Kamus Istilah Properti

Desain

istilah properti

Desain

Desain adalah sebuah perencanaan kreatif berupa proses untuk membuat dan menciptakan objek baru. 

Apa Itu Desain?

(Profesi UNM)

Istilah desain merujuk pada seni terapan, proses kreatif, arsitektur, dan sejenisnya yang secara bahasa bisa berupa kata benda maupun kata kerja.

Sebagai kata kerja, pengertian desain adalah proses dalam membuat dan menciptakan objek baru. Sementara arti desain sebagai kata benda yaitu hasil akhir dari sebuah proses kreatif. Wujudnya bisa sebuah rencana, proposal, atau berbentuk hasil karya yang nyata.

Seorang pakar desain ternama, JB Reswick, berpendapat bahwa desain adalah kegiatan kreatif yang melibatkan penciptaan sesuatu yang baru dan berguna yang belum ada sebelumnya.

Namun, pada kenyataannya pengertian desain tidak hanya fokus pada nilai estetik, tetapi juga aspek fungsi dan latar industri  yang melatarbelakanginya saja seperti seni rupa, teknologi, rekayasa, dan sebagainya. 

Desain sebagai seni terapan yang melibatkan susunan garis, bentuk, warna, ukuran, dan nilai sebuah benda memiliki prinsip-prinsip tertentu.

Hasil desain dapat menciptakan beragam produk mulai dari benda fisik atau benda pakai seperti baju hingga peralatan rumah tangga. 

Selain itu, hasil desain juga dapat berupa kenyamanan visual pada tampilan antarmuka website, aplikasi ponsel, dan arsitektur serta interior pada sebuah hunian. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian desain adalah sebuah perencanaan kreatif berupa proses untuk membuat dan menciptakan objek baru.   

Tujuan Desain

(Maxmanroe)

Ada beberapa tujuan desain diciptakan, berikut ini diantaranya:

  • Membantu manusia dalam menciptakan sebuah objek, sistem, struktur, dan komponen yang bermanfaat. 
  • Menciptakan sesuatu yang dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas hidup manusia. 
  • Jika dipadukan dengan berbagai unsur lainnya, seperti teknologi, desain dapat menciptakan keindahan, kemudahan, kenyamanan, dan keamanan.
  • Menjadi wadah untuk menunjukkan tampilan objek tertentu kepada masyarakat dengan gambaran atau keadaan sesungguhnya.
  • Meningkatkan ilmu pengetahuan manusia sehingga bisa lebih memahami bentuk gambar bidang, ruang, konfigurasi, komposisi, susunan, dan lainnya.

Jenis Ilmu Desain

(Kompasiana)

Mengingat hasil dari desain yang luas, maka desain juga diturunkan menjadi beberapa jenis ilmu yang terkait dengan hasilnya. 

Berikut ini cabang ilmu desain yang umum dijumpai:

Desain Grafis

Desain grafis atau disebut juga Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mengutamakan komunikasi visual yang dihasilkannya. Proses desain grafis yaitu mengkombinasikan tipografi, ilustrasi, fotografi dan cetak. 

Tujuan dari cabang ilmu desain grafis ini memberikan kenyamanan indera, tujuan persuasif (mengajak), memberikan informasi atau perintah yang dapat disampaikan dengan baik kepada khalayak.  

Desain Produk (Industrial Design)

Desain produk menggambarkan proses membayangkan, menciptakan, dan mengulangi produk yang memecahkan masalah pengguna atau memenuhi kebutuhan spesifik di pasar tertentu.

Fokus dari desain produk adalah fungsionalitas dan tampilan benda pakai yang akan diproduksi secara industri. Selain keindahan tampilan, konsentrasi ini juga menuntut seorang desainer untuk memperhatikan kenyamanan fisik pada produk yang diciptakan.  

Desain Arsitektur

Desain arsitektur adalah cabang ilmu desain yang terkonsentrasi terhadap perancangan bangunan. 

Tak hanya berkutat pada keindahannya, desain arsitektur juga harus memperhatikan berbagai aspek seperti keseimbangan lingkungan sekitar, termasuk pada alam, manusia dan faktor sosialnya.

Desain Interior

Desain interior berfokus pada perancangan interior suatu ruang dalam bangunan. Sederhananya, desain interior menjadi cabang ilmu yang bertujuan mengefisiensikan penggunaan ruang yang telah dihasilkan oleh desain arsitektur.

Lingkup desain interior bisa berupa tata letak, furnitur yang disediakan, dan lain sebagainya. 

Mengenal Prinsip Dasar Desain  

(Pikiran Rakyat)

Meskipun cabang ilmu desain bermacam-macam, tetapi pada intinya desain memiliki prinsip dasar yang yang mirip satu sama lain.  

Apa saja prinsip dasar desain? Yuk, simak di bawah ini. 

Komposisi (Sequence)

Komposisi atau sequence adalah penataan elemen secara keseluruhan agar alur menjadi lebih nyaman. Misalnya penerapan komposisi pada desain arsitektur berupa pembagian ruang menjadi tiga fungsi zona yaitu public, private, dan service.  

Setiap ruangan perlu diatur sesuai dengan alur zona dan fungsi ini. Seperti ruang tamu yang berada paling depan dan kamar tidur yang tidak berhadapan atau bersebelahan langsung dengan zona service seperti dapur. Nah, prinsip komposisi inilah yang mengatur ini. 

Proporsi (Proportion)

Proporsi adalah kesesuaian dimensi dari elemen desain dengan aspek lainnya. Misalnya, pada desain arsitektur, selain keindahan juga harus memperhatikan aspek lingkungan sekitar dan juga fungsi serta aspek arsitektural lainnya seperti lokasi, posisi, dan juga dimensi objek lainnya. 

Anda bisa mengikuti standar umum yang sudah ditetapkan sehingga bisa meminimalisir terjadinya proporsi yang tak estetis pada desain secara keseluruhan. 

Irama  (Accentuation & Rhythm)

Pada ilmu desain, irama adalah penataan dari sebuah elemen yang harmonis. Elemen inipun bisa bervariasi mulai dari bentuk dan warna. Selain itu, pada desain interior dan arsitektur, irama juga mencakup elemen perabot dan dekor ruangan.

  • Irama statis yaitu pengulangan dengan pola yang sama dan konsisten. 
  • Irama dinamis, di mana faktor penentu pengulangan irama bisa lebih dari satu aspek dan bervariasi.  

Keseimbangan (Balance)

Prinsip keseimbangan berupa keseimbangan yang simetris dan asimetris. Keseimbangan simetris dalam desain arsitertur, Anda bisa mengimajinasikan garis pada bagian tengah-tengah objek arsitektur dan apakah kedua sisi memiliki visual yang serupa atau seperti reflektif. 

Hal ini bisa berlaku dalam desain interior, terutama dalam penataan perabot dan furnitur, dekorasi dinding, fasad, serta penataan denah bangunan.

Sementara, keseimbangan asimetris, di mana penataan sengaja dibentuk tak seimbang dengan menitikberatkan kontras pada salah satu titik atau sisi dalam ruang. Prinsip desain arsitektur asimetris terbilang cukup beresiko karena diperlukan sense of art yang tinggi untuk bisa membuat komposisi desain arsitektur asimetris yang terlihat estetis dan baik.

Point of Interest atau Contrast

Prinsip desain ini dapat dilihat dengan membuat sebuah elemen kontras mulai dari bentuk, warna, ukuran, posisi, hingga tekstur maupun visual, yang menjadi perhatian utama dari sebuah desain. 

Ada banyak cara mengimplementasikan prinsip yang juga disebut focal point pada desain arsitektur rumah maupun interior. Misalnya, dengan penggunaan sofa unik berwarna mencolok di tengah-tengah ruangan yang didominasi warna putih. 

Skala (Scale)

Dalam ilmu arsitektur dan interior, skala adalah perbandingan dari ruang atau bangunan dengan lingkungan atau elemen arsitektural lainnya. Pada dasarnya, skala pada desain arsitektur tak ada aturan khusus karena skala bisa disesuaikan dengan nuansa atau kesan yang diinginkan.

Misalkan untuk mendapatkan kesan megah, Anda bisa membuat ruangan dengan tinggi yang lebih tinggi daripada ruang lainnya atau standar pada umumnya.

Kesatuan Desain (Unity)

Prinsip kesatuan dalam desain sangat dibutuhkan dalam merancang sebuah produk. Tujuannya untuk memberikan keserasian pada setiap unsur dalam desain bisa dilakukan dengan berbagai hal seperti dengan penggunaan warna, bentuk, pola, material hingga gaya spesifik desain.

Kesatuan dalam desain interior misalnya, dengan memilih  berbagai jenis kursi dengan gaya desain yang berbeda-beda pada ruang makan, dengan memberikan elemen khusus, misalnya bantal, dengan warna yang sama sebagai warna dominan.  


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Achlisia