BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Inspirasi Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga
0
0

10 Inspirasi Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 23, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Solusi membangun rumah pada lahan sempit adalah setiap sudut ruangan perlu dioptimalkan penggunaannya termasuk juga dalam hal memanfaatkan ruang di bawah tangga. Daripada dibiarkan kosong melompong maka akan lebih baik jika dialihfungsikan untuk ruangan tertentu sehingga dapat mendukung aktivitas keluarga sehari-hari.

Pemanfaatan tangga ini juga sering diterapkan pada rumah bekas di Kota Mojokerto atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence. Gunakan PinValue untuk menemukan hunian yang kamu dambakan termasuk jika ingin dekat tempat hiburan seperti Waterboom Cikarang.

Ide Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Cara memanfaatkan ruang di bawah tangga ada beberapa ide yang bisa kamu terapkan. Cek inspirasinya dalam poin yang ada di bawah ini! Siapa tahun bisa jadi rujukanmu untuk menggunakan ruangan di bawah tangga lebih efektif.

1. Tempat Hewan Peliharaan

Source : Bobvila

Apabila memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, Pins bisa menggunakan area ini sebagai rumahnya. Lokasinya cukup tersembunyi sehingga membuat privasi terjaga. Hewan peliharaanmu juga tak mudah kedinginan jika berada di ruangan ini. Biarpun begitu kamu harus rutin membersihkan tempat ini karena rawan meninggalkan bau tak sedap di dalam rumah.

Baca juga: 4 Hewan Pengganggu di Rumah dan Cara Mengusirnya

2. Taman Indoor

Source : Hello Shabby

Taman tidak harus berada di balkon, atap maupun halaman. Kamu bisa menggunakan ruangan kosong di bawah tangga guna membangun taman indoor. Sudut ruangannya membawa suasana asri di dalam rumah dan meningkatkan keindahan hunian.

Kamu bisa menggantung tanaman di dinding atau railing bawah tangga. Tambahkan kursi dan meja atau karpet hijau yang menghadap ke taman untuk menikmati tanaman. Jenis tanaman yang bagus di dalam rumah antara lain pakis Boston, lidah mertua, suplir, tanaman karet, lavender, krisan, monstera dan banyak lagi lainnya.

3. Ruang Kerja

Source : Dwell

Ruang kerja mini dapat dibangun di bawah tangga dengan menempatkan meja dan kursi kerja. Pastikan ada colokan listrik agar kamu bisa menggunakan peralatan kerja seperti PC, lampu kerja hingga printer. Gunakan furnitur multifungsi agar meringkas alat kerja dan menghemat tempat.

Perabot kerja yang digunakan baiknya memiliki fleksibilitas tinggi. Furnitur dapat dilipat dan dipindahkan sehingga saat tidak digunakan dapat disimpan dengan rapi.

4. Rak Buku

Source : Arsitag

Bagi kamu yang mempunyai koleksi buku fisik lumayan banyak tentu sering kekurangan tempat penyimpanan. Manfaatkan bagian bawah tangga sebagai rak buku tambahan. Kamu bisa menambahkan ambalan sederhana atau lemari bukaan yang mengikuti bentuk tangga itu sendiri.

Tambahkan satu single chair yang dimanfaatkan sebagai kursi baca. Sambil memilih buku, kamu dapat langsung membacanya di dekat tangga. Pastikan kamu rutin membersihkan rak dan memasang rak penyerap lembab agar buku tidak mudah rusak walau minim cahaya matahari.

5. Tempat Sholat

Source : Helloshabby

Desain mushola kecil ini bergaya modern natural dengan lantai kayu. Bagian bawah tangga yang kosong dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan dengan penutup. Kamu bisa meletakan peralatan beribadah seperti tasbih, Al-Quran, mukena dan sajadah. Dinding yang mengarah ke kiblat didekorasi dengan ornamen khas Timur Tengah agar menyerupai suasana masjid.

6. Toilet

Source : Roomsproject

Tak ada cukup ruang untuk membangun kamar mandi tambahan? Coba bangun di bawah tangga dengan persiapan yang matang. Kamu bisa membangun kamar mandi kering terdiri atas wastafel dan closet disertai cermin serta rak handuk kecil. Dekorasikan dinding kamar mandi dengan wallpaper yang sesuai konsep interior rumah.

Baca juga : 7 Desain Kamar Mandi Kecil

7. Compact Pantry

Source : HGTV

Dapur mini bisa pula dibangun di bawah tangga dengan kitchen sink yang mengikuti sudut tangga. Tambahkan lampu downlight untuk pencahayaan dapur tersebut. Kamu bisa menjadikan area ini dapur untuk membuat minuman atau dapur kering.

Kegiatan memasak di area ini tidak begitu berat. Dalam membangun compact pantry juga perlu memperhatikan sanitasi dan ventilasi agar tidak pengap serta bau makanan tak menyebar ke ruangan lainnya.

8. Tempat Bersantai

memanfaatkan ruang bawah tangga
Source : Pinterest

Isi ruang kosong di bawah tangga sebagai tempat bersantai tersembunyi. Letakan matras dan lampu gantung sebagai penerangan ditambahkan kabinet tepat di bawah tempat tidur. Kabinet yang ada di bawah matras bisa berfungsi sebagai rak buku atau permainan. Pasang tirai jika ingin meningkatkan privasi ketika bersantai di area ini.

9. Ruang Cuci

Source : Decorpad

Kamu dapat pula memanfaatkan ruangan bawah tangga sebagai mini laundry room. Tempatkan mesin cuci di bawah tangga serta tambahkan lemari gantung. Bangun kabinet tanpa pintu sebagai posisi mesin cuci sehingga bagian permukaan kabinet dapat difungsikan untuk meletakan pakaian atau meja multifungsi.

10. Ruang TV

memanfaatkan ruang bawah tangga
Source : Rumahku Unik

Gambar diatas merupakan contoh memanfaatkan ruang bawah tangga yang banyak digunakan untuk ruang TV keluarga. Ukuran ruangan yang digunakan yaitu lebar 3 meter dan tinggi lantai dua 3 meter. Pada gambar tersebut dapat kita lihat ada ruang di bawah bordes yang sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan.

Apalagi jika tanah yang tersedia cukup terbatas sehingga mau tidak mau mengoptimalkan denah rumah yang ada. Pasang rak TV dan letakkan sofa yang menghadap ke arah TV berbentuk L. Beri karpet di bawah sofa agar membuat kaki nyaman saat menonton TV.

Menarik bukan ide memanfaatkan ruang di bawah tangga di atas? Areanya bisa jadi ruang bersantai, pantry bahkan tempat membaca buku. Hal ini bisa menambah keunikan dari rumah yang kamu bangun, lho!

Baca juga: Cara Menghitung Trap Anak Tangga

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download