Kamus Istilah Properti

Ruang Serbaguna

istilah properti

Ruang Serbaguna

Ruang serbaguna adalah suatu ruangan multifungsi yang fungsinya dapat diubah sesuai kebutuhan.

Apa Itu Ruang Serbaguna?

Ruang serbaguna adalah ruangan yang disebut juga dengan function room, multipurpose room, atau ruangan multifungsi. Secara umum, ruang serbaguna adalah penggabungan ruang menjadi satu. Biasanya pembagian antar ruang ini cenderung tidak menggunakan sekat, tetapi digabung menjadi satu.

Ruangan ini biasanya ditemukan di sebuah gedung seperti hotel yang fungsinya dapat digunakan untuk menyelenggarakan rapat, pertemuan, perjamuan, pameran, hingga acara resepsi pernikahan. 

Tetapi di masa kini, ruang serbaguna juga bisa diterapkan di dalam hunian. Intinya, ruangan tersebut berubah menjadi ruang serbaguna jika memiliki berbagai fungsi yang dapat digabungkan. Misalnya, menghadirkan ruang keluarga sekaligus sebagai ruang kerja

Jenis-jenis Ruang Serbaguna 

Di dalam sebuah gedung, ruang serbaguna memiliki tiga jenis yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis dan fungsi ruang serbaguna:

Meeting Room

(The Executive Center)

Sesuai namanya, meeting room merupakan jenis ruang serbaguna yang difungsikan sebagai tempat rapat. Kapasitasnya biasanya lebih kecil dengan disertai meja, kursi, dan peralatan pendukung rapat seperti proyektor.  

Conference Hall

ruang serbaguna adalah
(Unsplash)

Jenis ruangan conference hall memiliki kapasitas yang besar yakni sekitar 500-1000 orang. Di dalam ruangan ini tersedia fasilitas yang lengkap serta dukungan peralatan yang memadai termasuk tenaga profesional yang bekerja di dalamnya ketika ruangan ini digunakan. 

Banquet Hall

(Prince Hotel & Resort)

Banquet hall adalah ruangan yang didesain secara khusus, baik interior maupun perlengkapan di dalamnya, yang biasa digunakan untuk acara jamuan. Pins bisa menemukan jenis ruangan ini sebagai tempat menyelenggarakan acara resepsi pernikahan berkonsep indoor

Tipe Layout pada Ruang Serbaguna

Setiap ruang serbaguna memiliki layout yang berbeda. Biasanya, layout ini akan menyesuaikan penggunaannya. Layout ini berkaitan dengan susunan dan tata ruang perlengkapan yang mendukung terselenggaranya acara.

Berikut ini tipe layout pada sebuah ruang serbaguna: 

U-Shape Style

ruang serbaguna adalah
(TripAdvisor)

Jenis layout U-Shape sering ditemukan di acara meeting di Indonesia. Ruang serbaguna ini didesain dengan pola bangku dan kursi yang berbentuk seperti huruf U.

Bentuk huruf U ditujukan untuk memudahkan pembicara ketika berinteraksi dengan peserta meeting. Biasanya tipe ini digunakan untuk meeting dengan kapasitas hingga 20 orang. 

V-Shape Style

(Pinterest)

Selain U-Shape, ada juga penataan dengan V-Shape. Konsepnya mirip dengan U-Shaped hanya meja dibuat menyerupai huruf V di mana pada bagian depan dipasang lebih dari satu alat peraga. Tujuannya agar semua peserta melihat dengan jelas apa yang dipresentasikan oleh pembicara. 

Classroom Style 

ruang serbaguna adalah
(STC Indonesia)

Layout ini seperti ruang kelas, di mana para peserta duduk di kursi belakang meja. Model ini sering dijumpai pada acara penataran, program diklat, dan sejenisnya. 

Jika dilakukan untuk meeting besar, desain classroom ini kurang maksimal karena tidak bisa menjangkau peserta yang paling belakang.

Theater Style

(Magazine Job-Like)

Tipe layout theater style digunakan pada acara dengan kapasitas besar. Model ini hanya dipasang dengan kursi tanpa meja agar dapat menampung lebih banyak peserta. 

Pada bagian depan dipasang meja dengan kursi sebagai Head Table untuk pembicara. Tak lupa, dipasang layar berukuran besar agar bisa menjangkau seluruh peserta hingga ke bagian belakang. 

Tips Mudah Menciptakan Ruang Serbaguna di Rumah

ruang serbaguna adalah
(SNIMAY)

Nyatanya, Pins juga bisa menghadirkan ruang serbaguna sendiri di rumah, lho. Sebagaimana definisinya, ruang serbaguna ini memiliki fungsi lebih dari satu sehingga perlu didesain dengan sentuhan yang hangat.

Tertarik menghadirkan function room di dalam rumah? Simak, yuk, tipsnya berikut ini!

Pilih Ruang yang Ukurannya Paling Besar

Ruang yang biasanya paling besar dari ruang-ruang lainnya dalam rumah bisa Pins gunakan sebagai ruang multifungsi atau multipurpose room. Jika ingin mengubah ruangan setiap saat, sebaiknya Pins tidak menggunakan penyekat pada area ini.  

Jangan lupa untuk menata layout ruang serbaguna dalam sebuah hunian ini secara selaras dengan masing-masing fungsi ruang. Misal ruang serbaguna yang terdapat ruang makan di dalamnya, maka harus ditata sesuai dengan kebutuhan akan jumlah penghuni atau anggota keluarga yang biasa menggunakan.

Gunakan Perabot Multifungsi 

Agar fungsi ruang bisa sesuai, maka pemilihan perabot dalam ruang serbaguna sangatlah penting. Tujuannya, meskipun punya banyak fungsi, ruangan terasa lega dan lapang. Bahkan untuk membuatnya nyaman, penataan elemen pendukung mampu menambah kesan santai dalam ruang ini. 

Untuk mengakalinya, Pins bisa melengkapi perabot multifungsi. Misalnya, meja yang dilengkapi dengan rak yang diletakan di salah satu sudut ruangan. Atau bisa juga menggunakan rak bertingkat untuk menyimpan berbagai barang penting.  

Pertimbangkan Penggunaan Perabot Portable

Selain mencari yang multifungsi, pilihlah juga perabot portable yang dapat dengan mudah dibongkar pasang saat akan dan setelah digunakan.

Misalnya, menggunakan meja portable yang bisa dilipat, rak yang dapat dilipat menjadi meja ketika dibutuhkan, dan sebagainya. 

Penggunaan Alat Elektronik 

Alat elektronik adalah perlengkapan ruang yang mesti jadi perhatian ketika menciptakan sebuah multipurpose room di dalam rumah. Pins bisa menghadirkan televisi di area ini. Jika perlu, Pins juga bisa menambah home theatre.

Tertarik? 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari