BlogPemilik PropertiDesain Hunian25 Pilihan Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Kekinian
0
0

25 Pilihan Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Kekinian

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 30, 2023

12 menit membaca

Copied to clipboard
desain tangga rumah sempit sederhanatop-right-banner

Ruangan sempit dan terbatas kini menjadi hal biasa yang harus disesuaikan oleh setiap pemilik rumah modern. Dalam keadaan seperti itu, setiap aspek desain perlu dipikirkan dengan matang untuk memanfaatkan ruang dengan sebaik-baiknya. Setiap fitur perlu diakomodasi dalam ruangan yang sempit. Karena itu desain tangga rumah sempit sederhana menjadi hal yang perlu diperhitungkan.

Desain tangga minimalis ruang sempit adalah bagian penting dari arsitektur dan desain rumah pada lahan terbatas. Tidak hanya itu, baik estetika, biaya hingga pemanfaatan ruang harus direncanakan dengan maksimal. Berikut Pinhome sajikan beberapa desain tangga rumah sempit sederhana untuk hunian yang menarik.

Dengan mengetahui desain tangga rumah sempit yang sederhana ini, akan memberikan ide untuk kamu yang sedang membangun rumah 2 lantai yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan Mutiara Gading City atau di sekitar Stasiun Bekasi. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Namun Kekinian

Meskipun memiliki ukuran rumah yang terbilang kecil, Pins tidak usah khawatir. Berikut rekomendasi desain tangga rumah sempit sederhana namun tetap keren.

1. Tangga Spiral

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Indiamart

Tangga model spiral ini adalah solusi yang sudah lama digunakan sebagai desain yang efektif dalam membangun tangga untuk rumah kecil. Desain tangga jenis ini membangun titik fokus yang lebih baik di dalam rumah. Desain spiral dari tangga model ini merupakan desain tangga rumah sempit sederhana yang berperan penting dalam menjaga daya tarik dari keseluruhan dekorasi rumah.

Baca juga:

2. Tangga Berputar

Source : Severge

Desain tangga putar bisa dibilang hampir menyerupai model tangga spiral, yang membedakannya hanya tangga berputar tidak memiliki poros pondasi di tengah. Seperti juga dengan tangga spiral, desain tangga berputar ini efektif menghemat ruang.

3. Desain Tangga Terbuka

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Doublebuilding

Membuat tangga terbuka juga merupakan metode desain tangga minimalis ruang sempit yang populer dan biasa menjadi pilihan para pemilik rumah modern. Pada desain ini riser dibuat tidak ada. Kesan visual yang ditampilkan dari desain tangga semacam ini adalah ringan dan menciptakan kesan lapang.

Baca Juga:

4. Tangga Curam Serba Ringkas

Source : Contemporist

Tangga desain ini menyerupai tangga pada loteng. Secara tampilan visual desain tangga rumah sempit sederhana ini sangat ringan dan sangat hemat ruang. Tangga terbuka dengan penyangga tunggal adalah solusi praktis untuk menempuh jarak vertikal antara dua lantai dalam jangkauan area yang sangat pendek.

Desain seperti ini sangat cocok sebagai tangga untuk rumah kecil. Tangga curam seperti ini memang sangat ringkas, namun harus berhati-hati ketika menaikinya akan seperti memanjat.

5. Desain Tangga Gantung

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Archdaily

Meski tidak begitu populer, tangga gantung unik dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk konstruksinya. Namun, desain tangga rumah sempit sederhana seperti ini sangat unik dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk konstruksinya. Karena ditopang dengan rangka besi yang kuat, tangga gantung seperti ini tidak memanfaatkan pondasi lantai sedikitpun.

Baca Juga:

6. Tangga Rangka Besi Tipis

Source : Keuka-Studio

Desain tangga simple dengan penyangga pagar kawat tipis menciptakan kesan visual visual yang sederhana, ringan dan lapang. Dengan desain tangga minimalis ruang sempit seperti ini, juga cocok untuk menghemat biaya.

Baca juga:

7. Tangga Dengan Besi Perforated

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Trendir

Menggunakan materi besi perforated merupakan salah satu alternatif untuk desain tangga rumah sempit sederhana. Tangga dengan besi perforated selain berkesan modern minimalis, juga membuat tangga terlihat tembus pandang.

Baca Juga:

8. Tangga Dengan Rak Penyimpanan

Source : Magicbrick

Membuat ruang penyimpanan di bawah anak tangga merupakan solusi terbaik untuk rumah sempit. Desain tangga dengan fungsi ganda dan multifungsi merupakan kunci untuk memperluas ruangan sempit.

9. Tangga Tanpa Handrail

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Avso

Kalau kamu berani mengambil risiko dengan menggunakan tangga lurus tanpa handrail, desain tangga untuk rumah kecil seperti ini bisa menjadi pilihan. Dengan penataan minimal dan kombinasi warna cat tangga yang cermat, dapat menambah sensasi ruangan sempit menjadi elegan.

Baca Juga:

10. Desain Anak Tangga Sempit

Source : Media Gambar

Desain tangga model ini akan menyesuaikan dengan ketersediaan ruangan. Jika anak tangga dipersempit, ini akan mengoptimalkan luas area lantai. Alhasil, area lantai tidak terbuang sia-sia untuk area tangga yang tidak perlu.

Baca juga:

11. Tangga Dengan Kombinasi Kaca dan Besi

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Specializedstairs

Penggunaan desain tangga kaca besi membuat tangga tidak terlihat. Selain terasa nyaman dan aman, kombinasi kedua material ini juga bertujuan memperluas visibilitas ruangan. Hal tersebut lah yang membuat desain tangga besi kaca sangat cocok untuk kamu yang ingin membangun tangga untuk rumah kecil.

Baca Juga:

12. Desain Anak Tangga Transparan

Source : Prima Industry

Untuk menciptakan kesan lapangan dengan elegan dan modern, kamu bisa mencoba tangga kaca sebagai alternatif. Tangga dengan model anak tangga dan handrail kaca sangat mudah dikombinasikan dengan dan warna aksesoris ruangan lainnya.

13. Permainan Warna Tangga yang Selaras

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Domain

Jangan takut untuk menggunakan warna cerah dalam desain ruang sempit dengan material yang tidak terbatas. Tangga warna kuning salah satunya. Memiliki daya tarik yang tidak pernah ketinggalan zaman. Warna kuning dapat menambah kecerian dalam hunian minimalis. Oleh karena itu, pendekatan desain tangga seperti ini walaupun terlihat berani namun masih tetap berhasil untuk rumah sempit.

14. Tangga yang Tersembunyi

Source : Contemporist

Desain tangga berikut juga sangat cocok untuk rumah yang tidak memiliki cukup area untuk tangga. Selain pemanfaatan ruang ketika tangga sedang tidak dipakai, desain tangga tersembunyi seperti ini juga membuat tatanan rumah menjadi lebih simpel.

15. Model Tangga Lipat

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Alibaba

Hampir menyerupai dengan desain tangga tersembunyi, desain tangga lipat juga dapat memaksimalkan ruangan ketika tangga tidak terpakai. Tangga seperti ini mengharuskan fondasi engsel yang kuat agar cukup awet untuk dilipat dan dibuka.

Baca Juga:

16. Desain Tangga Zigzag

Source : Home-designing

Model tangga zig zag ini hampir menyerupai tangga loteng yang memiliki ketinggian curam. Namun dengan model zig zag membuat desain tangga ini menjadi lebih estetis.

Baca Juga:

17. Tangga Spiral Minimalis

Source : Contemporist

Desain tangga ini sejatinya sama dengan desain tangga spiral pada umumnya. Namun desain tangga ini dibuat dengan lebih modern dan minimalis sehingga menghilangkan kesan tangga spiral yang konvensional.

18. Tangga Panjat Dinding

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Giibi

Jika kamu suka dengan desain yang out of the box dan menantang, kamu bisa mencoba desain tangga model ini. Layaknya olahraga panjat tebing, kamu akan merasakan sensasi naik dan turun tangga yang menegangkan.

Baca Juga:

19. Tangga Loteng

Source : Build Days

Seringkali dipandang sebelah mata, desain tangga loteng bisa juga menjadi lebih modern minimalis loh Pins. Dengan material kayu, cocok untuk kamu yang anti ribet.

20. Tangga Besi Sempit Minimalis

desain tangga rumah sempit sederhana
Source : Indetailinteriors

Tangga dengan pijakan anak tangga yang sempit dan riser yang tinggi juga bisa dibuat dengan konsep minimalis lho Pins. Desain tangga seperti ini selain hemat tempat, juga terkesan lapang dengan konsep tangga yang terbuka.

Baca Juga:

21. Tangga Kayu Konvensional

Source : Tumblr/vintagehome

Terakhir, desain tangga kayu konvensional seperti pada gambar di atas. Desain simpel dan tidak memakan banyak tempat. Apa Pins tertarik?

Itulah beberapa desain tangga rumah sempit sederhana yang bisa kamu aplikasikan untuk hunian kamu. Semoga menginspirasi ya Pins.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download