BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Daftar Biaya Membangun Rumah 2 Lantai yang Patut Diketahui
0
0

Ini Daftar Biaya Membangun Rumah 2 Lantai yang Patut Diketahui

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
biaya membangun rumah 2 lantaitop-right-banner

Membangun rumah 2 lantai tentu tidak boleh sembarangan. Pins perlu menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan saat membangun rumah 2 lantai. Tentu saja, rincian harga membangun rumah yang satu ini akan berbeda dengan membangun rumah 1 lantai.

Bagi Pins yang bingung harus mulai dari mana bisa mencoba beberapa cara menghitung biaya pembangunan rumah 2 lantai di bawah ini. Begini cara-caranya!

Baca juga:

Menghitung Luas Lantai Rumah

Jawaban dari berapa biaya bangun rumah 2 lantai tidak akan pernah ketemu tanpa menghitung luas lantai rumah yang akan dibangun. Oleh sebab itu, Pins perlu menghitung terlebih dulu berapa luas lantai rumah mulai dari lantai 1 dan lantai 2.

Baca juga:

Cara Menghitung Luas Lantai 1 dalam m2

biaya membangun rumah 2 lantai

Pertama-tama, Pins perlu melihat gambar atau membayangkan bagaimana bentuk serta ukuran bangunan di lantai dasar. Dari sini, Pins bisa menghitung luas rumah dalam satuan m2 (meter kuadrat).

Sebagai contoh, orang yang ingin membangun rumah dengan bentuk persegi panjang berukuran 6m x 6m maka memiliki jumlah luas rumah lantai 1 adalah 6 m x 6 m = 36 m2.

Cara Menghitung Luas Lantai 2 dalam m2

Selanjutnya, estimasi biaya membangun rumah 2 lantai baru akan terlihat dengan menghitung luas lantai 2 dalam m2. Sebagai contoh, jika di lantai 2 tidak dibuat bangunan seluruhnya, melainkan hanya bagian belakang dengan ukuran 6 m x 3 m, maka luasnya menjadi 6 m x 3 m = 18 m2.

Menjumlahkan Total Luas Lantai dalam m2

Setelah mengetahui luas lantai 1 36 m2, sedangkan lantai 2 seluas 18 m2, maka Pins sudah bisa menghitung total luas bangunan, yakni:

36 m2 + 18 m2 = 54 m2

Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah 2 Lantai

Cara menghitung biaya meningkat rumah menjadi 2 lantai bisa dengan cara cepat. Pins bisa memakai sistem m2 atau dihitung satu per satu per jenis pekerjaan, lalu dijumlah total semuanya.

Walau begitu, masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Menggunakan sistem m2 memang lebih cepat, tetapi biaya membuat rumah minimalis 2 lantai dengan cara ini kurang akurat dibandingkan jika dihitung per jenis pekerjaan.

Baca juga: Rincian Lengkap Biaya Bangun Rumah 100 Juta dan Desain Terbaiknya

Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai Sistem m2

Langkah pertama adalah mencari tahu berapa biaya bangun rumah 2 lantai per m2, termasuk ongkos material dan tenaga kerja. Sebagai contoh, biaya membangun per meter persegi adalah Rp2.500.000.

Jika Pins sudah tahu berapa luas bangunan yang mau dikerjakan, perhitungan estimasi biaya bangun rumah 2 lantai akan lebih mudah. Misalnya, total luas lantai rumah yang akan ditingkat adalah 54 m2.

Bila dihitung, total biaya meningkat rumah ini bisa dirumuskan dengan rincian berikut:

2.500.000 x 54 m2 = Rp135.000.000 (seratus tiga puluh lima juta rupiah)

Biaya Pembangunan Rumah 2 Lantai Berdasarkan Jenis Pekerjaan

Menghitung biaya membangun rumah 2 lantai berdasarkan jenis pekerjaan memang jauh lebih merepotkan. Pasalnya, kamu harus menghitung volume, harga per satuan per jenis pekerjaan, dan merinci satu per satu item pekerjaan.

Dengan begitu, Pins bisa melihat berapa biaya masing-masing pekerjaan dan menjumlahkan semuanya. Hal ini tentu bisa menjadi salah satu cara menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya Bangunan). Berikut contoh sederhana biaya pembangunan rumah 2 lantai berdasarkan jenis pekerjaan.

Jenis PekerjaanLuas Lantai yang Dikerjakan x Biaya Jenis Pekerjaan/luasTotal Biaya/Jenis Pekerjaan
Bongkar Bagian Rumah Lama1 ls x Rp20.000.000Rp20.000.000
Struktur Balok3 m3 x Rp3.000.000Rp9.000.000
Struktur Lantai4 m3 x Rp3.000.000Rp12.000.000
Struktur Kolom 0,5 m3 x Rp3.000.000Rp1.500.000
Struktur Ring Balok3 m3 x Rp3.000.000Rp9.000.000
Rangka Atap Baja Ringan50 m2 x Rp120.000Rp6.000.000
Atap Multi Roof50 m2 x Rp50.000Rp2.500.000
Pintu dan JendelaRp15.000.000Rp15.000.000
Lantai Keramik40 m2 x Rp50.000Rp2.000.000
Plesteran40 m2 x Rp100.000Rp4.000.000
Acian50 m2 x Rp25.000Rp1.250.000
Instalasi ListrikRp2.000.000
Instalasi PipaRp1.000.000
Pekerjaan Lain-lainRp10.000.000
TotalRp97.000.000 (sembilan puluh tujuh juta rupiah)

Nah, itu tadi sederet cara yang bisa Pins terapkan untuk menghitung biaya membangun rumah menjadi 2 lantai. Jumlah volume dan harga di atas hanya sebagai perkiraan karena kamu sekarang belum tahu, apakah gambar rumah yang akan ditingkat dan berapakah harga tepatnya.

Jadi, ada baiknya Pins mensurvei terlebih dulu berapa biaya jasa tukang bangunan serta jasa yang akan dipakai sebelum merancang RAB saat membangun rumah.

Baca juga:

Tips Membangun Rumah 2 Lantai

Setelah mengetahui berapa estimasi biaya membangun rumah 2 lantai, Pins mungkin bisa menerapkan beberapa tips dan trik di bawah ini. Ini mungkin membantu kamu membangun rumah impian dengan budget yang sudah ditentukan. Berikut tips-tipsnya!

Pilih Konsep dan Tipe Rumah

biaya membangun rumah 2 lantai

Salah satu hal yang patut diperhatikan agar budget rumah 2 lantai selaras dengan pengeluarannya adalah penentuan konsep dan tipe rumah. Pins bisa memilih konsep rumah minimalis yang tepat.

Jika sudah menikah dan punya anak, kamu mungkin bisa memilih rumah dua lantai agar bisa memiliki banyak ruang dan kamar. Setelah itu, tentukan tipe sesuai dengan kebutuhan dan lahan yang dimiliki. Tentu saja hal ini harus sesuai dengan kondisi keuangan Pins.

Susun Denah dan Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Jika sudah yakin, Pins bisa melanjutkan dengan mulai menyusun denah rumah yang akan dibangun. Ini juga bisa membantu Pins membuat estimasi daftar biaya membangun rumah 2 lantai dengan akurat. Jadi, kamu perlu menghitung biaya pembangunan dengan mengecek harga bahan bangunan dan keperluan lainnya dengan teliti.

Baca juga: Mudah! Berikut Tahapan Membangun Rumah Dengan Cepat dan Berkualitas

Ukur dengan Akurat

Mengukur dengan akurat saat membangun rumah sangat penting. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh besar terhadap biaya membuat rumah 2 lantai minimalis. Jika cermat dalam menghitung, kamu akan bahan-bahan material dengan jumlah yang tepat sehingga tidak overbudget.

Bangun Rumah 2 Lantai sesuai Budget

Pada saat membangun rumah tentu kamu harus menyesuaikan semuanya dengan kondisi keuangan saat ini. Cobalah sering-sering mengecek tabungan dan sesuaikan pembangunan dengan budget yang sudah ditentukan, ya.

Gunakan Jasa Arsitek Profesional

Bila ingin pembangunan rumah berjalan baik, sesuai budget, dan rencana, Pins bisa mempertimbangkan untuk memakai jasa arsitek rumah profesional. Mereka akan bekerja untuk memastikan rumah dibangun sesuai dengan konsep dan budget yang kamu inginkan.

Baca juga: Bangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya

Beri Perhatian pada Pondasi dan Sekat

Pondasi merupakan bagian yang penting karena berfungsi sebagai penopang rumah. Terlebih jika rumah kamu memiliki dua lantai, pastikan pondasiya benar–benar kokoh dan tahan lama.

Pilih Tangga yang Tepat

biaya membangun rumah 2 lantai

Jika kamu memiliki konsep rumah dengan dua lantai, pilihlah tangga yang sesuai dengan konsep rumah yang telah ditentukan. Kamu bisa gunakan material besi, keramik ataupun kayu.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download