Pinhome

Inspirasi Ruang Bawah Tangga yang Unik dan Kreatif

Dipublikasikan oleh Bekti ∙ 5 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Lahan rumah yang sempit menuntut pemiliknya untuk dapat berpikir kreatif dalam menata ruangan yang ada di dalam rumah. Untuk rumah minimalis dua tingkat, bagian bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk menjadi ruangan tertentu. Banyak sekali inspirasi ruang bawah tangga yang bisa kamu pilih, Pins untuk membuat rumah minimalis tampil semakin menarik.

Pinhome – Rumah minimalis memang memiliki keterbatasan lahan, tetapi bukan berarti menghambat kreativitas si empunya rumah. Walaupun rumah sempit, kamu masih bisa berkreasi untuk membuat rumah lebih nyaman ditinggali. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan ruang bawah tangga. Banyak sekali inspirasi ruang bawah tangga yang bisa kamu tiru, Pins. Pastinya tampilan ruangan nantinya menjadi lebih unik dan semakin kreatif.

Area di bawah tangga memang sering disepelekan. Keberadaannya dianggap tidak penting sehingga dibiarkan saja tanpa dimanfaatkan. Padahal, area ini dapat dikreasikan menjadi berbagai macam ruangan yang bermanfaat dan membuat tampilan interior rumah minimalis semakin unik serta menarik. Berikut beberapa desain ruang bawah tangga yang bisa kamu aplikasikan di rumahmu, Pins.

Kamar Mandi

(Impressive Interior Design)

Kamar mandi berukuran kecil, sekitar 1 x 1,5 meter atau 1 x 2 meter bisa ditempatkan di bawah tangga. Rata-rata luas ruangan di bawah tangga juga kurang lebih sama dengan ukuran luas kamar mandi kecil. Kamar mandi di bawah tangga bisa digunakan sebagai kamar mandi pribadi ataupun kamar mandi untuk tamu.

Ruang Penyimpanan

(Rumahku Unik)

Butuh ruang penyimpanan ekstra untuk barang-barang kamu, Pins? Ruang bawah tangga bisa menjadi salah satu alternatifnya. Interior bawah tangga ini memiliki cukup ruang yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan berbagai macam barang yang tidak terpakai, tetapi sayang bila dibuang. Masukkan barang-barang ke dalam kotak lalu tata dengan rapi.

Bisa juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang lebih kecil dan detail. Persediaan makanan ringan dan bumbu dapur juga bisa disimpan di dalam ruang bawah tangga tentunya dengan pengaturan serta penataan yang rapi.

Tempat Bermain Anak

(House Beautiful)

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak aktif bermain dan bergerak, menjelajah seisi rumah. Tentunya mereka juga butuh ruangan khusus untuk bermain atau sekadar menyimpan berbagai macam mainannya. Agar anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman, kamu bisa menyulap ruang bawah tangga menjadi tempat khusus untuk bermain anak-anak.

Tempatkan beberapa barang, seperti rak atau meja di bagian sudut ruangan untuk menghindarkan anak dari benturan. Bisa juga dengan memasang wallpaper dari bahan busa di bagian dindingnya agar bila terjadi benturan, tidak terlalu sakit.

Lemari Tambahan

(Custome Space)

Inspirasi ruang bawah tangga selanjutnya adalah untuk lemari tambahan. Bagi kamu, Pins yang memiliki banyak pakaian atau aksesori dan tidak cukup ditempatkan di dua lemari, kini saatnya memanfaatkan ruang bawah tangga. Ubah ruangan minimalis tersebut sebagai lemari tambahan untuk menyimpan baju serta aksesori lainnya.

Bisa juga digunakan sebagai lemari penyimpanan barang-barang yang sering kita pakai. Contohnya seperti sepatu, payung, topi, dan lain-lainnya. Dengan begitu akan menghemat ruangan pada lemari utamamu.

Rak Buku dan Koleksi

(Wow Decor)

Bagi kamu yang hobi membaca dan mengoleksi buku, ruang bawah tangga bisa difungsikan sebagai tempat rak buku bacaan favoritmu. Selain untuk menyimpan buku, bisa juga digunakan sebagai tempat untuk memajang barang-barang koleksi.

Rak buku dan koleksi minimalis ini nantinya akan mempercantik interior rumah. Tidak hanya bisa dinikmati oleh pemilik rumah, para tamu yang datang pastinya juga akan kagum dengan interior bawah tangga yang menawan tersebut.

Tempat Bersantai

(Bob Vila)

Butuh tempat untuk bersantai di dalam rumah yang minimalis? Tentu bisa dengan memanfaatkan ruang bawah tangga. Ubah tatanan ruangan menjadi tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan badan. Taruh bantal, sofa mini atau kasur lipat di dalamnya agar bersantai menjadi semakin nyaman.

Ruang santai di bawah tangga ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi ruang sempit pada ruang keluarga atau ruang tamu karena sofa atau kursi yang ada bisa digunakan di ruangan ini. Nikmati waktu santai yang nyaman sambil menonton tv atau bercengkrama bersama keluarga.

Ruang Kerja atau Belajar

(Homecrux)

Desain ruang bawah tangga yang tidak kalah populer adalah sebagai ruang kerja atau belajar untuk anak-anak. Gunakan set meja dan kursi sederhana yang pastinya muat di ruangan sempit. Bisa juga dengan menambahkan meja lipat agar lebih praktis. Kemudian taruh rak kecil untuk menata buku dan dokumen.

Dengan begitu, tidak perlu menambahkan ruangan khusus dalam rumah minimalismu, Pins. Ruang bawah tangga sebagai tempat belajar atau bekerja juga juga bisa memberikan kenyamanan dan meningkatkan fokus dalam bekerja maupun belajar.

Tempat Mencuci

(Pinterest)

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh penghuni rumah minimalis adalah keterbatasan ruangan untuk mencuci. Biasanya, mesin cuci ditaruh di dalam kamar mandi atau di luar ruangan. Hal ini tentunya bisa mengurangi kenyamanan. Manfaatkan ruang bawah tangga sebagai tempat untuk mencuci.

Taruh mesin cuci yang tidak terlalu besar pada ruang bawah tangga. Atur sistem airnya dengan cermat agar tidak membasahi ruangan nantinya. Agar bisa terlihat rapi, aplikasikan penyekat agar tempat cuci bisa ditutup ketika tidak digunakan.

Bagaimana, Pins? Apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikan beragam inspirasi ruang bawah tangga seperti di atas?

_____
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel