BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Cara Membuat Bekisting Tangga yang Benar
0
0

Ini Dia Cara Membuat Bekisting Tangga yang Benar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
membuat-bekisting-tanggatop-right-banner

Bekisting adalah salah satu pendukung dalam proses pembangunan konstruksi beton. Umumnya bekisting ini terbuat dari material kayu, aluminium dan beberapa material lainnya. Bekisting ini merupakan alat bantu konstruksi yang temporer atau sementara guna memikul beban berupa beton basah dan menjadi pendukung dalam mencetak konstruksi beton yang telah disesuaikan dengan ukuran dan bentuk serta permukaan yang diinginkan. Pins sudah tahu cara membuat bekisting tangga yang benar?

Pinhome – Pembuatan bekisting ini perlu disesuaikan dengan material yang digunakan. Penggunaan material dalam pembuatan bekisting sendiri perlu mempertimbangkan nilai ekonomis dan kekuatannya. Namun pembuatan bekisting ini tidaklah mudah. Bagi Pins yang penasaran, simak yuk cara membuat bekisting tangga ini!

Mengenal Apa Itu Bekisting Tangga Beton

(Pinterest)

Bekisting adalah alat bantu pembangunan konstruksi yang bersifat temporer atau sementara. Bekisting ini mampu difungsikan untuk menahan beban seperti berat beton basah dan beban ketahanan lamanya bahan tersebut. Selain itu, bekisting juga digunakan dalam mencetak beton yang disesuaikan bentuk, ukuran dan permukaan yang diinginkan. 

Pembuatan bekisting ini umumnya menggunakan material kayu atau aluminium, Pembuatannya pun dilakukan secara konvensional pada tempat pembangunan. Namun terdapat juga pembuatan bekisting melalui sistem pabrik dengan pengembangan yang mempermudah dalam pemasangan bekisting, kualitas lebih baik, daya tahan yang lebih lama dan mudah dibongkar.

Baca juga: Informasi Lengkap Atap Baja Ringan Seng Galvalum: Menghitung Biaya Pembelian, Keunggulan Dan Kelemahannya

Fungsi Bekisting

(Pinterest)

Meski temporer atau sementara, bekisting sangat mempengaruhi kekuatan tangga nantinya. Bekisting ini harus mampu menahan beban pada proses pembuatan tangga. Sehingga jika dirangkum, bekisting memiliki beberapa fungsi utama, yaitu sebagai penentu bentuk dari konstruksi tangga beton yang akan dibuat. 

Selain itu, bekisting juga harus menopang beban dengan aman. Beban nantinya akan ditimbulkan dari spesi beton serta beban lain yang bisa menyebabkan perubahan bentuk pada beton. Namun beban ini tidak boleh melewati batas toleransi beban yang telah ditetapkan sebelumnya saat merancang tangga. 

Fungsi terakhir adalah bekisting harus mudah dipasang, dilepas dan dipindahkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses produksi beton massal.

Supaya pembuatan tangga kokoh, maka bekisting harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti

  • Kuat
  • Akurat 
  • Rapat
  • Kedap air
  • Mudah dibongkar
  • Mudah dipindahkan

Cara Membuat Bekisting Tangga Beton

(Pinterest)

Dalam pembuatan bekisting konvensional untuk tangga beton, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Berikut cara membuat bekisting tangga yang mudah dilakukan.

Persiapan

Persiapan adalah hal pertama yang harus Pins lakukan dalam pembuatan bekisting ini. Pins harus menyesuaikan terlebih dulu kerangka dengan desain konstruksi yang akan dibangun.  Terlebih, proses pembuatan bekisting tangga terkenal paling sulit dibandingkan dengan pembuatan bekisting lainnya, karena memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam mengukur terutama membagi jarak langkah naik dan datar agar sesuai antara rancangan dengan realita.

Oleh karena itu penting untuk menggambar anak tangga terlebih dulu dengan skala 1:1. Setelah itu, Pins bisa menyesuaikan pembagian anak tangga dan memasang penyangga yang akan ditumpangi triplek sebagai dasar atau kemiringan tangga. 

Selain itu, sebelum membuat bekisting untuk tangga, kamu perlu melakukan pengukuran dan marking terlebih dulu. Pekerjaan marking ini adalah tanda untuk kemiringan tangga yang nanti akan dipasang bekisting serta sebagai pijakan dan tanjakan pada cetakan tangga.

Pada tahap ini, Pins juga harus fokus pada rancangan tangga yang telah dibuat sebelumnya. Kamu perlu menandai dinding yang akan menjadi lokasi pembuatan tangga. Jangan lupa untuk memperhitungkan ketebalan bahan untuk anak-anak tangga. Hal ini sangat penting untuk memberi perhitungan pasti saat proses pembuatan tangga dilakukan.

Sambungkan Tripleks dengan Kayu

Hal selanjutnya dalam pembuatan  bekisting adalah pemasangan jack base yang berfungsi sebagai penyangga utama untuk selalu menjaga mainframe agar tetap berdiri kokoh dan mampu menopang beban. Penggunaan jack base ini bertujuan untuk mengatur ketinggian atau elevasi scaffolding sesuai dengan ketinggian tangga yang sudah dirancang sebelumnya. Jika sudah, maka Pins bisa mulai melanjutkan dengan memasang mainframe yang mana menjadi struktur utama dari scaffolding.

Pemasangan Cross Brace

Langkah selanjutnya adalah dengan pemasangan cross brace sebagai pemaku dan pengikat antar mainframe bekisting. Hal ini digunakan untuk menjaga struktur scaffolding agar tetap kokoh dan berdiri tegak menopang beban yang diberikan.

Membuat U-Head Jack

Cara membuat bekisting tangga beton selanjutnya adalah dengan memasang u-head jack. Fungsi dari u-head jack sendiri adalah sebagai penyangga balok suri-suri dan mengatur ketinggian serta kemiringan dari bekisting. Suri-suri adalah kayu balok yang digunakan untuk menumpu bodeman pada bekisting balok.

Baca juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis Dan Simple Untuk Rumahmu

Pemasangan Plywood

(Pinterest)

Tahap terakhir dalam proses pembuatan bekisting ini adalah melakukan pemasangan plywood dengan kemiringan yang sudah dirancang sebelumnya. Plywood ini adalah sebagai dasar plat tangga yang dipasang di bagian kanan dan kiri tangga sebagai cetakan tanjakan pada tangga.

Pemasangan bekisting anak tangga ini dilakukan setelah besi dipasang. Bekisting plat, bekisting tangga ini bisa dibongkar setelah 2 minggu dengan catatan bahwa sesudah dibongkar tangga harus masih disangga terutama pada bagian tengahnya.

Itulah informasi mengenai cara membuat bekisting tangga. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah wawasan kamu mengenai apa itu bekisting tangga, pembuatannya dan juga fungsi dari bekisting tangga. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download