BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Contoh Mess Karyawan yang Nyaman dan Efisien
0
0

5 Contoh Mess Karyawan yang Nyaman dan Efisien

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 9, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Contoh Mess Karyawantop-right-banner

Mess karyawan mengacu pada fasilitas tempat tinggal atau asrama yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi untuk karyawan mereka. Ada beberapa contoh desain mess karyawan yang bisa kamu terapkan untuk tempat tinggal mereka. 

Tempat tinggal atau mess ini adalah tempat untuk karyawan agar dapat tinggal selama periode kerja mereka, terutama jika mereka bekerja di lokasi yang jauh dari daerah asal atau jika mereka bekerja di tempat yang memerlukan akses 24/7.

Sebelum lanjut, kamu yang ingin punya rumah di BSD bisa memilih untuk tinggal di Golden Flower, The Zora, atau Green Serpong Bintaro. Di Pinhome, kamu juga bisa pasang iklan properti gratis jika ingin menjual rumah bekas di Kec Tangerang

Baca juga: Tips Memilih Tempat Tinggal Berdasarkan Lingkungannya

Manfaat Mess Karyawan

Contoh Mess Karyawan
Source : Pinterest

Mess karyawan, atau fasilitas akomodasi yang disediakan oleh perusahaan untuk karyawannya, memiliki beberapa manfaat yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah empat manfaat utama dari mess karyawan.

1. Memberikan Kemudahan

Salah satu manfaat dari mess karyawan adalah memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada karyawan. Dengan adanya mess, karyawan tidak perlu mencari tempat tinggal sendiri, yang bisa sulit jika mereka baru saja pindah atau bekerja jauh dari rumah. 

Selain itu, mess karyawan menyediakan akomodasi yang nyaman dengan fasilitas seperti tempat tidur, kamar mandi, dapur bersama, dan ruang bersantai.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Dengan tinggal di mess, karyawan bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk pergi ke tempat kerja dari rumah atau mencari transportasi. Hal ini juga juga berlaku pada biaya transportasi dan akomodasi harian.

3. Meningkatkan Produktivitas

Contoh Mess Karyawan
Source : Pinterest

Biasanya, mess dibangun di sekitar lokasi kerja atau jika jauh akan disediakan bus kantor. Dengan demikian, adanya mess akan membantu meningkatkan produktivitas karyawan dengan menyediakan tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerja. 

Karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk istirahat dan mempersiapkan diri untuk hari kerja, daripada harus menghabiskan waktu lama dalam perjalanan. Lingkungan yang lebih dekat dan lebih terkonsentrasi juga meningkatkan efisiensi kerja.

4. Fasilitas Sosial dan Interaksi

Tinggal bersama di mess karyawan memungkinkan karyawan untuk berinteraksi dengan rekan kerja mereka di luar jam kerja. Ini dapat membangun hubungan yang lebih baik dan meningkatkan kolaborasi antar-tim. 

Fasilitas sosial di mess seperti ruang bersantai atau area makan bersama memberi kesempatan bagi karyawan untuk berkumpul, berbagi pengalaman, dan membentuk jaringan kerja yang kuat.

Meskipun manfaat-manfaat ini signifikan, perlu diingat bahwa keberadaan dan jenis mess karyawan bisa bervariasi tergantung pada kebijakan dan budaya perusahaan masing-masing.

Baca juga: Cara Agar Aman dan Nyaman Tinggal di Rumah Sendiri

Contoh Mess Karyawan

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat mess karyawan tersebut, kamu sebagai pengusaha atau pemilik perusahaan tentu harus menyiapkan fasilitas yang nyaman buat mereka. 

Berikut ini beberapa contoh bangunan mess karyawan yang bisa kamu jadikan referensi. Bangunan ini umumnya menggunakan kontainer yang nyaman dan efisien, sebagaimana dilansir dari laman Kontainer Indonesia. 

1. ModSnap

employee mess
Source : Pinterest

Contoh mess karyawan pertama adalah ModSnap. Ini adalah bangunan yang dikenal sebagai folding container, foldable container box, atau kontainer lipat. Sifat jenis ini mudah dirakit dan dibongkar dengan cepat untuk dipindahkan ke lokasi lain. 

Mess karyawan yang satu ini cocok untuk pekerja bangunan yang sedang mengerjakan proyek gedung. Pasalnya, proyek itu berbatas waktu dan bisa saja berpindah ke lokasi lain ketika satu lokasi sudah selesai. 

Model bangunan ModSnap cenderung minimalis sederhana yang bisa sangat nyaman dalam kondisi apapun, termasuk hujan. 

2. ModPack

Berikutnya adalah mess karyawan ModPack atau flatpack container. Ini adalah contoh mess karyawan yang handal dan memiliki struktur yang kokoh. Bentuknya rumah knock down dari baja ringan yang bisa dibangun dengan cepat dan mudah. 

Desain ini juga termasuk fleksibel. Selain untuk mess karyawan, juga ideal digunakan sebagai rumah sakit modular, kantor proyek serta bangunan asrama untuk anak sekolah.

Baca juga: Tips Memilih Arsitek Rumah Tinggal

3. Modmulti K House

employee mess
Source : Pinterest

Model rumah yang cocok untuk para pekerja ini dilengkapi dengan dinding dan atap sandwich panel. Secara desain, model ini bisa difungsikan tidak hanya sebagai mess karyawan, tapi juga kantor di lokasi proyek, kantin, fasilitas sanitasi, atau bahkan gudang portable

Konstruksi Modmulti K House berupa kit home yang kemudian dibuat dan dirakit di lokasi pembangunan. Hunian ini fleksible untuk diperluas dengan menggabung lebih dari satu unit Modmulti.

4. ModBox

ModBox (Modular Box) adalah sebuah unit bangunan prefabrikasi Knockdown dengan ukuran 6 x 3 x 2,8 meter yang bisa dibongkar-pasang dengan cepat. Unit bangunan prefabrikasi ini berbahan dasar kerangka besi yang kuat dan dinding sandwich panel berinsulasi.

5. Rakita

Rakita adalah hunian tempat tinggal prefabrikasi yang kini menjadi tren dan solusi untuk perumahan portable bagi karyawan di lapangan, proyek pertambangan atau proyek konstruksi di Indonesia. 

Struktur rumah pabrikan Rakita dirancang khusus menggunakan bahan frame baja ringan yang kuat dan sandwich panel yang tahan terhadap cuaca panas dan hujan.

Sebaiknya Rakita dibangun diatas pondasi semen. Rumah knock down baja ringan ini dilengkapi dengan jendela, pintu, kamar mandi dan atap selayaknya rumah biasa dan berbahan sandwich panel yang ringan, kuat, relatif tahan api, serta anti karat.

Itulah beberapa contoh mess karyawan dari bahan kontainer yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Dewe Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download