Kamus Istilah Properti

Aparthouse

istilah properti

Aparthouse

Aparthouse adalah hunian tapak rasa apartemen yang lengkap dengan berbagai fasilitas serta lokasi nan strategis. 

Mengenal Aparthouse

Aparthouse
(Pexels)

Aparthouse merupakan kependekan dari apartemen house. Secara definisi, aparthouse adalah hunian tapak rasa apartemen yang lengkap dengan berbagai fasilitas serta lokasi nan strategis. 

Apartemen house ini kerap menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin memiliki tempat tinggal di tengah kota, tetapi bukan berbentuk apartemen. Sebetulnya aparthouse mirip seperti apartemen, tetapi bangunan ini memiliki Sertifikat Hak Milik atau SHM. Jadi, pemilik mempunyai hak penuh atas properti atau bangunan yang diwariskan, dijaminkan, maupun diperjualbelikan dan tak berbatas waktunya.


Aparthouse umumnya berada dalam satu kompleks dengan sistem keamanan yang lebih sistematis dan terpadu. Dalam aparthouse biasanya terdapat minimal dua kamar tidur, satu kamar mandi. Bangunannya sendiri umumnya berupa gedung dua setengah lantai yang tiap unit memiliki rooftop sebagai private sky garden masing-masing individu. Rooftop tersebut dapat difungsikan sebagai teman bersantai, taman kecil, atau area olahraga.

Perbedaan Aparthouse dengan Compact House

Aparthouse
(Pexels)

Aparthouse kerap disamakan dengan compact house. Namun demikian, keduanya sebetulnya berbeda. 

Perbedaan utama aparthouse dan compact house yakni pada ukuranya. Umumnya aparthouse berukuran kecil, sekitar 12 sampai 40 meter persegi. Sementara, compact house bisa lebih besar dari ukuran tersebut. 

Dalam penggunaannya, compact house juga ditujukan untuk keluarga kecil dengan fungsi seperti rumah lengkap. Namun desainnya sendiri dibuat tak terlalu kaku, misalnya ada gudang khusus serta dapur kering dan basah. Tak hanya itu, fasilitas dalam compact house biasanya juga tak selengkap aparthouse. Sebab pada dasarnya bangunan ini adalah rumah. 

Aparthouse sendiri lebih unggul daripada segi lokasi serta fasilitas. Biasanya, pengembang akan membuat bangunan ini dengan fasilitas yang lengkap serta lokasi yang strategis dan dekat dengan segala akses tempat umum. 

Kelebihan Tinggal di Aparthouse

Aparthouse
(Pexels)

Berikut beberapa kelebihan tinggal di aparthouse. Bisa jadi gambaran untuk Pins yang masih penasaran dengan bangunan ini. 

Hunian Sudah Berstatus SHM

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa aparthouse memiliki Sertifikat Hak Milik atau SHM. Bukan seperti apartemen biasa yang hanya memperoleh sertifikat strata title.

Status ini tentu menjadi keunggulan yang menarik minat pembeli. Pasalnya, mereka memiliki hak penuh atas hunian yang dibeli karena legalitasnya jelas. Selain itu, kamu juga tak perlu repot memperbarui serta memperpanjang sertifikat seperti HGB apartemen.

Lokasi Strategis di Pusat Kota 

Kebanyakan generasi milenial menginginkan hunian di tengah kota agar dekat dengan kantor. Jika demikian, maka aparthouse bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, lokasinya strategis dan selalu berada di pusat kota. 
Tak hanya lokasi, aparthouse umumnya juga dibangun di area yang dekat dengan fasilitas umum, seperti rumah sakit atau transportasi. Jadi, Pins tak akan kerepotan mengakses fasilitas tersebut.

Desain Lebih Modern

Aparthouse memiliki desain yang lebih modern dan kekinian. Secara menyeluruh konsep hunian ini mengedepankan rumah compact, sehingga pemanfaat setiap sudutnya lebih maksimal. 
Kelebihan lainnya, desain interior aparthouse juga lebih modern. Ornamen yang digunakan lebih minimalis dan sesuai dengan milenial.

Dilengkapi dengan Fasilitas Smart Home

Aparthouse umumnya dilengkapi dengan smart home system. Di mana semua perangkat elektronik dapat terhubung dengan ponsel. Oleh karenanya, penghuni bisa mengatur perabotan mulai dari lampu hingga kulkas dalam jarak jauh. Bahkan pintu yang digunakan pada aparthouse pun umumnya telah dilengkapi smart lock system dengan sidik jari. 

Harga Bersaing

Harga aparthouse bisa dibilang terjangkau meski berada di lokasi premium. Bahkan jika biasanya hunian tiga lantai diberi harga tiga miliar, aparthouse bisa jadi separuhnya. 

Kekurangan Tinggal di Aparthouse

Aparthouse
(Pexels)

Setelah mengetahui kelebihan, berikut kekurangan tinggal di aparthouse

Fasilitas Bersama yang Serba Terbatas

Aparthouse tidak memiliki fasilitas bersama yang mumpuni seperti cluster perumahanan. Pasalnya hunian ini memiliki luas yang berbatas, sehingga pengembang hanya fokus menggarap ruang utama. 

Denah Rumah Tidak Ramah Lansia dan Anak-anak

Aparthouse sengaja didesain untuk millennial. Oleh karena itu, layoutnya kurang ramah untuk lansia dan anak-anak. 

Pasalnya, karena ukurannya kecil bangunan ini dibuat bertingkat dengan banyak anak tangga. Jadi, kurang direkomendasikan jika kamu memiliki keluarga lansia yang fisiknya kurang prima. Untuk anak-anak sendiri, aparthouse bisa jadi area yang berbahaya, sekalipun bisa ditangani dengan menambahkan pengamanan tertentu.

Rekomendasi Aparthouse di Jakarta untuk Milenial 

Aparthouse
(Pexels)

Buatmu yang tertarik ingin tinggal di aparthouse, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan. 

Aparthouse River 8 Residence

Apabila menjadi aparthouse di area Pancoran, maka kamu bisa memilih Aparthouse River 8 Residence ini. Hunian ini memiliki tiga setengah lantai dengan interior yang compact serta penambahan lantai mezzanine sebagai area tambahan. Selain itu, terdapat pula rooftop yang dapat difungsikan sebagai tempat olahraga, bekerja, dan area santai bersama. 

Rumah ini pun menyediakan taman dengan air mancur yang akan membuat lingkungan lebih nyaman dan menenangkan.

Aparthouse Crystal

Aparthouse Crystal dari Diamond Land tengah gencar membangun hunian dengan harga terjangkau di pusat kota Jakarta. Aparthouse Crystal berada di kawasan Cilandakan. Hunian ini dibangun dengan konsep smart living dan memiliki tiga lantai bersertifikat SHM. 

Terdapat dua pilihan tipe unit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni tipe Cadmium dengan dua kamar tidur serta tipe Titanium dengan tiga kamar tidur.  Lokasi Aparthouse Crystal dikelilingi oleh berbagai fasilitas umum, seperti stasiun MRT serta dekat dengan pusat perbelanjaan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.