Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 10 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Atap rumah mempunyai fungsi yang sangat fundamental untuk sebuah hunian. Atap berguna sebagai pelindung dari sengatan matahari dan siraman air hujan. Di Indonesia biasanya hunian minimalis menggunakan atap segitiga. Bentuk atap ini seringkali kita jumpai di rumah-rumah di sekeliling. Namun, saat ini berbagai bangunan menggunakan atap rumah minimalis yang lebih bervariasi, mulai dari yang bentuknya datar, miring dan limas. 

Pinhome – Sebagai elemen penting sebuah hunian, atap rumah minimalis perlu perhatian khusus. Anda harus memilih bentuk atap yang sesuai dengan bangunan dan juga mempunyai susunan genteng yang kokoh. Mengingat Indonesia mempunyai curah hujan tinggi sehingga ini diperlukan untuk menghalau masuknya air ke dalam rumah alias mencegah kebocoran. 

Baca Juga: Informasi Lengkap Genteng Metal Pasir

Atap rumah minimalis bukan berarti kualitasnya pun ikut mini. Istilah minimalis yang mengikuti kata atap rumah menggambarkan secara detail style atap. Kira-kira apa saja ya model atap rumah minimalis yang bisa menjadi rekomendasi Anda saat membangun hunian? Yuk simak penjelasan selengkapnya di sini!

Baca Juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Combination Roof

atap rumah minimalis
(Tokopedia)

Rumah pertama menggunakan jenis atap kombinasi. Bentuknya bertingkat dan terlihat tumpukan atap yang berbeda dalam satu bangunan. Ada bagian atap segitiga dan limas yang bertingkat. Jenis atap ini mungkin sedikit jarang terlihat di Indonesia. Namun, apabila Anda menginginkan rumah bertingkat dengan memanfaatkan ruangan, maka konsep rumah seperti ini bisa diadaptasi. Bagian lantai dua beratap limas, yang terlihat seperti loteng menjadi pemanis di bagian atas.  

Baca Juga: Informasi Lengkap Mengenai Kisaran Harga Atap Bitumen

Dome Roof

atap rumah minimalis
(Tokopedia)

Dome atau atap berbentuk kubah seperti ini mungkin lebih sering ditemukan di bangunan atau tempat beribadah seperti gereja. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengadaptasinya menjadi atap rumah. Penggunaan atap berbentuk kubah bisa memperluas area dalam rumah. Hal ini karena area dalam akan mempunyai langit-langit yang lebih luas dan terasa megah. 

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Atap Dalam m2 

Pyramid Roof

atap rumah minimalis
(Tokopedia)

Atap dengan bentuk piramida seperti di atas mungkin lebih sering ditemukan di area tropis, hal ini agar air hujan lebih mudah menetes ke bawah sehingga tidak menggenang di atap. Atap yang menggenang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan bisa menjadi bahaya bagi penghuni rumah. Atap jenis piramida ini bisa mengurangi kondisi panas, karena aliran angin bisa lewat dengan leluasa.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

Skillion Roof

(Tokopedia)

Skillion roof mungkin terlihat asing bagi orang Indonesia. Bentuknya yang lurus tanpa ada lekuk segitiga membuatnya terlihat minimalis dan berbeda dari atap biasanya. Namun walaupun lurus dan tidak berbentuk limas atau segitiga, atap skillion tetap dibuat miring. Hal ini bertujuan untuk kebutuhan menghemat biaya membersihkan bagian atap. Misalnya ketika daun berguguran, maka daun-daun tadi akan jatuh sendiri karena bidang yang miring. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, jenis atap ini masih bisa menjadi referensi untuk rumah. 

Mansard Roof

(Tokopedia)

Mansard roof mungkin menjadi salah satu jenis atap yang memanfaatkan ruang bagian loteng. Di beberapa rumah di Amerika, Anda akan menemukan pemanfaatan loteng sebagai kamar atau ruangan lain. Jika Anda perhatikan di bagian atas rumah tersebut, ada jendela di bagian atap. Ini sebagai contoh pemanfaatan ruang loteng menjadi ruangan yang mempunyai fungsi untuk ditempati. Intinya, jenis mansard roof bisa memberikan keuntungan dari segi pemanfaatan area loteng. 

Gable Roof

(Tokopedia)

Gable roof mungkin menjadi salah satu atap yang sering kita jumpai di Indonesia. Bentuknya yang segitiga dengan susunan genteng rapi terlihat tidak asing. Sebagai informasi, ada lho fungsi dari bentuk atap seperti itu. Hal ini lantaran di Indonesia hanya mengenal dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Ketika musim kemarau kondisi di siang hari akan lebih panas sehingga dengan atap tersebut kondisi dalam rumah akan terlindungi dari hawa panas. Sementara pada musim hujan, atap tersebut akan mudah mengalirkan air yang turun. 

Flat Roof

(Tokopedia)

Flat roof mungkin terlihat mirip dengan skillion roof. Bentuknya yang lurus dan tidak terdapat lekuk limas atau segitiga menjadikannya atap minimalis. Namun walaupun lurus, atap flat tetap dibuat miring untuk mendukung konstruksi bangunan dan memudahkan air, salju atau daun-daun kering turun ke bawah dengan mudah tanpa harus Anda bersihkan setiap saat. Flat roof bisa ditemukan di bangunan seperti gudang, pabrik, kandang dan garasi. Namun, jika Anda ingin mengadaptasinya menjadi atap rumah, pastikan bahan atap cukup kuat melindungi bangunan rumah dari rintikan hujan atau salju yang turun.

Hip Roof

(Tokopedia)

Hip roof terlihat seperti gable roof. Atap rumah jenis Hip ini bisa Anda temukan di rumah mewah modern yang besar. Di beberapa bagian dan jika dilihat dari sudut tertentu, atap hip mempunyai tampilan yang unik karena terdiri dari beberapa bentuk bangun ruang dan datar. Misalnya saja di lapisan kedua, jika Anda lihat dari depan maka atap tersebut berbentuk trapesium. Sementara di bagian lain ada yang berbentuk segitiga dan limas. Mirip juga seperti atap kombinasi, hip roof memperlihatkan tumpukan beberapa jenis atap. Namun, yang pasti atap ini masih bisa diaplikasikan oleh Anda yang tinggal di area tropis.

Baca Juga: Standar Kemiringan Sudut Atap Rumah Tinggal

Saltbox Roof

(Tokopedia)

Di beberapa lokasi, Anda akan menemukan pengaplikasian saltbox roof pada bangunan sekolah. Biasanya atap ini digunakan pada sebuah bangunan yang di bawahnya terdapat hall atau ruang besar yang kosong. Saltbox tetap mengutamakan sudut kemiringan sebagai bentuk umum atap. 

Butterfly Roof

atap rumah minimalis
(Tokopedia)

Butterfly roof mungkin terlihat mirip dengan flat roof atau skillion roof, namun yang perlu Anda perhatikan adalah ciri dari atap ini yang miring ke bagian dalam. Atap bagian kanan dan kiri yang miring ke bagian dalam bertemu dalam satu sisi sehingga terlihat seperti sayap kupu-kupu. Bagi Anda yang menginginkan estetika sebuah bangunan, atap ini bisa menjadi referensi yang tepat. Namun pastikan Anda memperhatikan aliran air di bagian atap, apalagi di titik pertemuan atap sisi kanan dan kiri. Usahakan air tidak menumpuk dan menggenang di titik temu tersebut, agar tidak terjadi tekanan yang berat dan memicu robohnya atap.

Curved Roof

atap rumah minimalis
(Tokopedia)

Curved roof terlihat landai dan sangat fleksibel. Tidak seperti atap-atap lain dengan sudut dan kemiringan yang tajam, atap curved ini malah mempunyai sisi yang lebih soft. Secara estetika, atap ini cukup cantik untuk membuat rumah Anda lebih stylish. Namun, bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di area tropis dengan curah hujan tinggi perlu mempertimbangkan penggunaan curved roof. Bentuknya yang landai dan kemiringan yang tidak tajam, cukup mengkhawatirkan apakah atap tersebut mampu mengalirkan air yang jatuh ke atap dengan cepat.

Gambrel Roof

atap rumah minimalis
(Tokopedia)

Gambrel roof mungkin jarang ditemukan di Indonesia dan lebih sering digunakan di negara-negara Eropa atau Amerika. Penggunaan atap ini memberikan keuntungan pada bangunan sebuah rumah. Penghuni rumah bisa memanfaatkan bagian atap atau loteng untuk membangun area lain seperti kamar atau area bermain. Jadi dari luar bangunan terlihat seperti bangunan satu lantai, namun ketika Anda dari dalam terdapat lantai dua yang memanfaatkan area loteng.

Nah itu saja Pins beberapa referensi model atap rumah minimalis paling banyak digunakan. Bagaimana Pins, apakah Anda sudah menemukan atap yang sesuai dengan selera dan fungsi rumah Anda? Semoga bermanfaat ya!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel