BlogPemilik PropertiDesain HunianIni Dia Cara Pasang Shower Kamar Mandi dengan Tepat!
0
0

Ini Dia Cara Pasang Shower Kamar Mandi dengan Tepat!

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Okt 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengetahui cara pasang shower kamar mandi sendiri di rumah bisa menjadi salah satu proyek DIY yang menyenangkan untuk dilakukan dan tentunya akan menghemat uang. Akan tetapi, jika tidak dilakukan dengan tepat, hasilnya dapat sangat mengecewakan. Pada artikel ini Pinhome akan menjelaskan cara pasang shower kamar mandi dengan tepat agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara memasang shower kamar mandi memang harus dilakukan dengan tepat untuk menghindari kebocoran saluran air dan masalah lainnya. Penggunaan shower pada kamar mandi sendiri memang telah familiar, apalagi jika bak mandi di kamar mandi memiliki ukuran yang kecil.

Akhir-akhir ini banyak orang Indonesia yang memilih untuk menggunakan shower di kamar mandi mereka. Selain membuat tampilan kamar mandi lebih modern, shower juga dapat membuat mandi menjadi lebih mudah tanpa harus mengangkat gayung.

Jika kamu mencari rumah eksklusif kamu seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD lain jadi makin estetik. Warna yang sama juga bisa diterapkan untuk kamu yang baru beli rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga:

Cara Pasang Shower Kamar Mandi dengan Tepat

1. Menyiapkan Pipa Air

Source : Pixabay

Cara pasang shower kamar mandi pertama yaitu dengan menyiapkan pipa air. Pipa air berguna sebagai jalur air atau tempat masuk dan keluarnya air dari dan ke shower. Ukuran pipa yang diperlukan untuk membuat jalur air bisa berbeda-beda tergantung dengan hal yang Kamu punyai di dalam kamar mandi.

Jika Kamu hanya membutuhkan air dingin pada shower, maka Kamu hanya memerlukan pipa PVC saja. Sedangkan, jika Kamu mempunyai water heater maka Kamu membutuhkan pipa khusus air panas ke keran.

2. Menyiapkan Keran Air

Source : Pixabay

Selalin pipa, hal lainnya yang Kamu perlukan untuk memasang shower di rumah yaitu keran air. Bagian keran air juga harus yang khusus atau yang mempunyai keluaran untuk air shower dan air keran. Jika Kamu mempunyai water heater di rumah, Kamu juga memerlukan keran khusus yang mempunyai fitur air panas dan air dingin.

Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu apakah keran di kamar mandi Kamu sudah dapat digunakan untuk shower atau belum. Jika belum, segara ganti keran menjadi keran khusus shower agar shower Kamu bisa digunakan digunakan di rumah.

3. Memasang Stop Keran

Cara pasang shower kamar mandi berikutnya yaitu dengan memasang stop keran di kamar mandi. Pastikan stop keran telah terpasang sesuai dengan pipa air dalam kamar mandi agar air dapat keluar dengan mudah. Jika Kamu hanya mempunyai pipa air dingin, Kamu dapat menggunakan keran dari plastik di rumah.

Akan tetapi, untuk air panas sebaiknya Kamu menggunakan keran air yang terbuat dari logam agar tidak cepat rusak.

4. Menyiapkan Pipa Shower Kamar Mandi

Source : Pixabay

Berikutnya, Kamu juga perlu menyiapkan pipa shower kamar mandi di rumah. Pipa untuk shower berbeda dengan pipa yang biasanya karena mempunyai bentuk yang lebih fleksibel. Beraneka ragam pipa shower yang Kamu butuhkan di antaranya yaitu pipa fleksibel berukuran 25-30 cm dan pipa besi T ukuran 12 inci dengan nipple pada bagian ujungnya.

Agar pipa dapat terpasang dengan baik, Kamu harus memastikan untuk membawa seal tape, kunci pas, dan kunci inggris.

5. Memasang Seal Tape Pada Pipa

Langkah berikutnya yaitu dengan mematikan sumber air di kamar mandi. Setelah mati, Kamu dapat memasang seal tape pada setiap drat atau alur sekrup keran agar tidak mudah bocor. Berikutnya, pasang stop keran dingin dan panas si sok drat.

6. Memasang Pipa T

Setelah itu, pasang pipa T logam atau besi pada stop keran dan pastikan pemasangannya telah rapat agar tidak bocor ataupun rembes.

7. Sambung Pipa Fleksibel

Langkah berikutnya yaitu menyambungkan pipa fleksibel pada bagian ujung stop keran kemudian kencangkan nipple-nya menggunakan kunci inggris. Jangan lupa untuk memastikan sambungan telah terpasang dengan baik agar tidak bocor.

8. Pasang Selang Shower

Cara pasang shower kamar mandi yang terakhir yaitu memasang selang shower. Pasang penggantung shower di kamar mandi, lalu sambungkan selang shower kamar mandi ke keran. Shower kamar mandi pun siap untuk digunakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Shower

Sebelum membeli shower di rumah, pastikan Kamu memperhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu:

  1. Ada baiknya menggunakan hand shower dibanding wall shower untuk menghemat volume air di rumah.
  2. Hindari kepala shower dari besi karena dapat membuat air mudah berbau.
  3. Pilih shower berkenanan tinggi agar pengeluaran air lebih hemat.
  4. Pilih harga shower yang murah akan tetapi mempunyai kualitas yang terbaik.

Tips Merawat Shower Kamar Mandi

Source : Pixabay

Setelah mengetahui cara memasang shower kamar mandi, Kamu juga harus mengetahui bagaimana cara merawatnya. Berikut beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk merawat shower dinding.

1. Bersihkan Bagian Permukaan Luar

  • Keringkan shower yang masih basah dengan kain halus agar bagian permukaan tidak berkerak.
  • Dilanjutkan dengan mengoleskan cairan pembersih khusus untuk melindungi lapisan krome pada permukaan shower.
  • Setelah cair pembersih dioleskan secara merata, gosoklah permukaan sampai bersih dan mengkilap

2. Membersihkan Bagian Dalam Shower

Biasanya, seiring berjalan waktu, bagian dalam shower akan tersumbat dengan kotoran dari kandungan zat besi pada air. Hal ini dapat menyebabkan keluarnya air pada shower menjadi sedikit terhambat, oleh karena itu bagian dalam shower harus rajin untuk dibersihkan.

  • Buka selang fleksibel dengan cara diputar berlawanan arah.
  • Lalu, dilanjutkan dengan mencucui saringan yang tersumbat. Biasanya, saringan ini berada di anatara selang fleksibel dan hand shower.
  • Untuk bagian hand shower, bersihkan dengan cara menusuk bagian lubang shower sampai berish.

Itu dia penjelasan tentang cara pasang shower kamar mandi dengan tepat dan cara merawatnya. Semoga penjelasan yang Pinhome sampaikan bisa bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download