Pinhome

Tips Properti

Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membangun rumah pada lahan terbatas atau tidak berharap menghuni bangunan besar nan luas maka solusianya adalah setiap sudut ruangan perlu dioptimalkan penggunaanya termasuk juga dalam hal memanfaatkan ruang di bawah tangga, daripada dibiarkan kosong melompong maka akan lebih baik jika dialih fungsikan untuk ruangan tertentu sehingga dapat mendukung aktifitas keluarga sehari-hari. misalnya difungsikan sebagai gudang sehingga barang-barang yang jarang dipakai bisa disimpan di ruangan tersebut, contoh lainya adalah kolam ikan sehingga bisa memelihara ikan hias didalam rumah. nah.. berikut ini beberapa hal yang mungkin  dilakukan untuk mengotimalkan penggunaan ruangan di bawah tangga.

Gambar potongan tangga

ruang di bawah tangga

Gambar diatas merupakan contoh bentuk tangga yang banyak digunakan untuk rumah tinggal, ukuran ruangan yang digunakan yaitu lebar 3 m dan tinggi lantai dua 3m. pada gambar tersebut dapat kita lihat ada space dibawah bordes yang sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan. apalagi jika tanah yang tersedia cukup terbatas sehingga mau tidak mau mengotimalkan denah rumah yang ada.

Alternatif ruangan di bawah tangga

Beberapa ruang bisa diletakan dibawah tangga dengan pengaturan desain sedemikian rupa agar pas dan dapat digunakan dengan nyaman.

  1. Ruang gudang.
  2. Kamar Mandi / WC.
  3. Kolam ikan disertai ornamen air mancur yang suara gemericiknya dapat menyegarkan.
  4. Taman.
  5. Ruang setrika.
  6. Area bak penampungan air.
  7. Ruang bermain.
  8. Ruang belajar.

Strategi khusus yang dapat dilakukan agar ruangan dibawah tangga lebih besar adalah dengan meninggikan bordes minimal setinggi 2m agar kita tetap bisa lewat dibaawahnya dengan aman, namun tetap memperhatikan kenyamanan untuk naik turun tangga yaitu lebar anak tangga dibuat 30 cm dan tinggi anak tangga dibuat 20 cm. jadi silahkan melakukan inovas lain dan selamat berkreatifitas untuk memaksimalkan penggunaan sudut rumah yang biasanya sering diabaikan ini 🙂

Tags :

Bagikan Artikel