BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Aspek Penting Sebelum Renovasi Kamar Mandi
0
0

10 Aspek Penting Sebelum Renovasi Kamar Mandi

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 1, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Aspek untuk renovasi kamar mandi terbaru bisa menghadirkan suasana baru untuk hunianmu menjadi lebih nyaman dan fresh. Kamar mandi memang merupakan salah satu ruangan yang cepat kotor dan rusak, karena kondisinya yang selalu lembab. Karenanya, renovasi kamar mandi sangat penting dilakukan untuk mengubah dan menghadirkan suasana baru yang nyaman, sehat, dan bersih di dalam rumah.

Renovasi kamar mandi merupakan hal yang lumrah dan sering pula dilakukan pada rumah bekas di Mojokerto, misalnya di sekitar Stasiun Mojokerto. Kamar mandi pada Rumah Ekslusif nampak mewah seperti di Cyber Mall maupun rumah baru di Kabupaten Bekasi misalnya Orchard Village. Renovasi kamar mandi memang bisa mengambil inspirasi dari pusat perbelanjaan atau tempat ternama lainnya.

Aspek Penting Sebelum Renovasi Kamar Mandi

Meskipun kamar mandi hanya sebagian kecil dari rumah, bukan berarti renovasi akan lebih cepat dan hanya membutuhkan sedikit biaya. Agar renovasi berjalan dengan baik dan sesuai harapan, ada beberapa aspek penting sebelum renovasi kamar mandi yang harus kamu perhatikan.

1. Anggaran Biaya

Source : Pexels

Dalam urusan renovasi, tentu anggaran menjadi hal yang paling penting. Biaya renovasi kamar mandi yang kamu alokasikan setidaknya harus mencakup upah pekerja, peralatan kerja, bahan material, dan tambahan-tambahan lain.

Baca juga: Cara Menghitung RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan

2. Fungsionalitas

Kamar mandi minimalis membuat perlengkapan dan aksesoris yang dipilih harus memiliki fungsi sesuai dan berguna. Misalnya pilih closet jongkok jika memang diperlukan oleh anggota keluarga. Pertimbangkan pula memakai shower sehingga mandi lebih praktis ketimbang memakai bak mandi karena menghemat tempat.

3. Pilihan Material

renovasi kamar mandi
Source : Pexels

Pemilihan material kamar mandi sebaiknya harus tahan air. Material juga anti slip dan mudah dibersihkan sehingga tidak mudah rusak dan berkarat. Bila perlu, pertimbangkan juga jenis lantai kamar mandi yang sesuai kebutuhan.

4. Pencahayaan

Kamar mandi yang minim cahaya tentu akan berbahaya bagi penggunanya. Apalagi lantainya yang licin rawan mengakibatkan kecelakaan. Sebaiknya gunakan warna cerah seperti beige atau putih untuk kesan ruang luas dan memaksimalkan cahaya.

Beri lampu yang terang dan mampu menerangi seluruh area kamar mandi. Dengan begitu kamu juga bisa mengetahui posisi perlengkapan mandi dan tidak ada sudut gelap yang mengganggu aktivitas.

5. Ventilasi

Source : Radar Malang

Aspek untuk renovasi kamar mandi terbaru yang tak kalah penting adalah ventilasi. Pastikan kamar mandi memiliki jendela atau sistem ventilasi yang berjalan dengan baik. Tujuannya agar menghindari kelembapan, bau tidak sedap hingga pertumbuhan jamur.

Baca juga: 8 Contoh Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah

6. Aksesibilitas

Desain kamar mandi minimalis harus mudah diakses oleh semua penghuni rumah termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Pastikan tinggi dan model wastafel, serta kloset agar nyaman digunakan oleh semua keluarga.

7. Waktu Pengerjaan

Source : Pexels

Jangan beranggapan bahwa renovasi kecil tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk renovasi tidak hanya bergantung pada besar kecilnya bagian yang direnovasi.

Namun, ini juga mencakup aspek apa saja yang perlu diganti dan seberapa besar kesulitan yang akan dihadapi oleh jasa kontraktor dalam merenovasi rumah. Lamanya waktu renovasi dihitung mulai dari proses perencanaan, pemesanan, pembelian bahan material, hingga pengerjaan akhir.

8. Urutan Kerja

Urutan kerja dalam renovasi kamar mandi sangatlah penting. Aspek ini juga berpengaruh pada hasil akhir dari renovasi. Biasanya, renovasi akan dilakukan mulai dari atap, dinding yang mencakup perbaikan dinding dan pengecatan ulang, baru lantai.

Jangan bayangkan kamu akan memulai renovasi dari lantai terlebih dahulu baru menuju ke atap. Tentu kamu tidak ingin lantai kamar mandi yang telah direnovasi tertimpa benda-benda yang jatuh saat pengerjaan di bagian atap dan tembok, bukan?

9. Masalah Tersembunyi

Source : Kompas

Dalam melakukan renovasi, pasti ada masalah kerusakan yang tersembunyi. Kamu tentu harus siap dengan hal-hal yang akan terjadi misalnya pipa yang berkarat, kesalahan struktur pipa, keramik yang tidak tahan air, pemasangan pipa yang kurang pas, dan penggunaan elemen lain yang kurang tahan air. Untuk itu, dalam setiap renovasi, kamu memerlukan dana yang lebih untuk mengantisipasi masalah-masalah yang tak terduga selama renovasi berlangsung.

10. Gaya Desain dan Fungsi

renovasi kamar mandi
Source : Pexels

Renovasi bukan hanya bertujuan untuk mengganti dan memperbaiki bagian yang rusak. Tidak jarang renovasi dilakukan untuk merubah konsep dan desain kamar mandi. Agar tidak menyesal, carilah gaya desain yang kamu inginkan melalui internet.

Tampilan akhir dari kamar mandi akan tergantung pada berbagai aspek seperti warna cat, motif lantai kamar mandi, pemilihan keran, shower, tubs, kabinet, dan elemen-elemen lain. Mulailah dengan merancang penempatan elemen. Jangan lupa mementingkan fungsi dari elemen yang akan dipasang.

Baca juga: Tips Renovasi Ruang Makan Agar Terlihat Lebih Indah

Tips Desain Kamar Mandi Sebelum Renovasi

renovasi kamar mandi
Source : Pinterest

Setelah mengetahui 10 aspek penting sebelum melakukan renovasi, kamu juga perlu mengetahui tips desain kamar mandi sebelum melakukan renovasi. Ada beberapa tips desain kamar mandi yang harus kamu perhatikan sebelum memulai untuk renovasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Layout Kamar Mandi

Dibandingkan dengan tahapan renovasi rumah, renovasi kamar mandi merupakan langkah yang paling mudah. Pins bisa menggunakan wallpaper dan memilih warna-warna tembok yang menarik seperti coklat, krem atau beige sebagai pilihan warna yang indah.

2. Perbaikan Kerusakan Elemen Kamar Mandi

Seiring dengan berjalannya waktu, kamar mandi pun semakin berubah bentuk menjauhi bentuk aslinya saat pertama kali di buat. Tentu saja ada kerusakan-kerusakan yang mesti diperbaiki. Ini merupakan aspek terpenting saat melakukan renovasi. Pastinya Pins tidak mau jika hanya tampilannya saja yang bagus bukan? Karenanya, kerusakan pada kamar mandi juga perlu diperhatikan dengan baik.

3. Memilih Jasa Kontraktor

Jika kamu merasa berpengalaman dalam melakukan renovasi rumah, mungkin kamu tidak perlu memilih jasa kontraktor. Namun agar hasilnya lebih baik, Pins bisa menyewa jasa tersebut.

Pasalnya, kontraktor adalah sosok orang yang berpengalaman dan mengerti hal yang terkait dengan pembangunan. Dengan menggunakan jasa kontraktor, Pins bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak bisa diduga. Hemat dan tidak perlu biaya yang terlalu banyak.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Berikut untuk Mendesain Kamar Mandi yang Nyaman

Desain Kamar Mandi Modern dan Stylish

Source : Pinterest

Ada banyak desain kamar mandi yang bisa kamu pilih untuk renovasi. Salah satunya adalah desain kamar mandi modern dan stylish. Ini merupakan desain yang paling banyak diminati di berbagai kalangan saat ini. Jika Pins ingin menerapkan desain kamar mandi ini, berikut adalah tips yang perlu Pins perhatikan:

  • Tembok kamar mandi: beri sentuhan warna alami, seperti silver, coklat, atau beige. Ganti keramik pada tembok kamar mandi dengan wallpaper karena cocok untuk ruangan yang lembap.
  • Lantai kamar mandi: ganti dengan keramik granite untuk menciptakan kesan halus dan modern.
  • Hiasan kamar mandi: gantung kaca besar persegi panjang atau persegi untuk menciptakan kesan luas. Siapkan penataan lampu agar konsep ruangan tampak modern.
  • Warna perabotan: pilih antara warna putih dan hitam. Gunakan tipe cahaya pendant berwarna putih terang bisa memberi kesan kamar mandi modern dan sesuai dengan keinginanmu.

Bersih, sederhana, dan rapi, adalah aspek dasar penataan renovasi rumah bergaya modern. Oleh sebab itu, pastikan kamar mandi terbebas dari terlalu banyak perabotan dan pastikan suasana didalamnya bersih, rapi dan simple.

Demikianlah aspek penting sebelum renovasi kamar mandi yang harus kamu perhatikan. Dengan begitu, kamu akan mampu meminimalisir resiko yang mungkin muncul selama renovasi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Paradise Serpong City 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download