ke pihak bank atau e-commerce properti seperti Pinhome. 
  • Kembali pastikan apakah pengembang tersebut bekerja sama dengan bank atau portal penjualan properti. 
  • Ketahui lokasi pembangunan unit untuk memastikan proyek akan benar-benar dibangun. 
  • Minta rekomendasi dan saran dari keluarga atau kolega yang mengerti soal properti. 

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu NUP dan bagaimana proses membelinya. Dengan begitu, Pins sudah bisa mendalami hunian atau properti yang diinginkan sesuai kebutuhan dan tentu saja metode pemesanannya, nih!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel