Kamus Istilah Properti

Dapur

istilah properti

Dapur

Seperti yang kita tahu, dapur merupakan ruang tempat memasak. Karena di sinilah makanan untuk para penghuni rumah diproduksi, maka tak berlebihan jika dapur dianggap sebagai salah satu ruangan paling penting dari sebuah rumah.

Jika dulu dapur hanya menjadi tempat untuk memasak atau menyantap makanan, sekarang dapur berkembang menjadi ruangan yang penting setelah ruang keluarga. Selain untuk memasak, terkadang dapur menjadi tempat berkumpul dengan keluarga. Bagi yang memiliki rumah minimalis, ukuran dapur yang kecil sekarang tidak menjadi masalah. Banyak desain dapur minimalis yang menarik. Yuk simak bagaimana saja inspirasinya, Pins!

Tentang Dapur

(Lowe’s Canada)

Dapur, yang merupakan salah satu ruangan wajib ada di sebuah rumah, akhir-akhir ini semakin berkembang fungsi.  Di saat pandemi seperti ini, dapur menjadi ruang yang sering dikunjungi entah untuk memasak atau hanya sekedar mengobrol dengan keluarga. Para desainer interior mulai memberikan ide untuk dapur mini, yang biasanya ada di apartemen maupun di rumah tinggal dengan mengikuti tren dan gaya hidup yang sedang berkembang sekarang.

Tidak hanya sebagai tempat membuat makanan semata, kini nilai dari ruangan dapur semakin meningkat karena fungsinya juga merangkap sebagai pengikat hubungan dalam keluarga. Tak peduli luas atau kecil, kamu selalu bisa menyulap dapur di rumah dengan berbagai inspirasi dapur cantik agar kita semakin betah saat berada di dapur.

Tapi sebenarnya apa sih yang membuat dapur jadi idola baru di rumah?

1. Tempat dimana pikiran dan tubuh bisa bersantai

Makanan tidak hanya memberikan energi tambahan untuk tubuh, tapi juga untuk pikiran dan hati. Tanpa makanan, kita tidak akan bisa bertahan. Dapur menyediakan ruang untuk menyimpan dan mengolah makanan yang sehari -hari kita konsumsi. Kita pastinya menginginkan anak dan keluarga kita sehat dan terhindar dari bahaya makanan di luaran, memasak makanan sendiri menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan kita, Pins.

2. Bisa melakukan kegiatan menyenangkan bersama

Tidak hanya untuk memasak, dapur juga menjadi ruang yang pas untuk menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Baik memasak menu makan sehari-hari atau mencoba membuat kue bersama keluarga menjadi kegiatan menyenangkan yang akan semakin mempererat hubungan.

3. Dipakai oleh seluruh keluarga

Mungkin masing-masing keluarga memiliki ruang favoritnya sendiri, tapi dapur akan selalu menjadi ruang yang dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Misalnya saja, sang ibu yang memasak sambil membantu anak mengerjakan pekerjaan rumahnya, sang ayah yang gemar membuat kopi atau anak-anak yang suka ambil cemilan di kulkas dapur. Karena kegunaannya yang dinamis inilah, dapur Pins sebaiknya mengikuti inspirasi dapur cantik agar seluruh anggota keluarga semakin betah saat berada di dapur.

4. Sudah menjadi keharusan

Dapur sudah menjadi ruang wajib dengan kegunaan spesifik yang harus ada di setiap rumah. Karena itulah, sangat penting untuk memiliki dapur yang fungsional dan sesuai dengan karakteristik pemilik rumah. Dapur yang baik dan menarik tentunya akan mendukung dan meningkatkan kualitas hidup kamu.

5. Salah satu ruang penentu

Ruang dapur seringkali menjadi penentu harga jual dan harga beli dari sebuah rumah. Ruang dapur yang menyenangkan dapat membuat aktivitas memasak menjadi menyenangkan sedangkan aktivitas memasak yang menyenangkan mampu meningkatkan semangat siapapun yang berada di dalamnya.

Memperhatikan Keamanan di Dapur

(Curbed)

Karena digunakan oleh semua anggota keluarga, maka penting untuk memperhatikan keamanan dan keselamatan seluruh aktivitas di dapur. Bagaimanapun juga, dapur menyimpan banyak benda-benda yang memiliki resiko tersendiri. Supaya seluruh keluarga tetap aman di dapur, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Bersikap waspada

Biarpun Pins menggunakan dapur untuk memasak setiap hari, tetaplah waspada dengan seluruh aktivitas yang terjadi saat itu. Sebisa mungkin hindarkan bayi, anak kecil, dan hewan peliharaan dari dapur supaya tidak menimbulkan resiko-resiko yang berbahaya.

2. Perhatikan pakaian yang kamu gunakan

Selain menggunakan celemek/apron, kamu harus memperhatikan pakaianmu selama berkegiatan di dapur. Hindari pakaian-pakaian longgar atau menjuntai dan tak perlu menggunakan perhiasan. Jangan lupa juga untuk mengikat rambutmu agar makanan yang kamu buat tetap higienis.

3. Jaga keamanan listrik

Selain menggunakan gas, dapur juga membutuhkan beberapa alat listrik. Keamanan colokan listrik dan kabel ini perlu perhatian ekstra. Perhatikan lokasinya, jangan diletakkan di dekat sumber air maupun di dekat api. Hindari juga menggunakan kabel ekstensi karena dapat meningkatkan resiko korslet. Jangan lupa juga untuk segera mencabut/mematikan alat listrik setelah selesai digunakan.

4. Jaga keamanan kebakaran

Karena berkutat dengan api, ada baiknya Pins mengetahui dasar-dasar memadamkan api. Walaupun sebagian besar api dapat dipadamkan dengan air, namun kebakaran akibat minyak tidak dapat diperlakukan serupa.Untuk kebakaran semacam itu, garam, soda kue bisa digunakan menutupi api dan membantu mencegah suplai oksigen, sehingga dengan demikian dapat membantu memadamkan api.

Perhatikan juga gas yang kamu gunakan. Jangan sampai katupnya bocor dan jangan lupa untuk selalu mematikan kenop kompor jika tidak digunakan.

5. Perhatikan peralatan masakmu

Beberapa alat masak, seperti pisau, dapat melukai seseorang tanpa sengaja. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memegang pisau serta letakkan pisau jauh dari jangkauan anak kecil.

6. Perhatikan penempatan pegangan panci atau wajan

Seringkali saat memasak, kita tidak sadar di mana kita meletakkan pegangan panci atau wajan. Salah-salah, kita bisa menabrak pegangan panci tersebut dan membuat makanan panas jadi tumpah. Oleh sebab itu, selalu berhati-hatilah dalam meletakkan pegangan panci atau wajan.

7. Selalu bersihkan lantai dapur

Karena kita mengolah banyak cairan dan mungkin sekali-dua kali tumpah, maka sangat wajar jika lantai dapur, terutama dapur basah, terasa licin. Oleh sebab itu, sebisa mungkin bersihkan lantai dapur setiap hari. Semakin ditunda, lantai dapur akan semakin licin dan memperbesar resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Berhati-hatilah dengan peralatan memasak yang berat

Kita seringkali memasak untuk seluruh penghuni rumah. Itu sebabnya kita menggunakan peralatan masak yang besar dan berat. Sebaiknya, letakkan alat-alat masak yang berat di tempat-tempat rendah dan mudah diraih agar tidak jatuh saat hendak digunakan.

9. Gunakan tangga kecil

Beberapa rumah memiliki ruang penyimpanan dapur yang tidak terlalu luas. Untuk mengakalinya, dibuatlah lemari vertikal ke atas supaya dapat menyimpan lebih banyak barang. Jika ini terjadi di rumahmu, maka tangga kecil atau step stool sangat penting. Hindari meraih tempat penyimpanan tinggi menggunakan kursi atau meja karena beresiko jatuh atau rusak.

Jenis-jenis Dapur

(The Spruce)

Umumnya, dapur dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu dapur basah dan dapur kering.

Dapur basah

Disebut dapur basah karena di sinilah biasanya pengolahan makanan mentah terjadi. Semua kegiatan masak-memasak dapat dilakukan di dapur basah. Biasanya, dapur basah diletakkan di tempat yang lebih tersembunyi agar tidak terlihat oleh tamu yang sedang berkunjung.

Dapur kering

Disebut dapur kering karena kamu hanya dapat melakukan kegiatan memasak yang ringan-ringan saja, misalnya memasak makanan cepat saji, memanaskan makanan, dan sebagainya. Ruangan dapur kering dapat berfungsi ganda sebagai tempat berkumpul keluarga maupun ruang makan.

Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Pinhome kali ini akan memberikan inspirasi untuk desain dapur kecil yang bisa diterapkan di rumah Pins masing-masing agar terlihat makin cantik . Kunci utama dalam penataan dapur agar terlihat cantik adalah kerapian, setelah itu baru dekorasinya. Yuk simak inspirasi berikut.

1. Buat pengelompokan dan penataan peralatan makan di rak gantung dengan rapi

Salah satu fungsi dapur adalah tempat menyimpan peralatan makanan. Untuk mengatur kerapian dapur, buatlah rak gantung. Tumpuklah dengan ketinggian yang sama dan kelompokan produk-produk atau alat-alat yang serupa, Pins. Jika ingin memberikan dekorasi, taruhlah beberapa pajangan favoritmu.

2. Manfaatkan rak terbuka untuk dapur kecil

Salah satu ide untuk dapur kecil agar terlihat lebih lapang adalah dengan memanfaatkan rak terbuka. Karena dengan penggunaan rak tertutup pada dapur kecil akan membuat ruangan terasa semakin sesak dan tertutup. Singkirkan kabinet, dan gunakan rak gantung terbuka agar lebih lega dan lapang. Keuntungan lainnya adalah akan membuat peralatan dapur terjaga agar tidak lembab.

3. Atur dapur kecil dengan memanfaatkan bentuk huruf U

Manfaat mengatur dapur kecil dengan bentuk huruf U, Pins bisa bergerak secara efektif di bagian tengah dapur untuk memasak dan menyiapkan makanan. Kenapa? Karena Pins tidak perlu berpindah jauh untuk memindahkan wajan ke tempat cuci alat, atau ketika mengambil piring/gelas dari laci. Peralatan lain bisa ditempatkan di bawah/atas tempat memasak.

4. Lengkapi dapur kecil dengan jendela besar

Dapur kecil akan terkesan luas, jika dengan memberi aksen jendela yang besar. Cara ini, akan membuat cahaya masuk lebih banyak dan orang akan bisa melihat suasana di luar ruangan.

5. Atur peralatan dapur dengan baik

Kunci dari pengaturan dapur kecil adalah pengorganisasian peralatan dengan baik. Misal atur tempat penyimpanan bumbu makanan dengan terorganisir. Beri label nama pada tempat penyimpanannya. Kemudian kamu bisa manfaatkan dinding untuk menempatkan peralatan masak, Pins.

6. Desain dapur minimalis gabung dengan ruang makan

Dewasa ini, tren menggabung dapur dengan ruang makan sedang digandrungi. Dengan menghilangkan batas tembok antara dapur dan ruang makan, dapur kecil akan terlihat semakin luas. Kamu bisa menyediakan meja makan yang menyatu dengan dapur, Pins.

7. Memanfaatkan furnitur tersembunyi pada dapur kecil

Mengelola dapur kecil salah satunya adalah memilih furnitur yang wajib ada. Pins dapat memanfaatkan furnitur minimalis yang bisa disembunyikan. Contohnya adalah meja tarik yang memanfaatkan kabinet. Ketika dibutuhkan, meja tersebut bisa disimpan ke dalam kabinet. Dan ketika tidak dibutuhkan, tinggal dimasukan ke dalam kabinet.

8. Rak piring anti basah untuk dapur kecil

Rak piring biasanya akan dipisah, satu untuk rak piring basah dan satu untuk rak piring kering. Sebenarnya, kamu bisa menggabungkan 2 fungsi tersebut, Pins. Piring atau perabotan yang sudah dicuci dan masih basah bisa langsung Pins di rak tersebut. Kuncinya adalah menaruhnya tepat di atas wastafel, sehingga airnya tidak akan membasahi area dapur yang lain. Desain rak seperti ini juga terlihat lebih ringkas dan efisien lho, Pins!

Tips Menata Ulang Dapur

(The Spruce)

Nah, setelah kita sepakat akan peran penting dari dapur, Pinhome ada beberapa tips bagi Pins yang ingin mengubah dapur menjadi lebih berkesan.

1. Jangan ragu memperbarui perabotan dapur

Tak peduli berapa pun ukurannya, perabotan dapur dapat mengubah keseluruhan look dari ruangan. Hal yang sama berlaku pada laci kabinet yang ada di dapur Pins. Pilihlah perabotan dengan tampilan yang unik sehingga dapat memberikan statement berkelas kepada keseluruhan ruang dapur kamu.

2. Gunakan warna yang ringan

Tidak hanya cat, pemilihan warna yang ringan dan cerah pada perabotan dan lemari dapur tentunya dapat mengubah suasana dari seluruh ruangan. Dapur Pins bisa menjadi lebih besar dan lebih berkelas. Warna cat yang terang juga dapat menyembunyikan cacat-cacat, goresan ataupun penyok yang mungkin ada pada dinding, perabotan atau pun lemari kamu Pins.

3. Ganti laci kabinet dan lemari

Meski kelihatannya tak terlalu penting, mengganti lemari lama dengan yang baru, menghaluskan kembali permukaannya dan mengecat ulang lemari ternyata dapat mengubah tampilan dapur kamu, Pins. Jika kamu ingin menonjolkan gambar dapur cantik, coba deh menggantinya dengan memakai perabotan kaca berkualitas tinggi. Untuk sentuhan minimalis berkelas, kamu bisa menggunakan pintu atau jendela transparan. Berbagai barang, peralatan masak dan dekorasi keren yang kamu miliki bisa terpajang dengan jelas, deh!

4. Mengubah sumber pencahayaan

Untuk desain dapur kecil nan minimalis, pencahayaan begitu memainkan peranan besar. Jangan hanya menaruh lampu di bagian atas dapur kamu saja. Beranikan diri dan bermainlah dengan tipe-tipe lampu, dari mulai lampu sorot hingga lampu custom yang kamu bisa atur kadar brightness-nya.

5. Pamerkan karya seni

Hiasan dan dekorasi karya seni menjadi cara yang paling menarik dan ampuh untuk mengubah keseluruhan tone dapur, Pins! Jangan takut tidak cocok atau norak; pilihlah karya seni yang sesuai dengan kepribadian kamu dan keluarga, tak peduli seberapa besar ataupun seberapa mencoloknya, ruangan dapur kamu pasti akan terlihat bagus dan spesial.

6. Stainless Steel adalah kunci

Pins punya barang-barang stainless steel? Tidak ada? Gak masalah! Kita bisa menggunakan cat ala stainless steel untuk memberikan kesan baru pada perabotan stainless steel yang sudah mulai terlihat usang. Tapi ingat ya, harus tetap hati-hati memilih tipe cat yang akan digunakan, karena hasil akhir stainless steel ini sangat berpengaruh pada tipe dan seberapa tinggi kualitas cat tersebut.

7. Tonjolkan jendela

Jangan ragu untuk memberi tirai, gordyn elegan ataupun hiasan dekorasi lainnya pada jendela dapur kamu. Perubahan sekecil ini dapat membuat dapur kamu terlihat lebih cantik dan berkelas.

8. Hias dengan sentuhan sentimental

Inspirasi dapur minimalis akan terasa lengkap saat Pins menambahkan sentuhan sentimental seperti bunga segar di atas meja. Untuk melengkapi, Pins bisa menggunakan meja kayu untuk dan taplak meja berenda sederhana berwarna putih.

9. Ganti dekorasi tua

Untuk mendapatkan kesan minimalis yang sempurna, ada baiknya kita mengurangi dekorasi-dekorasi tua dan menggantinya dengan dekorasi unik yang menggambarkan kepribadian keluarga.

10. Sembunyikan detail-detail kecil

Detail peralatan kecil seperti blender, gelas ataupun toaster sebaiknya disingkirkan karena membuat dapur terasa penuh. Belum lagi banyaknya ruang yang diambil oleh perabotan peralatan itu sendiri.