Kamus Istilah Properti

Ruang Tamu

istilah properti

Ruang Tamu

Ruang tamu adalah tempat atau ruangan yang diciptakan untuk menerima tamu yang datang ke rumah.

Pengertian dari Ruang Tamu

Dalam sebuah bangunan rumah, ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang wajib ada. Ruang tamu merupakan ruangan untuk menjamu para tamu yang datang. Maka dari itu, mayoritas letak ruang tamu berada di bagian depan rumah. 

Fungsi dan Jenis-Jenis Ruang Tamu

ruang tamu
(Pexels)

Fungsi dari sebuah ruang tamu bisa diklasifikasikan berdasarkan jenis ruang tamu itu sendiri. Jadi inilah beberapa fungsi ruang tamu berdasarkan jenis.

  • Ruang Tamu Formal

Jenis ruang ruang tamu formal berfungsi untuk menjamu kedatangan rekan kerja atau kolega yang sedang berkunjung ke rumah. Biasanya tempat ini dijadikan sebagai ruangan saat membicarakan masalah kantor. Sistem penataan dari ruang tamu formal pada umumnya dibuat melingkar atau berhadapan. Tak lupa juga untuk menyediakan meja untuk meletakkan makanan, minuman atau hidangan lainnya untuk tamu. Peletakkan ruang tamu formal biasanya berada pada paling depan, tepat setelah pintu masuk rumah.

  • Ruang Tamu Informal

Ruang tamu informal punya fungsi sebagai tempat menjamu kerabat dekat. Perbedaannya dari ruang tamu formal adalah tamu yang dijamu pada ruangan ini merupakan kerabat dekat seperti keluarga, saudara ataupun teman-teman. Biasanya ruang ini digunakan untuk berkumpul santai. Untuk dipakai saat santai berarti kemungkinan tamu stay dalam waktu yang lama di ruangan ini. Maka dari itu, biasanya ruang tamu informal dilengkapi dengan televisi, bantal-bantal dan game console. Ruang yang informal biasanya diletakkan pada bagian tengah rumah dan menyatu dengan ruang keluarga.

  • Ruang Tamu Beranda

Fungsi dari ruang ini sebagai tempat tamu saat menunggu. Biasanya ruang tamu beranda ini ada pada teras atau beranda rumah sebelum pintu masuk. Ruang ini sangat berguna apabila pemilik rumah sangat sibuk, sehingga tamu yang datang harus menunggu terlebih dahulu di beranda sebelum memasuki rumah.

  • Ruang Tamu Santai

Yang terakhir adalah ruang tamu santai mempunyai fungsi sebagai tempat menerima tamu sekaligus ruang untuk bersantai. Biasanya ruang tamu beranda berada di halaman belakang yang posisinya menghadap pepohonan di taman belakang rumah.

Elemen-elemen Penting dalam Sebuah Ruang Tamu

ruang tamu
(Pexels)

Dalam sebuah ruang tamu, ada beberapa elemen yang wajib ada saat Pins melakukan penataan ruang. Elemen-elemen tersebut di antaranya yaitu:

  1. Meja

Biasanya tamu yang datang akan disuguhkan oleh berbagai macam sajian dan minuman pada meja oleh tuan rumah. Dengan demikian, meja merupakan hal penting yang wajib ada pada sebuah ruang tamu. Pilihlah meja yang mempunyai ukuran pas dengan luas ruangan. Tentukan juga meja yang tingginya sesuai dengan tinggi sofa atau kursi yang ada di sekitarnya.

  1. Tempat Duduk

Ruang tamu identik dengan menunggu atau pun berbincang santai dengan pemilik rumah. Dan hal tersebut dilakukan saat duduk, sehingga elemen vital lainnya adalah tempat duduk. Banyak pilihan tempat duduk yang bisa dipilih, mulai dari sofa hingga kursi kayu jati kontemporer. Sesuaikan jenis tempat duduk dengan desain rumah biar lebih serasi saat dipandang. Selain sofa, Pins juga bisa menambahkan single chair, kursi goyang atau kursi tools jika ruang tamu punya luas yang besar.

  1. Pencahayaan

Pencahayaan adalah elemen yang mempunyai peran penting dalam sebuah ruang tamu. Tanpa adanya pencahayaan yang baik, apa yang ada di sekitar ruang tamu tidak akan bisa terlihat dan bisa dinikmati oleh tamu yang datang. Dengan pencahayaan yang tepat, ruang tamu bisa menciptakan suasana yang lebih hangat dan akrab. Pins bisa memakai lampu click strip pada bagian plafon ataupun tambahan standing lamp di sebelah sisi sofa.

  1. Karpet

Karpet pada ruang tamu memberikan kesan berkelas sekaligus membawa kehangatan dalam sebuah ruang tamu. Tamu yang datang bisa dengan nyaman duduk di lantai dengan adanya karpet ini. Tetapi Pins jangan lupa untuk selalu rutin membersihkannya dari debu ya, karena biasanya debu dan tungau mudah sekali berkembang biak pada karpet yang kotor.

  1. Dekorasi

Untuk pemanis ruangan, pilihlah beberapa dekorasi tambahan dengan aksesoris yang manis. Ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan opsi seperti lukisan, foto keluarga, ataupun cermin besar.

Tipe Desain untuk Sebuah Ruang Tamu

ruang tamu
(Pexels)
  • Buatlah Suasana yang Hangat pada Pintu Masuk Ruang Tamu

Kesan pertama seorang tamu ditentukan dari pintu masuk saat mereka datang. Maka dari itu berikanlah desain yang hangat, bersih dan cerah pada bagian pintu. Dengan begitu tamu akan merasa disambut dengan ramah oleh tuan rumah. Letakkan beberapa tanaman hijau, bisa menjadi salah satu cara agar tamu merasakan suasana fresh dan asri sebelum memasuki ruang tamu.

  • Desain Dekorasi yang Cantik pada Area Ruang Tamu

Dekorasi mempunyai peran penting dalam sebuah ruang tamu. Berikan dekorasi yang pas, jangan berlebihan ataupun terlalu kosong pada ruang tamu. Dekorasi ini juga bisa menjadi sebuah cerminan penghuni rumah yang akan ditangkap pertama kali oleh para tamu. Pilih warna, furniture dan aksesoris yang sesuai dengan kepribadian pemilik rumah hingga desain rumah.

  • Pilih Furniture Ruang Tamu yang Nyaman

Buatlah tamu yang datang merasa nyaman. Salah satunya dengan memilih furniture seperti sofa, kursi dan meja yang bisa membuat tamu betah ngobrol berlama-lama di ruang tamu tersebut. Tentukan tingkat kelembutan sofa dan juga tinggi meja yang pas.

  • Berikan Aroma atau Pewangi dalam Ruang Tamu

Tak kalah pentingnya dengan dekorasi, bau ruangan yang sedap juga bisa membuat tamu merasa lebih nyaman. Dengan wewangian yang pas, tamu akan merasa betah bahkan rileks saat berada di ruang tamu. Aroma atau wangi sedap ini bisa Pins dapatkan melalui pewangi ruangan seperti diffuser ataupun bunga alami yang diletakkan pada sebuah pot.

  • Atur Sirkulasi dalam Ruang Tamu

Suasana adem dan sejuk akan tercipta ketika ruang tamu mempunyai sistem sirkulasi udara yang baik. Maka dari itu, aturlah sirkulasi pada ruang tamu dengan seksama. Jika sirkulasi udara buruk, tamu bisa merasa kegerahan dan tak nyaman berada di ruang tamu tersebut.

  • Ciptakan Pencahayaan yang Baik

Pins bisa memilih ingin pencahayaan alami ataupun melalui lampu. Jika lebih ingin menggunakan cahaya alami, berikan jendela besar pada sisi ruang tamu, sehingga saat cahaya matahari bisa dengan mudah masuk ke dalam ruangan. Namun, jika ingin cahaya yang lebih bisa dikontrol, perhatikanlah penerangan lampu yang ada pada sekitar ruangan. Pencahayaan yang baik memberikan efek hangat pada sebuah ruang tamu.

Itu dia beberapa informasi penting mengenai ruang tamu yang bisa kami berikan. Semoga informasi tersebut berguna ya!