Kamus Istilah Properti

Mansion

istilah properti

Mansion

Mansion merupakan rumah besar dan luas yang memiliki ukuran minimal 8.000 sq. ft. (square feet) atau sama dengan 743 meter persegi. Selain ukuran rumah, ada faktor lain yang membuat sebuah bangunan disebut mansion di antaranya jumlah kamar, arsitektur, dan lain-lain.

Mengenal Mansion

(Pinterest)

Gambar di atas merupakan salah satu mansion milik selebriti Amerika, Oprah Winfrey. Sebuah hunian disebut mansion jika bangunan tersebut memiliki minimal luas 743 meter persegi. Namun website milionacres.com menjelaskan bahwa sebuah rumah luas bisa disebut mansion apabila didukung oleh arsitektur megah dan juga hal-hal lain. Jadi, semua rumah luas dan besar belum bisa disebut mansion, sementara mansion pasti merupakan hunian yang luas. Selain bangunan yang megah, elemen lain yang mendukung mansion adalah area taman yang luas. Taman di sini mencakup semua lahan di luar rumah yang ditumbuhi tanaman serta ornamen lain seperti jalan setapak, kolam renang dan lain-lain.

(Fancy Pants Home)

Jika kamu suka menonton di Netflix, ada series berjudul Dynasty. Di dalam series ini diceritakan kehidupan keluarga konglomerat yang sangat kaya raya. Mereka tinggal di sebuah mansion yang megah. Di dalam series tersebut diperlihatkan bahwa mansion yang ditinggali oleh keluarga Blake Carrington mempunyai banyak ornamen megah. Tidak hanya tampak fasadnya saja yang memberikan kesan mewah, namun juga pilar, tangga, pintu dan lain-lain. Hal inilah yang memperkuat label mansion pada sebuah hunian.

Perbedaan Mansion dan Istana

(Klook)

Beberapa orang mengira bahwa mansion dan istana sama, hal ini karena kedua bangunan ini memiliki ukuran yang megah. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa mansion merupakan istana modern yang mengusung tema kekinian. Namun, hal itu ternyata salah ya Pins. Ada perbedaan yang mencolok antara mansion dan istana.

Fungsi Bangunan

Sebuah istana mempunyai fungsi untuk tempat tinggal  Raja, Ratu dan para keturunan kerjaan. Selain para anggota kerajaan, di istana juga tinggal para asisten kerajaan dan para pelayan yang bertugas untuk membersihkan area istana. 

Sementara mansion merupakan tempat tinggal masyarakat biasa. Artinya mereka bisa datang dari berbagai latar belakang, baik itu selebriti, pebisnis sukses dan lain-lain. Umumnya yang tinggal di dalam mansion adalah keluarga mereka sendiri. 

Aturan pemilik hunian

Di sebuah istana biasanya akan ada peraturan khusus yang diberlakukan oleh pihak kerjaan. Hal ini sebagai bentuk perlindungan dan juga tata tertib yang sudah diusung sejak lama. 

Sementara di mansion tidak ada aturan khusus yang dibuat oleh para penghuni. Hal ini karena mansion umumnya ditinggali oleh rakyat biasa yang bukan dari anggota kerajaan.

Penghuni Bangunan

Penghuni istana sudah pasti para keturunan dan anggota kerajaan. Mereka tinggal, besar dan tumbuh di dalam istana serta harus mematuhi tata tertib yang ada di dalam kerjaan. 

Di mansion, penghuni bisa siapa saja. Kamu tidak harus menjadi anggota kerajaan dulu untuk memilki mansion. Seseorang hanya perlu memiliki dana yang sangat besar untuk memiliki sebuah mansion. Hal ini lantaran harga mansion dan biaya perawatannya yang sangat mahal.

Mansion milik para selebriti dunia

Pemilik mansion tentulah orang-orang sukses. Para pemilik rumah besar ini bisa berasal dari kalangan businessman, selebriti papan atas, hingga keturunan kerajaan. Nah berikut ini ada beberapa mansion milik para pesohor dunia yang terkenal.

Mansion Bekas J-Lo

(Sport Sindo)

Tampilan gambar di atas adalah mansion milik Jennifer Lopez (J-Lo), penyanyi Amerika yang terkenal lewat lagu-lagu lawasnya seperti Jennie from the block dan Love Don’t cost a thing. Bangunan tersebut sempat ditinggali oleh J-Lo sebelum akhirnya dijual dan dibeli oleh orang lain dengan harga 11 juta USD atau sekitar Rp156 miliar. Tampilan dari bangunan di atas sangat megah dan kamu bisa melihat betapa luas halaman di luar bangunan. Mansion ini bahkan bisa menampung lebih dari 20 mobil di halaman, Pins. Wah benar-benar luas sekali ya!

Mansion milik Will Smith

(Pricey Pads)

Selanjutnya ada mansion milik aktor papan atas Hollywood, yaitu Will Smith. Pemeran Christopher dalam film The Pursuit of Happyness ini memilki sebuah mansion dengan luas 25.000 sq. ft. atau setara dengan 2.322,5 meter persegi. Bangunan ini didominasi oleh warna cokelat. Lokasinya berada Malibu, California membuat rumah ini sangat komersial dengan harga jual mencapai ratusan miliar.

Mansion Tom Hanks

(Echo Fine Properties)

Pins, kamu tahu Tom Hanks kan? Ia adalah pemeran dalam film Forrest Gump yang rilis di tahun 1994. Sebagai salah satu aktor terkenal di dunia, ia memiliki sebuah mansion dengan harga 26 juta dolar yang setara dengan harga sekitar Rp325 miliar. 

Mansion Cardi B

(HGTV Canada)

Gambar di atas merupakan penampakan mansion milik penyanyi dan rapper asal Amerika, Cardi B. Mansion ini dibeli dengan harga 5,8 miliar USD. Bentuknya yang klasik sederhana dan lengkap dengan taman yang rindang membuat hunian ini sangat nyaman.

Pins, itulah pembahasan mengenai mansion. Jadi sudah tahu ya apa itu mansion dan rumah seperti apa yang tergolong ke dalam kategori mansion. Semoga informasi di atas bermanfaat ya untuk kamu!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.