Kamus Istilah Properti

Fasad

istilah properti

Fasad

Fasad adalah wajah dari sebuah bangunan yang menjadi elemen pertama yang dilihat dari luar bangunan. 

Apa Itu Fasad? 

(Pinterest)

Istilah fasad berasal dari bahasa Prancis yaitu façade, bahasa Italia Faccita atau faccia, serta bahasa Latin kata Faccia yang memiliki arti wajah.

Dalam sebuah bangunan, fasad adalah wajah dari bangunan. Fasad adalah tampilan muka pada eksterior sebuah bangunan, umumnya terutama yang dimaksud adalah bagian depan, tetapi kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. 

Fasad merupakan elemen pertama yang dapat dilihat dan dinilai oleh orang lain dari luar bangunan yang dapat menunjukkan karakter, kesan, keunikan, serta keindahan bangunan.

Komponen Utama Fasad 

(faithkontruksi.com)

Fasad memperhatikan komposisi dengan mempertimbangkan syarat fungsional. Secara visual komposisi fasad meliputi bentuk geometri (garis, sisi, sudut, dan bidang), tekstur, serta bidang void.

Nah, fasad sendiri terdiri dari berbagai komponen. Berikut ini komponen utama fasad menurut Krier (1998): 

Pintu

Dalam sebuah fasad bangunan, komponen pintu terdiri dari gerbang atau entrance dan pintu masuk.

Pintu berfungsi untuk mengatur arus keluar masuk dari dalam dan ke luar bangunan, serta untuk menunjukkan transisi bagian publik dan privat, pertahanan dan karakter penghuni bangunan.

Jendela

Jendela adalah lubang pada dinding yang diberi penutup. Fungsi kehadiran jendela dalam sebuah ruangan adalah sebagai jalur sirkulasi udara, tempat masuknya sinar matahari dan area untuk melihat view ke luar ruangan.

Bentuk komponen fasad ini bermacam-macam, di antaranya segitiga, persegi, lingkaran bahkan ada yang tidak beraturan.

Dinding

Dinding adalah struktur padat yang membatasi dan melindungi suatu area, serta menyokong struktur lain sebuah bangunan. 

Pada fasad rumah, dinding berfungsi untuk memisahkan bagian eksterior dan interior. Secara struktural, ada tiga jenis utama dinding, yaitu dinding bangunan, dinding pembatas (boundary) dan dinding penahan (retaining).

Teritisan

Teritisan adalah perpanjangan bidang atap yang menjorok melebihi dinding atau sering disebut juga atap tambahan.

Komponen ini berfungsi sebagai pelindung rumah dari sinar matahari dan cucuran air hujan.

Sun Shading

Sama halnya seperti teritisan, sun shading merupakan komponen penting dari sebuah fasad.  Dengan adanya komponen sun shading, diharapkan efek glare atau silau bisa diminimalisir.

Berdasarkan teorinya, ada tiga cara meletakkan sun shading pada fasad adalah yaitu vertical, horizontal dan egg crate shading.

Fungsi Facade pada Bangunan

Fasad adalah
(arsitag.com)

Pada sebuah arsitektur, facade adalah komponen yang paling penting dari sudut pandang desain, karena ia memberikan suasana bagi bagian-bagian bangunan lainnya. Adapun beberapa fungsi facade pada sebuah bangunan antara lain:

Elemen Visual yang Pertama Diamati

Lantaran menjadi tampilan muka sebuah bangunan, maka facade akan menjadi elemen pertama yang akan dilihat dan dinilai oleh orang lain dari luar bangunan. Maka tak heran, dari fasad tersebut akan banyak menimbulkan berbagai persepsi terhadap bangunan tersebut.

Sebagai elemen pertama bangunan yang dapat ditangkap secara visual, maka fasade juga bisa digunakan sebagai patokan untuk memberi gambaran pada orang lain ketika memberikan gambaran mengenai letak suatu bangunan tertentu.

Menunjukkan Gaya Arsitektur

Tak jarang, fasad bisa menunjukkan identitas arsiteknya. Sebagai elemen estetis dari sebuah bangunan, maka facade seringkali menggambarkan identitas karya arsitektur yang dijadikan sebagai point of interest. 

Facade juga dapat merepresentasikan karakteristik dan keunikan gaya arsitektur tersebut. 

Cerminan Tata Ruang  

Fungsi facade selanjutnya yaitu untuk menunjukkan karakter, kesan, keunikan, serta keindahan bangunan secara keseluruhan. Oleh karenanya, desain fasad sebaiknya merupakan satu kesatuan antara konsep desain dan organisasi ruang yang ada didalamnya.

Ketika merancang sebuah fasad bangunan standarisasi yang berhubungan dengan kesehatan, keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna tetap diperhatikan.  

Memiliki Nilai Komersial

Tak hanya sebatas penilaian tentang wajah atau tampak luar bangunan yang mencerminkan ciri khas bangunan tersebut, facade juga memiliki nilai komersial. Ketika hendak menjual rumah, maka calon pembeli memperhatikan bagian fasadnya terlebih dahulu. 

Jadi sangat beralasan jika bangunan seperti hotel, gedung perkantoran, apartemen, dan fasilitas-fasilitas publik lainnya menganggap fasad membawa pengaruh signifikan pada bangunan. Artinya, pemilik bangunan ingin menunjukkan ciri khas sekaligus nilai unik yang tidak dimiliki bangunan lain sejenisnya.

Contoh Fasad Rumah 

Fasad rumah memiliki beberapa tipe sesuai dengan gaya arsitekturnya. Tiap gaya arsitektur tentu saja memiliki ciri khas fasad rumah yang berbeda-beda. 

Nah, untuk mengenali fasad rumah lebih dalam, yuk kita cari tahu beberapa tipe fasad rumah berikut ini.

Fasad Rumah Minimalis

Fasad adalah
(livingasean.com)

Seperti namanya, fasad rumah minimalis memiliki desain lebih simpel dan tidak memiliki banyak detail. Desain fasad rumah minimalis banyak digemari karena kesan modern dan sederhana  yang dihadirkan.

Fasad rumah minimalis biasanya terdiri dari bentuk-bentuk geometri yang tegas serta didominasi dengan warna monokrom yang mampu membuat fasad terlihat bersih dan terang.

Tak hanya itu, fasad rumah minimalis juga menggabungkan beberapa unsur alam seperti batu alam dan kayu sebagai aksennya.

Fasad Rumah Klasik

Fasad adalah
(behance.net)

Fasad rumah klasik menghadirkan kesan megah dan glamor. Kemegahan ini tercipta dari bentuk simetris antara sisi kanan dan kiri rumah. 

Selain itu, fasad rumah klasik dapat dikatakan memiliki desain yang rumit seperti pada pintu, jendela hingga atapnya. 

Fasad rumah klasik menampilkan detail yang khas seperti panel-panel cekung pada atap, kolom bergalur, atau jendela dengan tepi molding.

Fasad Rumah Mediterania

(Pinterest)

Gaya mediterania berasal dari Amerika yang mempunyai ciri khas yang bisa membuat fasad tampak teduh. Keteduhan ini berasal dari adanya ornamen serta penggunaan warnanya yang hangat. 

Beberapa warna hangat yang umumnya digunakan pada fasad rumah mediterania seperti oranye, kuning, krem, atau biru muda.  Selain warna, adanya atap yang melindungi bagian fasad juga membuat rumah dengan gaya mediterania terlihat lebih sejuk.  

Fasad Rumah Country

Fasad adalah
(diznail.com)

Saat melihat rumah country, Anda akan disuguhkan dengan fasad rumah yang teduh dan rindang. Biasanya fasad didominasi dengan unsur kayu yang sederhana dan desain klasik yang menjadi ciri menonjol dari fasad rumah country. Selain itu, rumah gaya country juga dilengkapi dengan model teras rumah berbahan dasar kayu. Teras yang menonjol ke arah taman ini memberikan suasana yang segar dan alami. Ini ditambah juga dengan ornamen berupa tanaman-tanaman hijau. Tampilannya yang sederhana inilah yang menjadi kelebihan dari fasad bergaya country.

Fasad Rumah Rustic 

(bramblefurniture.com)

Keunikan dari fasad rumah rustic adalah material yang tidak diberi finishing. Material juga tidak dipernis menonjolkan tampilan alaminya.

Gaya rustic identik dengan warna-warna hangat seperti cokelat, abu-abu, atau beberapa variasi dari warna hitam.

Fasad rumah rustic juga biasanya cenderung menggunakan material bahan dasar seperti kayu, batu, atau logam. Batu-batu yang teksturnya kasar dan kontras sengaja dibiarkan alami sehingga tampilan rumah kental akan unsur natural. 

Fasad Rumah Mid-Century

(midcenturyhome.com)

Fasad rumah mid-century cenderung asimetris dengan langit-langit datar dan banyak sudut.

Bagian fasad juga biasanya berintegrasi dengan bagian dalam rumah dengan penggunaan pintu geser dan kaca penuh yang membuat pandangan bagian dalam rumah tidak terhalangi.

Fasad Rumah Bohemian

Fasad adalah
(booking.com)

Terakhir, fasad rumah bohemian yang kaya akan warna dan tanpa batas. Gaya bohemian sebenarnya tidak memiliki aturan yang baku, seringkali juga mencampurkan beberapa gaya seperti vintage, klasik, atau rustic. 

Tirai dan gorden, serta jendela warna-warni biasanya menyambut Anda saat memasuki rumah bergaya bohemian.

Koordinator: Linda

Editor: Iko