Kamus Istilah Properti

Drywall

istilah properti

Drywall

Drywall adalah papan gipsum yang digunakan sebagai dinding atau sekat. Pemasangannya terbilang cepat dan mudah, selain itu hasilnya rapi.

Apa itu drywall?

drywall
(Paintcity)

Drywall merupakan panel (papan tipis) yang terbuat dari gipsum. Material bangunan ini utamanya difungsikan untuk menjadi dinding. 

Dibandingkan dengan dinding batu bata atau batu material jenis lain, pemasangan papan ini lebih cepat dan mudah. Tidak dibutuhkan air untuk memasang material ini. Jejak tercecernya adukan semen di permukaan lantai juga tidak akan ditemui ketika memasangnya.

Selain itu, hasil akhir pemasangannya lebih kecil kemungkinannya untuk cacat. Hal ini berbeda dengan dinding batu bata yang rentan terhadap kondisi permukaan yang bisa tidak merata, retak atau sejenisnya.

Produsen-produsen drywall di Indonesia punya beberapa jenis papan gipsum yang disesuaikan untuk kondisi-kondisi tertentu. Kamu bisa menemukan papan gipsum yang akan lebih kuat menahan rambatan api, anti panas, kedap suara, tahan lembab, tahan jamur, tahan benturan maupun yang standar.

Karakter drywall

drywall
(Bobvila)

Dalam bagian ini, akan dijelaskan karakter yang menyertai panel gipsum sebagai material bangunan. Selain akan menjelaskan poin-poin karakter, akan dijelaskan juga detail sifat-sifat tersebut dalam masing-masing paparan.

Material kering

Papan gipsum adalah material kering. Ini berbeda dengan batu bata yang membutuhkan semen (material basah). Karakter ini menyebabkan gipsum lebih mudah untuk dipasang dan lebih rapi ketika proses pengerjaan.

Ringan

Material ini terbilang sangat ringan. Dibanding dengan tumpukan batu bata, ia lebih mudah untuk dipindahkan. Apabila ingin menambahkan ruangan atau partisi di bangunan-bangunan vertikal (hotel, perkantoran, maupun apartemen), papan gipsum adalah jawaban yang tepat untuk material dinding ini.

Bisa menghalau panas dan relatif tahan api.

Material gipsum cukup baik untuk penghalau panas. Jadi, apabila difungsikan sebagai sekat atau dinding yang terpapar sinar matahari, ruangan masih bisa tetap terkontrol suhunya.

Di sisi lain, papan ini juga relatif tahan api. Akan tetapi, tiap jenis produk punya tingkatan ketahanan yang boleh jadi berbeda.

Ramah lingkungan

Material ini masuk dalam kategori ramah lingkungan. Hal tersebut disebabkan karena gipsum punya karakter dapat didaur ulang. Selain itu, produk ini tidak tidak menggunakan air sama sekali dalam pembuatannya.

Fleksibel

Dalam pengaplikasannya, panel ini terbilang fleksibel. Ketika ukuran panel terlalu besar, namun area pengaplikasannya kecil, kita dapat memotong sesuai dengan kebutuhan.

Plus dan minus

drywall
(The Spruce)

Setelah mengetahui karakter-karakter yang mengiringi, ada baiknya kita untuk memahami sisi plus dan minus dari panel gipsum. Beberapa poin yang disebutkan mungkin akan masih ada kaitannya dengan penjelasan sebelumnya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut.

Plus

  • Lebih hemat waktu, dan tenaga dalam proses pemasangan.
  • Lebih ekonomis.
  • Proses pemasangan akan lebih rapi dibanding membuat dinding batu.
  • Produk yang ramah lingkungan..
  • Bisa difungsikan sebagai pelapis dinding bata atau dinding beton.
  • Material ini bisa menghalau panas yang masuk ke ruangan dari sisi di mana ia dipasang.
  • Permukaannya lebih minim risiko untuk bergelombang ataupun retak jika dibanding dengan dinding bata.
  • Cocok untuk kebutuhan penambahan ruangan atau pembuatan sekat di bangunan vertikal.
  • Dibanding dinding batu, drywall lebih aman jika terjadi gempa.
  • Mudah untuk dirawat.
  • Relatif tahan api.

Minus

  • Meskipun mudah dalam proses memasang, perlu teknik, ketelitian dan jam terbang untuk memasangnya dengan rapi.
  • Drywall standar lebih tidak tahan air jika dibandingkan dengan dinding bata. Jadi tidak begitu disarankan untuk menggunakannya di bagian area yang rawan terpapar air.
  • Panel gipsum biasa tidak kedap suara.
  • Tidak semua papan gipsum kuat menahan benturan.
  • Mudah kusam dan kotor jika tidak diberi lapisan tertentu (cat, wallpaper, atau produk semacamnya).
  • Hanya beberapa jenis drywall saja yang kedap suara.

Cara pemasangan

drywall
(Unsplash)

Pada bagian ini, akan disampaikan langkah-langkah pemasangan drywall secara berurutan. Yang pertama, papan perlu dipotong sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, akan lebih baik  jika kita mengetahui ukuran lokasi yang akan menjadi area pemasangan material ini. Sebagai catatan, pemotongan harus dilakukan di permukaan yang kering.

Selanjutnya, rekatkan papan gipsum pada dinding, rangka dinding, rangka plafon, maupun kusen pintu menggunakan lem. Tahan area tersebut dengan benda yang punya tekanan kuat, kemudian tunggu sampai kering.

Ketika lem sudah menempel kuat, pasang paku di titik-titik vital, seperti sudut maupun bagian yang rawan terbuka. Kamu bisa mengganti paku dengan baut tajam apabila mempunyai drywall gun. Agar tidak mudah copot, pakailah paku atau baut tajam dengan ukuran lebih dari 10 cm.

Semua drywall sudah terpasang, kini saatnya proses finishing. Bagian-bagian sambungan dari papan gipsum perlu untuk dilapisi beri dempul. Usahakan dempul masuk ke sela-sela rongga sambungan. Setelah dempul mengeras, lakukan proses pengamplasan agar bagian tersebut rata seperti permukaan yang lain.

Catatan tambahan

drywall
(This Old House)

Di pasaran, kamu akan menemukan berbagai jenis drywall, dari yang standar maupun yang dibuat untuk keperluan khusus. Selain itu, papan dinding ini juga memiliki ukuran panjang yang beragam, berikut dengan ketebalannya.

Lakukan inspeksi terlebih dahulu ke area yang akan menjadi lokasi pemasangan. Setelah mengetahui kondisi dan ukuran, kamu bisa mempertimbangkan jenis, ukuran dan ketebalan dari drywall yang akan kamu beli.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.