Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

Desain Rumah Toko (Ruko) Fungsional dan Efisien

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 20 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Perkembangan rumah toko (ruko) akhir-akhir ini semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan berbagai kebutuhan yang semakin mendesak dan tinggi. Rumah pun difungsikan sekaligus sebagai tempat usaha, inilah yang biasa kita sebut sebai rumah toko (ruko). Dengan mengetahui bagaimana desain yang fungsional dan efisien dalam merancang bangunan, Pins dapat memiliki ruko yang diidamkan.

Baca Juga: Pertimbangan Saat Mendesain Rumah Toko

Bekerja dari Rumah

Gerakan kembali ke rumah, semakin hari semakin santer. Mengakibatkan banyak orang banting setir bekerja dari rumah. Maka tren work from home pun kembali marak.

Hal ini ditangkap dengan jeli oleh pengembang rumah, dengan merancang sebuah rumah idaman sekaligus juga sebagai tempat usaha, maka rumah toko (ruko) pun menjadi trend properti tersendiri.

Desain Rumah Toko Fungsional

Agar konsep rumah toko yang Pins idamkan tercapai, ada baiknya Pins merancang desain rumah toko tersebut sebelum Pins membangunnya.

Beberapa prinsip perlu dipertimbangkan dalam merancang desain rumah toko Pins. Hal yang paling penting adalah kenyamanan, akan sangat tidak lucu jika pembagian ruang antara tempat usaha dan tempat istirahat bercampur sedemikian rupa sehingga penghuni tdak dapat beristrahat dengan nyaman.

Baca Juga : Menghitung Biaya Membangun Ruko 4 Lantai

model desain rumah toko
(Medium)

Efektif dalam Pembagian antar Ruang

Kunci dari merancang desain rumah toko yang efektif adalah pada pembagian ruang antar ruang. Bila Pins sudah terlanjur memiliki rumah tanpa mendesain awal dengan adanya tempat usaha, Pins masih dapat mmefungsikan beberapa ruang sebagai tempat usaha dengan nyaman dan efisien.

Ruangan-ruangan seperti garasi, teras, halaman rumah, loteng, pavilliun maupun carport dapat Pins fungsikan secara maksimal sebagai tempat usaha.

Beberapa jenis desain rumah toko adalah sebagai berikut:

  • Loteng sebagai ruang desain
  • Garasi difungsikan sebagai distro
  • Pavilliun sebagai galeri seni
  • Ruang kosong dibawah tangga sebagai kantor pribadi
  • Rumah warisan sebagai tempat kos yang menarik

Tips Merancang Desain Rumah Toko

Untuk rumah toko yang akan dibangun, mendirikan bangunan dua lantai dengan rincian lantai dasar untuk tempat usaha, dan lantai atas untuk hunian adalah pilihan yang tepat. Hal ini sebagai aplikasi konsep kenyamanan dan privasi yang perlu Pins utamakan, sekaligus mempermudah akses konsumen ke tempat usaha di lantai dasar.

Baca Juga : Menghitung Biaya Membangun Ruko

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel