BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Dekorasi Rumah Simpel, Wujudkan Suasana Lebih Nyaman!
0
0

10 Tips Dekorasi Rumah Simpel, Wujudkan Suasana Lebih Nyaman!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Bryan Dharmanta

Mar 30, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips dekorasi rumahtop-right-banner

Menurutmu, apa fungsi rumah yang sebenarnya? Perlukah melakukan dekorasi rumah? Apapun fungsinya, desain rumah yang baik bisa mendatangkan suasana rumah yang nyaman untuk penghuninya. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui tips dekorasi rumah untuk wujudkan suasana lebih nyaman.

Banyak orang yang beranggapan bahwa dekorasi rumah merupakan hal yang memerlukan banyak budget. Padahal, kamu bisa melakukan berbagai tips dekorasi rumah sederhana yang simpel tanpa harus menguras kantong.

Jika kamu masih bingung bagaimana cara dekorasi rumah yang nyaman dan murah, di sini Pinhome akan memberikan ide dekorasi rumah minim budget untukmu! Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan tentang tips dekorasi rumah agar lebih cantik dan nyaman.

Baca juga: Dekorasi Rumah Dengan Piring

Tips Dekorasi Rumah

Source : Shutterstock

Pada dasarnya, dekorasi rumah tidak selalu tentang membeli furnitur baru. Kamu bisa memanfaatkan penataan ruang, memaksimalkan cahaya ruangan, hingga pemilihan warna ruangan yang nyaman dan selaras dengan furnitur rumah.

Berikut ini tips dekorasi rumah simpel dan murah yang bisa kamu lakukan:

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Dengan Bunga

Pilih Warna Ruangan yang Tepat

Warna Cat Ruang Tamu Coklat Susu 3
Source : My Decorative

Warna bisa mempengaruhi mood seseorang. Pengetahuan ini sering dijadikan acuan bagi para arsitek dalam memilih warna yang tepat untuk cat dinding rumah. Tentunya sudah disesuaikan dengan karakter pribadi sang pemilik rumah.

Untuk ruang tidur, jangan gunakan warna yang terlalu mencolok dan terkesan garang. Sebab, akan membuatmu menjadi susah tidur. Pilihan warna yang tepat untuk ruang tidur adalah warna-warna lembut sehingga membuat desain rumah menjadi semakin nyaman dan rileks.

Berbeda untuk ruang tidur, berbeda pula untuk ruang dapur. Jika ruang tidur mesti menggunakan warna-warna yang lembut agar sang pemilik kamar bisa terasa rileks dan nyaman saat tidur, berbeda pula dengan yang di dapur.

Seperti kata orang, dapur adalah bagian tersibuk dalam ruangan. Oleh sebab itu warna yang disarankan adalah warna yang cerah agar bisa memberikan energy dan semangat bagi setiap orang yang sedang berada di dapur.

Baca juga: Mudah! Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga Dengan Benar?

Maksimalkan Pencahayaan Ruangan

tips dekorasi rumah
Source : Shutterstock

Pencahayaan yang cukup bisa membuat rumah terasa nyaman. Tak bisa dipungkiri bahwa pencahayaan memegang peran penting dalam proses kenyamanan sang penghuni rumah.

Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah jika dibiarkan masuk tanpa ada penyaringan bisa membuat rumah menjadi tidak nyaman, terlalu terang benderang dan panas. Namun, jika sinar matahari yang masuk hanya sedikit, ini bisa membuat rumah terasa lembab dan tidak menarik.

Solusi yang tepat adalah pemasangan tirai di jendela. Jika matahari yang masuk dirasa cukup banyak, anda bisa menurunkan tirai dari jendela, namun jika dirasa sinar matahari yang masuk hanya sedikit, anda bisa menaikkan tirai bambunya.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Semakin Menarik

Buat Tampilan Dapur yang Cantik

tips dekorasi rumah
Source : Shutterstock

Siapa sangka jika dapur memegang peran penting dalam desain rumah cantik. Tak peduli betapa cantiknya dekorasi rumahmu, apabila dapur tidak tertata secara apik akan mengakibatkan rumah kehilangan keapikan dan keindahannya.

Manfaatkan Kamar Anak

tips mendesain kamar tidur anak
Source : Shutterstock

Bila ruangan cukup, biasanya sebuah rumah memiliki satu kamar yang memang difungsikan sebagai kamar tamu. Namun, karena banyak faktor seperti keterbatasan lahan, maka penataan ruangan rumah jelas meniadakan kamar tamu.

Tapi kamu tak perlu khawatir saat ada tamu yang berkunjung dan ingin bermalam di rumahmu. Kamar anak bisa kamu jadikan alternatif untuk kamar tamu. Kamu hanya perlu menambahkan sofa di ruang duduk sebagai tambahan tempat beristirahat tamu.

Tips dekorasi rumah yang satu ini berguna untuk menyiasati kasur anak-anak yang biasanya berukuran kecil. Siapkan pula perlengkapan tidur, seperti bantal, guling, serta selimut dengan penutup yang baru saja dicuci dan belum digunakan.

Baca juga : Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak

Tambahkan Dekorasi Ruangan Simpel

Source : Shutterstock

Selain mengubah kamar tidur anak menjadi kamar tamu sementara, hal lain yang bisa ditambahkan sebagai bagian dari dekorasi rumah adalah menambahkan beberapa dekorasi ruangan yang simpel. Dalam hal ini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak budget.

Kamu bisa meletakkan toples cemilan, air minum, serta bunga atau tanaman hias sebagai bagian dari dekorasi sekaligus untuk jamuan tamu saat menginap di dalam kamar. Sehingga, jika tamu menginginkan cemilan di malam hari tak perlu keluar dari kamar dan membongkar toples cemilan di ruang tamu yang akan mengundang rasa sungkan.

Selain itu, Pins juga bisa menambahkan pengharum ruangan. Tambahkan pengharum ruangan yang bisa digantungkan mungkin di bagian dekat jendela kamar atau bisa juga pada kipas angin, yang akan menebarkan kesegaran aroma saat dinyalakan.

Tambahkan Ornamen Dinding

Source : Unsplash

Selain berbagai tips dekorasi rumah di atas, kamu juga bisa menambahkan ornamen dinding tambahan di ruangan yang kosong. Baik itu ruang tamu, ruang keluarga, dapur, atau bahkan kamar tidur tamu.

Tak perlu lukisan atau gambar-gambar mahal, foto keluarga atau bahkan buah karya sekolah anak bisa jadi satu ornamen yang menarik dan menambah kerasan tamu yang bermalam di rumah.

Hindari Penggunaan Warna dan Perabotan Berlebihan

Source : Pixabay

Para pakar serta desainer rumah dan interior sepakat bahwa ada beberapa hal yang disebut dengan kesalahan tak sengaja. Distorsi dalam pemilihan warna misalnya, bukannya menjadikan kesan unik malahan menjadikan mata yang memandang jadi kurang nyaman.

Selain itu perabotan yang tidak pas dan terkesan dipaksakan juga jadi catatan kesalahan lain dalam dunia desain interior. Tak hanya itu, berikut juga ada daftarnya.

Baca juga: Furniture untuk Rumah Minimalis Modern

Jangan Menempelkan Perabotan ke Dinding

ruang tanu
Source : Pixabay

Beberapa pakar desain memang menyarankan agar tak menempelkan perabotan ke dinding. Banyak alasannya, salah satunya tentu rentan merusak perabot maupun bagian dinding yang terlalu lama ditempeli perabot akan menimbulkan bekas yang tak enak dipandang.

Tetapi tak berarti bahwa membawanya terlalu menjauh hingga memakan setengan bagian ruang yang bisa menjadi jalan juga ide yang bagus. Pins perlu memperkirakan jarak yang sesuai antara peralatan dan dinding.

Gunakan Lampu yang Secukupnya

Source : Pixabay

Konsep lampu gantung dengan kap datar adalah bagian dari gaya dekorasi bertema industri. Tetapi jangan terlampau banyak atau menggunakannya di seluruh ruangan. Kondisi ini bukan akan memicu kesan kuat sebagaimana yang diusung dalam konsep industriali

Gunakan Kotak Sebagai Media Penyimpanan

kotak penyimpanan
Source : Pixabay

Menggunakan kotak atau keranjang sebagai dekorasi sudah sangat umum dijumpai. Apalagi menggunakan kotak ini merupakan salah satu aksi untuk go green. Tetapi jangan sampai hal ini disalah artikan sebagai banyak kotak yang menumpuk dan tak berguna.

Selain tampak berantakan, kondisi ini juga memicu tempat bersembunyi bagi hewan-hewan seperti tikus atau kecoak.

Jadi, apa yang kamu lakukan untuk membuat desain rumah menjadi semakin cantik? Tips dekorasi rumah di atas bisa menjadi inspirasimu untuk mempercantik dan mendekorasi rumah. Sekian pembahasan kami kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Dekorasi Rumah Agar Tamu Lebih Betah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Kraton Harmoni dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download