Kamus Istilah Properti

Wastafel

istilah properti

Wastafel

Wastafel adalah tempat membersihkan diri yang letaknya menempel di dinding. Wastafel umumnya dilengkapi dengan keran air, cermin, atau rak. 

Apa Itu Wastafel? 

Menurut KBBI, wastafel adalah tempat membersihkan diri yang biasa digunakan untuk mencuci muka, cuci tangan, gosok gigi, dan bercukur. Umumnya, wastafel diletakkan menempel di dinding baik di luar atau dalam kamar mandi. Wastafel pun dilengkapi dengan keran air, cermin, dan rak untuk menaruh sabun, pasta gigi, serta alat kecantikan lainnya. 

Selain di kamar mandi, wastafel juga diletakkan di dapur. Wastafel dapur dikenal dengan nama sink. Mengingat letaknya yang berbeda, fungsi wastafel dapur dan wastafel kamar mandi pun tidak sama. 

Wastafel dapur umumnya digunakan untuk mencuci piring atau mencuci sayuran. Oleh sebab itu, wastafel dapur tidak dilengkapi dengan cermin atau rak untuk menaruh alat kecantikan. 

Jenis Wastafel 

(Blibli.com)

Jenis wastafel cukup beragam, dapat dibedakan dari fungsi, material, maupun desainnya. Berikut jenis-jenis wastafel berdasarkan fungsinya yang perlu Pins ketahui. 

Wastafel dapur 

Wastafel dapur juga dikenal dengan nama sink. Umumnya, wastafel ini digunakan untuk mencuci piring dan bahan masakan. 

Letak wastafel dapur tidak jauh dari kompor atau meja dapur. Untuk mempermudahan pekerjaan, biasanya wastafel dapur dilengkapi dengan keran air dan rak peniris piring. 

Wastafel kamar mandi 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, wastafel kamar mandi umumnya digunakan untuk mencuci wajah, gosok gigi, bercukur, atau sekadar cuci tangan. Peletakan wastafel kamar mandi bisa di dalam atau luar ruangan. Namun, rata-rata wastafel ini berada jauh dari area shower

Wastafel portable

Wastafel portable baru-baru ini sering digunakan. Khususnya oleh teman makan yang tidak memiliki tempat cuci tangan di kedainya. 

Desain wastafel portable cukup simpel dan minimalis, yakni terdapat bak cuci yang dilengkapi keran air dan saluran pipa. Bahkan, ada pula wastafel portable yang memiliki rak atau kabinet penyimpanan pada bagian bawah atau atasnya. Jenis wastafel dengan kabinet ini biasa digunakan sebagai pengganti sink dapur. 

Selain keempat jenis di atas, wastafel juga dibedakan berdasarkan tipe dan desainnya. Berikut beberapa di antaranya:

  • Wastafel gantung adalah wastafel berwarna putih yang bisa digunakan di kamar mandi. Ukuran wastafel ini cukup ringkas, lebarnya sekitar 25-48 sentimeter dan panjangnya sekitar 45-72 sentimeter. 
  • Wastafel side by side adalah dua wastafel yang berdamping dan dilengkapi dengan meja kabinet. Biasanya wastafel ini digunakan di kamar mandi yang berukuran cukup besar. 
  • Wastafel mangkuk berbentuk cembung dengan kisaran lebar 42,5 sentimeter dan tinggi 17 sentimeter. Menariknya, permukaan wastafel ini cembung, jadi bisa digunakan untuk merendam wajah atau menyimpan air.
  • Pedestal wastafel memiliki penyangga satu kaki di bagian bawahnya. Wastafel ini bisa digunakan sebagai tempat cuci tangan baik di rumah atau restoran besar. 
  • Wastafel sudut bisa menjadi pilihan bila kamu ingin memasang wastafel di area yang sempit. Selain bentuknya yang unik, ukurannya wastafel sudut juga kecil, jadi tidak akan makan tempat. 

Ukuran Wastafel

(Daftar Harga & Tarif)

Ada banyak pilihan ukuran wastafel yang tersedia di pasaran. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan ukuran ruangan yang diperuntukkan. 

Meski tidak ada peraturan paten, tapi umumnya ukuran standar wastafel ialah 55-75 sentimeter. Kedalaman wastafelnya yakni 22-25 sentimeter. Walau demikian, ukuran tersebut juga berbeda jika wastafel yang digunakan ialah tipe side by side atau memiliki dua maupun tiga bak. 

Jika ruangan yang digunakan untuk menempatkan wastafel cukup sempit, lebih baik pilih wastafel kecil berukuran 14 meter persegi. Model wastafelnya bisa pakai wastafel sudut supaya tidak makan tempat.

Material Wastafel 

(Kompas.com)

Wastafel kamar mandi dan wastafel dapur memiliki fungsi yang berbeda. Oleh sebab itu, pemilihan material wastafelnya pun dibedakan. 

Ada beberapa pilihan material wastafel yang dijadikan bahan pertimbangan. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Selenkapnya, simak uraian berikut:

Wastafel stainless steel

Jika dibandingkan dengan material lainnya, wastafel stainless steel cukup tahan lama. Material ini tahan pada suhu apapun, baik dingin atau panas. Sayangnya perawatan wastafel stainless steel cukup rumit. Setelah mencuci, wastafel harus segera dilap agar bercak air dan klorin tidak meninggalkan bekas. Walau demikian harga wastafel stainless steel cukup terjangkau. 

Wastafel porselen atau enamel

Wastafel porselen atau enamel memiliki banyak pilihan warna dan model. Wastafel ini sama dengan wastafel stainless steel yang tahan pada suhu apapun. Namun sayangnya material ini cukup berat dan mudah tergoreng jika kena hantaman keras. Goresannya pun bisa meninggalkan bekas dan noda pada celah. 

Wastafel batu 

Wastafel batu biasa digunakan sebagai tempat cuci tangan. Wastafel ini memiliki bentuk dan model yang cukup beragam, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik ruangan. Sayangnya wastafel batu dapat bereaksi pada zat pembersih dengan kandungan kimiawi. Hal tersebut memungkinan timbulnya noda atau pengikisan pada lapisan batunya. 

Wastafel kaca

Wastafel kaca bisa menjadi pilihan bisa kamu ingin menempatkannya di ruang yang sempit. Ilusi transparannya dapat membuat ruangan tampak lebih luas. 

Umumnya, wastafel kacang diberi tambahan tempered glass guna memperpanjang usianya. Walau demikian, wastafel kaca agak sulit dibersihkan dan rentan meninggalkan noda bercak air. 

Wastafel kayu atau bambu 

Wastafel jenis ini bisa memberikan kesan eksotis dan alami pada ruangan. Namun wastafel kayu atau bambu cukup rumit perawatannya. Jika terkena noda pun sulit dibersihkan, karena tidak bisa menggunakan sikat tajam. Sebab, penggunaan sikat tajam dapat menggores lapisannya. 

Dengan mengetahui jenis dan material wastafel, Pins dapat menemukan wastafel yang tepat sesuai ruangan dan kebutuhan. Jadi, tidak perlu bingung lagi saat harus memilihnya. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Lea Lyliana

Editor: Achlisia