BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Cara Menata Ruangan Sempit Agar Rapi
0
0

Tips Cara Menata Ruangan Sempit Agar Rapi

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 9, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
Tips menata ruangan sempittop-right-banner

Tips Menata ruangan sempit bisa terasa seperti menyusun puzzle yang sulit untuk diselesaikan. Hal tersebut terjadi ketika kamu ingin ruang sempit dalam hunian sebisa mungkin masuk bermacam barang, tanpa harus terlihat penuh sesak. Tidak hanya itu, terkadang pun kamu ingin ruangan sempit yang kamu miliki terasa lebih berkarakter, namun bingung penataan terbaiknya.

Pinhome telah mengumpulkan beberapa tips dan cara menata ruangan sempit agar rapi untuk membantu kamu menata hunian. Rumah kamu yang awalnya terasa sempit di jamin akan serasa rumah eksklusif seperti Mutiara Gading City.

Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. Simak tips menata ruangan sempit berikut ini yuk, Pins!

Baca Juga:

Tips Menata Ruangan Sempit Agar Lebih Rapi Terampuh

Alasan tidak memiliki rumah yang besar bukan berarti rumah kamu tidak bisa berpenampilan menarik. Menata rumah kecil, sama seperti menata rumah dengan yang ruangan besar, hanya saja membutuhkan kecerdikan desain dan konsep penataan tersendiri. Berikut beberapa tips menata ruangan sempit agar menjadi lebih rapi.

1. Ganti Perabotan Elektronik Yang Terlalu Besar

Tips menata ruangan sempit
Source : The Spruce

Trik menata ruangan sempit yang utama adalah berasal dari perabotan elektronik. Lupakan desktop komputer yang besar dan gunakan laptop, selain itu tukar stereo lama kamu dengan dengan aplikasi streaming music. Dengan mengganti elektronik lama kamu yang memakan tempat, kamu bisa merasakan ruang sempit akan terlihat lebih lowong dan rapi.

Baca Juga:

2. Menata Ruang Sempit Menggunakan Furnitur yang Fleksibel dan Multifungsi

Source : The Spruce

Selanjutnya, untuk tips ruang sempit yang terlihat rapi adalah dengan penggunaan perabotan atau furnitur yang fleksibel. Furnitur tersebut akan lebih menghemat ruang. Salah satu contohnya adalah penggunaan perabotan yang bisa dilipat menjadikan furnitur yang tidak dipakai menjadi tidak memakan tempat. Hal ini merupakan salah satu inovasi kecanggihan desain interior masa kini.

Tidak hanya fleksibel,  penggunaan furnitur multifungsi juga merupakan salah satu cara menata ruangan sempit agar rapi. Misalnya seperti tempat tidur yang dapat diubah menjadi sofa, sofa yang juga sekaligus rak buku atau anak tangga yang juga dimanfaatkan sebagai laci penyimpanan.

3. Manfaatkan Semua Perabot untuk Penyimpanan

Tips menata ruangan sempit
Source : Greig Stamate

Isu pertama yang biasanya ada pada ruang yang sempit adalah penataan rak penyimpanan. Pilih potongan model yang terdapat penyimpanan bila memungkinkan. Penyimpanan tersembunyi adalah cara menata ruangan sempit agar rapi yang paling mudah. Sofa yang sekaligus menjadi penyimpanan misalnya, barang yang mudah tercecer bisa secara acak disimpan di bawah kursi.

Baca Juga:

4. Memanfaatkan Area Vertikal

Source : Apartmenttherapy

Memanfaatkan area vertikal bisa diimplementasikan dengan bereksplorasi pada perabotan yang tinggi atau dengan memaksimalkan tembok dengan rak dan pajangan. Kamu juga bisa mencoba menggantung vas cantik dibandingkan pemakaian area lantai untuk menaruh vas bunga. Gantung tanaman hias sekitar 2 inci di bawah langit-langit sehingga ruangan tampak lebih tinggi dari aslinya.

5. Pembuatan Ruangan Mezzanine

Tips menata ruangan sempit
Source : Blkp

Pada ruangan sempit dengan area terbatas, salah satu cara selain memanfaatkan area vertikal adalah dengan penambahan ruangan baru secara vertikal. Hal ini tentunya menjadi solusi terbaik dalam menata ruangan sempit. Penambahan ruangan biasanya berupa mezzanine yang dibuat dengan interior khusus. Pada ruangan mezzanine, bagian atas bisa dimanfaatkan sebagai ruang tidur, sedangkan di bagian bawah bisa menjadi rak penyimpanan ataupun ruang lainnya.

Baca Juga:

6. Membuat Gantungan Pada Pintu

Source : Hgtv

Penambahan tempat penyimpanan juga bisa dilakukan di setiap pintu untuk menghindari adanya barang tergelak di area lantai. Pengaplikasian gantungan ini salah satunya bisa ditempatkan di pintu masuk untuk mantel dan tas. Bila di dapur untuk gantungan celemek dan lap piring, dan di kamar mandi untuk jubah maupun handuk.

7. Penggunaan Furnitur Menyentuh Plafon

Tips menata ruangan sempit
Source : Design Cafe

Jika kamu benar-benar orang yang sulit menjaga segala sesuatu agar tetap rapi, akan lebih baik jika kamu menggunakan furnitur dengan model kabinet penuh yang didesain dari lantai hingga menyentuh plafon. Walaupun kamu kehilangan ruang pada dinding, solusi memiliki sistem penyimpanan sebesar ini menjadi cara terbaik dalam menata ruangan sempit terlihat rapi.

Baca Juga:

8. Penggunaan Ruang yang Tersembunyi

Source : Organized-home

Jika mesin cuci kamu berada di lantai utama rumah, kamu harus berkreasi dengan aksesoris cucian untuk menata ruangan kamu. Seperti memasang rak penyimpanan di bagian belakang pintu untuk menampung deterjen maupun jemuran yang fleksibel. Tidak hanya itu Pins, usahakan pula untuk membuat ruang custom tempat menyerika pakaian agar bila tidak terpakai bisa disembunyikan pada ruang tertutup.

9. Penggunaan Karpet dengan Ukuran yang Tepat

Tips menata ruangan sempit
Source : Brit

Mendekorasi ruangan sempit sebenarnya adalah mengenai bagaimana memanipulasi mata untuk melihat lebih besar dari yang sebenarnya. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan ukuran karpet yang lebar. Karpet dengan ukuran mungil akan membuat ruangan terasa sama kecilnya. Pilih karpet lantai yang cukup besar sehingga bisa menjadi alas dari sebagian besar furnitur ruangan multifungsi. Dekorasi dengan karpet besar, bisa memberikan kesan lapang untuk ruang yang terbatas. Walaupun pada akhirnya, bentuk ruangan dan perabotan di dalamnya akan menentukan ukuran karpet.

Dari keseluruhan tips diatas, hal pertama yang perlu kamu lakukan juga ketika akan menghuni ruangan sempit adalah dengan mensortir barang atau baju yang sudah tidak berguna lagi. Kira-kira mana yang akan kamu coba lakukan terlebih dahulu nih, Pins? Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu yang tinggal dalam hunian dengan luas terbatas ya! 

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download