Kamus Istilah Properti

Ruang Makan

istilah properti

Ruang Makan

Berdasarkan KBBI, ruang makan adalah ruang dalam rumah yang digunakan untuk keperluan makan.

Ruang makan, selain dibuat untuk kegiatan makan dan sarapan pagi sampai dengan makan malam, juga merupakan ruangan yang paling menyenangkan untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Terkadang suasana di dining room yang itu-itu saja membuat Pins menjadi bosan, karenanya dibutuhkan renovasi untuk membuat suasana di dining room semakin indah dan membuat kegiatan makan menjadi lebih bersemangat.

Ruang Makan Sehat

Ruang Makan
sumber: Behance.net

Desain dining room yang sehat menjadi hal yang cukup penting bagi Pins yang memiliki keluarga harmonis yang selalu menyempatkan diri untuk makan bersama seluruh anggota keluarga. Ada juga tipe orang yang tak suka makan dengan posisi yang teratur, lebih menyukai makan di depan televisi, di ruang keluarga agar lebih santai dan sebagainya. Namun tentunya agar ruangan di rumah Pins berfungsi sebagaimana mestinya, perlu membiasakan diri untuk makan pada tempat yang telah disediakan.

Desain ruangan makan yang sehat juga diawali dengan menu-menu makanan yang sehat yang tersaji di meja makan. Hal ini akan semakin didukung dengan penataan desain ruang untuk makan yang sehat sekaligus nyaman untuk yang mendiaminya. Berikut ini beberapa tips desain ruangan makan sehat yang perlu Pins perhatikan:

1. Perhatikan jarak dapur dan ruang makan

Untuk desain ruangan sehat yang pertama adalah, perlu diperhatikannya jarak antara dapur dan ruang untuk makan. Usahakan ada sedikit ruang pembatas. Hal ini bertujuan untuk menjaga selera orang yang makan apabila kondisi dapur Pins masih berantakan. Senikmat apapun hidangan yang ada di meja makan, jika orang menyaksikan dapur yang digunakan untuk memasak makanan tersebut ternyata dalam kondisi jorok dan kotor, maka kemungkinan besar orang-orang akan hilang selera. Tips desain ruangan makan sehat yang satu ini cukup sederhana, namun sangat berefek jika Pins mengabaikannya.

2. Hindari meletakkan barang kotor di ruang makan

Hindarkan barang-barang kotor dari ruangan makan, sebagai contoh adalah tong sampah. Tong sampah akan sangat berpengaruh pada selera makan karena akan menimbulkan bau dan sebagainya. Jika kebetulan ada sampah-sampah sisa makanan yang harus dibuang, tempatkan lah terlebih dahulu pada wadah khusus, selanjutnya buang jauh-jauh dari ruang makan. Tips desain ruang makan sehat yang satu ini mutlak diperhatikan.

Tips Desain Ruang Makan

Desain ruang untuk makan sebagai salah satu bagian dari ruangan di rumah Pins bagi sebagian orang memang dipandang tidak terlalu penting. Selera makan bisa saja dipengaruhi oleh bentuk desain ruangan makan yang indah atau sebaliknya. Jika desain ruang makan yang disajikan cukup indah dan menawan, tak mustahil kita betah berlama-lama di ruang untuk makan. Sebaliknya jika desain makan yang ada tidak nyaman untuk melakukan aktivitas makan, maka bisa jadi selera makan Pins akan terganggu karena faktor eksternal.

Merancang desain dining room sangat penting untuk menjaga selera makan kamu. Meskipun rumah kita bukan restoran, setidaknya dengan desain yang menarik, kita akan lebih betah berada di ruangan tersebut. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam merancang desain ruangan makan keluarga:

1. Perhatikan kebersihan ruangan makan

Kebersihan pada desain dining room menjadi hal yang cukup penting untuk menjaga selera makan di meja makan. Jangan letakkan hal-hal yang jorok di dining room misalnya tong sampah. Kehadiran tong sampah di ruangan makan akan sangat mengganggu mata yang memandang, juga indra penciuman kita turut terganggu.

2. Usahakan dapur juga bersih

Sebab bisa jadi para tamu yang berkunjung untuk makan di rumah kamu akan melirik kondisi dapur, jika berantakan dan tampak tak bersih, akan jelas mengurangi selera orang yang akan makan. Untuk desain yang modern, saat ini lebih banyak dining room dihubungkan langsung dengan ruang keluarga tanpa sekat dinding pembatas.

3. Hiasi dining room dengan hal-hal yang menyegarkan

Keadaan ini akan memberi kesan kesegaran yang lebih sehingga orang yang makan akan terasa betah dan  nyaman. Perlu juga memberi sedikit pengharum ruangan untuk mencegah berbagai bau-bauan yang mungkin muncul dari ruangan lain, dengan demikian sempurna lah desain ruangan makan yang Pins rancang.