Kamus Istilah Properti

Wall Bench

istilah properti

Wall Bench

Wall bench merupakan kursi yang sengaja ditempel ke dinding. Biasa juga disebut sebagai kursi dinding. Umumnya kursi ini digunakan pada area tunggu. 

Apa itu wall bench

Wall bench atau kursi dinding merupakan inovasi pada kursi. Umumnya kursi akan mempunyai kaki dan bersifat portable yaitu bisa dipindahkan ke mana saja. Namun, wall bench sedikit mengalami perubahan. Kursi jenis ini bersifat statis artinya tidak dapat dipindah sembarangan. Kamu hanya bisa menduduki kursi. Kursi jenis wall bench, sengaja ditempel dengan menggunakan baut ke dinding agar dapat digunakan tanpa harus menggeser kursi.

Fungsi wall bench

Wall bench memiliki fungsi yang beragam dan sangat menguntungkan. Hal inilah yang menyebabkan banyak penghuni rumah, rumah sakit, pusat perbelanjaan memasang kursi dinding di area tertentu. Berikut ini fungsi kursi dinding yang bisa kamu ketahui.

Sebagai kursi umum di taman

(Street Desain)

Wall bench bisa berguna untuk kursi di taman. Penempatannya bisa di pinggir taman atau di tengah-tengah taman. Mengingat wall bench adalah kursi yang menempel di dinding dan tidak bersifat portable, maka akan aman dari tangan orang jahil yang suka memindahkan kursi. Tidak dapat kita pungkiri bahwa kursi dinding akan aman apabila diletakkan di tempat umum, namun kursi seperti ini masih bisa dikotori dengan cat atau spidol. Nah, oleh karena itu jika di sekitar rumah kamu ada taman dengan kursi seperti di atas, mari kita jaga bersama yuk agar nyaman digunakan, Pins!

Sebagai kursi ruang tunggu yang lengkap dengan storage

(Street Desain)

Kursi seperti di atas cocok sekali digunakan pada ruang tunggu. Di rumah kamu bisa meletakkan kursi seperti ini di dekat pintu masuk utama. Kamu pun bisa menambah area penyimpanan di bawah kursi untuk menghemat ruangan. Kamu bisa menggunakannya sebagai lokasi meletakkan sepatu, tas atau sandal. Sebagai area untuk menunggu, kamu bisa meletakkan bantal pada kursi ini. Bahan kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mudah dibersihkan, nyaman untuk diduduki, hangat dan juga aman digunakan, bahan kayu juga mudah ditemukan. Agar kursi lebih nyaman digunakan, kamu bisa meletakkan bantal duduk sebagai alas.

Sebagai kursi ruang restoran

(PM Furniture)

Kursi di restoran dan kafe bisa menggunakan konsep wall bench. Kursi yang digunakan bisa seperti contoh gambar di atas. Kursi sofa di atas akan sangat nyaman digunakan. Pelanggan bisa bersandar di kursi dengan nyaman. Selain itu kursi seperti ini akan menghemat ruangan dan juga menjaga area duduk tidak berantakan. Kursi biasa yang sifatnya portable bisa membuat berantakan area restoran karena pelanggan sering memindahkan kursi. Nah, dengan konsep kursi di atas pemilik restoran akan mudah menata ruangan tanpa harus sulit memindahkan kursi.

Sebagai kursi ruang tamu

(AD)

Kursi tamu menggunakan wall bench bisa sangat menguntungkan bagi pemilik rumah minimalis dengan ukuran kecil. Memasang kursi ini di ruang tamu akan menghemat ruangan agar lebih luas. Kamu hanya perlu untuk memastikan penempatan kursi tepat dan berada pada sisi yang tidak menghalangi jalan. 

Sebagai kursi ruang tunggu di rumah sakit

(Wallpaper)

Kursi yang menempel di dinding seperti di atas bisa menjadi referensi pada area publik seperti rumah sakit atau di kampus. Apabila kamu bekerja di rumah sakit sebagai pimpinan atau pihak yang mempunyai kuasa, mungkin kamu bisa mengusulkan untuk menggunakan wall bench dibandingkan sofa biasa yang bersifat portable.

Keuntungan memiliki kursi dinding

Kursi-kursi yang menempel pada dinding mempunyai banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari kursi dinding yang bisa kamu nikmati dan dapatkan.

Pertama, kursi seperti ini akan menyimpan ruangan. Ruangan yang terlalu sempit jika menggunakan sofa besar maka akan terasa semakin sempit. Selain itu kursi yang terlalu memakan tempat akan menjadi sarang debu. Nah, dengan kursi minimalis yang menempel di dinding seperti ini bisa mengantisipasi hal-hal di atas.

Kedua kursi dengan konsep wall bench ini akan bersifat multifungsi. Selain untuk tempat duduk, kursi seperti ini bisa menjadi tempat menyimpan barang. Kamu bisa memanfaatkan area kolong sebagai storage. 

Ketiga kursi jenis ini bisa digunakan sebagai area istirahat yang nyaman saat tidur siang. Kamu bisa membuat wall bench di rumah terasa lebih nyaman dengan meletakkan bantalan di atas dudukan. Selain berfungsi sebagai kursi duduk, kamu bisa bersantai sambil rebahan di atas wall bench.

Tips memasang kursi dinding

Pemasangan kursi jenis ini pun harus dilakukan dengan teliti. Kamu harus melakukan riset dulu apakah dinding rumah kamu cukup kuat untuk menahan kursi tersebut. Selain itu pastikan bahan yang digunakan cukup kuat untuk menopang bobot badan kamu. Pastikan juga kamu memilih bahan yang aman dan nyaman saat digunakan misalnya kayu. Bahan besi juga bagus namun, bahan ini rawan berkarat dan juga bisa cukup tajam di sisi-sisi sampingnya. 

Tips Merawat kursi dinding

Untuk merawat kursi ini, kamu hanya perlu mengelap dengan lap basah di samping dan sela-sela kursi. Selain itu apabila kamu menggunakan bantalan di atas kursi, pastikan kamu mencuci bantalan setiap satu hingga dua minggu sekali. 

Nah itu saja Pins informasi mengenai kursi dinding atau wall bench. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.