BlogPemilik PropertiDesain Hunian4 Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya
0
0

4 Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 7, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pintu kamar mandi terlihat jorok dan tidak terawat? Atau mudah lapuk karena kurangnya perawatan? Berarti saatnya untuk mengganti pintu. Pemilihan jenis ukuran pintu kamar mandi beserta harganya juga menjadi faktor utama yang menentukan ketahanan dari suatu pintu tersebut.

Pins pun harus mengetahui bahwa perbedaan bahan yang digunakan juga mempengaruhi ukuran dan harga pintu itu sendiri. Di bawah ini terlampir ragam jenis ukuran pintu kamar mandi beserta harganya.

Namun sebelum itu, kamu juga perlu memahami manfaat aplikasi Pinhome. Fitur Take Over KPR membantumu mengambilalih hunian dengan harga bunga terjangkau. Fitur pencariannya membantu kamu menemukan rumah second di Kab Mojokerto, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Kertamukti Sakti Residence bahkan yang dekat dengan Stasiun Kotabaru.

Standar Ukuran Pintu Kamar Mandi

pintu kamar mandi
Source : Unsplash

Pada umumnya, ukuran pintu kamar mandi adalah 180 cm dengan lebar 70 cm. Ukuran tersebut didapat dari ukuran tinggi standar masyarakat indonesia yang rata-rata di angka 160 cm hingga 170 cm. Standar ini bisa berubah sesuai dengan rata-rata tinggi badan penduduk di suatu negara.

Dengan informasi ukuran di atas sebenarnya Pins pun tetap dapat mengubah ukuran pintu sesuai dengan kebutuhan. Ada yang lebih menyukai pintu ukuran lebar, agar muat untuk memasukkan atau mengeluarkan perabotan berukuran besar.

Namun ada pula yang membuat ukuran lebih pendek dari ukuran standar karena keterbatasan lahan. Untuk mengenal ukuran pintu yang cocok untuk kamar mandi, Pins harus tahu terlebih dahulu bahan apa saja yang biasanya digunakan untuk pintu tersebut.

Ragam Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Berikut dijelaskan berbagai jenis bahan yang umumnya dipakai pada kamar mandi. Mulai dari yang bahannya ringan, anti karat, tahan air dan sebagainya lengkap dengan harganya sebagai referensimu!

1. Pintu Bahan PVC

pintu kamar mandi
Source : Carousell

Bahan PVC (polyvinyl chloride) merupakan bahan yang sering dipakai menjadi pintu karena harganya yang terbilang terjangkau dan mudah didapatkan. Harga pintu kamar mandi bahan PVC dibanderol mulai dari Rp220.000 – Rp800.000, sesuai dengan kandungan bahan lainnya yang ada pada material pintu.

Contohnya, dengan harga Rp800.000, Pins sudah mendapatkan aksen kaca di salah satu bagian pintu. Untuk ukuran pintu bahan PVC sendiri biasanya berukuran 72 cm x 220 cm dan sudah termasuk kusen. Untuk mengganti bahan PVC sebagai material di pintu rumah, Pins harus mengenal terlebih dahulu macam-macam bahan PVC, sebagai berikut:

  • PVC Standar adalah bahan PVC paling standar yang dijual di marketplace pada umumnya. Terbuat dari bahan plastik yang tahan panas, flexible, dan elastis.
  • PVC Kaca merupakan bahan kombinasi antara PVC dan kaca. Harga nya lebih mahal dibandingkan dengan harga PVC standar.
  • PVC DSK berbeda tipis dengan PVC standar pada umumnya. Hal tersebut terletak pada kunci besi yang tersedia pada pintu. Untuk PVC standar semua masih berbahan plastik termasuk slot kunci.
  • PVC Motif dapat disesuaikan dengan desain yang Pins inginkan. Contohnya seperti motif serat kayu, bunga maupun ukiran pada bahan PVC itu sendiri.

Baca juga: Pertimbangan Menggunakan Keramik Dinding Rumah

2. Pintu Bahan UPVC

pintu kamar mandi
Source : Pinterest

Selanjutnya ada pintu bahan UPVC yakni salah satu material yang masih tergolong berbahan plastik tetapi sudah dihilangkan sifat polimernya agar bertahan lebih lama. Untuk pintu satu ini, kualitasnya memang di atas bahan PVC.

Selain kekuatannya yang terbilang lebih baik dibanding PVC, ukurannya pun beragam. Ukuran pintu UPVC pada umumnya memiliki lebar 70 cm dengan tinggi 195 cm – 200 cm dan harga pintu bahan ini dibanderol mulai dari Rp750.000 – Rp2.500.000.

Baca juga: Tips Membuat Water Wall di Rumah

3. Pintu Bahan Aluminium

Source : OLX

Ukuran pintu kamar mandi bahan aluminium adalah 70 cm x 200 cm. Bahan pintu satu ini, tergolong kuat dan tahan karat. Cocok sekali diaplikasikan menjadi pintu yang sering berada pada area lembab dan basah.

Selain itu, bahan aluminium juga menjadi salah satu bahan ramah lingkungan yang materialnya tidak mengeluarkan bahan beracun saat panas maupun dingin. Untuk mengganti pintu kamar mandi dengan bahan ini, Pins bisa mendapatkannya dengan harga Rp120.000 – Rp3.500.000.

Baca juga: Tips Menghindari Perabotan Rumah Berjamur

4. Pintu Bahan Kayu

Source : Cocokepo

Terakhir ada pintu berbahan kayu yang cocok sekali untuk desain minimalis full kayu sebagai bagian dari interior rumah. Mulai dari jendela, perabot serba kayu sampai pintu berbahan kayu dapat Pins aplikasikan.

Nah, walau banyak opini yang menyatakan bahwa pintu kayu mudah lapuk bila menjadi pintu kamar mandi, pintu kayu tetap laris manis di pasaran. Ukuran pintu berbahan kayu biasanya 80 cm x 200 cm dengan harga Rp400.000 – Rp2.000.000 tergantung jenis kayu yang dipakai.

Setelah Pins melihat ragam jenis dan ukuran dari pintu kamar mandi di atas, sekarang saatnya Pins untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan rumah. Selalu gunakan pintu dengan bahan yang baik dan benar, agar selalu tahan lama dan tidak merusak kesehatan dari orang yang tinggal di dalam rumah tersebut.

Jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan pintu ya Pins sebelum membeli. Dengan begitu akan mudah menentukan jenis ukuran pintu kamar mandi beserta harganya sekaligus mempersiapkan dana jauh-jauh hari untuk membuatnya.

Baca juga: 5 Model Teralis Jendela Minimalis Agar Rumah Aman Namun Tetap Modis

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Britania Green Resort dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download