Kamus Istilah Properti

Teras

istilah properti

Teras

Teras adalah area terluar sebuah rumah dan biasanya letak teras ada di bagian depan. Teras mempunyai multifungsi sehingga di setiap rumah pemanfaatannya akan berbeda-beda pula.

Mengenal Teras

(Pinterest)

Setiap rumah umumnya mempunyai teras. Bagian ini sengaja dibuat sebagai area untuk duduk atau tempat tamu menunggu hingga tuan rumah membuka pintu. Namun yang membedakan biasanya adalah ukuran dari teras di setiap rumah. Perbedaan ukuran ini disesuaikan dengan kebutuhan dan juga ukuran rumah. Lokasi terrace berada di bagian paling luar sebuah rumah dan dekat dengan pagar. Apabila rumah kamu dekat dengan jalan raya atau jalan utama, biasanya akan lebih cepat kotor. Hal ini lantaran bagian rumah ini akan lebih cepat terkena debu. Oleh karena itu, apabila hal ini terjadi maka proses membersihkan terrace harus lebih intensif dari biasanya. Kamu pun bisa meletakkan beberapa tanaman di bagian ini agar menyerap debu yang terbang di sekitar.

Fungsi Utama teras

(IDN Times)

Sebagai bagian dari sebuah rumah, teras mempunyai beragam fungsi. Seperti halnya balkon, teras berada di luar bangunan. Bedanya balkon terletak di lantai dua dan dilindungi oleh pagar agar penghuni tidak terjatuh. Sementara terrace berukuran lebih besar dari balkon dan berada pada lantai satu yang dekat dengan pagar utama dan jalan masuk ke rumah. Namun, dewasa ini ada juga developer perumahan yang membuat teras di lantai dua untuk kebutuhan penghuni. Berikut ini fungsi teras di berbagai properti.

Sebagai area tunggu untuk tamu

Area ini berfungsi sebagai tempat tamu menunggu sebelum akhirnya dipersilakan masuk oleh pemilik rumah. Kamu bisa meletakkan beberapa kursi kayu atau wall bench, untuk memberikan kenyamanan pada tamu saat menunggu. Oleh karena itu, pastikan area ini tetap bersih dan segar agar tamu nyaman duduk di terrace. Kamu bisa meletakkan beberapa tanaman hias di pot gantung untuk memperindah area ini.

Tempat meletakkan rak sepatu

Area ini bisa juga digunakan sebagai rak sepatu. Di area indoor beberapa rumah mungkin saja sudah terlalu padat, sehingga kamu tidak bisa menyediakan ruang penyimpanan untuk sepatu. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa meletakkan storage di bagian teras. Tentunya, kamu pun harus meletakkan tempat penyimpanan sepatu dengan benar dan rapi agar tidak membuat teras berantakan. Upayakan juga untuk memberikan penyerap bau di dalam storage agar aroma tidak sedap dari sepatu tidak menyebar di terrace. 

Area bersantai di sore hari 

Area ini bisa kamu gunakan juga sebagai tempat bersantai. Jika kamu sudah lelah melakukan pekerjaan Work Frome Home (WFH) di dalam rumah, kamu bisa bekerja di bagian luar rumah sambil menatap taman. Pins, hal ini bisa memberikan kenyamanan bagi kamu untuk bekerja dengan lebih santai dan nyaman, lho. Keindahan tanaman bisa membuat kamu lebih tenang dalam menyelesaikan semua pekerjaan yang kamu lakukan. Boleh lho sekali-kali dicoba, Pins.

Tips merawat teras

(Mustika Land)

Sebagai bagian dari rumah, kamu pun harus memastikan untuk merapikan dan merawat bagian ini. Terrace mempunyai cara perawatan yang sedikit berbeda dengan ruangan lain. Hal ini karena lokasinya yang berada di bagian luar sehingga kotoran akan sering menempel di bagian terrace. Berikut ini ada beberapa tips untuk merawat teras. Yuk kita simak bersama, Pins!

Pastikan kamu menyapu setiap hari

Untuk menjaga agar lantai terrace tetap bersih, usahakan untuk menyapu setiap hari. Kamu bisa menyapu pada pagi hari untuk membersihkan debu yang menumpuk semalaman. Setelah itu kamu bisa menyapu lantai teras di sore hari. Tujuannya untuk membersihkan dari semua debu yang menumpuk selama seharian. Pastikan kamu menggunakan dan menyediakan sapu khusus bagian teras, hal ini agar sapu untuk membersihkan lantai dalam rumah tidak tercampur dengan terrace.

Upayakan untuk mengepel lantai

Langkah selanjutnya adalah mengepel lantai setiap hari. Hal ini perlu dilakukan agar bagian terrace tetap bersih dan terawat dengan baik. Kamu bisa mencampur air dengan pewangi lantai agar area ini bersih dan wangi. Kamu bisa mengepel lantai satu kali saja dalam sehari, namun jika kamu ingin melakukannya sebanyak dua kali pun tidak apa-apa, Pins.

Pilih lantai yang bertekstur tidak licin

Posisi lantai teras yang berada di luar rumah sering kali menyebabkan lantai di bagian ini terpapar air hujan. Nah, untuk menghindari licin, kamu bisa menggunakan lantai dengan bahan yang lebih kasar seperti keramik pada garasi. Tujuannya agar saat berjalan di atas lantai terrace, penghuni tidak mudah terpeleset. 

Gunakan tirai atau krey rotan

Untuk memberikan perlindungan pada bagian terrace, kamu bisa memanfaatkan tirai atau krey dari bahan rotan. Hal ini bertujuan untuk menghalau percikan air hujan dan juga panas matahari yang mungkin akan menyentuh area terrace. 

Hindari melakukan hal ini pada teras

(Informa Zone)

Selain penjelasan mengenai tips menjaga teras, ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika memiliki terrace. Berikut ini penjelasannya Pins.

Jangan meletakkan terlalu banyak barang

Hal pertama adalah hindari meletakkan terlalu banyak barang di area ini. Hal ini bisa membuat sempit dan menghilangkan fungsi utama terrace. Selain itu terlalu banyak peralatan yang menumpuk bisa mendatangkan nyamuk.

Jangan membiarkan atap bocor

Jika atap di bagian teras bocor, pastikan kamu segera memperbaikinya ya Pins. Hal ini dilakukan untuk menghindari genangan air pada lantai.  Genangan air yang dibiarkan bisa menjadi sarang nyamuk untuk bertelur. Jadi, jangan sampai ada genangan ya supaya tidak membahayakan kamu dan keluarga. Selain itu agar penghuni rumah tidak terpeleset, ya Pins.

Itu saja informasi mengenai terrace yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.