Pinhome

Tips Properti

Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi Beserta Harganya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Bagi Anda yang ingin mengganti pintu kamar mandi, simak yuk ragam ukuran pintu beserta harganya!

Pinhome – Pintu kamar mandi terlihat jorok dan tidak terawat? Atau mudah lapuk karena kurangnya perawatan? Berarti saatnya untuk mengganti pintu. Pemilihan yang tepat untuk ukuran dan bahan pintu juga menjadi faktor utama yang menentukan ketahanan dari suatu pintu tersebut.

Pins bisa mulai dari mengukur pintu yang sesuai dengan kamar mandi dan mengaplikasikannya. Sebelum itu, Pins pun harus mengetahui bahwa perbedaan bahan yang digunakan juga mempengaruhi ukuran dan harga pintu itu sendiri. Di bawah ini terlampir ragam jenis ukuran pintu kamar mandi beserta harganya.

pintu kamar mandi
(Unsplash)

Ragam Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi dan Harganya

Pada umumnya, ukuran pintu kamar mandi adalah 180 cm dengan lebar 70 cm. Ukuran tersebut didapat dari ukuran tinggi standar masyarakat indonesia yang rata-rata di angka 160 cm hingga 170 cm.

Dengan informasi ukuran sebelumnya, Pins pun tetap dapat mengubah ukuran pintu sesuai dengan kebutuhan. Ada yang lebih menyukai pintu ukuran lebar, agar muat untuk memasukkan atau mengeluarkan perabotan berukuran besar.

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Namun ada pula yang membuat ukuran lebih pendek dari ukuran standar karena keterbatasan lahan.

Untuk mengenal ukuran pintu yang cocok untuk kamar mandi, Pins harus tahu terlebih dahulu bahan apa saja yang biasanya digunakan untuk pintu seperti di bawah ini.

Pintu Bahan PVC

pintu kamar mandi
(Carousell)

Bahan PVC (polyvinyl chloride) merupakan bahan yang sering dipakai menjadi pintu karena harganya yang terbilang terjangkau dan mudah didapatkan.

Harga pintu kamar mandi bahan PVC dibanderol mulai dari Rp180.000 – Rp800.000, sesuai dengan kandungan bahan lainnya yang ada pada material pintu.

Contohnya, dengan harga Rp800.000, Pins sudah mendapatkan aksen kaca di salah satu bagian pintu. Untuk ukuran pintu bahan PVC sendiri biasanya berukuran 72 cm x 220 cm dan sudah termasuk kusen.

Untuk Pins yang ingin mengganti bahan PVC sebagai material di pintu rumah, Pins harus mengenal terlebih dahulu macam-macam bahan PVC, sebagai berikut:

  • PVC Standar adalah bahan PVC paling standar yang dijual di marketplace pada umumnya. Terbuat dari bahan plastik yang tahan panas, flexible, dan elastis.
  • PVC Kaca merupakan bahan kombinasi antara PVC dan kaca. Harga nya lebih mahal dibandingkan dengan harga PVC standar.
  • PVC DSK berbeda tipis dengan PVC standar pada umumnya. Hal tersebut terletak pada kunci besi yang tersedia pada pintu. Untuk PVC standar semua masih berbahan plastik termasuk slot kunci.
  • PVC Motif dapat disesuaikan dengan desain yang Pins inginkan. Contohnya seperti motif serat kayu, bunga maupun ukiran pada bahan PVC itu sendiri.

Pintu Bahan UPVC

pintu kamar mandi
(Pinterest)

Selanjutnya ada pintu bahan UPVC. UPVC adalah salah satu material yang masih tergolong berbahan plastik tetapi sudah dihilangkan sifat polimernya agar bertahan lebih lama.

Untuk pintu satu ini, kualitasnya memang di atas bahan PVC.

Selain kekuatannya yang terbilang lebih baik dibanding PVC, ukurannya pun beragam.

Ukuran pintu UPVC pada umumnya memiliki lebar 70 cm dengan tinggi 195 cm – 200 cm dan harga pintu bahan ini dibanderol mulai dari Rp600.000 – Rp1.000.000.

Pintu Bahan Aluminium

(OLX)

Ukuran pintu kamar mandi bahan aluminium adalah 70 cm x 200 cm. Bahan pintu satu ini, tergolong kuat dan tahan karat. Cocok sekali diaplikasikan menjadi pintu yang sering berada pada area lembab dan basah.

Selain itu, bahan aluminium juga menjadi salah satu bahan ramah lingkungan yang materialnya tidak mengeluarkan bahan beracun saat panas maupun dingin.

Untuk Pins yang ingin mengganti pintu kamar mandi, Pins bisa mendapatkannya dengan harga Rp600.000 – Rp1.500.000.

Pintu Bahan Kayu

(Cocokepo.com)

Terakhir ada pintu berbahan kayu. Untuk pintu satu ini, cocok sekali untuk Pins yang menyukai desain minimalis full kayu sebagai bagian dari interior rumah. Mulai dari jendela, perabot serba kayu sampai pintu berbahan kayu dapat Pins aplikasikan.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Kayu Modern Minimalis

Nah, walau banyak opini yang menyatakan bahwa pintu kayu mudah lapuk bila menjadi pintu kamar mandi, pintu kayu tetap laris manis di pasaran.

Ukuran pintu berbahan kayu biasanya 80 cm x 200 cm dengan harga Rp1.000.000 – Rp2.000.000 tergantung jenis kayu yang dipakai.

Tetapi hal menarik lainnya bila Pins ingin motif kayu dengan harga terjangkau, bahan PVC pun dapat dibuat menyerupai motif kayu. Semua pilihan ada di tangan Pins!

Baca Juga: 5 Model Teralis Jendela Minimalis Agar Rumah Aman Namun Tetap Modis

Setelah Pins melihat ragam jenis dan ukuran dari pintu kamar mandi di atas, sekarang saatnya Pins untuk menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan rumah.

Selalu gunakan pintu dengan bahan yang baik dan benar, agar selalu tahan lama dan tidak merusak kesehatan dari orang yang tinggal di dalam rumah tersebut. Jangan lupa untu mencari tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan pintu ya Pins sebelum membeli.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel