Pinhome

10 Inspirasi Desain Rumah Kayu Modern Minimalis

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 17 March 2021 ∙ 6 menit membaca

Desain rumah kayu minimalis dengan model kekinian, kini mulai digandrungi masyarakat. Rumah kayu minimalis modern yang mengusung desain simpel dan menarik, membuat penghuni merasa lebih nyaman dan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Hal tersebut dikarenakan rumah minimalis dapat dibuat di lahan kecil dengan budget yang tersedia.

Pinhome – Ada dua jenis desain rumah kayu yang sekarang ini populer di tengah masyarakat. Yakni desain rumah kayu klasik dan rumah kayu modern. Desain rumah kayu klasik berbentuk sederhana seperti gazebo atau pondok. Umumnya terdiri dari satu lantai. Untuk itu, bagi Pins yang ingin membuat rumah kayu minimalis modern dengan desain kekinian, Pins dapat melihatnya di bawah ini.

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Rumah Kayu Sederhana yang Mudah Ditiru

Konsep Desain Rumah Kayu

desain rumah kayu ramah lingkungan
(Shutterstock)

Sedangkan desain rumah kayu modern cenderung mengaplikasikan konsep rumah beton modern. Hanya saja material utama rumah diganti dengan kayu. Meskipun desain rumah kayu ramah lingkungan dan mampu menghadirkan nilai estetika yang tinggi, namun banyak pihak yang khawatir dan ragu untuk mengadopsi konsep rumah tersebut.

Baca Juga: Tips Memilih Bangunan Kayu

Keraguan dan kekhawatiran itu wajar terjadi mengingat material kayu memang tidak tahan lama sebagaimana beton. Kayu mudah terkena rayap, lapuk, tidak tahan air serta mudah mengalami perubahan struktur ketika terkena sinar matahari maupun air hujan secara terus menerus.

Resiko inilah yang menyebabkan banyak orang enggan mengaplikasikan konsep desain rumah kayu ke dalam rumah tinggal mereka.

Jika kamu berminat mengaplikasikan desain rumah kayu untuk berpartisipasi dalam mendukung program ramah lingkungan, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan.

Agar material kayu bisa bertahan lama, pilihlah kayu yang benar-benar berkualitas. Kamu juga bisa menggunakan kayu besi yang terkenal tahan air dan anti rayap untuk bahan membuat kuda-kuda, kusen pintu, dan jendela. Sebaiknya gunakanlah kayu nyatoh untuk membuat plafond, daun pintu, dan jendela.

Baca Juga: Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Rumah Kayu Cottage

Memiliki rumah kayu modern minimalis dengan model cottage memang layak diperhitungkan. Selain menimbulkan kesan liburan terus menerus, rumah seperti ini sangat cocok untuk kalian yang senang mengadakan acara di rumah, mesin BBQ dan kolam renang kecil dapat Pins pasang di bagian belakang rumah, untuk menambah fasilitas berkumpul yang menyenangkan.

Desain Rumah Kayu Minimalis Batu Bata

Selanjutnya ada model rumah kayu minimalis dengan perpaduan batu bata yang cantik. Rumah kayu minimalis milik Pins dapat dipadupadankan dengan desain dinding batu bata sebagai pilar-pilar utama. Dengan tampilan depan teras menggunakan tangga, rumah Pins akan terlihat lebih menarik layaknya rumah panggung modern. Bagian bawah rumah, bisa Pins jadikan gudang lho!

Rumah Kayu Desain Modern Minimalis

Untuk Pins yangmasih menganggap rumah kayu itu kuno, Pins dapat memilih desain rumah minimalis modern yang dicampur dengan bahan kayu seperti gambar diatas. Bangunan modern yang menjadi unsur bangunan utama pada rumah, akan membuat rumah Pins tetap modern dengan perpaduan kayu di sebagian besar bagian rumah. Pins pun dapat menambahkan perabot kayu minimalis di dalam rumah Pins juga lho yang kekinian.

Desain Rumah Kayu Panggung Minimalis

Melirik desain panggung untuk diaplikasikan di rumah dapat menjadi salah satu ide pembangunan rumah kayu minimalis. Apalagi bila Pins menambahkan unsur kaca yang terbilang cukup banyak dan menjadi bagian terbesar di rumah. Rumah Pins pasti akan menjadi salah satu rumah instagramable ibu kota. Jangan lupa untuk mengabadikan di sosial media Pins ya!

Rumah Kayu Minimalis Dua Lantai

Untuk pemanfaatan lahan di ibu kota yang tidak terlalu luas, Pins dapat membuat desain rumah kayu minimalis dua lantai yang kecil tetapi tetap dapat membuat fungsi dari rumah tersebut bermanfaat. Yang terpenting adalah segala ruangan yang Pins butuhkan ada di dalam rumah tersebut. Lihat deh model rumah kayu minimalis diatas, tetap kece bukan? Tidak harus luas ya Pins!

Rumah Kayu Modern Industrial

Bagi Pins yang ingin menerapkan desain rumah kayu modern minimalis industrial, Pins dapat mencontohnya dalam desain diatas. Dengan tembok khas industrial yang dipoles seperti bangunan yang belum jadi, dipadupadankan dengan pagar kayu tertutup, rumah industrial Pins pun akan menjadi unik dan menarik. Desain seperti ini juga menambah keamanan rumah Pins lho!

Rumah Kayu Minimalis dengan Tampilan Depan Taman

Mengedepankan unsur tanaman hijau di bagian depan rumah memang hal yang tidak pernah salah dalam desain perumahan. Selain dapat membuat rumah tersebut terlihat luas, tanaman juga dapat menyejukan rumah dan menjadi salah satu bagian dari unsur sirkulasi udara yang baik. Apalagi bila Pins menambahkan aksesoris kaca-kaca besar di ruang tamu, pencahayaan alami ke dalam rumah akan terasa lebih cerah tanpa perlu banyak lampu di dalamnya.

Rumah Kayu Minimalis dengan Desain Warna Kayu yang Cerah

Desain rumah kayu dengan warna cerah juga dapat Pins aplikasikan pada rumah Pins yang ingin memanfaatkan unsur kayu tetapi tidak ingin terlihat gelap. Seperti contohnya diatas yang mengedepankan warna kayu cerah dengan ukuran rumah yang tidak terbilang besar. Cocok sekali untuk desain perumahan cluster dengan banyak rumah.

Baca Juga: Inspirasi dalam Membuat Model Rumah Sederhana tapi Indah

Rumah Kayu Minimalis 1 Lantai

Selama Pins menyukai model rumah yang tidak bertingkat, Pins dapat mengadopsi desain rumah kayu minimalis diatas sebagai dasar desain rumah Pins. Mengedepankan unsur kayu cerah dengan permainan peletakan lampu rumah yang diperhitungkan, rumah kayu minimalis Pins akan semakin hangat dan menarik. Terkesan abstrak tetapi tetap stylish bukan Pins?

Rumah Kayu Minimalis Modern Bentuk L

Terakhir ada desain rumah kayu minimalis modern letter L yang mengedepankan desain teras rumah yang luas. Pins dan keluarga dapat bercengkrama dan berkumpul bersama di teras sambil menyantap kopi nikmat yang tidak ada duanya. Perpaduan warna kayu cerah dengan atap hitam yang minimalis dapat Pins aplikasikan dengan tambahan desain cerobong asap. Sudah seperti rumah di luar negeri bukan?

Apa Pins sudah mulai ada gambaran desain rumah kayu minimalis Pins akan seperti apa? Ragam model rumah kayu modern diatas yang sayang untuk dilewatkan dapat Pins jadikan ide utama dari rumah keluarga Pins. Yang terpenting selalu ingat untuk sesuaikan dengan budget yang Pins punya ya!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti perumahan baru di Tangerang di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia Putri

Bagikan Artikel