BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Ruang Bawah Tangga yang Unik dan Kreatif
0
0

10 Inspirasi Ruang Bawah Tangga yang Unik dan Kreatif

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Feb 28, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
Inspirasi Ruang Bawah Tanggatop-right-banner

Lahan rumah yang sempit menuntut pemiliknya untuk dapat berpikir kreatif dalam menata ruangan yang ada di dalam rumah. Untuk rumah minimalis dua tingkat, bagian bawah tangga bisa dimanfaatkan untuk menjadi ruangan tertentu. Banyak sekali inspirasi ruang bawah tangga yang bisa kamu pilih, Pins untuk membuat rumah minimalis tampil semakin menarik.

Kamu dapat melakukan penelusuran rumah yang cocok berdesain indah untuk ditinggali di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Ketahui perkiraan atau estimasi jumlah biaya KPR sebelum kamu mengajukan KPR pada Bank tertentu di Kalkulator KPR.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis dengan Lantai Kayu

Inspirasi Ruang Bawah Tangga

Rumah minimalis memang memiliki keterbatasan lahan, tetapi bukan berarti menghambat kreativitas untuk mendekorasinya. Walaupun rumah sempit, kamu masih bisa berkreasi untuk membuat rumah lebih nyaman ditinggali. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan ruang bawah tangga.

Banyak sekali inspirasi ruang bawah tangga yang bisa kamu tiru. Pastinya tampilan ruangan ini menjadi lebih unik dan kreatif. Area di bawah tangga memang sering disepelekan. Keberadaannya dianggap tidak penting sehingga dibiarkan saja tanpa dimanfaatkan.

Padahal, area ini dapat dikreasikan menjadi berbagai macam ruangan yang bermanfaat dan membuat tampilan interior rumah minimalis semakin unik serta menarik. Berikut beberapa desain ruang bawah tangga yang bisa kamu aplikasikan di rumahmu:

Baca juga: Tips Penataan Bawah Tangga untuk Memanfaatkan Ruang dengan Maksimal

1. Kamar Mandi Bawah Tangga

inspirasi ruang bawah tangga
Source : Impressive Interior Design

Kamar mandi berukuran kecil, sekitar 1 x 1,5 meter atau 1 x 2 meter bisa ditempatkan di bawah tangga. Rata-rata luas ruangan di bawah tangga juga kurang lebih sama dengan ukuran luas kamar mandi kecil. Kamar mandi di bawah tangga bisa digunakan sebagai kamar mandi pribadi ataupun kamar mandi untuk tamu.

2. Ruang Penyimpanan Bawah Tangga

Source : Arsitag

Butuh ruang penyimpanan ekstra untuk barang-barangmu? Ruang bawah tangga bisa menjadi salah satu alternatifnya. Interior bawah tangga ini memiliki cukup ruang yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan berbagai macam barang yang tidak terpakai, tetapi sayang bila dibuang. Masukkan barang-barang ke dalam kotak lalu tata dengan rapi.

Bisa juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang lebih kecil dan detail. Persediaan makanan ringan dan bumbu dapur juga bisa disimpan di dalam ruang bawah tangga tentunya dengan pengaturan serta penataan yang rapi.

Baca juga: Menyiasati Ruang Laundry Minimalis Tetap Fungsional

3. Tempat Bermain Anak

inspirasi ruang bawah tangga
Source : House Beautiful

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak aktif bermain dan bergerak, menjelajah seisi rumah. Tentunya mereka juga butuh ruangan khusus untuk bermain atau sekadar menyimpan berbagai macam mainannya. Agar anak-anak dapat bermain dengan aman dan nyaman, kamu bisa menyulap ruang bawah tangga menjadi ruang khusus untuk bermain anak-anak.

Tempatkan beberapa barang, seperti rak atau meja di bagian sudut ruangan untuk menghindarkan anak dari benturan. Bisa juga dengan memasang wallpaper dari bahan busa di bagian dindingnya agar bila terjadi benturan, tidak terlalu sakit.

4. Lemari Bawah Tangga

Source : Nordbuohus

Inspirasi ruang bawah tangga selanjutnya adalah untuk lemari tambahan. Bagi kamu, Pins yang memiliki banyak pakaian atau aksesori dan tidak cukup ditempatkan di dua lemari, kini saatnya memanfaatkan ruang bawah tangga. Ubah ruangan minimalis tersebut sebagai lemari tambahan untuk menyimpan baju serta aksesori lainnya.

Bisa juga digunakan sebagai lemari penyimpanan barang-barang yang sering kita pakai. Contohnya seperti sepatu, payung, topi, dan lain-lainnya. Dengan begitu akan menghemat ruangan pada lemari utamamu.

Baca juga: Ini Dia Lemari Bawah Tangga yang Cocok Untuk Rumahmu!

5. Rak Buku dan Koleksi

Source : Wow Decor

Bagi kamu yang hobi membaca dan mengoleksi buku, ruang bawah tangga bisa difungsikan sebagai tempat rak buku bacaan favoritmu. Selain untuk menyimpan buku, bisa juga digunakan sebagai tempat memajang barang koleksi. Rak buku dan koleksi minimalis ini nantinya akan mempercantik interior rumah.

6. Tempat Bersantai

inspirasi ruang bawah tangga
Source : Under The Stairs

Butuh tempat untuk bersantai di dalam rumah yang minimalis? Tentu bisa dengan memanfaatkan ruang bawah tangga. Ubah tatanan ruangan menjadi tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan badan. Taruh bantal, sofa mini atau kasur lipat di dalamnya agar bersantai menjadi semakin nyaman.

Ruang santai di bawah tangga ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi ruang sempit pada ruang keluarga atau ruang tamu karena sofa atau kursi yang ada bisa digunakan di ruangan ini. Nikmati waktu santai yang nyaman sambil menonton tv atau bercengkrama bersama keluarga.

Baca juga: Desain Ruang TV Keluarga Kecil Tapi Nyaman

7. Ruang Kerja atau Belajar

Source : PropertyMarket

Desain ruang bawah tangga yang tidak kalah populer adalah sebagai ruang kerja atau belajar untuk anak-anak. Gunakan set meja dan kursi sederhana yang pastinya muat di ruangan sempit. Bisa juga dengan menambahkan meja lipat agar lebih praktis.

Kemudian taruh rak kecil untuk menata buku dan dokumen. Dengan begitu, tidak perlu menambahkan ruangan khusus dalam rumah minimalismu, Pins.

8. Tempat Mencuci

inspirasi ruang bawah tangga
Source : Houz

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh penghuni rumah minimalis adalah keterbatasan ruangan untuk mencuci. Biasanya, mesin cuci ditaruh di dalam kamar mandi atau di luar ruangan. Hal ini tentunya bisa mengurangi kenyamanan. Manfaatkan ruang bawah tangga sebagai tempat untuk mencuci.

Taruh mesin cuci yang tidak terlalu besar pada ruang bawah tangga. Atur sistem airnya dengan cermat agar tidak membasahi ruangan nantinya. Agar bisa terlihat rapi, aplikasikan penyekat agar tempat cuci bisa ditutup ketika tidak digunakan.

9. Ruang Bawah Tangga dengan Tanaman Hias

Source : TheNobleHome

Inspirasi ruang bawah tangga selanjutnya adalah dengan menciptakan ruang di bawah tangga untuk tempat tanaman hias. Ruang bawah tangga yang kosong dapat kamu ubah menjadi ruang hijau yang memberikan manfaat di dalam rumah.

Gunakan pot sebagai wadah tanaman hiasmu. Selain diletakkan di rak, kamu dapat membuat tanaman kamu menggantung.

10. Ruang Keluarga di Bawah Tangga

Source : Freshouz

Inspirasi ruang bawah tangga yang terakhir adalah kamu dapat membangun ruang keluarga tepat di area bawah tangga. Hal ini akan menghemat ruang, karena kamu memanfaatkan ruang kosong di bawah tangga.

Tambahkan TV dan meja TV tepat di bawah tangga. TV tersebut akan menghadap sofa dan tempat duduk yang nyaman. Kamu juga dapat menambahkan rak-rak untuk penyimpanan barang-barang kamu.

Bagaimana, Pins? Apakah kamu tertarik untuk mengaplikasikan beragam inspirasi ruang bawah tangga seperti di atas? Semoga dapat menjadi referensimu!

Baca juga:

Feature Source Image: Arredamentoidea


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download