Kamus Istilah Properti

Rooftop

istilah properti

Rooftop

Rooftop atau puncak atap merupakan area datar pada sebuah bangunan yang letaknya di lantai paling atas. Umumnya, gedung bertingkat yang berfungsi sebagai kantor mempunyai area rooftop. 

Mengenal Rooftop

(Kumparan)

Pada dasarnya rooftop hanyalah lantai teratas dari sebuah bangunan yang berbentuk datar. Di bagian ini biasanya akan ditemukan antena atau penangkal listrik sebagai pelindung dari sebuah bangunan. 

Di kota besar, rooftop sering kali ditemukan pada bangunan gedung bertingkat, apartemen, sky lounge, pusat perbelanjaan dan juga gedung kafe. Bagian ini memang mempunyai multifungsi yang beragam. Bisa digunakan untuk area santai, kafe hingga lokasi untuk mengeringkan pakaian.

Fungsi komersial dari rooftop bisa kamu temukan di berbagai gedung bertingkat di pusat kota. Banyak manajemen gedung yang menggunakan area ini sebagai area restoran atau kafe. Masyarakat urban kerap kali memanfaatkan area tersebut untuk santai hingga makan bersama rekan atau kolega. 

Bahkan di beberapa bangunan indekos atau co-living house, mereka menyediakan rooftop sebagai area untuk berbagai aktivitas mulai dari olahraga hingga tempat nongkrong. 

Keuntungan mempunyai area rooftop

(Bonepos)

Memiliki rooftop atau puncak atap di rumah bisa memberikan keuntungan bagi pemilik gedung. Berikut ini beberapa keuntungan tersebut.

Mempunyai space tambahan untuk ruang tertentu

Bagi kamu yang memiliki puncak gedung, maka ini adalah saatnya memanfaatkan hal tersebut. Kamu akan memiliki space tambahan untuk ruang tertentu. Jadi manfaatkan area tersebut sebaik mungkin, ya Pins.

Lokasi yang pas untuk bersantai

Jika kamu adalah tipe orang yang suka bersantai dengan menatap pemandangan luar, maka area ini cocok untuk kamu gunakan sebagai lokasi bersantai. Pastikan kamu menata ruangan menjadi lebih terstruktur sehingga bisa lebih nyaman untuk digunakan.

Area untuk melakukan aktivitas fisik selama pandemi

Olahraga di saat pandemi tentu menjadi sebuah kewajiban, namun ada kekhawatiran untuk olahraga di luar rumah. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu bisa menyulap area atas rumah menjadi tempat untuk olahraga. 

Bisa disewakan secara komersial

Bagi kamu yang ingin menambah pundi-pundi keuangan, kamu bisa menyewakan area puncak gedung. Kamu bisa menyewakan ke pihak yang memerlukan seperti kafe atau lain-lain. Namun, pastikan kamu membuat dokumen kontrak yang bisa melindungi kamu secara hukum selama proses sewa terjadi. 

Fungsi Rooftop

(Kumparan)

Rooftop mempunyai fungsi ganda yang bisa digunakan sebagai pendukung aktivitas penghuni gedung. Beberapa building management pun sengaja mengubah area sisa ini menjadi wilayah yang lebih fancy. Berikut ini beberapa fungsi rooftop yang sering digunakan oleh masyarakat.

Sebagai area entertainment

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, area paling atas sebuah gedung bisa dimanfaatkan untuk menjadi area komersial. Letaknya yang berada di puncak gedung, akan memberikan pemandangan luar biasa indah yang bisa kamu lihat dari atas. Kamu bisa melihat pemandangan kota dari atap yang tinggi. Selain bisa berkumpul bersama rekan, makan dan minum santai, kamu juga bisa berfoto bersama dengan latar pemandangan kota.

Area untuk olahraga

Beberapa co-living house atau indekos sering menggunakan area puncak di atap sebagai tempat olahraga. Lokasinya yang lapang akan memberikan kenyamanan jika berolahraga di area ini. Biasanya pengelola indekos akan menyediakan mesin untuk olahraga atau sengaja dibiarkan kosong sehingga penghuni kos bisa melakukan olahraga yang mereka suka.

Area untuk menjemur pakaian

Di beberapa rumah atau indekos, area puncak bangunan tidak diubah menjadi tempat komersial atau tempat nongkrong. Biasanya area ini sengaja dibuat kosong karena untuk menjemur pakaian, sepatu, kasur dan barang lain. Biasanya bangunan yang mempunyai lahan sempit bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif dalam menjemur pakaian.

Gudang 

Beberapa pengelola bangunan mungkin akan menggunakan area rooftop sebagai area gudang. Walaupun terkesan kurang bisa memanfaatkan ruangan sebagai area komersial, namun bisa saja gudang menjadi fungsi yang sangat dibutuhkan. Namun untuk memastikan agar barang-barang yang disimpan tetap aman, upayakan membangun bangunan kecil seperti paviliun yang lengkap dengan atap, pintu dan kunci di area rooftop. Tujuannya agar barang yang disimpan tidak hilang atau basah terkena air hujan.

Parkiran 

Beberapa pusat perbelanjaan menggunakan area ini sebagai parkiran. Fungsi ini juga menjadi fungsi primer bagi sebuah mall. Bisa saja area parkiran yang telah disediakan telah memenuhi kapasitas parkir, maka manajemen mall menyulap area rooftop menjadi lahan parkir.

Taman hijau

Ketika sebuah rumah mempunyai lahan yang sempit, kamu bisa mengoptimasi fungsi puncak atap sebagai taman. Gunakan kreativitas kamu untuk mengubah area atap menjadi taman hijau yang menyejukkan. Kamu hanya perlu merapikan area atap, lalu letakkan beberapa tanaman hijau menggunakan pot plastik atau polybag. Kamu pun bisa menggunakan pot gantung yang menempel pada bagian dinding. 

Hal yang perlu dilakukan untuk merawat bagian puncak atap

(Asedino)

Bagian puncak gedung juga memerlukan proses perawatan. Kamu tidak cukup hanya dengan menyapu setiap hari. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk merawat bagian atas rumah.

Pastikan kamu memasang saluran air hujan

Bagian puncak gedung cenderung mempunyai permukaan yang datar. Hal ini memicu genangan air saat hujan, nah untuk mengantisipasi hal tersebut. Pastikan kamu memasang saluran air yang mengarah ke tanah di lantai bawah. Kamu bisa memasang pipa paralon sebagai saluran pembuangan air. 

Pasang penangkal petir

Selain itu, kamu juga bisa memasang penangkal petir yang gunanya untuk melindungi listrik di area gedung. Namun, kamu perlu memerlukan bantuan tenaga ahli yang bisa memasang penangkal petir dengan benar.

Pasang pagar untuk melindungi sisi rooftop

Untuk memberikan perlindungan ekstra pada rooftop, pasang pagar pelindung di sisi-sisi puncak gedung. Hal ini untuk melindungi siapa saja yang berada di lantai tersebut agar tidak terjatuh.

Pins, itu saja informasi mengenai rooftop yang bisa Pinhome bagikan. Semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.