15 Desain Kamar Mandi Anak Beserta Tips Mendesainnya!

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ November 25, 2022 ∙ 6 menit membaca

Kamar mandi adalah tempat yang digunakan seseorang untuk membersihkan tubuhnya setelah seharian berkegiatan. Oleh karena itu, penting untuk setiap rumah memiliki kamar mandi yang memadai. Kamar mandi selalu diasosiasikan dengan air. Hal ini dikarenakan aktivitas yang dilakukan di dalamnya semua dilakukan dengan air.

Penting untuk kamar mandi agar dirancang sedemikian rupa sehingga aman untuk digunakan bagi seluruh anggota rumah, terutama anak-anak. Kamu bisa menciptakan suasana kamar mandi yang menyenangkan, indah, serta fungsional jika Pins berencana untuk mendesain kamar mandi khusus anak.

Seperti apa desain kamar mandi yang cocok untuk anak-anak? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Baca Juga: 35+ Desain Kamar Mandi Minimalis Modern sebagai Inspirasi

Wallpaper Lucu Buat Suasana Lebih Menyenangkan

(Pinterest)

Salah satu hal yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan kenyamanan anak-anak adalah gambar. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan hal ini untuk mendesain kamar mandi menggunakan wallpaper lucu. Mulai dari gambar-gambar kartun, abstrak, dan lain sebagainya bisa kamu pakai. Selain itu, kamar mandi juga akan terlihat menyenangkan. Dijamin anak-anak akan suka dengan desain ini!

Nuansa Feminim dengan Warna Pink

(Pinterest)

Jika Pins memiliki anak perempuan, maka desain kamar mandi warna pink bisa menjadi solusi kamu. Warna pink yang lembut akan memberikan sensasi ketenangan dan rasa kalem di kamar mandi yang dapat membuat penggunanya nyaman.

Kamu bisa menggunakan keramik warna pink dan dikombinasikan dengan perabotan beraksen putih atau emas untuk memberikan kesan glamor.

Baca Juga : Membuat Ruang Kreasi Khusus Anak

Kamar Mandi dengan Lemari Penyimpanan

(MagicBricks)

Banyak hal yang tidak diinginkan dapat terjadi di kamar mandi, seperti terjatuh, tergelincir, bahkan terpleset oleh karena adanya genangan air. Oleh karena itu, penting untuk kamu membuatkan laci pada area yang rendah untuk mencegah anak-anak dari memanjat kabinet yang tinggi.

Warna Primer yang Berani

(Stone & Ceramic Warehouse)

Hidupkan suasana dalam kamar mandi anak dengan menggunakan warna-warna primer. Meskipun nampak bertabrakan, ketiga warna ini ternyata saling melengkapi dan dapat memberikan kesan kamar mandi yang unik, menyenangkan, dan bergaya art deco.

Kamu bisa menggunakan keramik dinding laminasi yang disusun secara herringbone, vertikal, ditumpuk atau lain sebagainya. Kamar mandi anak merupakan tempat dimana kamu bisa bebas menggunakan ide desain apapun. Jadi, jangan takut bekreasi, ya!

Baca juga: Cara Memasang Kloset Jongkok Dengan Baik dan Mudah!

Minimalis dengan Putih

(DigsDigs)

Jika kamu tidak terlalu suka untuk menggunakan desain yang unik, putih selalu menjadi alternatif yang aman. Pasalnya, putih merupakan warna netral sehingga kamu dapat menggabungkan dekorasi dengan warna apa saja tanpa terlihat norak.

Kamu bisa menambahkan aksen warna pada gorden penutup bathtub, handuk, atau bahkan laci agar tidak monoton didominasi oleh warna putih.

Dua Wastafel Lebih Praktis

(Pinterest)

Teruntuk kamu yang memiliki 2 orang anak, desain kamar mandi ini cocok kamu gunakan! Desain kamar mandi dengan dua wastafel dapat digunakan untuk menampung kegiatan lebih banyak. Misalnya, salah satu anak mandi, dan yang lainnya menyikat gigi. Hal ini tentu lebih praktis dan anak-anak bisa saling bersosialisasi.

Ajak Anak Berimajinasi dengan Tema Pelaut

(Sebring Design Blue)

Agar cocok dengan kamar mandi, kamu bisa menggunakan tema pelaut yang didominasi oleh warna putih, biru, dan abu-abu. Salah satu dekorasi yang bisa kamu pakai adalah gorden penutup shower bermotif jangkar ini. Selain lucu, kamu juga bisa meningkatkan privasi anak dalam kamar mandi.

Kombinasi putih dan abu-abu yang minimalis juga memberikan tampilan yang minimalis dan bersih.

Baca juga: 15 Desain Plafon Kamar Mandi yang Menarik

Kamar Mandi dengan Gantungan

(DecorPad)

Terkadang, anak-anak suka meletakkan handuk atau barang dengan sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan barang yang mereka gunakan dapat menjadi kotor. Yuk, ajarkan si kecil untuk lebih terorganisir dengan menyediakan gantungan di kamar mandi. Selain fungsional, gantungan juga tersedia dalam banyak model yang dapat menambah estetika dalam kamar mandi, lho!

Stool untuk Bantu Si Kecil Menggapai Tempat Tinggi

(Pinterest)

Terkadang, anak-anak akan kesulitan untuk mencapai tempat yang agak tinggi saat ingin mencuci tangan atau menyikat gigi. Stool dapat menjadi solusi kamu, Pins!

Anak-anak dapat menginjak stool untuk menggapai tempat yang lebih tinggi. Namun, perlu diperhatikan penggunaan alat satu ini ya. Jangan sampai digunakan anak-anak untuk kegiatan yang berbahaya, lho!

Lampu LED Buat Kamar Mandi Anak Makin Bergaya

(Pinterest)

Salah satu dekorasi yang menarik dan dijamin dapat menarik perhatian anak-anak adalah lampu LED yang di custom menjadi bentuk dan gambar yang lucu. Misalnya, karakter kartun favorit, bentuk-bentuk, dan objek yang ada di sekitar kita.

Lampu LED juga tersedia dalam berbagai warna sehingga dapat kamu gunakan untuk memberikan nuansa ruangan yang berbeda-beda. Selamat bereksperimen!

Baca juga: 10 Ide Desain Kabinet Wastafel Kamar Mandi 

Manfaatkan Area Kecil

(Houzz)

Area kecil dapat dimanfaatkan untuk kamar mandi. Kamu bisa membuat area mandi dengan menggunakan partisi kaca dan meletakkan perabot seperti wastafel dan kabinet penyimpanan pada area sebelahnya.

Penggunaan warna cerah juga bisa kamu gunakan agar kamar mandi terasa luas dan tidak sumpek.

Kamar Mandi Dekat Jendela Krepyak

(Pinterest)

Jika kamu mencari desain jendela kamar mandi yang praktis, krepyak bisa menjadi salah satu solusinya. Modelnya yang berlubang dapat menjadi jalur sirkulasi udara sehingga toilet anak tidak lembab dan bau. Hal ini dapat mencegah tumbuhnya jamur dan timbulnya bau tidak sedap.

Meskipun berlubang, krepyak juga dapat tetap menjaga privasi dan memberikan akses untuk masuknya cahaya alami.

Tampil Unik Kamar Mandi Retro

(Anna in the House)

Bosan dengan desain yang biasa? Tampilkan suasana kamar mandi yang unik dengan menggunakan dekorasi bertema retro. Kamu bisa menggunakan dekorasi seperti plat mobil bekas, tirai bergambar retro, hingga susunan keramik herringbone dengan kombinasi warna earth tone.

Baca juga: 12 Desain Kamar Mandi Industrial yang Simple

Eksplor Kreativitas dengan Mural

(Pinterest)

Kamu juga bisa mengajak anak untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya dengan menghias kamar mandi menggunakan gambar mural. Kamu dan anak bebas berkreasi untuk menggambar apapun yang menjadi kesukaan kalian. Kamar mandi akan tampak lebih ekspresif dan unik tentunya dan cocok untuk anak-anak.

Kamar Mandi dengan Pola

(My Domaine)

Penggunaan wallpaper kamar mandi rupanya dapat menjadi sangat indah dengan sedikit sentuhan kreativitas. Kamu bisa menggabungkan pola wallpaper yang berbeda, namun senada, untuk menciptakan suasana ruang yang menyenangkan dan artistik.

Perbedaan pola ini juga dapat dijadikan sebagai pemisah ruang. Usahakan kamu menggunakan pola yang berbeda untuk tiap ruangan, ya!

Itulah dia beberapa desain kamar mandi anak yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga: 10 Ide Keramik Hexagonal untuk Kamar Mandi


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia