Pinhome

10 Ide Desain Tangga Rumah Kekinian 2022

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 5 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Tangga tidak hanya penghubung antar lantai saja namun mampu mempercantik rumah. Tak heran bila desain tangga rumah semakin berkembang setiap tahunnya. 

Umumnya tangga hanya berbentuk lurus dengan tepian berupa tembok atau berpagar kayu. Kini bentuk tangga sangat beragam ada yang melingkar, L bahkan U. 

Berikut beberapa desain tangga rumah kekinian yang bisa jadi referensi ketika membangun rumah.

Floating Stairs

(Alibaba)

Floating stairs atau tangga apung atau mengambang memang cukup unik. Terlihat anak tangga seperti melayang karena tidak memiliki penyangga di setiap pijakannya.

Bagian tepi anak tangga menempel ke dinding sehingga tampak ilusi seperti melayang. Material yang bisa digunakan dapat berupa logam bahkan kayu.

Tangga seperti ini memang menarik dan kreatif namun kurang ramah anak. Lebih cocok untuk hunian bagian mereka pasangan baru ataupun yang masih single.

Jika ingin tetap mempertahankan cantilever stairs atau tangga mengapung dapat ditambahkan dinding parempet di sisi tangganya. Tambahkan kaca sebagai dinding parempet karena terlihat transparan dan terlihat melayang.

Tipe Industrial

(Pinterest)

Desain tangga rumah kekinian selanjutnya adalah tipe industrial. Tipe seperti ini umumnya memakai warna gelap seperti hitam dan corak metal. Bagian pegangan menggunakan besi atau baja sebagai pegangan.

Rangkanya bisa berupa metal dan dikombinasikan memakai kayu untuk bagian pijakan tangga. Warnanya yang kontras terlihat apik dan lebih hangat.

Bagian pagar tangga lebih bervariasi karena motifnya beragam. Kekokohannya bisa diadu dan menopang beban berat. Bagian pijakan dibuat lebar dan panjang sehingga bisa dinaiki oleh dua orang sekaligus.

Baca Juga : Inspirasi Ruang Bawah Tangga yang Unik dan Kreatif

Tangga Spiral

(Pinterest)

Tangga berbentuk spiral memang tidak umum. Kebanyakan cenderung berbentuk L sehingga cocok untuk rumah modern. Ditambah gaya pagarnya yang mempengaruhi penampilan tangga secara keseluruhan.

Ada satu tiang penyangga di tengah tangga dan hand railing berupa tembok yang mengikuti bentuk tangga. Kapasitas tangga spiral lebih terbatas karena hanya untuk satu orang saja untuk naik turun.

Pemindahan barang akan sulit dilakukan sehingga sebaiknya ruangan atas berupa kamar pribadi saja. Selain umumnya memanfaatkan sudut sempit dalam rumah.

Tangga Kayu Railing Kaca

(Gets Architect)

Jika mengusung tema kontemporer maka desain tangga rumah ini akan sangat cocok. Material yang digunakan berupa kaca transparan yang kuat dan tebal.

Sementara bagian pijakan tangganya memakai kayu dengan coating warna gelap merah. Tampilan glossy seperti ini mengesankan kemewahan dan hangat.

Emmental Stairs

(Pinterest)

Bagi Pins yang memiliki jiwa seni tinggi dan kreativitas tinggi bisa memilih tangga emmental. Bagian pegangan kayu bisa dimaksimalkan apalagi motif uniknya berupa bulatan simetris.

Bulatan ini difungsikan sebagai pegangan sehingga tidak hanya menunjang estetik.  Bentuk tangga bisa lurus maupun melingkar. 

Untuk warna tangga dapat menggunakan dominasi putih. Tujuannya agar terlihat lebih lapang dan menangkap cahaya dengan baik. Tangga seperti ini cocok untuk menuju loteng yang ruangannya lebih sempit dari ruangan lainnya.

Baca Juga : 10 Desain Tangga Putar Mewah untuk Hunian

Tangga Multifungsi

(Pinterest)

Bila lahan cenderung sempit maka tangga multifungsi sangat direkomendasikan. Dibawah anak tangga bisa disematkan lemari atau loker sebagai penyimpanan barang-barang.

Pins dapat pula meletakan sofa dan rak buku sebagai tempat bersantai. Uniknya lagi tangga ini bahkan bisa dilipat sehingga memperlihatkan ruangan yang lebih luas dan lapang. 

Tangga lipat seperti ini umumnya berbahan kayu atau metal yang memiliki fleksibilitas tinggi. Saat ingin digunakan akan mudah dibongkar pasang sesuai kebutuhan.

Tangga Winder

(Pinterest)

Tangga winder sering disamakan dengan tangga berbentuk L. Secara sekilas memang sama namun perbedaannya terletak pada bagian pijakan border yang hanya ada pada tangga L.

Model tangga winder cenderung jadul namun sering dimodifikasi dengan aksen kayu. Tujuannya untuk mengesankan minimalis dan modern karena full anak tangga. 

Tangga Zig Zag

(Pinterest)

Bosan dengan desain tangga rumah yang itu-itu saja ? yuk coba desain tangga zig zag ini dulu. Tangga zig zag membuat rumah lebih kekinian apalagi dengan anak tangga yang dibuat selang seling.

Walaupun selang seling namun tetap nyaman sebagai pijakan kaki kanan dan kiri ketika menaikinya. Bagian hand railing bisa dengan tembok atau tanpa pegangan sama sekali.

Classic Stairs

(Unsplash)

Walaupun zaman sudah berganti namun tangga klasik tak lekang oleh zaman. Konsep ini bahkan digabungkan dengan berbagai material agar tidak ketinggalan zaman.

Misalnya penggunaan bahan kayu yang menonjolkan dominasi warna putih. Warna ini juga disematkan pada railing tangga sehingga tidak terlihat usang atau membosankan.

Baca Juga : 5 Tips dan Cara Membangun Konstruksi Tangga Melayang

Tangga Dengan Perosotan

(Pinterest)

Ini dia tangga unik sekaligus kreatif yaitu dilengkapi dengan perosotan. Saat turun tangga Pins tidak perlu bersusah payah memijakan kaki di anak tangga yang banyak.

Pins cukup meluncur dari ketinggian perosotan untuk turun ke lantai bawah. Tangga seperti ini bisa pula dijadikan arena bermain anak-anak selama di rumah. Bagian tepian perosotan memiliki tepian sehingga mencegah tubuh keluar jalur.

Sementara pijakan anak tangga bisa ditambahkan LED. Ketika gelap tangga terlihat menarik karena adanya sorotan cahaya dari lampu LED.

Pilihan desain tangga rumah diatas bisa membuat interior rumah kian menarik. Pins bisa betah berlama-lama di rumah serta menjadi spot foto yang menarik saat di rumah.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia