Kamus Istilah Properti

Arsitektur Tuscan

istilah properti

Arsitektur Tuscan

Arsitektur tuscan adalah gaya desain yang memiliki ciri batu kapur, travertine, atau marmer dan genteng terakota dengan memadukan elemen klasik dan sentuhan modern bergaya Eropa Lama.

Apa Itu Arsitektur Tuscan?

arsitektur tuscan
(Pinterest)

Gaya rumah tuscan memiliki ciri tentang kesederhanaan dilengkapi penggunaan besi tempa, plester, kayu daur ulang, dan ruangan yang strategis yang membawa kembali ke Eropa walaupun terletak di Ohio.

Arsitektur tuscan adalah gaya desain yang memiliki ciri batu kapur, travertine, atau marmer dan genteng terakota dengan memadukan elemen klasik dan sentuhan modern bergaya Eropa Lama.

Tuscany tergolong dalam arsitektur tertua sekaligus yang paling sederhana yang umumnya ditemukan di Italia kuno. Pertama kali gaya tuscan ditemukan di sebuah wilayah di Italia bernama Tuscany yang terkenal akan pertaniannya dan keindahan dari lanskap yang cantik.

Arsitektur tuscany juga di Amerika Serikat menjadi salah satu jenis kolom paling populer untuk menopang beranda depan rumah-rumah di negara tersebut. 

Hingga kini, telah banyak perubahan pada arsitektur gaya Tuscan tetapi tetap mempertahankan teknik arsitektur klasik pada gaya dekorasinya. Ciri khas utama dalam rumah arsitektur tuscan adalah kesannya yang alami dan menyatu dengan lingkungannya.

Sejarah Arsitektur Tuscan

arsitektur tuscan
(Luxury Architecture)

Rumah bergaya tuscan di masa lalu digunakan sebagai tempat tinggal Bangsa Etruscan yang merupakan masyarakat petani yang selalu bekerja keras. Sebelum Bangsa Romawi berkuasa, Bangsa Etruscan di masa itu memerintah Italia Tengah dengan membangun peradaban yang berkembang

Tak hanya itu, bangsa Etruscan juga mengembangkan gaya arsitektur dan teknik konstruksi sendiri. Meskipun Kekaisaran Romawi telah mengambil alih wilayah tersebut, unsur-unsur Etruscan tetap digemari.

Arsitektur tuscan sendiri diyakini terinspirasi dari bangunan Yunani. Namun ada sedikit perbedaan dari keduanya di mana bangunan Yunani lebih banyak memanfaatkan batu, sedangkan Etruskan dibangun dari struktur kayu. 

Penyebabnya tak lain karena disesuaikan dengan bahan bangunan yang tersedia di area tersebut. 

Selain itu, keindahan pada rumah tuscan juga diawali karena orang Etruscan yang membuat kolom klasik pada arsitekturnya dengan bentuk bulat atau persegi. Pada kolom tersebut juga tidak terdapat banyak ornamen hiasan pada tiang dengan bentuk yang besar.  

Elemen Desain pada Bagian Eksterior Rumah Tuscany 

arsitektur tuscan
(Siwa Natural Home)

Meskipun beberapa elemen gaya Tuscan telah dimodernisasi, tetapi pada faktanya, rumah bergaya tuscany tetap mempertahankan banyak elemen arsitektur asli dan fitur dekoratif dari Tuscan klasik.  

Elemen ini terdiri dari bagian eksterior dan interior. Pada bagian eksterior, fitur yang dihadirkan antara lain:

Dinding Batu Tebal 

Kalau Pins perhatikan dari kejauhan, rumah-rumah bergaya tuscan memiliki dinding batu yang tebal sehingga membuatnya tampak kokoh dan kuat. Umumnya, dinding tersebut dibuat dari batu kapur, batu pasir, travertine, dan marmer.

Hal ini menjadikannya terlihat menyatu dengan alam sekitarnya. Pins juga akan sering melihat bagian berlubang sebagai aksen di atas pintu, gapura, atau jendela. 

Atap dan Ubin dari Tanah Liat 

Tanah liat yang menciptakan warna terakota sangat lazim ditemukan di rumah tuscany. Hal ini karena iklim di sana yang hangat, menjadika material tanah liat sebagai bahan bangunan yang umum ditemukan karena relatif mudah dibuat dengan memanggang tanah liat terakota alami .

Maka dari itu, Pins akan sering melihat atap terakota dan ubin lantai di rumah bergaya Tuscan, yang merupakan elemen desain lain yang menghubungkannya dengan sekitarnya.

Ruang Tamu di Luar Ruangan 

Mengingat iklim yang lebih hangat di Tuscany, maka sangat penting untuk memperhatikan aliran udara. Untuk itulah, Pins akan sering menemukan ruang tamu di dalam ruangan berupa teras, serambi pada rumah tradisional tuscan.

Selain sebagai tempat menyambut tamu, ruangan ini akan menjadi media sirkulasi udara ke dalam rumah. Tak lupa, di ruang tamu atau taman luar ruangan, hiasan dinding besi aksen dekoratif dapat menambah tekstur dan menambah kehangatan. 

Elemen Desain pada Bagian Interior Rumah Tuscany 

(Architecture Art Design)

Sementara itu, pada bagian interior arsitektur tuscan, berikut ini beberapa elemen yang harus dihadirkan:

Dinding Plesteran

Semen adalah bahan bangunan lain juga mudah ditemukan di kawasan Tuscany. Maka, dinding yang telah diplester dengan campuran air, pasir, dan kapur akan banyak ditemukan. Terlebih lagi, dinding plesteran putih sangat ideal untuk iklim hangat karena dapat menahan udara sejuk di siang hari.

Tak hanya itu, dinding plesteran juga akan memberikan kehangatan ke ruangan di malam hari. Dalam gaya Tuscan, tidak jarang melihat lukisan dinding pada area ini.

Langit-langit yang Bertekstur 

Langit- langit berkubah atau berpanel dengan balok terbuka menambah kehangatan, tekstur, dan elemen alami pada interior rumah Tuscan. 

Selain itu, Pins juga dapat menghiasi plafon ini dengan balok kayu agar memberikan unsur alami ala pedesaan. 

Lantai Mozaik

Meskipun ubin terakota biasanya merupakan jenis lantai utama di rumah Tuscan, tetapi ubin kaca dan batu sering digunakan untuk membuat seni mozaik di lantai. 

Banyak pemilik rumah Tuscan yang memoderisasi lantai dengan cara menukar ubin terakota dengan lantai kayu keras untuk menambah kehangatan. 

Tips Mengubah Rumah Menjadi Gaya Tuscan  

Apakah Pins tertarik menerapkan arsitektur tuscan pada tempat tinggalmu? Yuk, simak dulu beberapa tips yang bisa Pins lakukan jika ingin mengubah rumah ala Tuscany. 

Pilih Warna Cat yang Tepat 

(Referensi warna Tuscan – Archway Sand Ceilings)

Palet warna rumah Tuscan sangat dipengaruhi oleh pedesaan Italia. Nada bersahaja yang kuat mengingatkan pada pantai, lahan pertanian, kebun anggur, dan masakan Tuscany. Sebaiknya, agar rumah lebih indah, Pins bisa memilih warna yang hangat. 

Tak ada salahnya mencampurkan beberapa palet warna asalkan kombinasi cat tidak terlalu cerah. 

Pasang Cooker Hood Bergaya Tuscan  

(Old World Stoneworks)

Desain dapur terbuka menjadi ciri khas dari rumah tuscany karena terlihat nyaman dan hangat. Agar konsep tuscan semakin kuat, Pins bisa memberikan cooker hood di bagian tengah di dekat kompor dan oven. 

Selain itu, kebanyakan desain dapur Tuscan termasuk kompor cukup besar yang disertai dengan cooker hood. Hasilnya, dapur menjadi lebih elegan dan klasik.  

Gunakan Lemari Kayu dan Besi di Seluruh Rumah

(Shiop Factory Direct)

Bagian dari pesona desain Tuscan adalah kombinasi kayu dan besi yang digunakan di seluruh rumah. Arsitektur Tuscan mencoba untuk tetap senyata mungkin dengan akar alaminya. Inilah sebabnya mengapa kayu adalah komponen yang populer dalam desain rumah tuscan.  

Untuk menghadirkannya, Pins bisa memanfaatkan lemari kayu, terutama di area dapur. Saat memutuskan lemari yang tepat, pastikan warna dan teksturnya selaras dengan sisa desain rumahmu, ya, Pins!. 

Balkon Mezzanine yang Mewah dan Elegan 

(Pinterest)

Balkon mezzanine lengkap dengan tangga besar, akan menghadirkan kesan elegan dan dramatis ke rumah Tuscan. Namun, agar tidak terkesan berlebihan dan tetap seimbang, Pins bisa membuat gaya balkon mezzanine ini dengan gaya lengkungan.  


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.