BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan
0
0

12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 23, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
atap rumah minimalistop-right-banner

Model atap rumah minimalis memainkan peranan penting dalam menciptakan tampilan rumah yang estetika dan modern, sesuai dengan konsep desain rumah. Ini tentu akan menambah estimasi nilai properti Pins karena bisa mendapatkan kesan yang elegan dan memberikan ciri khas pada rumah minimalis.

Sama seperti menentukan rumah baru di Bogor mana yang harus dibeli, menentukan model atap rumah perlu mempertimbangkan banyak faktor. Sebut saja, gaya arsitektur, kebutuhan fungsional, dan tampilan yang serasi dengan lingkungan serasi. Lantas, apa saja model atap yang sesuai dengan rumah minimalis yang bisa jadi pertimbangan? Simak daftarnya di sini!

Rekomendasi model atap rumah minimalis paling populer

Atap rumah berperan sebagai pelindung dari sengatan matahari dan siraman air hujan. Umumnya, hunian minimalis di Indonesia menggunakan atap segitiga, seperti yang bisa Pins lihat pada rumah di Avoria Estate. Walau begitu, kini banyak bangunan yang menggunakan model atap yang lebih bervariasi, mulai dari berbentuk datar, hingga miring dan limas.

Mengingat Indonesia memiliki curah hujan yang tinggi, Pins perlu memilih jenis atap rumah yang sesuai. Pasalnya, bentuk atap harus cocok dengan bangunan atau rumah yang hendak Pins tinggali. Selain itu, susunan atap harus kokoh guna menghalau air masuk dan mencegah rumah bocor. Penasaran apa saja model atap hunian minimalis yang bisa jadi rekomendasi? Simak daftarnya di sini!

Baca juga: 16 Model Atap Rumah yang Hemat Biaya

1. Combination Roof

desain atap rumah kombinasi
Source : Tokopedia

Desain atap rumah pertama menggunakan jenis atap kombinasi. Bentuknya bertingkat dan terlihat tumpukan atap yang berbeda dalam satu bangunan. Ada bagian atap segitiga dan limas yang bertingkat.

Jenis atap ini mungkin sedikit jarang terlihat di Indonesia. Namun, apabila Pins menginginkan rumah bertingkat dengan memanfaatkan ruangan, maka konsep rumah seperti ini bisa diadaptasi. Bagian lantai dua beratap limas, yang terlihat seperti loteng menjadi pemanis di bagian atas.  

2. Dome Roof

Desain atap rumah dome roof
Source : Tokopedia

Jenis Dome atau atap berbentuk kubah seperti ini mungkin lebih sering ditemukan di bangunan atau tempat beribadah seperti gereja. Namun, bukan berarti Pins tidak bisa mengadaptasinya menjadi desain atap depan rumah Pins.

Penggunaan atap berbentuk kubah bisa memperluas area dalam rumah. Hal ini karena area dalam akan mempunyai langit-langit yang lebih luas dan terasa megah. 

3. Pyramid Roof

Pyramid Roof
Source : Tokopedia

Atap dengan bentuk piramida seperti di atas mungkin lebih sering ditemukan di area tropis. Dengan model atap depan rumah minimalis seperti ini, air hujan lebih mudah menetes ke bawah sehingga tidak menggenang di atap.

Genangan bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan bisa menjadi bahaya bagi penghuni rumah. Atap jenis piramida ini bisa mengurangi kondisi panas, karena aliran angin bisa lewat dengan leluasa.

Baca juga: 10 Material Atap Rumah dan Cara Merawatnya Agar Tahan Lama

4. Skillion Roof

Desain atap rumah skolion Roof
Source : Tokopedia

Skillion roof mungkin terlihat asing bagi orang Indonesia. Bentuknya yang lurus tanpa ada lekuk segitiga membuatnya terlihat minimalis dan berbeda dari atap biasanya.

Walaupun lurus dan tidak berbentuk limas atau segitiga, atap skillion tetap dibuat miring. Hal ini bertujuan untuk kebutuhan menghemat biaya membersihkan bagian atap.

Misalnya ketika daun berguguran, maka daun-daun tadi akan jatuh sendiri karena bidang yang miring. Bagi Pins yang tinggal di Indonesia, model atap rumah minimalis ini bisa menjadi referensi untuk hunian Pins.

5. Mansard Roof

Mansard Roof
Source : Tokopedia

Mansard roof ini desain atap yang memanfaatkan ruang di bagian loteng. Desain ini seringkali digunakan oleh rumah di Amerika Serikat. Jika Pins perhatikan di bagian atas rumah tersebut, ada jendela di bagian atap. Ini sebagai contoh pemanfaatan ruang loteng menjadi ruangan yang mempunyai fungsi untuk ditempati. Jenis mansard roof bisa memberikan keuntungan dari segi pemanfaatan area loteng. 

6. Gable Roof

Gable Roof
Source : Shutterstock

Pins akan sering menjumpai desain Gable roof di Indonesia. Bentuk genteng yang segitiga dengan susunan genteng rapi terlihat tidak asing. Sebagai informasi, ada lho fungsi dari bentuk atap seperti itu.

Hal ini lantaran di Indonesia hanya mengenal dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Ketika musim kemarau kondisi di siang hari akan lebih panas sehingga dengan atap tersebut kondisi dalam rumah akan terlindungi dari hawa panas. Sementara pada musim hujan, atap tersebut akan mudah mengalirkan air yang turun. 

Baca juga: 25 Model Atap Rumah Dari Seng yang Trendy dan Hemat Biaya

7. Flat Roof

Desain atap depan rumah flat roof
Source : Tokopedia

Flat roof mungkin terlihat mirip dengan skillion roof. Bentuknya yang lurus dan tidak terdapat lekuk limas atau segitiga menjadikannya atap minimalis. Meski lurus, atap flat tetap dibuat miring untuk mendukung konstruksi bangunan dan memudahkan air, salju atau daun-daun kering turun ke bawah dengan mudah tanpa harus Pins bersihkan setiap saat.

Flat roof bisa ditemukan di bangunan seperti gudang, pabrik, kandang dan garasi. Namun, jika Pins ingin mengadaptasinya menjadi atap rumah, pastikan bahan atap cukup kuat melindungi bangunan rumah dari rintikan hujan atau salju yang turun.

8. Hip Roof

desain atap rumah hip roof
Source : Tokopedia

Hip roof terlihat seperti gable roof. Atap rumah jenis Hip ini bisa Pins temukan di rumah mewah modern yang besar. Di beberapa bagian dan jika dilihat dari sudut tertentu, atap hip mempunyai tampilan yang unik karena terdiri dari beberapa bentuk bangun ruang dan datar. Misalnya saja di lapisan kedua, jika Pins lihat dari depan maka atap tersebut berbentuk trapesium.

Sementara di bagian lain ada yang berbentuk segitiga dan limas. Mirip juga seperti atap kombinasi, hip roof memperlihatkan tumpukan beberapa jenis atap. Namun, yang pasti atap ini masih bisa diaplikasikan oleh Pins yang tinggal di area tropis.

9. Saltbox Roof

Desain atap depan rumah
Source : Tokopedia

Di beberapa lokasi, Pins akan menemukan pengaplikasian saltbox roof pada bangunan sekolah. Biasanya atap ini digunakan pada sebuah bangunan yang di bawahnya terdapat hall atau ruang besar yang kosong. Saltbox tetap mengutamakan sudut kemiringan sebagai bentuk umum atap. 

Baca juga: 15 Pilihan Desain Atap Rumah 2 Lantai Minimalis Tapi Tetap Hits

10. Butterfly Roof

desain atap butterfly roof
Source : Tokopedia

Butterfly roof mungkin terlihat mirip dengan flat roof atau skillion roof, namun yang perlu Pins perhatikan adalah ciri dari atap ini yang miring ke bagian dalam. Atap bagian kanan dan kiri yang miring ke bagian dalam bertemu dalam satu sisi sehingga terlihat seperti sayap kupu-kupu.

Bagi Pins yang menginginkan estetika sebuah bangunan, atap ini bisa menjadi referensi yang tepat. Namun pastikan Pins memperhatikan aliran air di bagian atap, apalagi di titik pertemuan atap sisi kanan dan kiri. Usahakan air tidak menumpuk dan menggenang di titik temu tersebut, agar tidak terjadi tekanan yang berat dan menyebabkan atap roboh.

11. Curved Roof

Desain atap depan rumah curved roof
Source : Tokopedia

Curved roof terlihat landai dan sangat fleksibel. Tidak seperti atap-atap lain dengan sudut dan kemiringan yang tajam, atap curved ini malah mempunyai sisi yang lebih soft. Secara estetika, atap ini cukup cantik untuk membuat rumah Pins lebih stylish.

Namun, bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di area tropis dengan curah hujan tinggi perlu mempertimbangkan penggunaan curved roof. Bentuknya yang landai dan kemiringan yang tidak tajam, cukup mengkhawatirkan apakah atap tersebut mampu mengalirkan air yang jatuh ke atap dengan cepat.

12. Gambrel Roof

Gamble roof
Source : Tokopedia

Gambrel roof mungkin jarang ditemukan di Indonesia dan lebih sering digunakan di negara-negara Eropa atau Amerika. Penggunaan atap ini memberikan keuntungan pada bangunan sebuah rumah.

Penghuni rumah bisa memanfaatkan bagian atap atau loteng untuk membangun area lain seperti kamar atau area bermain. Jadi dari luar bangunan terlihat seperti bangunan satu lantai, namun ketika Pins dari dalam terdapat lantai dua yang memanfaatkan area loteng.

Baca juga: 8 Jenis Atap Rumah Multiroof dan Keunggulannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download