Menyiasati Ruang Laundry Minimalis Tetap Fungsional

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 10 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Kebutuhan akan ruang laundry di rumah memang bisa dikatakan tidak wajib. Ini bisa menjadi pilihan bagi para penghuni apalagi yang mempunyai rumah di lahan yang terbatas. Bagaimana caranya agar lahan sempit ruang laundry minimalis dapat tetap berfungsi dengan baik?

Pinhome – Ruang laundry yang memang khusus dibuat untuk mendukung kebersihan dalam memenuhi kebutuhan primer yaitu sandang, menjadi sarana mempermudah pekerjaan rumah tangga.

Walau dirasa beberapa orang mencuci dalam kiloan lebih praktis, namun sebagian orang pun berpendapat bahwa mencuci baju sendiri adalah hal wajib yang berkaitan dengan privasi.

Namun, Pins tidak perlu khawatir! Pinhome akan membantu mewujudkan dalam menyiasati lahan sempit ruang laundry minimalis tetap fungsional. Langsung saja yuk!

Baca Juga: 5 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Sederhana untuk Dapur Sempit

Menyiasati Ruang Laundry Minimalis

(houzz)

Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Rumah minimalis kini banyak yang mengadaptasi menjadi hunian dua lantai dikarenakan faktor keterbatasan lahan. Hal tersebut membuat tangga menjadi salah satu kebutuhan wajib yang ada di dalamnya.

Walau terlihat seperti memakan banyak tempat dalam rumah, namun Pins bisa menyiasati pemanfaatan ruang di bawah tangga dengan ruang laundry yang menarik. 

Selain dapat dibuat tertutup, ruang tersebut bisa kamu tata sedemikian rupa menjadi ruang laundry favorit. Pertama, usahakan untuk mencari mesin cuci satu tabung untuk menghemat tempat.

Kedua, buat rak minimalis yang dapat menyimpan peralatan mencuci. Terakhir, Pins hanya perlu membuat teras depan rumah sebagai ruang menjemur yang fleksibel. Mudah bukan?

Menyatukan Kamar Mandi dengan Ruang Cuci

(home-designing)

Selain ruang di bawah tangga, menyiasati lahan sempit ruang laundry minimalis dapat dilakukan dengan penyatuannya dengan ruang lainnya.

Maksudnya adalah Pins bisa membuat ruang laundry di rumah yang digabungkan dengan kamar mandi minimalis maupun ruang lainnya dalam hunian. Desainnya bisa kamu buat berhadapan dengan bathtub maupun kloset kamar mandi.

Hal tersebut menjadi sangat menguntungkan dikarenakan menghindari adanya tetesan air yang keluar saat proses pencucian berlangsung.

Alas lantai kamar mandi yang memang khusus dibuat dengan material tahan air, akan sangat membantu kamu dalam tahap demi tahap pencucian. Kamu pun bisa melakukan pekerjaan lainnya seperti membersihkan diri, sambil menunggu cucian di gulung. Praktis bukan?

Baca juga: 10 Desain Dapur Bawah Tangga untuk Menghemat Ruang

Ruang Cuci Tersembunyi

(renoguide)

Inspirasi ruang laundry hunian pada lahan sempit memang cukup terbatas, namun hal tersebutlah yang dapat mengasah kreatifitas dari para penghuni. Salah satunya dengan membuat ruang laundry tersembunyi. Layaknya seperti lemari tempat penyimpanan barang dari luar, tetapi di dalamnya terdapat ruang mencuci.

Lihat pada contoh pengaplikasiannya di atas. Ruang laundry mu akan menjadi ruang tak kasat mata saat sedang tidak digunakan. Selain membuat estetika interior hunian tetap tinggi, ruang tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik dalam mencuci pakaian keluarga.

Baca juga: 15 Model Rak Dapur Minimalis yang Hemat Ruang

Desain Penutup Tirai Fungsional

(home-designing)

Hunian milik Pins benar-benar sempit dan minim ruang? Kamu bisa melirik inspirasi ruang laundry di atas. Dengan desain tirai geser, kamu dapat membuat ruang laundry serbaguna yang praktis dan tentunya tetap sedap dipandang mata.

Kerapihan dari barang-barang dalam rak menjadi faktor utama dan tentunya fungsi dari masing-masing kebutuhan pencucian.

Bila sedang ada tamu dari luar rumah, kamu hanya cukup menggeser tirai saja untuk menutupinya. Jenis tirai pun kini sudah banyak yang menarik dan tentunya modern. Pins tidak perlu khawatir ketinggalan zaman.

Memaksimalkan Fungsi Basement

(home-designing)

Rumah kecil dengan area basement, kenapa tidak? Keunggulan lahan sempit adalah desain hunian dengan lantai bertingkat. Hal tersebut dapat Pins maksimalkan dengan penggunaan ruang bawah tanah yang menarik.

Rubanah atau terkenal dengan basement yang umum digunakan untuk gudang penyimpanan maupun tempat parkir, bisa kamu buat menarik dengan penggunaan untuk ruang laundry.

Bila dirasa terlalu luas, kamu dapat menyatukannya dengan tempat penyimpanan mobil maupun gudang barang-barang. Kamu hanya perlu menatanya dengan rapi, agar ruang sedap dipandang dan nyaman.

Baca juga: 8 Inspirasi Kitchen Sink Minimalis Untuk Dapur Kamu!

Ruang Cuci dengan Pencahayaan Maksimal

sempit ruang laundry minimalis
(pinterest)

Lain hal dengan tema ruang semi terbuka. Ruang laundry di rumah bisa dibuat memiliki pencahayaan maksimal dengan desain atap bermaterial kaca yang didesain aman dari cuaca. Atap kaca yang sedang digandrungi ini, dapat membuat ruang terlihat lebih luas dan memiliki pencahayaan yang baik.

Agar ruang terlihat estetis, kamu dapat menambahkan beberapa tanaman hias sebagai pemanis baik dalam bentuk pot maupun tanaman merambat. Dijamin waktu mencuci mu akan lebih menyenangkan!

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

Ruang Cuci Pada Teras Rumah

sempit ruang laundry minimalis
(pinterest)

Pins, ada lagi nih ruang menarik yang dapat kamu jadikan ide dalam inspirasi ruang laundry minimalis, yaitu teras rumah. Jangan salah, teras rumah tetap terlihat menarik dengan desain ruang laundry tertutup pada teras.

Selain bisa sekaligus menjemur pakaian, laundry semi outdoor ini juga layak untuk diperhitungkan karena tidak akan mengganggu kegiatan di dalam rumah.

Tidak perlu membutuhkan space yang besar, dengan lebar sekitar 100 cm lebih, kamu sudah bisa membuat ruang laundry kekinian. Ukuran tersebut didapat dari kisaran lebar mesin cuci satu tabung yang berkisar 50 cm hingga 72 cm.

Selain itu kamu pun bisa melakukan pengukuran mesin cuci yang kamu pilih, sebelum membangun ruang laundry di teras.

Ruang Cuci Semi Outdoor

sempit ruang laundry minimalis
(pinterest)

Nah, untuk Pins yang mempunyai lahan terbuka pada bagian belakang rumah, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang laundry di rumah.

Desainnya semi terbuka dan bisa kamu gabungkan dengan ruang dapur. Walau terlihat cukup sempit, kamu bisa menambahkan beberapa dekorasi tanaman hias agar udara semakin baik. 

Itulah beberapa Inspirasi ruang laundry untuk hunian minimalis yang mayoritas berlahan sempit. Walaupun terkesan sempit tapi tetap fungsional bukan? Langsung saya yuk renovasi ruang cuci mu!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia