Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 25 Pilihan Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana untuk Hunian Kamu

25 Pilihan Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana untuk Hunian Kamu

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 1 November 2021 ∙ 7 menit membaca

Ruangan sempit dan terbatas kini menjadi hal biasa yang harus disesuaikan oleh setiap pemilik rumah modern. Dalam keadaan seperti itu, setiap aspek desain perlu dipikirkan dengan matang untuk memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya. Setiap fitur perlu diakomodasi dalam ruangan yang sempit. Karena itu desain tangga rumah sempit sederhana menjadi hal yang perlu diperhitungkan.

Pinhome – Desain tangga minimalis ruang sempit adalah bagian penting dari arsitektur dan desain rumah pada lahan terbatas. Tidak hanya itu, baik estetika, biaya hingga pemanfaatan ruang harus direncanakan dengan maksimal. Berikut Pinhome sajikan beberapa desain tangga rumah sempit sederhana untuk hunian yang menarik.

Baca Juga:

Tips Menata Rumah Mungil dan Sempit Agar Terlihat Luas

Tangga Spiral

desain tangga rumah sempit sederhana
(Indiamart)

Tangga model spiral ini adalah solusi yang sudah lama digunakan sebagai desain yang efektif dalam membangun tangga untuk rumah kecil. Desain tangga jenis ini membangun titik fokus yang lebih baik di dalam rumah. Desain spiral dari tangga model ini merupakan desain tangga rumah sempit sederhana yang berperan penting dalam menjaga daya tarik dari keseluruhan dekorasi rumah.

Tangga Berputar

desain tangga rumah sempit sederhana
(Severge)

Desain tangga putar bisa dibilang hampir menyerupai model tangga spiral, yang membedakannya hanya tangga berputar tidak memiliki poros pondasi di tengah. Seperti juga dengan tangga spiral, desain tangga berputar ini efektif menghemat ruang.

Desain Tangga Terbuka

(Doublebuilding)

Membuat tangga terbuka juga merupakan metode desain tangga minimalis ruang sempit yang populer dan biasa menjadi pilihan para pemilik rumah modern. Pada desain ini riser dibuat tidak ada. Kesan visual yang ditampilkan dari desain tangga semacam ini adalah ringan dan menciptakan kesan lapang.

Tangga Curam Serba Ringkas

(Contemporist)

Tangga desain ini menyerupai tangga pada loteng. Secara tampilan visual desain tangga rumah sempit sederhana ini sangat ringan dan sangat hemat ruang. Tangga terbuka dengan penyangga tunggal adalah solusi praktis untuk menempuh jarak vertikal antara dua lantai dalam jangkauan area yang sangat pendek. Desain seperti ini sangat cocok sebagai tangga untuk rumah kecil. Tangga curam seperti ini memang sangat ringkas, namun harus berhati-hati ketika menaikinya akan seperti memanjat.

Baca Juga:

Tips Membuat Kamar Loteng yang Nyaman dan Aman

Desain Tangga Gantung

(Archdaily)

Meski tidak begitu populer, tangga gantung unik dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk konstruksinya. Namun desain tangga rumah sempit sederhana seperti ini sangat unik dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk konstruksinya. Karena ditopang dengan rangka besi yang kuat, tangga gantung seperti ini tidak memanfaatkan pondasi lantai sedikitpun.

Tangga Rangka Besi Tipis

desain tangga rumah sempit sederhana
(Keuka-Studio)

Desain tangga simple dengan penyangga pagar kawat tipis menciptakan kesan visual visual yang sederhana, ringan dan lapang. Dengan desain tangga minimalis ruang sempit seperti ini, juga cocok untuk menghemat biaya.

Tangga Dengan Besi Perforated

(Trendir)

Menggunakan materi besi perforated merupakan salah satu alternatif untuk desain tangga rumah sempit sederhana. Tangga dengan besi perforated selain berkesan modern minimalis, juga membuat tangga terlihat tembus pandang.

Tangga Dengan Rak Penyimpanan

desain tangga rumah sempit sederhana
(Magicbrick)

Membuat ruang penyimpanan di bawah anak tangga merupakan solusi terbaik untuk rumah sempit. Desain tangga dengan fungsi ganda dan multifungsi merupakan kunci untuk memperluas ruangan sempit.

Baca Juga:

Tips Mengoptimalkan Tempat Penyimpanan

Tangga Tanpa Handrail

(Avso)

Kalau kamu berani mengambil risiko dengan menggunakan tangga lurus tanpa handrail, maka desain tangga untuk rumah kecil seperti ini bisa menjadi pilihan. Dengan penataan minimal dan kombinasi warna yang cermat, dapat menambah sensasi ruangan sempit menjadi elegan.

Desain Anak Tangga Sempit

desain tangga rumah sempit sederhana
(Media Gambar)

Desain tangga model ini akan menyesuaikan dengan ketersediaan ruangan, jika anak tangga dipersempit, maka akan mengoptimalkan luas area lantai. Sehingga area lantai tidak terbuang sia-sia untuk area tangga yang tidak perlu.

Tangga Dengan Kombinasi Kaca dan Besi

desain tangga rumah sempit sederhana
(Specializedstairs)

Penggunaan desain tangga kaca besi membuat tangga tidak terlihat. Selain terasa nyaman dan aman, kombinasi kedua material ini juga bertujuan memperluas visibilitas ruangan. Hal tersebut lah yang membuat desain tangga besi kaca sangat cocok untuk kamu yang ingin membangun tangga untuk rumah kecil.

Desain Anak Tangga Tidak Terlihat

desain tangga rumah sempit sederhana
(Prima Industry)

Untuk menciptakan kesan lapangan dengan elegan dan modern, kamu bisa mencoba tangga kaca sebagai alternatif. Tangga dengan model anak tangga dan handrail kaca sangat mudah dikombinasikan dengan dan warna aksesoris ruangan lainnya.

Permainan Warna Tangga yang Selaras

desain tangga rumah sempit sederhana
(Domain)

Jangan takut untuk menggunakan warna cerah dalam desain ruang sempit dengan material yang tidak terbatas. Tangga warna kuning salah satunya. Memiliki daya tarik yang tidak pernah ketinggalan zaman. Warna kuning dapat menambah kecerian dalam hunian minimalis. Oleh karena itu, pendekatan desain tangga seperti ini walaupun terlihat berani namun masih tetap berhasil untuk rumah sempit.

Desain Tangga Rak Buku Serbaguna

desain tangga rumah sempit sederhana
(Design Milk)

Bagi kamu si pecinta buku, tidak perlu pusing memilih untuk membuat ruang buku atau membuat tangga. Keduanya bisa menjadi kenyataan dengan desain tangga seperti ini.

Tangga yang Tersembunyi

(Contemporist)

Desain tangga berikut juga sangat cocok untuk rumah yang tidak memiliki cukup area untuk tangga. Selain pemanfaatan ruang ketika tangga sedang tidak dipakai, desain tangga tersembunyi seperti ini juga membuat tatanan rumah menjadi lebih simpel.

Model Tangga Lipat 

(Alibaba)

Hampir menyerupai dengan desain tangga tersembunyi, desain tangga lipat juga dapat memaksimalkan ruangan ketika tangga tidak terpakai. Tangga seperti ini mengharuskan fondasi engsel yang kuat agar cukup awet untuk dilipat dan dibuka.

Desain Tangga Zigzag

(Home-designing)

Model tangga zig zag ini hampir menyerupai tangga loteng yang memiliki ketinggian curam. Namun dengan model zig zag membuat desain tangga ini menjadi lebih estetis.

Tangga Sekaligus Rak Display

(Pinterest)

Desain tangga seperti ini hampir tidak menyerupai tangga. Kekurangan dari model tangga seperti ini adalah anak tangga yang sempit. Tangga seperti ini biasanya dibuat untuk mencapai lantai yang tidak terlalu tinggi atupun gudang penyimpanan.

Tangga Dengan Laci Penyimpanan

(Contemporist)

Memaksimalkan setiap sudut ruang menjadi bermanfaat adalah trik untuk mendesain rumah sempit sederhana. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan setiap anak tangga untuk laci penyimpanan. Perhatikan kembali untuk pembuatan tangga model seperti ini agar memiliki material yang cukup kuat sebagai pijakan sekaligus laci yang akan sering dibuka.

Baca Juga:

Inspirasi Desain Lemari Bawah Tangga Untuk Rumah Kecil

Tangga Spiral Dengan Penyimpanan

(Pinterest)

Layaknya tangga spiral biasa, model tangga berputar ini memang sangat efektif untuk rumah sempit. Penambahan storage pada bawah anak tangga spiral ini menjadikan desain tangga menjadi lebih modern.

Tangga Spiral Minimalis

desain tangga rumah sempit sederhana
(Contemporist)

Desain tangga ini sejatinya sama dengan desain tangga spiral pada umumnya. Namun desain tangga ini dibuat dengan lebih modern dan minimalis sehingga menghilangkan kesan tangga spiral yang konvensional.

Tangga Panjat Dinding

desain tangga rumah sempit sederhana
(Giibi)

Jika kamu suka dengan desain yang out of the box dan menantang, kamu bisa mencoba desain tangga model ini. Layaknya olahraga panjat tebing, kamu akan merasakan sensasi naik dan turun tangga yang menegangkan.

Tangga Loteng

desain tangga rumah sempit sederhana
(Build Days)

Seringkali dipandang sebelah mata, desain tangga loteng bisa juga menjadi lebih modern minimalis loh Pins. Dengan material kayu, cocok untuk kamu yang anti ribet.

Tangga Besi Sempit Minimalis

desain tangga rumah sempit sederhana
(Indetailinteriors)

Tangga dengan pijakan anak tangga yang sempit dan riser yang tinggi juga bisa dibuat dengan konsep minimalis lho Pins. Desain tangga seperti ini selain hemat tempat, juga terkesan lapang dengan konsep tangga yang terbuka.

Tangga Kayu Konvensional

desain tangga rumah sempit sederhana
(Tumblr/vintagehome)

Terakhir, desain tangga kayu konvensional seperti pada gambar di atas. Desain simpel dan tidak memakan banyak tempat. Apa Pins tertarik?

Itulah beberapa desain tangga rumah sempit sederhana yang bisa kamu aplikasikan untuk hunian kamu. Semoga menginspirasi ya Pins.

Baca Juga:

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel