10 Model Tangga Rumah Minimalis dan Simple untuk Rumahmu

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 13 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah tingkat tentu memerlukan tangga yang kuat dan kokoh. Hanya saja terkadang karena rumah memiliki luas yang terbatas, tangga sering terlupakan. Kebanyakan tangga dibuat sederhana tanpa memikirkan estetika. Bahkan banyak sekali orang yang membuat model tangga rumah tanpa memikirkan untuk menyesuaikan desain tangga dengan konsep rumah, sehingga sering sekali desain tangga bertabrakan dengan konsep rumah secara keseluruhan. Hal ini tentu kurang enak untuk dilihat. 

Pinhome – Saat ini tangga mulai dikembangkan dengan berbagai macam desain yang unik dan menarik. Bahkan saat ini tangga rumah tersedia dalam berbagai bentuk yang sangat menarik perhatian atau eye catching. Nah bagi Pins yang tertarik untuk mengganti tangga di rumah dengan desain yang lebih menarik, yuk simak ulasan mengenai model tangga rumah minimalis dan sederhana di bawah ini!

Baca Juga: Tips Membuat Tangga Rumah yang Aman dan Efisien

Tangga Bergaya Industrial

(Pinterest) 

Jika mendengar namanya, mungkin banyak dari Pins yang sudah terbayang rupa dari tangga yang satu ini. Umumnya model tangga rumah minimalis bergaya industrial ini terbuat dari logam dengan warna yang gelap. 

Biasanya desain dengan tema industrial ini akan menggunakan warna-warna logam seperti hitam, emas atau silver yang akan membuat tampilan industrial akan terasa pada desain. 

Tidak hanya menggunakan logam, kamu juga bisa memadukan besi dengan kayu sebagai material tangga untuk membuat tangga semakin keren. Pins bisa menggunakan kayu sebagai anak-anak tangga guna membuatnya menarik.

Baca juga: Simak 7 Model Tangga Besi Minimalis untuk di Dalam Rumah

Tangga dengan Aksen Kayu

(Pinterest)

Model tangga minimalis yang satu ini telah banyak digunakan pada rumah-rumah minimalis modern. Tangga rumah minimalis ini dibuat dari semen biasa yang kemudian dicat menggunakan warna-warna yang kamu suka. 

Hanya saja pada bagian atas tangga akan dilapisi dengan papan kayu yang akan membuat tampilannya sangat unik dan modern. Warna kayu yang khas juga akan membuat tangga rumah kamu menjadi lebih warm

Tidak hanya pada bagian atas anak-anak tangga, kayu juga bisa kamu gunakan sebagai railing tangga yang akan memperkuat aksen kayu pada tangga rumah kamu.

Cantilever stairs

(Pinterest)

Cantilever stairs merupakan salah satu model tangga minimalis yang saat ini cukup populer dan mulai banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Konsep model tangga rumah yang satu ini memang sangat unik dan menarik. 

Sekilas model tangga ini terlihat seperti mengapung di udara. Padahal anak-anak tangga direkatkan ke dinding sebagai tumpuan. Selain itu, dengan menggunakan cantilever stairs sebagai tangga rumah minimalis kamu, tampilan rumah akan menjadi lebih modern dan sangat menarik. 

Namun perlu diingat bahwa tangga seperti ini mungkin bisa menimbulkan bahaya jika kamu memiliki anak kecil atau orang dengan usia lanjut dengan kondisi kesehatan yang kurang baik. Dalam mendesain tangga yang satu ini juga diperlukan perencanaan yang matang agar tangga tidak mudah ambruk.

Baca Juga: Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi Bocor

Tangga dengan Railing Kaca

(Pinterest)

Model tangga rumah ini memang banyak ditemukan pada rumah-rumah mewah modern. Biasanya railing kaca digunakan dengan paduan anak-anak tangga yang dibuat dari marmer atau keramik. 

Namun tenang! Saat ini juga telah banyak penggunaan railing kaca dengan anak-anak tangga yang menggunakan aksen kayu. Jadi Pins tidak perlu khawatir mengenai kecocokannya. 

Pada bagian atas railing bisa kamu tambahkan dengan kayu supaya saat menuruni atau menaiki tangga tangan lebih nyaman untuk berpegangan ke railing. Namun hal ini disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya!

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Tangga Rumah Minimalis

Tangga Berbentuk Helix

(Pinterest)

Tangga berbentuk helix biasanya digunakan pada rumah-rumah model lama. Namun bentuk helix juga bisa diaplikasikan dengan desain tangga modern lho! Pins bisa memadukan beberapa material menjadi satu guna membuat tampilan tangga helix menjadi lebih menarik dan modern. 

Penggunaan bentuk helix ini juga dapat membuat rumah kamu sangat unik dan lebih menarik. Pins bisa membuat railing yang terbuat dari semen yang akan membuat tangga lebih kokoh dan kuat. Namun railing bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kamu. 

Pemilihan railing ini bisa menggunakan kayu, kaca atau bahkan semen sesuai dengan keinginan kamu. Pada anak tangga, kamu bisa menggunakan berbagai material mulai dari kayu, marmer atau keramik sesuai dengan keinginan Pins.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Agar Menang Tender

Mono Stringer Staircase

(Pinterest)

Model tangga rumah yang satu ini juga tidak kalah keren dengan model tangga minimalis lainnya. Model tangga yang satu ini disebut dengan mono stringer staircase karena anak-anak tangganya terbuat dari kayu. 

Namun pada bagian bawah anak tangga disangga dengan baja yang kuat sebagai tumpuan setiap anak tangga. Disebut mono karena baja panjang sebagai tumpuan ini berjumlah satu dan biasanya diletakkan di tengah anak-anak tangga. 

Pada bagian railing, Pins bisa menggunakan berbagai material mulai dari kaca, besi atau bahkan dibiarkan tanpa railing. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

Itulah beberapa daftar model tangga rumah yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam merenovasi atau membangun tangga di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan model tangga dengan konsep desain rumah secara keseluruhan agar tangga dapat lebih menyatu dengan rumah. Semoga dengan informasi di atas membuat kamu tidak kebingungan lagi dalam menentukan model tangga minimalis yang cocok untuk digunakan pada rumah tercinta. 

Baca Juga: Analisa Harga Satuan Pembuatan 1 m2 Pagar Sementara


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia