Kamus Istilah Properti

Teralis

istilah properti

Teralis

Teralis adalah konstruksi besi berupa bingkai yang berfungsi sebagai pengaman sekaligus dekorasi pada pintu, jendela, hingga tangga.

Apa Itu Teralis?

teralis
(HGTV)

Membuat rumah aman dan nyaman merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh penghuni rumah. Salah satu cara menjaga keamanan rumah adalah dengan memasang teralis di berbagai elemen arsitektur. 

Teralis adalah konstruksi besi berupa bingkai yang berfungsi sebagai pengaman sekaligus dekorasi pada pintu, jendela, hingga tangga. Dengan memasang teralis maka dapat menghalangi dan mempersulit maling yang ingin menerobos masuk ke dalam rumah. 

Dalam bahasa Inggris, teralis disebut trellis yang merujuk pada elemen pengaman pada struktur outdor. Sementara secara asal katanya, teralis berasal dari kata Latin lat Trichila yang berarti penyangga tanaman. 

Teralis memang bukan elemen arsitektur baru karena sudah ada sejak masa Renaissance sekitar abad 15-16. Di masa itu, penggunaan terali sudah banyak digunakan oleh bangsa Mesir, Persia, Romawi, Tiongkok, hingga bangsa Skotlandia Pertengahan sebagai penghias taman untuk memisahkan semak-semak pinggir teman dengan jalan setapak yang membelahnya.  

Hingga saat ini terali pun banyak digunakan di dalam berbagai jenis tipe hunian. Tak sekadar menambah keamanan rumah, terali pun dipakai untuk menambah estetika rumah karena memiliki bentuk dan motif yang bisa dipilih. 

Adapun harga teralis berbeda disesuaikan dengan ukuran per meter persegi serta bahan utamanya. Umumnya, harganya mulai dari Rp250.000 hingga jutaan rupiah. Harga ini biasanya sudah termasuk bahan, pengecatan hingga pemasangan. 

Manfaat dan Fungsi Teralis

teralis
(Bialecki Architecs)

Memasang teralis di dalam rumah punya banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa diantaranya: 

Fungsi Pengamanan  

Fungsi utama teralis adalah untuk menjaga keamanan rumah. Memasang terali akan menyulitkan orang asing masuk kedalam rumah melalui jendela. Pemasangan terali dapat menjadi rintangan kecil yang membuat seorang maling berpikir ulang untuk masuk ke dalam rumah. 

Fungsi dekorasi 

Saat ini tersedia beragam model dan motifnya yang dapat Pins temukan di pasaran. Maka dari itu, terali pun dapat dijadikan sebagai elemen dekoratif di dalam rumah karena penghuni  bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan mereka. 

Kemudian dari segi warna pun dapat disesuaikan konsep ruangan. Misalkan jika dipakai di ruang bermain anak bisa saja menggunakan warna cerah. Bahkan saat ini Pins bisa request sendiri motif tersebut. Jadi, bisa disesuaikan dengan gaya desain rumahmu.  

Fungsi Sirkulasi 

Terakhir, terali juga dapat menjadi media pertukaran udara dari luar tanpa harus membuka pintu atau jendela. Hal ini pun akan membuat ruangan dengan trellis menjadi lebih segar dan nyaman karena udara dari luar bisa masuk dengan baik. 

Kondisi ini juga dapat membuat Pins lebih menghemat listrik karena tak perlu memasang AC atau kipas angin.

Jenis-jenis Teralis 

teralis
(Zolo)

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, terali juga memiliki beberapa jenis dan modelnya. Apa saja?

Teralis Jendela 

Jenis ini dipasang pada jendela rumahmu. Pins bisa memilih model trellis jendela horizontal yang akan membuat orang asing kesulitan masuk ke dalam rumahmu. Biar pengamanan makin sempurna, pilihlah model trellis jendela yang terbuat dari material baja sehingga sangat kuat. 

Terali minimalis model horizontal membuat jangkauan tangan ke dalam rumah sulit melewatinya.   

Teralis Pintu   

Tujuan memasang terali pintu adalah agar tidak memberikan ruang gerak bagi tangan maling yang ingin untuk mencari engsel pintu. Alhasil, maling akan tetap kesulitan masuk ke dalam rumah dengan jika Pins memasang terali pada pintu.

Tak hanya mengamankan saja, terali pintu juga menambah kesan estetik tersendiri. Untuk memaksimalkan keamanan, Pins dapat menambah tirai atau gorden pada bagian dalam pintu kaca. 

Teralis Tangga

Fungsi terali pada pagar tangga agar menambah keamanan penghuni rumah sehingga tidak terjatuh saat menaikinya. Secara umum, terali pada pagar tangga merupakan satu kesatuan dengan railing atau bagian pegangan tangga.

Menambah trellis dapat membatasi area tangga untuk proteksi keamanan diri. Terlebih jika di rumah ada anak-anak. 

Teralis Balkon

Areal balkon rumah menjadi salah satu lokasi pemasangan pagar teralis. Sama seperti pada tangga, memasang terali juga dapat menahan berat badan demi keamanan. Pagar terali pun hadir untuk memperindah eksterior rumah dengan gaya yang berbeda-beda.  

Tips Memilih Teralis untuk Rumah

teralis
(Trellishouse.com)

Kalau Pins ingin memasang teralis di rumah, sebaiknya tidak sembarangan. Yang paling penting, pemasangan terali janganlah dibuat berlebihan. Yuk, simak tips memasang terali di rumah berikut ini: 

  • Pilihlah bahan besi tempa, plat, dan behel (bulat, ulir, kotak) agar mendukung keamanan rumah. Namun untuk bahan terbaik dan kuat gunakan bahan baja, meski harganya lebih mahal, tapi kekuatannya lebih baik.
  • Sesuaikan ukuran terali dengan lebar jendela atau pintu yang dimiliki. Biasanya, ukuran teralis besi diameter 1 cm, sementara plat biasanya berukuran 1 inch. Untuk diameter, dapat ditambah jika jendela yang dimiliki cukup lebar atau untuk sekedar membuatnya lebih kuat dan kokoh 
  • Ketika menyusun model trellis, Pins memperhatikan letak antar batas garis horizontal antara satu dengan yang lainnya. Jarak antar garis terali yang ideal adalah yang tidak mencapai 20 cm. Semakin sempit jarak antar garis horizontal pada terali, semakin sulit juga terali untuk ditembus atau dilewati.
  • Pemasangan baut juga harus diperhatikan. Usahakan meletakkannya di lokasi yang tidak terlihat sehingga akan memperkecil kemungkinan pencuri bisa membuka jeruji dengan mudah.

Meski tidak wajib, pemasangan teralis bisa jadi pilihan penghuni rumah untuk menambah keamanan rumahmu, Pins! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.