Pinhome

Tips Properti

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Tangga menjadi media penting bagi rumah dua lantai. Tangga rumah menjadi penghubung lantai bawah dan atas. Selain itu, tangga juga menjadi penyangga dua lantai. Namun, kehadiran tangga tidak hanya sebatas memenuhi fungsi teknis. Tangga rumah mewah juga bisa menjadi ornamen penghias yang cantik.

Pinhome – Anda yang mempunyai rumah bertingkat mungkin sangat mengutamakan fungsi tangga. Hal ini karena tangga rumah mewah bisa menjadi sangat membantu dalam aktivitas, namun juga bisa mengancam keselamatan jika tidak dibangun dengan benar.

Baca Juga: Simak 7 Model Tangga Besi Minimalis Untuk Di Dalam Rumah

Membangun tangga rumah perlu memperhatikan banyak aspek. Hal ini bertujuan agar tangga yang menjadi penghubung lantai bawah dan atas bisa aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga. 

Baca Juga: Ini Dia Contoh-Contoh Railing Tangga Minimalis Unik Yang Kaya Akan Manfaat

Perhatikan hal ini saat membangun tangga rumah

Pada dasarnya membangun tangga rumah mewah harus memperhatikan beberapa variabel. Hal ini untuk memastikan apa yang sudah Anda rencanakan bisa sesuai dengan realita.

Bahan Tangga

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda
(Rumah.com)

Pilihlah bahan tangga yang aman untuk diinjak. Misalnya Anda bisa memilih bahan keramik yang tidak licin. Jika ingin menggunakan keramik, pastikan tangga dilapisi karpet anti licin. Jika Anda ingin tangga rumah dari kayu, pastikan kayu yang digunakan kokoh dan dapat menahan beban hingga ratusan kilogram. 

Bentuk Tangga dan Kemiringan Tangga

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda
(Indosteger)

Perhatikan juga bentuk tangga yang akan Anda buat. Di beberapa rumah ditemukan bentuk tangga terlalu curam dan miring sehingga bisa membahayakan orang yang melaluinya. Buatlah tangga dengan kemiringan yang tidak curam dan pastikan nyaman untuk dilalui.

Bagian Pegangan Tangga

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda
(Kayamara Property)

Berikan pegangan pada tangga. Usahakan bentuk pegangan tangga nyaman untuk dipegang. Beberapa jenis tangga minimalis mungkin mengabaikan fungsi pegangan untuk alasan estetika, namun tangga rumah mewah masih bisa menampilkan unsur estetika dengan pegangan.

Lebar anak tangga

Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Anda
(Dekoruma)

Lebar anak tangga harus Anda perhatikan. Pastikan semua anak tangga mempunyai ukuran yang sama dan luas. Tujuannya agar memudahkan saat Anda melangkah sehingga tidak mudah terpeleset.

Contoh Tangga Rumah Mewah

Berikut ini contoh tangga rumah mewah yang bisa jadi rekomendasi Anda dalam mempercantik rumah mewah Anda!

Tangga dengan pegangan kaca

(Dekoruma)

Apabila Anda ingin tangga dengan bentuk yang minimalis namun tetap mewah, maka penggunaan kaca bisa menjadi opsi yang tepat. Kombinasi anak tangga dari kayu dan pegangan dari kaca akan membuat kesan elegan. Penggunaan kaca juga bisa memberikan kesan transparan sehingga tidak ada sekat di antara ruangan.

Tangga dua sisi

(99.co)

Apabila rumah mewah Anda cukup luas, maka tangga rumah mewah ini cocok sekali untuk kebutuhan pribadi. Memasang tangga rumah dua sisi seperti ini bisa memberikan akses yang lebih banyak untuk setiap anggota keluarga turun ke lantai bawah. 

Tangga di tengah-tengah ruangan dengan pegangan di sisi kanan-kiri

(Harian Bisnis)

Tangga yang diletakkan di tengah-tengah seperti ini dan menjadi center di area dalam rumah bisa menjadi ornamen cantik. Pastikan Anda memberikan pegangan di kedua sisi tangga agar lebih aman untuk dilewati. Dikarenakan penempatan tangga yang berada di pusat rumah, maka pastikan juga desain tangga menyatu dengan interior rumah agar tampak menawan saat dilihat. 

Tangga menempel ke tembok

(Courtina)

Tangga yang menempel ke dinding memberikan kesan luas pada ruangan dalam rumah. Hal ini karena tangga bisa menjadi sangat memakan tempat. Bagi Anda yang ingin menyiasati hal tersebut, maka penempatan tangga mewah seperti di atas tidak ada salahnya. 

Tangga melingkar

(Arsitag)

Tangga memutar seperti ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang mempunyai lahan tidak terlalu luas. Pastikan Anda memperhatikan aspek keamanan seperti bahan tangga, bahan pegangan dan juga sudut kemiringan tangga. 

Tangga kayu dengan pegangan berbentuk sulur

(Berita Kampus)

Penggunaan bahan kayu untuk tangga bisa menjadi pilihan tepat juga Pins. Anda bisa memilih kayu berkualitas agar tangga bisa awet dan mampu menahan beban berat yang melewatinya. Pastikan setiap sisi anak tangga Anda perhalus, hal ini agar sisi pada anak tangga menjadi aman untuk dilewati dan tidak menjadi tajam.

Tangga mewah minimalis dengan lampu

(LINE Today)

Pemasangan lampu pada bagian anak tangga menjadi opsi menarik bagi Anda yang menginginkan ruangan terang. Anda bisa memasang lampu di bagian bawah atau di sela-sela anak tangga. Pemilihan warna lampu juga perlu Anda perhatikan dengan benar agar menambah estetika serta memberikan fungsi pencahayaan yang dibutuhkan.

Tangga mewah dengan karpet

(widyalimited.com)

Untuk memberikan nilai estetika dan keamanan di saat yang bersamaan, Anda bisa memasang karpet pada anak tangga. Ini akan menghindari Anda dan keluarga dari licin saat melewatinya. Namun pastikan pemilihan karpet yang anti licin dan tebal sehingga tidak mudah bergeser saat diinjak.

Nah itu saja informasi mengenai contoh tangga rumah mewah untuk rekomendasi Anda. Semoga bermanfaat ya Pins!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel