Kamus Istilah Properti

Taman

istilah properti

Taman

Secara etimologis dalam KBBI, taman merupakan kebun yang ditanami bunga-bunga dan sebagainya (tempat bersenang-senang). Tapi tahukah kamu kalau taman memiliki banyak fungsi selain untuk mempercantik rumah dengan tanaman?

Karena Indonesia berada di iklim tropis, maka keberadaan taman pada hunian sangat umum ditemui. Banyak orang berlomba-lomba untuk mengawinkan hunian mereka dengan tanaman-tanaman yang diatur sedemikian rupa sehingga menjadi taman cantik yang membuat rumah menjadi tampak lebih asri.

Fungsi Taman

taman
(Pexels)

Dalam praktiknya, taman memiliki banyak kegunaan untuk rumah kamu. Beberapa fungsi tersebut di antaranya adalah:

1. Sebagai elemen arsitektur dan mempercantik rumah

Siapa yang tidak menginginkan hunian yang nyaman, asri, dan cantik? Tentu kamu pun menginginkannya kan, Pins? Nah, taman ini dapat difungsikan untuk membuat rumah kamu tampak lebih asri sehingga pasti lebih nyaman dihuni. Kamu bisa mengalokasikan taman ini di sebagian lahan sisa di kavling rumahmu, atau di dalam rumah sebagai ruang transisi. Bahkan, beberapa rumah memanfaatkan taman sebagai salah satu elemen arsitektur di fasad rumah sehingga memunculkan kesan menyatu dengan alam.

2. Memperlancar sirkulasi udara

Seperti yang kita tahu, tanaman memegang peranan penting dalam menyuplai kebutuhan oksigen. Tumbuhan mampu mengubah karbondioksida (CO2) dan mengubahnya menjadi oksigen (O2) dalam proses fotosintesis. Nah, bayangkan jika kamu memiliki banyak tanaman di sekitar area rumah kamu. Tentu udara akan semakin lancar bersirkulasi dan membuat rumahmu makin sejuk, asri, dan nyaman.

3. Tempat menyalurkan hobi

Jika kamu memiliki hobi berkebun, maka taman adalah salah satu fitur yang wajib ada di rumah kamu. Apalagi jika kamu memiliki satu area tersendiri untuk “anak-anak hijau” ini, pasti mereka dapat tumbuh dengan sangat baik.

Tak hanya untuk hobi berkebun saja, taman di rumah dapat kamu kombinasikan dengan kolam ikan sehingga juga bisa mengakomodasi kamu yang hobi memelihara ikan. Dengan tambahan elemen air di rumah, tentu akan membuat hunianmu semakin sejuk.

4. Area bersantai

Secara fungsional, setiap ruangan di dalam rumah memiliki perannya masing-masing. Ruang tamu untuk menerima tamu, ruang makan untuk makan, dapur untuk memasak, dan seterusnya. Kamu akan membutuhkan sebuah ruangan publik yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat melepas lelah; salah satunya dapat dicapai dengan membuat taman.

5. Untuk resapan air hujan dan drainase

Selain memperlancar sirkulasi udara, taman juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk resapan air hujan dan drainase. Inilah mengapa kamu sering menemukan area hijau terbuka di kota-kota besar yang memiliki gedung-gedung tinggi, supaya air hujan dapat langsung disalurkan ke taman kota sehingga tidak menimbulkan banjir.

Nah, jika kamu kebetulan memiliki rumah di hunian yang rawan banjir, taman bisa jadi satu pertimbangan untuk mengurangi dampak banjir tersebut.

Tips Membuat Desain Taman Rumah Sederhana

taman
(Pexels)

Kali ini mari membahas mengenai desain taman rumah sederhana. Taman merupakan salah satu bagian yang cukup penting dan tentunya sayang sekali bila terlewatkan oleh para pemilik rumah. Di kota-kota besar memiliki sebuah taman rumah adalah sesuatu yang sangat berharga, sebab area terbuka dengan beragam tanaman sulit untuk ditemukan.

Pins sebaiknya mendesain taman rumah sederhana sendiri. Dengan mendesainnya sendiri pasti hasilnya akan serasi dengan desain rumah. Misalnya rumah desain minimalis bisa mempunyai taman dengan aksen-aksen yang serasi dengan desain minimalis. Yuk mulai mendesain sendiri taman sederhana di depan rumah!

Simaklah di bawah ini beberapa tips mendesain taman rumah sederhana:

1. Tentukan Letak Taman yang Akan Dibangun

Sebelum membuat taman, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah pastikan terlebih dahulu tata letak taman. Dimana sekiranya lahan yang cocok dimanfaatkan sebagai taman? Jika tidak mempunyai lahan yang luas, Pins harus pintar memanfaatkan lahan yang ada. Pins bisa memanfaatkan sedikit lahan yang berada di depan rumah ataupun lahan belakang rumah.

Jika ingin mempunyai taman rumah sederhana di bagian depan rumah yang tidak terlalu luas. Buatlah taman kecil berbentuk kotak atau persegi panjang. Isi dengan tanah, lalu Pins bisa langsung menata taman dengan berbagai taman yang diinginkan.

2. Pilih Elemen yang Akan Diaplikasikan Pada Taman

Setelah menentukan tata letak taman, selanjutnya adalah menentukan perlengkapan dan barang apa saja yang akan digunakan untuk memperindah taman rumah sederhana. Pins bisa menambahkan beberapa tanaman seperti rumput hijau, pot bunga serta berbagai jenis tanaman. Lalu, hal yang tak boleh dilewatkan adalah bebatuan kecil. Batu-batu kecil membuat taman rumah menjadi lebih menarik dan indah.

Cara Merawat Taman Rumah Sederhana

Berikut beberapa cara merawat taman rumah sederhana agar tetap indah dan asri:

1. Menyiram Secara Rutin

Menyiram tanaman atau bunga pada taman sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari. Menyiramnya secara rutin berguna untuk menyeimbangkan tanaman supaya tetap segar, tidak layu serta tidak mudah mati.

2. Memberikan Obat Pembasmi Hama

Tujuan dari memberikan obat pembasmi hama adalah untuk menjaga kebersihan tanaman. Hal ini tentunya juga untuk menghindari munculnya serangan hama yang merugikan pada tanaman. Pins bisa menggunakan obat pestisida atau obat pembasmi hama natural lainnya.

3. Rutin Memotong Ranting dan Daun

Jika ada ranting dan daun yang sudah tua sebaiknya segera potong sebab akan mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut. Selain itu, memotong rutin ranting dan daun juga berguna untuk tanaman agar terihat lebih fresh dan cantik.

4. Memberikan Pupuk

Memberikan pupuk berfungsi agar tanaman tumbuh dengan subur. Sebaiknya tambahkan pupuk yang terbuat dari kotoran hewan, karena pupuk kotoran memiliki nutrisi yang bagus bagi tanaman. Pemberian pupuk bisa dilakukan setidaknya satu minggu sekali.

Tips Membuat Taman di Rumah

Jika memiliki lahan yang sempit di dalam rumah, tidak perlu khawatir karena Anda dapat membuat taman di dalam rumah. Artikel ini akan membahas tips membuat taman di dalam rumah.

Adanya taman di rumah berfungsi untuk memperindah atau mempercantik suasana. Sebuah rumah pantas untuk memiliki taman agar menjadi sejuk dan membuat rumah Anda menjadi asri. Jika kamu memiliki lahan yang kecil dan tidak memungkin untuk menanam atau membuat taman di pekarangan rumah, Anda dapat mencoba membuat taman di dalam rumah. Saat ini, taman di dalam rumah menjadi sangat populer dan sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis. Sebuah taman di dalam rumah memang pilihan yang sangat bagus untuk rumah anda. Anda hanya perlu menempatkannya sedemikian atau sesuai agar rumah terlihat rapi dan indah. Inilah beberapa tips untuk membuat taman di dalam rumah:

1. Tanaman yang sesuai

Tips yang pertama yaitu menentukan jenis tanaman yang sesuai. Anda harus memilih tumbuhan dengan ukuran kecil, tidak perlu sering disiram dan tumbuh subur tanpa memerlukan banyak cahaya matahari. Anda dapat menanam kaktus, lidah buaya, palem, spider plant, sikas dan tanaman lainnya. Ada dapat menggunakan pot sebagai tempat tumbuhan dan letakkan di pinggiran taman. Selain itu Anda juga dapat menggunakan batu alam agar menambah seni modern dalam rumah.

2. Tempat yang tepat untuk taman

Kedua, menentukan tempat yang akan dijadikan taman. Tentukanlah tempat yang tepat untuk keindahan taman yang Anda buat. Anda dapat meletakkan taman di bawah tangga atau di tengah dan di pinggiran dinding mengarah ke belakang rumah. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan dinding dengan menanam tanaman dinding di rumah. Tanaman ini sangat cocok untuk rumah yang memiliki satu lantai dan luas rumah yang sempit.

3. Sirkulasi udara dan cahaya taman

Ketiga, sirkulasi udara. Sedikit banyaknya tanaman juga membutuhkan sinar matahari dan udara. Anda dapat menggunakan atap transparan atau memberikan sedikit cahaya matahari untuk tanaman. Sirkulasi yang baik, akan membuat tanaman Anda subur dan tampak indah.

4. Air mancur taman

Keempat, membuat air mancur di sekitar tanaman. Untuk menambah kesan menarik dan karya seni modern anda dapat menambahkan sebuah air mancur. Air mancur disekitar tanaman akan menambah keindahan rumah anda.

5. Memanfaatkan barang bekas

Kelima, menambahkan material. Anda dapat menambahkan bahan material bekas seperti: gelas bekas, botol bekas, dan bahan material lainnya yang dapat digunakan sebagai ornament taman. Botol-botol bekas dapat Anda gunakan untuk tanaman dinding secara vertikal.

Sebuah taman di dalam rumah akan memberikan suasana segar dan nyaman. Anda juga tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak karena taman tersebut dapat Anda desain sendiri. Membuat taman di dalam rumah memang tidak begitu mudah tetapi Anda dapat melakukannya sesuai dengan keinginan. Sebaiknya taman yang akan anda buat tidak besar dan banyak cukup dengan beberapa pot yang ditata dengan rapi.