Aspek Penting Sebelum Renovasi Kamar Mandi

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 17, 2022 ∙ 6 menit membaca

Renovasi atau desain ulang rumah merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Karena dengan renovasi, kamu bisa menghadirkan suasana baru untuk hunianmu menjadi lebih nyaman dan fresh. Namun, kamu tidak perlu merenovasi seluruh ruang di dalam rumah. Kamu bisa melakukan renovasi rumah hanya pada satu ruangan, seperti halnya renovasi kamar mandi sederhana.

Kamar mandi memang merupakan salah satu ruangan yang cepat kotor dan rusak, karena kondisinya yang selalu lembab. Karenanya, renovasi kamar mandi sangat penting dilakukan untuk mengubah dan menghadirkan suasana baru yang nyaman, sehat, dan bersih di dalam rumah.

Meskipun kamar mandi hanya sebagian kecil dari rumah, bukan berarti renovasi akan lebih cepat dan hanya membutuhkan sedikit biaya. Agar renovasi berjalan dengan baik dan sesuai harapan, ada beberapa aspek penting sebelum renovasi kamar mandi yang harus kamu perhatikan.

Baca juga: 8 Contoh Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

Aspek Penting Sebelum Renovasi Kamar Mandi

renovasi kamar mandi
(Pexels)

Berikut ini beberapa aspek yang harus kamu perhatikan dan persiapkan saat renovasi kamar mandi:

Anggaran Biaya

Dalam urusan renovasi, tentu anggaran menjadi hal yang paling penting. Biaya renovasi kamar mandi yang kamu alokasikan setidaknya harus mencakup upah pekerja, peralatan kerja, bahan material, dan tambahan-tambahan lain.

Baca juga: Cara Menghitung RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan

Waktu Pengerjaan

Jangan beranggapan bahwa renovasi kecil tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk renovasi tidak hanya bergantung pada besar kecilnya bagian yang direnovasi.

Namun, ini juga mencakup aspek apa saja yang perlu diganti dan seberapa besar kesulitan yang akan dihadapi oleh jasa kontraktor dalam merenovasi rumah. Lamanya waktu renovasi dihitung mulai dari proses perencanaan, pemesanan, pembelian bahan material, hingga pengerjaan akhir.

Urutan Kerja

Urutan kerja dalam renovasi kamar mandi sangatlah penting. Urutan kerja juga berpengaruh pada hasil akhir dari renovasi. Biasanya, renovasi akan dilakukan mulai dari atap, dinding yang mencakup perbaikan dinding dan pengecatan ulang, baru lantai.

Jangan bayangkan kamu akan memulai renovasi dari lantai terlebih dahulu baru menuju ke atap. Tentu kamu tidak ingin lantai kamar mandi yang telah direnovasi tertimpa benda-benda yang jatuh saat pengerjaan di bagian atap dan tembok, bukan?

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah

Masalah Tersembunyi

Dalam melakukan renovasi, pasti ada masalah kerusakan yang tersembunyi. Kamu tentu harus siap dengan hal-hal yang akan terjadi misalnya pipa yang berkarat, kesalahan struktur pipa, keramik yang tidak tahan air, pemasangan pipa yang kurang pas, dan penggunaan elemen lain yang kurang tahan air.

Untuk itu, dalam setiap renovasi, kamu memerlukan dana yang lebih untuk mengantisipasi masalah-masalah yang tak terduga selama renovasi berlangsung.

Gaya Desain dan Fungsi

renovasi kamar mandi
(Pexels)

Renovasi bukan hanya bertujuan untuk mengganti dan memperbaiki bagian yang rusak. Tidak jarang renovasi dilakukan untuk merubah konsep dan desain kamar mandi. Agar tidak menyesal, carilah gaya desain yang kamu inginkan melalui internet.

Tampilan akhir dari kamar mandi akan tergantung pada berbagai aspek seperti warna cat, motif lantai kamar mandi, pemilihan keran, shower, tubs, kabinet, dan elemen-elemen lain. Mulailah dengan merancang penempatan elemen. Jangan lupa mementingkan fungsi dari elemen yang akan dipasang.

Tips Desain Kamar Mandi Sebelum Renovasi

renovasi kamar mandi
(Pinterest)

Setelah mengetahui 5 aspek penting sebelum melakukan renovasi, kamu juga perlu mengetahui tips desain kamar mandi sebelum melakukan renovasi. Ada beberapa tips desain kamar mandi yang harus kamu perhatikan sebelum memulai untuk renovasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

Perubahan Layout Kamar Mandi

Dibandingkan dengan tahapan renovasi rumah, renovasi kamar mandi merupakan langkah yang paling mudah. Pins bisa menggunakan wallpaper dan memilih warna-warna tembok yang menarik seperti coklat, krem atau beige sebagai pilihan warna yang indah.

Perbaikan Kerusakan Elemen Kamar Mandi

Seiring dengan berjalannya waktu, kamar mandi pun semakin berubah bentuk menjauhi bentuk aslinya saat pertama kali di buat. Tentu saja ada kerusakan-kerusakan yang mesti diperbaiki. Ini merupakan aspek terpenting saat melakukan renovasi. Pastinya Pins tidak mau jika hanya tampilannya saja yang bagus bukan? Karenanya, kerusakan pada kamar mandi juga perlu diperhatikan dengan baik.

Memilih Jasa Kontraktor?

Jika kamu merasa berpengalaman dalam melakukan renovasi rumah, mungkin kamu tidak perlu memilih jasa kontraktor. Namun agar hasilnya lebih baik, Pins bisa menyewa jasa tersebut.

Pasalnya, kontraktor adalah sosok orang yang berpengalaman dan mengerti hal yang terkait dengan pembangunan. Dengan menggunakan jasa kontraktor, Pins bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak bisa diduga. Hemat dan tidak perlu biaya yang terlalu banyak.

Desain Kamar Mandi Modern dan Stylish

(Pinterest)

Ada banyak desain kamar mandi yang bisa kamu pilih untuk renovasi. Salah satunya adalah desain kamar mandi modern dan stylish. Ini merupakan desain yang paling banyak diminati di berbagai kalangan saat ini. Jika Pins ingin menerapkan desain kamar mandi ini, berikut adalah tips yang perlu Pins perhatikan:

  • Untuk tembok kamar mandi, Pins bisa memberi sentuhan warna alami seperti silver, coklat atau beige (warna antara coklat dan abu-abu). Pins pun bisa mengganti keramik yang ada di tembok dengan wallpaper. Untuk ruangan lembab, wallpaper memang pilihan yang tepat. Saat kamu memilih wallpaper, pastikan untuk mencari desain yang simple.
  • Untuk lantai kamar mandi, Pins bisa menggantinya dengan keramik granite. Jenis keramik tersebut memberi kesan halus dan modern. Cocok sekali bagi Pins yang ingin renovasi rumah dengan gaya modern.
  • Jangan terlalu banyak aksesoris agar tidak mengacaukan konsep modern yang minimalis. Ini adalah pilihan tepat bagi kamar mandi yang sempit sehingga tidak perlalu terlalu banyak pernak-pernik.
  • Jangan lupa gantungkan kaca besar persegi panjang atau persegi agar kamar mandi terkesan luas. Selain itu, persiapkan penataan lampu yang tepat agar konsep ruangan terlihat modrn.
  • Untuk warna perabotan yang ada, Pins bisa memilih antara warna putih dan hitam. Sedangkan tipe cahaya pendant berwarna putih terang bisa memberi kesan kamar mandi modern dan sesuai dengan keinginanmu.

Bersih, sederhana, dan rapi, adalah aspek dasar penataan renovasi rumah bergaya modern. Oleh sebab itu, pastikan kamar mandi terbebas dari terlalu banyak perabotan dan pastikan suasana didalamnya bersih, rapi dan simple.

Demikianlah aspek penting sebelum renovasi kamar mandi yang harus kamu perhatikan. Dengan begitu, kamu akan mampu meminimalisir resiko yang mungkin muncul selama renovasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia