Kamus Istilah Properti

Kolam Ikan

istilah properti

Kolam Ikan

Kolam ikan (fish pond) adalah perairan terkendali yang digunakan untuk menampung, memelihara atau melakukan budi daya ikan. Kolam ikan bisa berfungsi sebagai pendukung untuk kegiatan komersial budi daya atau sekadar untuk hobi.

Mengenal Kolam Ikan

(Kompas)

Kolam ikan menjadi area hidup ikan yang kamu pelihara atau budi dayakan. Memiliki kolam ikan di rumah bisa menjadi media stress release, karena melihat pergerakan ikan dan pergerakan air bisa memberikan ketenangan pada pikiran. Selain itu, kolam ikan menjadi salah satu elemen pendukung di dalam rumah agar menambah nilai estetika sebuah hunian. Membangun kolam ikan bisa kamu pertimbangkan karena selain bisa memberikan suasana yang tenang, biaya kolam ikan pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Mungkin selama ini kamu mengasosiasikan pembangunan kolam memerlukan dana yang besar, namun pada kenyataannya budget membangun kolam ikan bisa disesuaikan. Sebelum akhirnya kamu membangun fish pond, ada baiknya kamu melakukan perencanaan dari sisi desain, lokasi, ikan yang akan diisi, mesin air dan pompa kolam, serta kebutuhan biaya.

Keunggulan memiliki kolam ikan di rumah

(iStock Photo)

Memiliki kolam ikan di rumah ternyata membawa banyak dampak baik lho, Pins. Selain untuk mempercantik ruang terbuka di taman, ada beberapa keunggulan lain dari kolam ikan. Mari kita simak bersama yuk!

Mendekatkan kamu dengan alam

Kombinasi antara kolam, ikan, air dan tanaman di sekitar fish pond bisa menciptakan ekosistem mini yang mirip dengan alam di luar. Miniatur alam ini bisa menjadi alternatif ketika kamu sudah terlalu lama di rumah dan sedang tidak mempunyai kesempatan untuk liburan. Kolam yang kamu bangun bisa dibuat menyerupai alam di luar dengan menambahkan tanaman atau ornamen batu-batuan. Maka dengan begitu kamu akan merasa lebih dekat dengan alam terbuka.

Menjadi media stress release saat WFH

Tidak dapat diabaikan bahwa melakukan work from home (WFH) bisa menyebabkan dampak negatif, apabila tidak diimbangi dengan kegiatan lain. Selama pandemi, waktu yang kita habiskan di rumah selama 24 jam biasanya terdiri dari bekerja, istirahat, makan dan membersihkan rumah. Namun, sering sekali karena terlalu lama stay at home, banyak orang yang merasa penat. Hal ini karena kita semua akan merasa terkungkung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa membangun kolam ikan sebagai media untuk menghilangkan stres. Alhasl, kamu akan menjadi produktif kembali setelah menyegarkan pikiran. 

Membuat rumah menjadi lebih segar

Rumah yang gersang tanpa tanaman dan hewan peliharaan bisa sangat terasa membosankan. Agar membuat rumah menjadi lebih segar dan hidup, penambahan fish pond adalah salah satu opsi yang tepat. Rumah kamu akan lebih segar karena hadirnya kolam ikan dan tanaman hijau sekitar yang mengelilingi kolam.

Pembangunan kolam untuk kebutuhan memelihara ikan dan hobi  

(Jasa Pembuatan Taman)

Untuk membangun sebuah kolam, kamu harus memastikan telah memenuhi kebutuhan yang diperlukan. Berikut ini hal-hal yang harus kamu penuh untuk membangun kolam dan memelihara ikan. 

Hitunglah budget terlebih dahulu

Proses awal untuk pembuatan kolam adalah melakukan penghitungan dana. Untuk mempermuah penghitungan kebutuhan dana, kamu bisa mencari referensi kolam terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa mulai membuat rincian apa saja yang diperlukan mulai dari peralatan, material, tenaga kerja, ornamen tambahan dan juga biaya membeli ikan.

Beli bahan bangunan seperti bata, semen dan pasir

Setelah melakukan rincian dana, kamu bisa mulai untuk membeli bahan baku seperti bata, semen dan pasir. Pastikan juga kamu sudah mempunyai kontak tenaga kerja yang akan membantumu membangun kolam. 

Beli perlengkapan lain seperti mesin pompa air dan tanaman hias

Setelah membeli material bangunan, kamu bisa mulai mencari peralatan tambahan seperti mesin pompa air dan juga tanaman hias. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membuat kolam lebih hidup dan memberikan kenyamanan pada ikan saat diletakkan di kolam.

Lakukan supervisi pekerjaan tenaga kerja yang membangun kolam

Selama proses pembangunan kolam, disarankan untuk memantau pekerjaan tenaga kerja. Hal ini sebagai upaya agar hasil yang kamu inginkan sesuai dengan perencanaan di awal. Melakukan supervisi juga menjadi fase penting supaya kamu bisa mengontrol biaya yang dikeluarkan.

Tentukan ikan yang akan kamu pelihara

Pins, terakhir setelah semua pembuatan kolam sudah selesai, kamu bisa menentukan ikan yang akan kamu pelihara. Untuk bagian ini, pastikan kamu membeli ikan yang mempunyai daya tahan tinggi ya Pins. Beberapa ikan mungkin akan terlalu sensitif sehingga mereka bisa cepat mati, contohnya ikan koki. Selain ikan koki, kamu bisa mencari ikan lain yang bisa kamu pelihara. Pastikan ikan yang kamu pilih tidak mempunyai karakter kanibal seperti lele. Hal ini supaya mereka tidak saling makan yang akhirnya menyebabkan ikan cepat mati.

Memelihara ikan bisa menjadi hobi yang menyenangkan Pins. Hal ini tentu bisa kamu lakukan di rumah. Pada prinsipnya, untuk membangun kolam tidak harus mahal. Kamu bisa menekan bugdet dengan menggunakan bahan yang diperlukan dan sesuai kebutuhan saja. Semoga informasi di atas mengenai kolam ikan bisa bermanfaat ke depannya ya Pins. Selamat mencoba!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.