BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Contoh Tangga Rumah Mewah Sekaligus Elegan dan Idaman
0
0

10 Contoh Tangga Rumah Mewah Sekaligus Elegan dan Idaman

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 27, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tangga menjadi media penting bagi rumah dua lantai. Tangga rumah menjadi penghubung lantai bawah dan atas. Selain itu, tangga juga menjadi penyangga rumah di bagian dalam. Namun, kehadiran tangga tidak hanya sebatas memenuhi fungsi teknis. Contoh tangga rumah mewah ini bisa menjadi ornamen penghias yang cantik.

Sebelum membahas contoh tangga rumah mewah, yuk unduh dan instal aplikasi Pinhome terlebih dulu. Fitur pencariannya membantumu menemukan rekomendasi rumah bekas di Kec Bandung Kidul yang dekat dengan Pasar Sederhana Bandung atau rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Pinhome juga memiliki fitur Pengajuan KPR untuk membantumu mewujudkan hunian impian.

Faktor Penting Dalam Membangun Tangga

Tangga rumah mewah bisa menjadi sangat membantu dalam aktivitas, namun juga bisa mengancam keselamatan jika tidak dibangun dengan benar. Oleh karena itu ikuti faktor penting dalam membangun tangga rumah mewah berikut ini agar tangga tetap kokoh menahan beban:

1. Bahan Tangga

Source : Pxhere

Pilihlah bahan tangga yang aman untuk diinjak dimana umumnya menggunakan kayu, beton, tangga bahkan kaca. Jika ingin menggunakan keramik, pastikan tangga dilapisi karpet anti licin. Apabila Pins ingin tangga rumah dari kayu, pastikan kayu yang digunakan kokoh dan dapat menahan beban hingga ratusan kilogram. 

Baca juga: Desain Tangga Rumah Sempit

2. Bentuk Tangga dan Kemiringan Tangga

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda
Source : Indosteger

Standar kemiringan tangga adalah 42 derajat hingga maksimal 45 derajat. Beberapa rumah ditemukan bentuk tangga terlalu curam dan miring sehingga bisa membahayakan orang yang melaluinya. Bila lebih dari 42 derajat, batas menuju tangga yang berada di atas kepala sebaiknya minimal 2 meter.

3. Bagian Pegangan Tangga

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda
Source : Kayamara Property

Berikan pegangan pada tangga bisa hanya satu sisi atau kedua sisinya yang idealnya tinggi railing berkisar antara 80 cm – 100 cm. Usahakan bentuk pegangan tangga nyaman untuk dipegang. Beberapa jenis tangga minimalis mungkin mengabaikan fungsi pegangan untuk alasan estetika, namun tangga rumah mewah masih bisa menampilkan unsur estetika dengan pegangan.

4. Lebar Anak Tangga

Source : Pexels

Lebar anak tangga harus Pins perhatikan dengan menggunakan rumus (2 x tinggi anak tangga) + lebar pijakan anak tangga. Pastikan semua anak tangga mempunyai ukuran yang sama dan luas. Tujuannya agar memudahkan saat Pins melangkah sehingga tidak mudah terpeleset.

Baca juga: Tips Membuat Tangga Rumah Lebih Aman dan Efisien

Contoh Tangga Rumah Mewah

Membangun tangga rumah perlu memperhatikan banyak aspek. Hal ini bertujuan agar tangga yang menjadi penghubung lantai bawah dan atas bisa aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Setelah mengetahui faktor dalam membangun tangga, berikut ini contoh tangga rumah mewah yang bisa mempercantik rumah mewah Pins!

1. Tangga dengan Pegangan Kaca

(

Apabila Pins ingin tangga dengan bentuk yang minimalis namun tetap mewah, maka penggunaan kaca bisa menjadi opsi yang tepat. Kombinasi anak tangga dari kayu dan pegangan dari kaca akan membuat kesan elegan. Penggunaan kaca juga bisa memberikan kesan transparan sehingga tidak ada sekat di antara ruangan.

2. Floating Stair

(

Tangga mengambang ini memang tampak futuristik seperti melayang. Sayangnya contoh tangga rumah mewah ini tidak ramah untuk anak-anak namun bisa jadi rekomendasi untuk hunian pribadi. Untuk meningkatkan keamanannya ditambahkan lampu di bawah tangga guna menerangi pijakan.

3. Tangga di Tengah Ruangan

Source : Harian Bisnis

Contoh tangga rumah mewah ini diletakkan di tengah-tengah seperti ini dan menjadi center di area dalam rumah bisa menjadi ornamen cantik. Pastikan Pins memberikan pegangan di kedua sisi tangga agar lebih aman untuk dilewati. Dikarenakan penempatan tangga yang berada di pusat rumah, maka pastikan juga desain tangga menyatu dengan interior rumah agar tampak menawan saat dilihat. 

4. Tangga Menempel ke Tembok

Source : Courtina

Tangga yang menempel ke dinding memberikan kesan luas pada ruangan dalam rumah. Hal ini karena tangga bisa menjadi sangat memakan tempat. Bagi Pins yang ingin menyiasati hal tersebut, penempatan tangga mewah seperti di atas tidak ada salahnya. 

Baca juga: Tips Memilih Perabotan Rumah Baru

5. Tangga Melingkar

Source : Arsitag

Tangga memutar seperti ini juga bisa menjadi solusi bagi Pins yang mempunyai lahan tidak terlalu luas. Pastikan Pins memperhatikan aspek keamanan seperti bahan tangga, pegangan, dan sudut kemiringan tangga. 

6. Tangga dengan Pegangan Sulur

Source : Berita Kampus

Penggunaan bahan kayu untuk tangga bisa menjadi pilihan tepat seperti contoh tangga rumah mewah di atas. Pins bisa memilih kayu berkualitas agar tangga bisa awet dan mampu menahan beban berat yang melewatinya. Pastikan setiap sisi anak tangga Pins perhalus, hal ini agar sisi pada anak tangga menjadi aman untuk dilewati dan tidak menjadi tajam.

7. Tangga Minimalis dengan Lampu

Source : LINE Today

Pemasangan lampu pada bagian anak tangga menjadi opsi menarik bagi Pins yang menginginkan ruangan terang. Pins bisa memasang lampu di bagian bawah atau di sela-sela anak tangga. Pemilihan warna lampu pada contoh tangga rumah mewah ini juga perlu Pins perhatikan dengan benar agar menambah estetika serta memberikan fungsi pencahayaan yang dibutuhkan.

8. Tangga Mewah dengan Karpet

Source : Pxhere

Untuk memberikan nilai estetika dan keamanan di saat yang bersamaan, Pins bisa memasang karpet seperti contoh tangga rumah mewah di atas. Ini akan menghindari Pins dan keluarga dari licin saat melewatinya. Namun pastikan pemilihan karpet yang anti licin dan tebal sehingga tidak mudah bergeser saat diinjak.

Nah itu saja informasi mengenai contoh tangga rumah mewah untuk rekomendasi Pins. Perhitungkan materi, desain, serta posisi tangga agar mampu menambah kemewahan interior hunian.

Baca juga: Bingung Punya Ruang tamu Kecil? Jangan Khawatir!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Alora Springhill dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download