Kamus Istilah Properti

Ruang Terbuka Hijau

istilah properti

Ruang Terbuka Hijau

Ruang terbuka hijau atau RTH adalah area atau jalur yang bersifat terbuka, tempat tanaman tumbuh baik secara alami atau sengaja ditanam.

Apa Itu Ruang Terbuka Hijau?

ruang terbuka hijau
(DLHK DIY)

Ruang terbuka hijau adalah area terbuka di dalam suatu daerah yang berbentuk sebuah kawasan atau jalur memanjang tempat tanaman tumbuh. Suatu area bisa disebut sebagai RTH jika sifatnya terbuka, tanpa bangunan, dan didominasi oleh tumbuhan baik yang muncul secara alami seperti semak-semak ataupun ditanam dengan sengaja.

Keberadaan RTH merupakan sebuah kebutuhan bagi suatu wilayah. Ruang terbuka hijau penting untuk menjaga dan menyeimbangkan kondisi ekosistem di sekitarnya. Selain itu, suatu kawasan yang memiliki RTH akan memiliki kualitas udara lebih baik. Hal ini tentunya penting untuk keberlangsungan hidup dan kesehatan penghuni sekitar RTH.

Manfaat Ruang Terbuka Hijau

(Antara)

Setiap wilayah tentunya membutuhkan RTH. Adanya kawasan ini akan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut. Manfaat RTH sendiri bisa dibagi menjadi dua yaitu manfaat langsung dan tidak langsung.

Manfaat langsung

Masyarakat penghuni wilayah yang memiliki RTH akan merasakan manfaat area tersebut secara langsung. Baik masyarakat asli, pengunjung, atau pihak-pihak lain bisa mendapat manfaat seperti kenyamanan. Hal ini bisa dirasakan karena area RTH dapat dipakai sebagai sarana rekreasi yang indah.

Manfaat tidak langsung

Selain manfaat yang bisa segera dirasakan, RTH juga memiliki manfaat tidak langsung. Manfaat ini akan lebih dirasakan dalam jangka panjang seperti meningkatnya kualitas lingkungan. Tidak hanya itu, tanaman yang tumbuh di lahan RTH juga bisa memberikan manfaat jangka panjang lain seperti hasil layak jual seperti buah dan bunga.

Fungsi Adanya RTH

ruang terbuka hijau
(Radar Surabaya)

Ruang terbuka hijau tidak hanya memiliki manfaat tetapi juga fungsi. Beberapa fungsi dari RTH yaitu sebagai berikut.

Fungsi ekologis

Fungsi ekologis dari RTH yaitu penggunaan area ini untuk meningkatkan kualitas ekosistem wilayah. Adanya RTH akan membuat kualitas lingkungan seperti air tanah menjadi lebih baik. Selain itu, RTH juga bisa menurunkan risiko kerusakan alam dan bencana seperti banjir dan polusi udara.

Fungsi sosial budaya

Selain untuk lingkungan, RTH juga memiliki fungsi lain yaitu dalam hal sosial budaya. Ruang terbuka hijau bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti rekreasi, olahraga, dan interaksi sosial. Lebih dari itu, area ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan juga penelitian.

Fungsi ekonomi

Fungsi lainnya dari RTH yaitu memiliki kontribusi dalam bidang ekonomi. Keberadaan RTH diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat dan wisatawan baik lokal maupun asing untuk mengunjungi area tersebut. Di sisi lain, banyaknya pengunjung yang datang juga bisa membangkitkan perekonomian mikro di daerah tempat RTH berada.

Fungsi estetika

Ruang terbuka hijau tentunya dibangun dengan mempertimbangkan sisi estetika atau keindahannya. Ketika merencanakan pembuatannya, RTH akan ditata sedemikian rupa sehingga bisa menunjukkan keindahan di area tersebut. Sisi estetik inilah yang menjadikan RTH menarik untuk dikunjungi.

Jenis-jenis Ruang Terbuka Hijau

(Harian Jogja)

Jenis ruang terbuka hijau bisa dibagi berdasarkan dua klasifikasi yaitu kepemilikan dan bentuknya. Berdasarkan kepemilikan lahannya, RTH dibagi menjadi dua yaitu:

  • RTH Publik adalah area yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Kawasan ini dibangun untuk kepentingan masyarakat sehingga dapat digunakan oleh publik.
  • RTH Privat adalah kawasan hijau yang dimiliki oleh institusi atau perorangan. Penggunaan lahan ini biasanya terbatas sesuai dengan kebijakan pemiliknya.

Sedangkan jika dilihat dari bentuknya, RTH memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut.

Taman kota

Taman kota merupakan salah satu jenis RTH yang banyak ditemui. Taman ini dibangun di tengah perkotaan dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk beraktivitas. Keberadaan area ini tidak hanya mempercantik kota namun juga bisa membantu mengurangi polusi di daerah perkotaan baik udara atau suara.

Taman rekreasi

Taman rekreasi adalah area tertentu yang tujuan utamanya yaitu untuk rekreasi atau tamasya keluarga. Area ini tidaklah sama dengan taman kota. Setiap orang bisa memasuki dan menggunakan taman kota dengan bebas, namun untuk taman rekreasi, pengunjung biasanya perlu untuk membayar tarif tertentu sebelum memasuki area.

Taman Wisata Alam (TWA)

Taman Wisata Alam atau TWA merupakan bentuk lain dari RTH. Sesuai namanya, kawasan ini dapat digunakan untuk berwisata dengan objek utamanya merupakan alam. Taman Wisata Alam ini sangatlah beragam dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Taman lingkungan perumahan dan perkantoran

Bentuk lainnya dari RTH yaitu taman di lingkungan perumahan dan perkantoran. RTH jenis ini merupakan contoh area yang dimiliki oleh privat. Sama seperti taman kota, area ini dapat digunakan sebagai kawasan kegiatan santai yang bisa dipakai oleh penghuni di sekitarnya.

Taman Pemakaman Umum atau TPU

Taman Pemakaman Umum atau TPU juga termasuk sebagai ruang terbuka hijau, loh, Pins! Area ini dimasukkan sebagai RTH karena terbatasnya kawasan yang bisa ditanami tumbuhan hijau. Oleh karena itu, TPU kemudian dimanfaatkan untuk menjadi RTH dengan berbagai tumbuhan yang ditanam di area tersebut.

Selain contoh-contoh di atas, masih ada banyak bentuk lain dari RTH yaitu seperti hutan kota, green rooftop, jalur hijau, sabuk hijau, lapangan olahraga, dan lain-lain. Berbagai bentuk RTH ini ada supaya suatu kawasan bisa memenuhi batas minimal ruang terbuka hijau yaitu 30% dari luas wilayah. Aturan ini dibuat supaya kualitas lingkungan di kawasan tersebut tetap terjaga dengan baik.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.