BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Tangga Rumah Kekinian 2022
0
0

10 Ide Desain Tangga Rumah Kekinian 2022

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tangga tidak hanya penghubung antar lantai saja namun mampu mempercantik rumah. Tak heran bila desain tangga rumah semakin berkembang setiap tahunnya. Umumnya tangga hanya berbentuk lurus dengan tepian berupa tembok atau berpagar kayu.

Kini bentuk tangga sangat beragam mulai dari tangga melingkar, L bahkan U. Berikut beberapa desain tangga rumah kekinian yang bisa jadi referensi ketika membangun rumah.

Desain Floating Stairs

desain tangga rumah tanpa railing seperti mengambang
Pexels

Floating stairs atau tangga apung atau mengambang memang cukup unik. Terlihat anak tangga seperti melayang karena tidak memiliki penyangga di setiap pijakannya.

Bagian tepi anak tangga menempel ke dinding sehingga tampak ilusi seperti melayang. Material yang bisa digunakan dapat berupa logam bahkan kayu.

Tangga seperti ini memang menarik dan kreatif namun kurang ramah anak. Lebih cocok untuk hunian bagian mereka pasangan baru ataupun yang masih single.

Jika ingin tetap mempertahankan cantilever stairs atau tangga mengapung dapat ditambahkan dinding parempet di sisi tangganya. Tambahkan kaca sebagai dinding parempet karena terlihat transparan dan terlihat melayang.

Desain Tangga Industrial

Pexels

Desain tangga rumah kekinian selanjutnya adalah tipe industrial. Tipe seperti ini umumnya memakai warna gelap seperti hitam dan corak metal. Bagian pegangan menggunakan besi atau baja sebagai pegangan.

Rangkanya bisa berupa metal dan dikombinasikan memakai kayu untuk bagian pijakan tangga. Warnanya yang kontras terlihat apik dan lebih hangat.

Bagian pagar tangga lebih bervariasi karena motifnya beragam. Kekokohannya bisa diadu dan menopang beban berat. Bagian pijakan dibuat lebar dan panjang sehingga bisa dinaiki oleh dua orang sekaligus.

Baca juga:

Desain Tangga Spiral

desain tangga rumah berbentuk spiral dengan bahan metal
Pexels

Tangga berbentuk spiral memang tidak umum karena kebanyakan tangga rumah cenderung berbentuk L. Walaupun begitu model tangga seperti ini cocok untuk hunian modern. Ditambah gaya pagarnya yang melingkar bisa mempermanis ruangan secara maksimal.

Tangga ini memiliki satu tiang penyangga di tengah tangga dan hand railing berupa tembok yang mengikuti bentuk tangga. Kapasitas tangga spiral lebih terbatas karena hanya untuk satu orang saja untuk naik turun.

Pemindahan barang akan sulit dilakukan sehingga sebaiknya ruangan atas berupa kamar pribadi saja. Selain itu umumnya memanfaatkan sudut sempit dalam rumah.

Desain Tangga Kayu Railing Kaca

desain tangga rumah dengan pegangan kaca dan pijakan kayu
Pexels

Jika mengusung tema kontemporer maka desain tangga rumah ini akan sangat cocok. Material yang digunakan berupa kaca transparan yang kuat dan tebal.

Sementara bagian pijakan tangganya memakai kayu dengan coating warna gelap merah maupun tinggal dipernish seperti warna aslinya. Tampilan glossy seperti ini mengesankan kemewahan dan hangat.

Desain Emmental Stairs

archdaily

Bagi Pins yang memiliki jiwa seni tinggi dan kreativitas tinggi bisa memilih tangga emmental. Bagian pegangan kayu bisa dimaksimalkan apalagi motif uniknya berupa bulatan simetris.

Bulatan ini difungsikan sebagai pegangan sehingga tidak hanya menunjang estetik. Bentuk tangga bisa lurus maupun melingkar dengan dominasi warna putih.

Tujuannya agar terlihat lebih lapang dan menangkap cahaya dengan baik. Tangga seperti ini cocok untuk menuju loteng yang ruangannya lebih sempit dari ruangan lainnya.

Baca juga:

Desain Tangga Lipat

desain tangga rumah yang bisa dilipat saat tidak digunakan
Pexels

Bila lahan cenderung sempit maka tangga lipat sangat direkomendasikan. Saat tangga tidak digunakan maka anak tangga bisa dilipat ke samping. Di bawah anak tangga bisa disematkan lemari atau loker sebagai penyimpanan barang-barang.

Pins dapat pula meletakan sofa dan rak buku sebagai tempat bersantai. Uniknya lagi tangga ini bahkan bisa dilipat sehingga memperlihatkan ruangan yang lebih luas dan lapang. 

Tangga lipat seperti ini umumnya berbahan kayu atau metal yang memiliki fleksibilitas tinggi. Saat ingin digunakan akan mudah dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Desain Tangga Winder

desain tangga rumah dari bahan kayu dan dilengkapi lampu
Source : Pinterest

Tangga winder sering disamakan dengan tangga berbentuk L. Perbedaannya terletak pada bagian pijakan border yang hanya ada pada tangga L saja.

Model tangga winder cenderung jadul namun sering dimodifikasi dengan aksen kayu. Tujuannya untuk mengesankan minimalis dan modern karena full anak tangga. 

Desain Tangga Zig Zag

desain tangga rumah dengan bentuk zig zag dan berpagar dinding
Pinterest

Bosan dengan desain tangga rumah yang itu-itu saja? yuk coba desain tangga zig zag ini dulu. Tangga zig zag membuat rumah lebih kekinian apalagi dengan anak tangga yang dibuat selang seling.

Walaupun selang seling namun tetap nyaman sebagai pijakan kaki kanan dan kiri ketika menaikinya. Bagian hand railing bisa dengan tembok atau tanpa pegangan sama sekali.

Desain Classic Stairs

desain tangga rumah memakai railing berwarna putih
Source : Unsplash

Walaupun zaman sudah berganti namun tangga klasik tak lekang oleh zaman. Konsep ini bahkan digabungkan dengan berbagai material agar tidak ketinggalan zaman.

Misalnya penggunaan bahan kayu yang menonjolkan dominasi warna putih. Warna ini juga disematkan pada railing tangga sehingga tidak terlihat usang atau membosankan.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Membangun Konstruksi Tangga Melayang

Desain Tangga Dengan Perosotan

desain tangga rumah dengan perosotan di sisi kiri tangganya
archdaily

Ini dia tangga unik sekaligus kreatif yaitu dilengkapi dengan perosotan. Saat turun tangga Pins tidak perlu bersusah payah memijakan kaki di anak tangga yang banyak.

Pins cukup meluncur dari ketinggian perosotan untuk turun ke lantai bawah. Tangga seperti ini bisa pula dijadikan arena bermain anak-anak selama di rumah. Bagian tepian perosotan memiliki tepian sehingga mencegah tubuh keluar jalur.

Sementara pijakan anak tangga bisa ditambahkan LED. Ketika gelap tangga terlihat menarik karena adanya sorotan cahaya dari lampu LED.

Pilihan desain tangga rumah di atas bisa membuat interior rumah kian menarik. Pins bisa betah berlama-lama di rumah serta bisa menjadi spot foto menarik dalam hunian.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download